Wisata Telaga Bleder Grabag Magelang

foto by bookprimera.com

Lokasi: Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 42454
Map: Klik Disini
HTM: Rp.7.000
Buka Tutup: 08.00-17.00
Telepon:

Cekungan Tanah❤️

Bicara mengenai tempat wisata alam, Indonesia memiliki banyak sekali spot wisata alam. Mulai dari gunung, laut, danau, ngarai, tebing, air terjun, dan masih banyak lagi.

Beberapa di antaranya bahkan dikembangkan oleh pengelola supaya dapat mendatangkan pengunjung lebh banyak lagi serta memperkenalkan objek wisata setempat. Tentunya juga akan mempengaruhi pendapatan daerah setempat.

Bila di Sumatera Utara memiliki objek wisata alam danau Toba, di pulau Jawa, tepatnya di daerah Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Nama objek wisata tersebut adalah Telaga Bleder.

Telaga ini terbentuk akibat adanya cekungan tanah dan terisi oleh adanya sumber mata air di sekitarnya. Tempat ini termasuk danau alami dengan ukuran kecil.

Bila danau toba adalah danau alami yang terbentuk akibat letusan gunung berapi. Telaga Bleder ini terbentuk karena cekungan tanah dan terisi oleh air. Lokasi telaga ini tepatnya berada di Desa Ngasinan dan sedang dikembangkan oleh pemerintah setempat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah kabupaten Magelang Utara.

foto by teluklove.com

Wisata Keluarga❤️

Walaupun termasuk tujuan wisata alam, tempat ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Dirancang dan dikembangkan untuk liburan keluarga. Jadi, sangat aman juga untuk anak-anak. Semua fasilitas di sini pun sangat mendukung untuk kenyamanan pengunjung. Fasilitas yang tersedia di tempat ini adalah gazebo, sewa wahana permainan air, toilet, lahan parkir.

foto by kabarmagelang.com

Untuk pergi ke Telaga Bleder sangat mudah, karena jalanannya sudah lancar, beraspal halus. Anda cukup mengikuti papan penunjuk jalan mengarah ke area telaga Bleder. Setelah menempuh perjalanan menuju lokasi, Anda akan melihat dinding pagar tinggi.

Ada alasan tertentu, mengapa harus diberi pagar dinding, yaitu supaya tidak ada yang melihat telaga dari luar area serta supaya tidak adanya bangunan liar yang mengancam terjadinya pendangkalan telaga.

Lanjut:  Top Selfie Hutan Pinus Kragilan Magelang

Saat masuk ke area telaga, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam asri dan sejuknya udara. Di salah satu sisi, dapat dilihat latar belakang telaga yang merupakan Gunung Andong serta beberapa bukit kecil di sekitarnya.

Kawasan telaga tidak begitu besar, namun cukup nyaman untuk menghabiskan waktu siang Anda sambil duduk-duduk di tepian telaga. Di sekitar telaga juga terdapat beberapa pemukiman warga lokal yang saling berhimpitan.

foto by mulpix.com

Revitalisasi atau perbaikan-perbaikan terus dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Termasuk dibuatnya taman di tepi-tepi telaga dan sangat tertata rapi dan terawat dengan baik sehingga tetap terlihat indah. Pohon-pohon yang ada di sini pun sangat rindang dan sangat teduh, nyaman bila duduk-duduk di bawahnya.

foto by magelangonline.com

Wisata Alam Magelang❤️

Objek wisata telaga Bleder ini termasuk cukup baru di daerah Magelang, sehingga pengunjung pun masih belum terlalu banyak. Pemerintah setempat selalu melakukan pengembangan dan perbaikan untuk meningkatkan kelayakan objek wisata ini.

Aparat pemerintah melalui bagian administrasi umum berusaha sebaik mungkin untuk mengembangkan objek wisata di Magelang, karena sampai saat ini, tujuan wisata di Magelang hanya terpusat di Candi Borobudur. Padahal, Magelang memiliki begitu banyak potensi alam untuk dijadikan tujuan pariwisata di area Jawa Tengah.

Contohnya saja objek wisata yang lain di bumi tidar ini adalah pemandian Candi Umbul dan air terjun Sekar Langit. Membicarakan objek wisata lainnya yang terletak di Magelang, ada pemandian air hangat Candi Umbul. Alamat pemandian candi umbul adalah di desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

foto by jateng.tribunnews.com

Ada sejarah tersendiri mengapa dinamakan candi umbul. Sesuai dengan namanya, tempat ini memang sebuah situs peninggalan purbakala, candi yang didirikan di kawasan sumber air hangat.

