Berminat Backpacking Ke India Dalam Waktu Dekat? Ikuti Tips Murah dan Aman Berikut Ini!

Diposting pada
2.5/5 - (2 votes)
foto by wisatamu.com

Ingin mencoba pengalaman baru traveling ke negara-negara di Asia di tahun 2021 ini? Kenapa ngga coba India aja ! Negara ini juga cocok lho dijadikan destinasi wisata untuk para backpackers. Dengan landmarknya yang sudah populer di seluruh dunia, apalagi kalau bukan Taj Mahal.

Keajaiban dunia ini paling banyak menarik wisatawan untuk nge-trip ke India. Dan selain itu India juga masuk dalam daftar negara dengan biaya murah untuk backpacking, bersamaan dengan Thailand dan Nepal yang selalu dikeluarkan oleh beberapa blog ternama.

India merupakan negara luas dengan jumlah penduduk mencapi 1,2milyar. Dan 80 persen diantaranya pemeluk Agama Hindu. Itulah yang membuat negara ini kental sekali dengan adat istiadat dan budaya nenek moyangnya.

Selain budaya dan adat istiadat, India juga mempunyai trip destinations yang patut untuk dikunjungi seperti Delhi, Agra, Benares, Jaipur, dan Mumbai.

Sebelum melakukan travel tours ke India dengan cara backpacker, sebaiknya simak dulu tips-tips berikut ini. Agar liburanmu aman dan nyaman tanpa kendala suatu apapun.

1. Buatlah Daftar Lokasi Kunjungan

foto by minangkabaunews.com

India itu sangatlah luas, banyak sekali kota-kota yang bisa di explore. Mayoritas wisatawan sangat exited dalam mengunjungi lokasi-lokasi wisata disana, sehingga secara tak sadar membuat mereka kelelahan. Ditambah dengan kemacetan, polusi udara, kebisingan suasana kota, semakin membuat kondisi badan menjadi gampang cape.

Untuk mengakalinya, kamu bisa membuat sebuah daftar lokasi tujuan. Kami sarankan agar mengutamakan lokasi yang mudah dijangkau dan benar-benar menarik untuk dikunjungi.

2. Cek Musim Yang Sedang Berlangsung Jangan Sampai Saltum

foto by grid.id

India merupakan negara dengan rentang iklim dari tropis sampai sub tropis. Masing-masing negara bagian memiliki ciri iklim yang spesifik. Contoh saja daerah tropis cenderung terdapat di bagian selatan. Sedangkan cuaca ekstrim terdapat di bagian India utara.

Sebagai referensi, pergilan di saat musim semi. Udara disana cukup sejuk pada siang hari. Bunga-bunga sedang mekar-mekarnya ditambah dengan hijaunya rerumputan.

3. Bosen Suasana Perkotaan? Coba Destinasi Pedesaan

foto by voaindonesia.com

India memang terkenal dengan kepadatan penduduknya. Layaknya Jakarta, suasana kota di India ramai oleh-oleh lalu lalang kendaraan.

Jika kamu bosan dengan suasana perkotaan yang ramai, cobalah untuk mengunjungi desa-desa yang ada di India. Selain pedesaan, pergi ke pegunungan dan lembah-lembah juga bisa dijadikan alternatif lho. Tenang aja, penduduk pedesaan orangnya ramah-ramah kok.

4. Hati-Hati Sebelum Makan dan Minum

foto by maripelesir.blogspot.com

Untuk yang belum terbiasa dengan makanan India, mungkin kamu akan agak sedikit kaget dengan rasanya. Bahkan tidak sedikit lidah orang Indonesia yang kurang cocok dengan masakan India. Selain itu banyak juga dari para traveller kurang teliti saat akan membeli makanan di pinggiran jalan.

Biasakan untuk mencuci terlebih dahulu buah dan kupas kulitnya sebelum memakannya. Selain itu bersihkan juga makanan yang direbus atau digoreng. Kami sarankan, bawalah air minum sendiri yang lebih terjamin kehigienisannya.

