Liburan Ke Turki Sebagai Backpacker Pemula? Simak Tips Berikut Ini!

Diposting pada
5/5 - (1 vote)
foto by thevocket.com

Saat ini liburan sudah menjadi gaya hidup bagi semua kalangan ya. Siapapun bisa pergi kemanapun yang mereka mau, baik dalam maupun luar negeri. Terlebih lagi, belakangan ini banyak sekali para pelancong yang melancong dengan cara backpacker.

Berliburan tanpa paket tour exclusive dirasa lebih seru dan dapat hemat budget. Membahas tentang destinasi wisata dalam maupun luar negeri rasanya tidak akan ada habisnya ya. Banyak sekali kota maupun negara yang cocok banget di kunjungi untul liburan ala backpacker.

Tak terkecuali Turki, yap negara dengan yang ramah sekali dengan traveler muslim ini memang cocok banget buat dijadikan destinasi wisata kamu selanjutnya.

Sebenarnya backpacker-an ke Turki ngga jauh beda dengan negara-negara lainnya, yang membedakannya adalah karena mayoritas penduduk Turki adalah umat muslim, jadi untuk menemukan makanan halal dan tempat ibadah tidaklah sulit.

Nah, ini dia beberapa tips buat kamu yang berencana solo backapacker ke Turki di tahun 2021 ini untuk pertama kalinya. Simak ulasannya berikut ini !

1. Menyusun Itinerary

foto by travel.detik.com

Pertama-tama kamu harus menyusun sebuah itinerary terlebih dahulu. Itinerary adalah sebuah catatan rincian perjalanan yang dibuat untuk mempermudah kita dalam menjalani liburan. Sehingga trip mu akan berjalan lebih tertata, efektif, dan efisien.

Biasanya itinerary berisi tentang kapan akan berangkat dan pulang, berapa bajetnya, lokasi wisata tujuan, biaya konsumsi, dan lainnya. Jika kesulitan, kamu bisa melihat contoh itinerary yang ada di internet atau blog-blog backpackers.

2. Pergi Di Saat Musim Dingin

foto by travel.tribunnews.com

Waktu paling tepat untuk berkunjung ke Negara ini adalah saat musim dingin yaitu sekitar bulan Desember – Maret. Pada waktu tersebut Negara ini tidak dipadati oleh wisatawan asing, alias ini adalah saat low season.

Karena pada dasarnya, Turki tidak mempunyai wisata khusus musim dingin. Sehingga jarang turis yang memilih musim ini sebagai waktu berliburnya. Otomatis jika tidak banyak pengunjung, harga tiket pesawat, sewa akomodasi, serta karcis masuk wisata akan lebih murah.

3. Booking Tiket Jauh-Jauh Hari

fot by blog.traveloka.com

Setelah menyusun itinary selanjutnya langkah berikutnya adalah memesan tiket pesawat. Penerbangan rute Jakarta – Turki harga tiket paling murah jika tanpa promo itu bisa mencapai 10juta sekali jalan. PP berarti udah 20juta buat transportasi doang.

Tapi bukan backpackers namanya kalo ngga bisa nemuin solusi yang menguntungkan. Kamu bisa cari tiket dari jauh-jauh hari, semisal 3-7bulan sebelum keberangkatan. Selain lebih murah, jika kamu rajin buka app atau website ailine, kemungkinan dapet harga promo bisa aja terjadi kan.

4. Booking Akomodasi Saat Masih Di Indonesia

foto by tandalagihamil.com

Berlibur ke luar negeri selain tiket pesawat, kamu harus memesan akomodasi juga sejak dini. Jangan sampai cari penginapan on the spot, karena ini akan menyulitkanmu. Turki mempunyai beragam penginapan murah di pusat kota-kotanya.

Sebagai referensi kamu bisa menginap di Nomad Cave Hostel yang terletak di Kapadokia. Hostel ini salah satu yang paling direkomendasikan oleh para backpacker dunia. Disamping harganya yang cukup terjangkau kamu akan menikmati sensasi menginap di dalam gua, bakal jadi pengalaman seru, kan?

