Intip Budget Liburan Hemat Ke Jepang Ini, Dijamin Nggak Bikin Tabunganmu Menipis!

Diposting pada
foto by merdeka.com

Jepang, Destinasi Liburan Impian Semua Orang

Jepang merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang hingga kini masih menduduki posisi teratas. Seolah tak peduli dengan biaya yang harus dipersiapkan untuk sampai di Negara ini. Yang terpenting adalah mereka akan merasa bahwa berlibur ke Jepang adalah sebuah prestise.

Negeri Sakura ini identik dengan liburannya orang-orang berduit. Hanya orang pemilik penghasilan diatas rata-rata saja yang bisa berlibur ke Jepang. Namun, ternyata jika kamu ulik lebih dalam lagi, liburan ke Jepang ternyata bisa juga dinikmati oleh orang2 kelas menengah kebawah.

Salah satu daya tarik dari Jepang yang selalu ingin bisa dinikmati oleh siapa saja adalah Bunga Sakura. Selain itu, saat musim dingin tiba, Jepang merupakan salah satu negara dengan salju terbaiknya.

Disini kamu bisa menikmati salju bak seperti sedang berada di negeri dongeng. Karena memang, di Jepang ada sebuah daerah atau kota yang memiliki salju terbaik. Salah satu kota yang bisa kamu kunjungi adalah Niseko, Hokaido.

Niseko merupakan salah satu resort ski yang paling banyak didatangi oleh pelacong asing. Salah satu resortnya adalah Niseko Hanazono Resort. Pemandangan salju akan terlihat lebih cantik jika kamu menikmatinya dari puncak Mt. Yotei.

foto by jalan2kejepang.com

Before Go, Siapkan Dulu Budget Segini!

1. Tiket pesawat Jakarta (CGK)-Tokyo (Narita): Untuk bisa mendapatkan tiket pesawat yang terjangkau, kamu harus berburu harga promo. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga mulai dari 1,7-2,4jutaan sekali jalan. Namun jika tidak kebagian harga promo, kamu harus menyiapkan budget sekitar 10jutaan untuk PP. (Note: Harga tanpa promo kami menggunakan contoh harga tiket Garuda Indonesia Airlines. Untuk harga promo kami gunakan contoh harga tiket Air Asia Airlines).

2. Akomodasi: Jika kamu kedapatan memilih perjalanan udara tanpa promo, sebaiknya bijaklah dalam memilih penginapan. Kamu bisa mengujungi beberapa wilayah yang memiliki penginapan murah. Disana kamu bisa mendapatkan penginapan dengan budget mulai dari 300ribuan/malam,orang. Untuk 7 hari 6 malam berarti kamu harus menyiapkan 1,8 juta.

3. Makan: Untuk kategori makan kamu juga harus lebih berhemat. Boleh sesekali makan ditempat mewah yang mungkin akan menghabiskan kocek sebesar 100ribu-300ribu. Sedangkan jika makan ditempat-tempat murah kamu cukup merogok kocek sekitar 25ribu-80ribu. Jadi jika satu harinya mungkin kamu akan menghabiskan kocek sekitar 65ribu.

4. Transportasi Lokal: Kamu bisa menggunakan beberapa transportasi lokal yang tersedia di Jepang. Mulai dari kereta, bus, dan taksi. Harga dari masing2 moda transportasi tersebut bermacam-macam. Sekiranya kamu harus menyiapkan kocek minimal 500ribu selama 7 hari.

5. Tempat Wisata: Beberapa harga tiket masuk wisata juga berbeda-beda, jika kamu ingin mengunjungi beberapa tempat populer, budget yang perlu dipersiapkan sekitar 100-250ribu.

6. Oleh-oleh: Sebelum kembali pulang, pastikan kamu juga membawa buah tangan untuk keluarga dan teman2 di tanah air. Jika kamu ingin membeli sesuatu, siapkan budget mulai dari 200-300ribu.

Jadi, jika di total, keseluruhan biaya yang harus dipersiapkan untuk bisa berlibur ke Jepang adalah sekitar Rp 13.305.000,- untuk perjalanan wisata selama 7 hari 6 malam. Jika kamu bisa mendapatkan harga promo dan durasi waktunya lebih pendek mungkin bisa lebih murah.

