Foto By @explorerr.gunung

10 Gunung Tertinggi di Sumatera Yang Sering Didaki

Diposting pada

Kamu suka mendaki? Nah, sejumlah gunung-gunung di Sumatera mungkin bisa menjadi salah satu tujuan wisatamu, khususnya bagi para pendaki. Selain memiliki puncak yang cukup menantang, panorama alamnya juga sangat indah.

Sumatera tidak hanya menjadi pulau terbesar di Indoesia, tapi juga dunia. Pulau ini pun punya kekayaan alam yang begitu melimpah, tanahnya subur, kaya akan batu mineral dan memiliki keanekaragaman hewan yang cukup banyak.

Bukan hanya itu saja, pulau tersebut juga menjadi tuan rumah bagi sejumlah gunung api aktif di dunia, seperti Kerinci di Jambi, Singgalang di Padang dan Sinabung di Sumatera Utara.

Namun tidak semuanya memiliki jalur pendakian yang aman untuk dilalui oleh para pendaki ataupun pecinta alam. Bahkan dari sekian banyaknya jumlah gunung disana, tak sedikit pula yang belum didaki, karena berbahaya.

Dan berikut JejakPiknik sudah rangkum 10 daftar gunung tertinggi di Sumatera yang bisa didaki dengan nyaman.

1. Gunung Kerinci

Foto By @atapsumatra

Kerinci adalah salah satu spot yang cukup terkenal bagi kalangan pendaki dan merupakan gunung tertinggi di Indonesia, setelah Puncak Jawa Wijaya di Papua.

Gunung berapi paling tinggi yang sering dijumpai dalam soal-soal TTS ini memiliki ketinggian kurang lebih 3.805 meter diatas permukaan laut dan ia mempunyai banyak nama lain seperti Kurinci ataupun Korinci.

Puncak dari Kerinci ini dikenal dengan nama Indrapura. Secara geografis, letaknya berada dalam 2 provinsi yakni Sumatera Barat dan Jambi. Menurut catatan, spot tersebut merupakan bagian dari kompleks pegunungan Bukit Barisan.

2. Gunung Leuser

Foto By @climbindonesia

Puncak tertinggi di Pulau Sumatera berikutnya berhasil diraih oleh Mount Leuser di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Spot berketinggian kurang lebih 3.445 meter diatas permukaan laut ini memiliki 3 puncak yang berbeda-beda.

Letaknya Leuser sendiri tidak jauh dari Kerinci yang sudah kita bahas sebelumnya. Ini juga merupakan bagian pegunungan Bukit Barisan dan dikelilingi oleh beberapa taman nasional.

Beberapa taman nasional yang dimaksud adalah Taman Nasional Kerinci Seblat dan Bukit Barisan yang sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh PBB.

3. Gunung Dempo

Foto By @eggiabdillah_

Di urutan tertinggi ketiga di Pulau Sumatera diduduki oleh Dempo mountain. Ia juga tercatat sebagai puncak paling tinggi di provinsi Sumatera Selatan.

Dempo sendiri termasuk jenis berapi, hal ini ditandai dengan adanya kawah panas yang masih aktif bergejolak di puncaknya. Kawah tersebut juga terbilang cukup lebar, karena memiliki diameter mencapai 100 meter persegi.

Secara geografis, Dempo terletak di perbatasan antara provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu, lebih tepatnya di kota Pagar Alam, yakni salah satu daerah yang terkenal sebagai penghasil kopi robusta terbaik di Indonesia.

Selain itu, letaknya pun sangat dekat dengan pemukiman warga. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya jumlah orang-orang yang datang ke sekitar Dempo hanya untuk mencari kayu-kayu atau sekedar berwisata.

4. Gunung Bandahara

Foto By @andreas3cahyadi

Sebuah nama cukup unik diberikan pada gunung ini. Ya, mount Bandahara merupakan salah satu puncak tertinggi di Pulau Sumatera dan termasuk tipe tidak berapi di Indonesia.

Hal tersebut bisa dibuktikan karena ia tidak memiliki kemampuan untuk mengeluarkan material dari dalam bumi atau lebih dikenal dengan istilah erosi.

Bandahara Mountain ini terletak satu wilayah dengan Mount Leuser, yakni di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, lebih tepatnya di kabupaten Gayo Luwes.

Selain menjadi tertinggi keempat di Pulau Sumatera, Bandahara Mountain juga menjadi puncak paling tinggi urutan kedua di Aceh, dimana ketinggiannya mencapai 3.030 meter diatas permukaan laut.