5. Pastikan Masa Berlaku Paspor Memenuh Syarat

foto by pikniek.com

Ada baiknya sebelum berangkat, cek dulu masa berlaku paspormu. Pastikan jika masa berlakunya lebih dari enam bulan. Kenapa tips ini harus ada dalam rangkaian rencana liburanmu, karena ngga sedikit para pelancong meremehkan hal sepele ini.

Jka masa berlakunya dibawah enam bulan bakal menimbulkan hal-hal yang akan merusak rencana liburanmu. Contoh saja kamu akan tertahan saat hendak check in di bandara, di imigrasi, bahkan kena deportasi di negara tujuanmu.

6. Urus Visa Jangan Lupa!

Selain pasport dokumen yang diperlukan untuk jalan-jalan ke luar negeri adalah visa. Tanpa dokumen ini kamu terancam ngga bisa masuk ke negara tujuanmu. Sebenarnya jenis visa turki ada dua yaitu VOA (Visa On Arrival) dan e-visa. Kamu bisa pilih salah satu dari keduanya.

Baik VOA atau e-visa cara membuatnya sama-sama mudah. Yang membedakan adalah fee untuk pembuatannya, lebih murah ¬e-visa daripada VOA. Untuk e-visa biaya nya sekitar 392ribu, sedangkan VOA 492ribu. Harga tersebut dapat berubah-rubah ya tergantung nilai dollar.

Jika e-visa, kamu bisa urus secara online di website resmi pembuatan visa negara Turki. Sedangkan untuk VOA, kamu bisa membuatnya saat setelah tiba di Bandara Ataturk Istanbul. Kamu cukup pergi ke counter VOA yang ada di Bandara tersebut. Keduanya mudah, kan?

7. Mencari Informasi Mengenai Transportasi Di Sana

foto by backpackology.me

Tips selanjutnya adalah mencari informasi mengenai transportasi yang akan kamu gunakan untuk mengunjungi lokasi wisata dan kota tujuanmu. Kamu bisa sesuaikan berdasarkan jarak penginapan dengan lokasi tujuan.

Transportasi umum di Turki yang bisa dijadikan alternatif adalah metro, trem, bus, taksi, seabus, funicula, city tour bus (hop on hop off bus), atau mengombinasikannya sesuai dengan kebutuhanmu. Agar lebih menghemat dan memudahkanmu, belilah Istanbulkart di stasiun metro atau trem.

8. Mencari Informasi Mengenai Tempat Wisata Tujuan

foto by galih.id

Selain mencari tahu transportasi yang digunakan, cari tau juga tempat wisata tujuanmu. Dalam itinerary mu pasti kamu sudah menentukan kan akan pergi kemana saja. Tidak sebatas mencatat tempat-tempatnya saja.

Kenalilah juga tempat wisata tersebut, jadi saat tiba disana ngga cengo-cengo banget lah, karena sebelumnya kamu sudah googling dulu. Selain itu cari tau juga kira-kira berapa HTM, open hours, serta transportasi yang menjangkau tempat tersebut.

9. Mengenali Bahasa Turki

foto by hipwee.com

Karena Turki merupakan negara non english speaking country, jadi yang paham dan bisa bahasa inggris itu ngga banyak. Biasanya para pedagang di pusat perbelanjaan yang banyak bisa bahasa inggris.

Setidaknya kamu mengenal bahasa-bahasa dasar. Tips ini agar lebih memudahkanmu dalam berinteraksi dengan warga lokal terutama misal kamu membutuhkan informasi tertentu. Jika perlu donlod saja kamu di hapemu.

10. Bertanya Pada Pusat Informasi

foto by onpiyungan.blogspot.com

Cara lain saat membutuhkan bantuan, datanglah ke tourist information atau pusat informasi. Tenang.. petugas disana fasih bahasa inggris kok dan pastinya kamu akan dilayani dengan baik.

Selain ke pusat informasi kamu juga bisa bertanya ke pedagang-pedagang setempat. Mereka akan membantumu saat kamu membutuhkan bantuan. Jika perlu simpan lah nomer emergency call kota setempat untuk berjaga-jaga. Misal seperti nomor polisi Turki yaitu 155.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat traveling to Turkey untuk yang pertama kalinya. Pastikan kalau perjalananmu nyaman dan aman ya !

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Liburan Ke Turki Sebagai Backpacker Pemula? Simak Tips Berikut Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.