Wilayah Paling Recommended Untuk Menginap

a. Asasuka dan Ueno: Salah satu wilayah metropolitan di Jepang ini juga ramah untuk para wisatawan. Lokasinya yang dekat dengan beberapa tempat wisata, menjadikan wilayah ini banyak memiliki penginapan recommended. Range harga untuk dapat menginap di wilayah ini mulai dari 400ribuan.

b. Nihonbashi: Daerah ini juga banyak tersedia hotel serta losmen dengan harga terjangkau mulai dari 300ribuan. Lokasinya yang berada di tengah kota bisa memudahkanmu untuk menjangkau beberapa tempat wisata. Selain itu wilayah ini juga banyak dilalui oleh transportasi umum.

c. Shibuya: Ingin melihat scramble crossin? Menginaplah di wilayah Shibuya. Karena Shibuya ini merupakan salah satu wilayah yang setiap harinya terdapat hampir 5juta pengguna pejalan kaki melinta di jalan ini. Range

Harga Hotel Disini Mulai Dari 500 Ribu per Malamnya

1. Shimokitazawa: Jika kamu ingin menginap dengan atmospher yang lebih tenang, mungkin daerah ini bisa jadi pilihannya. Koceknya pun tak beda jauh dengan wilayah2 sebelumnya. Shimokitazawa merupakan salah satu kawasan yang banyak terdapat toko barang bekas, live house, dan galeri.

Jalan-jalan Lebih Mudah Dengan Transportasi Ini!

Transportasi Jepang terkenal karena sistemnya modern dan merupakan salah satu yang paling maju di dunia. Untuk jasa transportasi keretanya saja sudah mencakup hampir ke seluruh tempat di Jepang, terutama lokasi-lokasi wisata. Begitupun dengan moda lain seperti bus dan taksi.

Sebelum kamu menentukan transportasi apa yang akan digunakan selama disana, pilihlah dahulu daerah dan tujuan yang akan dikunjungi. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah mengalokasikan budget untuk transportasi.

2. Kereta: Transportasi ini merupakan salah satu yang terpraktis di Jepang. Transportasi satu ini selalu penuh sesak setiap harinya, apalagi di jam2 sibuk. Jenis kereta di Jepang mayoritas berbentuk kereta bawah tanah (subway).

Harga tiketnya sendiri untuk Subway 130 Yen, Tokyo Metro 160 Yen, Kereta Api Toei 170 Yen. Harga tiket-tiket tersebut semakin meningkat disesuaikan dengan jarak tempuh.

3. Bus: Bus merupakan salah satu transportasi yang tersedia di seluruh kota di Jepang. Jika ingin menaiki transportasi ini kamu cukup mengambil tiket pada kotak mesin kecil. Di dalam bus tersedia layar yang menunjukan harga tiket dan lokasi pemberhentian.

Saat tiba di lokasi, kamu tinggal memasukkan uang dan tiket ke kotak yang letaknya di samping supir. Harga tiket busnya pun cukup murah, dari 200-600 yen.

4. Taksi: Moda transportasi ini juga cukup banyak dipilih oleh wisatawan, karena kendaraan ini hampir tersebar luas di seluruh penjuru kota. Salah satu tanda untuk mengetahui taksi tersebut kosong atau tidak, kamu cukup lihat indikator lampu yang ada di sudut kiri bawah kaca depan.

Lakukan Tips Ini Jika Ingin Hemat Saat Trip To Japan

Seperti yang kita bahas diawal, bahwa mahal tidaknya sebuah liburan itu tergantung kebutuhan dari masing-masing orang. Semakin banyak kebutuhanmu makan tinggi pula budget yang akan di habiskan.

Kebutuhan liburan ala pelancong hemat adalah bagaimana caranya budget yang dipunyai bisa cukup sampai akhir. Caranya yaitu dengan memilih waktu yang tepat untuk pergi kesana. Hindarilah high peak season.

Jika biasanya orang memilih waktu musim semi untuk pergi berlibur kesana, pilihlah musim dingin. Karena musim dingin adalah saat2 orang enggan untuk berpergian. Jadi biaya transportasi dan penginapan pun cenderung lebih murah.

Selain itu, selama disana kamu juga tidak usah terlalu berobsesi untuk selalu makan enak dan mahal. Cobalah untuk makan street food. Manfaatkan juga waktu liburmu hanya untuk mengunjungi tempat yang benar2 diinginkan saja.

Gimana setelah melihat gambaran rincian budget liburan ke Jepang yang kami rancang diatas? Sekarang nggak minder lagi kan? Karena kamu pun bisa berlibur ke Jepang dengan budget sesuai kemampuanmu.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.