5. Gunung Talamau

Foto By @explore_sumbar

Talamau ini juga kerap dikenal dengan nama gunung Ophir dan merupakan salah satu puncak tertinggi di Pulau Sumatera. Letaknya berdampingan dengan Mount Pasaman, Sumbar.

Talamau sendiri memiliki ketinggian sekitar 2.920 meter diatas permukaan laut dan termasuk salah satu gunung api tidak aktif. Hal menarik dari spot ini adalah dibawah puncaknya terdapat 13 buah telaga.

Nama-nama telaga tersebut diambil berdasarkan legenda-legenda yang dipercaya oleh penduduk di sekitar Talamau. Selain itu, ia juga memiliki sebuah air terjun cantik pada ketinggian 100 meter dan dikenal dengan Puti Lenggo Geni.

6. Gunung Marapi

Foto By @asnulhabi

Coba tuliskan nama gunung tertinggi di Sumatera yang namanya hampir mirip seperti yang ada di Jogja! Kalau pertanyaan ini muncul, kamu bisa jawab tidak?

Yap, Marapi. Ini adalah gunung berapi paling aktif di pulau Sumatera dan secara administratif, letaknya berada di Kabupaten Agam, Sumbar. Keindahan dari spot tersebut bisa kamu lihat dari kota Bukittinggi, Tanah Datar ataupun Padangpanjang.

Spot berketinggian 2.891 meter diatas permukaan laut ini tercatat sudah meletus lebih dari 50 kali sejak akhir abad 18 dan letusan terakhir terjadi pada tanggal 26 Februari 2014, pukul 16.15 WIB.

Letusan tersebut melepaskan material pasir serta abu vulkanik ke wilayah kabupaten Agam dan Tanah Datar. Meski tidak ada evakuasi, namun Marapi ditetapkan siaga.

7. Gunung Geureudong

Foto By @syahrulrmdhan._

Geureudong atau dikenal juga dengan nama Bur Ni Telong. Ini adalah salah satu gunung bertipe stratovolcano yang terletak di wilayah provinsi Aceh, tepatnya di Kabupaten Bener Meriah.

Geureudong sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 2.885 meter diatas permukaan laut. Spot tersebut masih jarang dijadikan tujuan oleh para pendaki. Apalagi sejak terjadinya longsor pada masa Pleistosen.

Bur Ni Telong ini juga memiliki sebuah kawah aktif pada bagian puncaknya. Untuk menuju lokasinya, bisa melalui desa Bukit Mulie. Selain sebagai tempat wisata, Geureudong juga menjadi habitat Gajah Sumatera.

8. Gunung Singgalang

Foto By @imaamprast

Selain Talamau dan Marapi, provinsi Sumatera Barat juga memiliki satu lagi spot yang masuk dalam daftar sebagai gunung tertinggi di pulau Sumatra, namanya yaitu Mount Singgalang.

Puncak berketinggian 2.887 meter diatas permukaan laut ini jika dilihat dari gambar-gambar di internet, bentuknya mirip dengan Merbabu Mountain di Jawa Tengah. Meskipun sudah tidak aktif lagi, tapi ia mempunyai satu spot cantik pada puncaknya, namanya yaitu Telaga Dewi.

Jalur pendakian untuk menuju Singgalang ini adalah melalui Pandai Sikek yang terletak di desa Tanjuang, provinsi Sumbar. Spot tersebut memiliki kawasan hutan lembab dan kandungan air yang cukup banyak.

9. Gunung Perkison

Foto By @cut_mawarni20

Setelah Bandahara, Leuser dan Geureudeung, ada juga Perkison, yakni gunung tertinggi berikutnya di Pulau Sumatera yang sama-sama terletak di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Perkison memiliki ketinggian mencapai angka 2.828 meter diatas permukaan laut. Ia termasuk tipe berapi yang sudah tidak aktif lagi atau bisa dikatakan gunung mati.

Spot tersebut masih jarang dikunjungi oleh para pendaki, mengingat jalurnya belum dibuka untuk umum. Sehingga tak heran bila ia memiliki pemandangan alami yang begitu memukau.

10. Gunung Talang

Foto By @wafi.aulia

Berada pada ketinggian 2.597 meter diatas permukaan laut, gunung api aktif bertipe stratovolcano ini terkenal karena memiliki sebuah kawah cantik bernama Danau Talang.

Menurut catatan, Mount Talang sudah meletus berkali-kali sejak tahun 1833 dan letusan terakhir itu terjadi pada 2007. Ada 4 kecamatan yang bermukim di sekitar kaki gunung ini, jumlahnya sepertiga jiwa dari kabupaten Solok.

Nah, itu dia beberapa daftar gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Jadi, kamu tertarik ingin mendaki yang mana dulu?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.