5. Harus Sabar Dalam Menghadapi Kemacetan

foto by otonity.com

Saat kamu menggunakan transportasi umum untuk keliling kota, dan terjadi kemacetan hadapilah dengan santai dan sabar. Mungkin buat kamu yang tinggal di Jakarta, hal seperti sudah terbiasa ya. FYI nih, warga lokal sana juga sering kepo terhadap wisatawan-wisatawan yang datang.

Banyak dari mereka kadang menanyakan hal-hal yang bersifat private. Kamu tidak perlu terlalu meladeninya, jawablah seperlunya saja.

6. Pakai Pakaian Sopan dan Tertutup

foto by polka.id

Aturan berpakaian di India itu harus sopan dan baik. Sesederhana mungkin namun tetap menutupi bagian lengan dan kaki. Hal ini sebagai bentuk penghormatan terhadap budaya setempat dan supaya kamu lebih safety.

Jadi tidak mencuri pandang para penjahat yang berniat jahat. Apalagi jika kamu perempuan dan sedang solo backpacking gausah terpikir untuk membawa pakaianya yang ketat, singkirkan saja dari tas backpackmu.

Penduduk sana juga terbiasa melepaskan alas kaki di depan pintu masuk rumah mereka. Tak terkecuali toko-toko di kota, jadi kamu harus melepasnya juga ya.

7. Pesan Akomodasi Secara Online

foto by pikniek.com

Hal ini juga harus diperhatikan saat berlibur kemanapun. Ada baiknya jika kamu sudah memesan penginapan seperti hostel,hotel,guest house, secara online. Carilah yang sesuai dengan budget di itinerary mu. Dan sangat tidak disarankan kamu memesan dengan cara on the spot.

Untuk memudahkanmu dalam menentukan hostels yang reccommended, kamu bisa cari ulasan pengalaman pengunjung sebelumnya dari beberapa forum kaskus dan backpackers clubs community.

Pastikan juga lokasi penginapanmu itu ada di peta, sehingga kamu tidak kesulitan untuk mencarinya. Atau bahkan kalau perlu, mintalah pihak hostels untuk menjemputmu.

8. Hindari Perjalanan Malam Hari

foto by ohayo.co.id

Jika kamu berjalan-jalan di India, pastikan kalau sebelum jam 9 malam kamu sudah berada di Hotel. Karena keamanan kota India saat malam hari tidak begitu bersahabat. Jadi kamu harus lebih aware untuk tidak lupa kalau keselamatanmu nomer satu.

Alangkah lebih baiknya jika kamu berpergian bareng teman-temanmu. Jadi agar lebih memenimalisir kejahatan yang dapat mengintai kita setiap saat. Pokoknya jangan pernah berjalan sendiri saat malam hari apalagi ditempat sepi.

9. Jangan Ragu Untuk Bertanya

Rasanya pepatah malu bertanya sesat dijalan itu ada benarnya juga. Dimanapun kamu berada, jika merasa ragu terhadap jalan yang di lalui bertanya lah pada seseorang. Namun kamu juga tidak boleh sembarang bertanya.

Kamu hanya dianjurkan untuk bertanya kepada seorang Polisi ataupun Wanita. Jangan pernah bertanya kepada pemuda-pemuda. Alih-alih ditunjukan jalan yang benar, bisa-bisa mereka akan menyesatkanmu.

10. Pilih Transportasi Umum Yang Paling Nyaman dan Aman

foto by idntimes.com

Jika kamu berada di Kota Delhi, untuk bisa menjangkau beberapa tempat wisata kamu bisa menggunakan kereta bawah tanah atau biasa disebut Metro Train. Kereta bawah tanah ini cukup nyaman dan lajunya cepat. Ditambah ada gerbong khusus untuk wanita lho, jadi aman.

Jika ingin naik bus umum, kami sarankan untuk naik dan turun dari pintu sisi depan. Nah buat yang kepepet naik taksi, pilihlah yang prepaid.

Bagaimana tips backpacker barusan? Lalu tunggu apalagi, segera rencanakan jadwal cutimu untuk tour ke India.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Berminat Backpacking Ke India Dalam Waktu Dekat? Ikuti Tips Murah dan Aman Berikut Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.