Asal usul dinamakan umbul, dalam bahasa Jawa maksudnya adalah naik atau menyembul. Sumber air yang keluar dari kolam terlihat menyembul seperti gelembung yang naik.

Lanjut:  Wisata Tuk Gong Adventure Candimulyo Magelang

Di pemandian candi umbul, kolamnya terbagi dua. Untuk kolam pertama yang berada di atas merupakan kolam air panas yang mengandung belerang, dan kolam kedua yang berada di tempat yang lebi rendah adalah kolam air dingin. Di kolam tersebut, menurut ahli sejarah adalah tempat pemandian putra-putri para bangsawan.

foto by triptrus.com

Dinding kolam tersebut terbuat dari batu andesit, selain itu juga batuan-batuan yang berjajar di tepi kolam menunjukkan macam-macam relief seperti binatang, tumbuhan dan stupa dari puncak candi.

Pada setiap sudut kolam pun terdapat umpak atau pondasi yang berada di dasar kolam. Fungsi dari umpak ini dimungkinkan dahulu sebagai tempat duduk untuk bertapa rendam ksatria di zaman kerajaan.

foto by jateng.antaranews.com

Kolam air panas pemandian candi umbul mengandung belerang, namun tidak berbau belerang sama sekali seperti kolam air panas belerang lainnya. Walaupun demikian manfaat dari belerangnya sendiri tetap sangat baik bagi kult.

Manfaat belerang di antaranya adalah membantu penyembuhan berbagai macam penyakit kulit, melancarkan peredaran darah dan suhu air kolam air panas di sini sangat membantu untuk terapi tulang.

Harga Tiket Masuk❤️

Berada di sini sangatlah menyenangkan, udaranya bersih, sejuk, kolamnya juga bersih, tidak terlalu panas airnya, harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, yaitu hanya 3.000 rupiah per orang. Sangat pas dijadikan tujuan wisata saat berada di jogja dan magelang.

Tempat wisata alam yang berikutnya adalah air terjun sekar langit. Terletak di desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Lokasinya tepat di lereng gunung Telomoyo dan berbatasan langsung dengan wilayah kabupaten Semarang serta kota Salatiga. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dari permukaan air.

foto by teluklove.com

Air terjun sekar langit ini membuat tertarik para wisatawan karena terdapat kisah misteri yang melegenda di balik keindahannya. Cerita legenda tersebut adalah Jakatarub yang mencuri salah satu selendang bidadari yang sedang mandi di telaga.

Lanjut:  Museum Diponegoro Magelang

Seperti cerita Jakatarub yang telah Anda dengar sebelumnya, bidadari tersebut yang bernama Nawangwulan akhirnya tidak dapat kembali ke kahyangan.

Keindahan alam air terjun sekar langit sangat mencuri perhatian masyarakat, hingga dijadikan tempat shooting film untuk pengambilan gambar dari film Yohana Gadis Rimba tahun 1983.

Beberapa tahun sebelumnya, rute jalan masuk ke kawasan air terjun sekar langit mengalami kerusakan akibat dari bencana longsor. Namun saat ini telah dilakukan perbaikan oleh pemerintah setempat, sehingga akan meningkatkan kedatangan wisatawan kembali ke daerah ini.

Daya Tarik❤️

Dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah Magelang, khususnya kunjungan ke objek wisata telaga bleder. Berbagai macam sarana dibuat di area telaga bleder, supaya tidak terkesan membosankan. Sarana yang ditambah seperti pembuatan kolam renang khusus anak-anak dan pembuatan talud telaga.

Pemerintah setempat juga mengadakan Festival Telaga Bleder. Fastival ini diadakan untuk menunjang promosi pariwisata di daerah Magelang.

Sehingga ke depannya, Magelang tidak hanya dikenal sebagai tujuan wisata candi Borobudur, melainkan juga terdapat obyek wisata lainnya seperti air terjun sekar langit, pemandian candi umbul gunung Andong, telaga bleder, air terjun Seloprojo.

foto by id.wikipedia.org

Dalam festival ini diadakan berbagai macam lomba seperti lomba foto selfie, lomba kesenian, lomba dayung dan acara puncaknya adalah pelepasan 1000 lampion yang dilakukan oleh para wisatawan.

Pastinya seru sekali bisa ikut berpartisipasi dalam festival ini. Wisatawan juga dapat menikmati keindahan telaga ditemani musik dan minuman jus blender dari stan minuman yang tersedia. Tunggu apa lagi, ayo segera datang ke Magelang untuk merasakan keindahan objek wisata alamnya.

error: Content is protected !!