Sekotang, gambar By @kohkuliner

Tak Hanya Enak, 10 Minuman Khas Sumatera Barat Ini Juga Berkhasiat

Diposting pada

Berbicara tentang destinasi wisata di Sumatera Barat, tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi kalau membahas soal makanan khasnya, tak perlu diragukan lagi.

Karena sudah terbukti dengan menjamurnya rumah makan atau restoran Padang di seluruh pelosok Nusantara. Tidak hanya memiliki destinasi wisata indah dan makanan lezat nan menggoda, Sumatera Barat juga ternyata menyimpan beragam minuman khas.

Tidak hanya sebagai pelepas dahaga, beberapa minuman khas Sumatera Barat juga diketahui memiliki banyak khasiat dengan citarasa serta keunikan tersendiri.

Nah, penasaran apa saja minuman khas Sumatera Barat yang wajib buat dicicipi saat tengah bertandang kesana? Ini dia, JejakPiknik kasih bocorannya.

1. Teh Talua

Foto By @teh_talua_adhisty

Jika berbicara tentang Teh Talua, sama saja seperti sedang membicarakan Rendang. Pasalnya, ini adalah salah satu minuman khas Sumatera Barat yang sudah sangat terkenal di seluruh penjuru nusantara.

Nama teh ini diambil dari bahasa Padang, yakni Talua yang artinya telur. Nah, mendengarnya, kamu pasti sudah bisa tebak kan apa yg menjadi bahan utama dari minuman tersebut?

Ya, minuman ini terbuat dari campuran telur ayam kampung atau bebek dengan teh panas. Selain nikmat, sajian tradisional Ranah Minang tersebut juga dipercaya dapat mengembalikan kebugaran tubuh serta meningkatkan stamina, khususnya bagi pria.

Teh Talua juga sangat mudah ditemukan di warung kopi pinggir jalan, kafe ataupun restoran. Untuk harganya sendiri cukup bervariasi.

2. Kawa Daun

Foto By @vinostar1

Selanjutnya adalah Kawa Daun. Orang minang juga kerap menyebutnya dengan Aia Kawa. Minuman ini bahan dasarnya terbuat dari daun kopi yang kemudian diseduh menggunakan air panas.

Kawa Daun ini sudah muncul sejak zaman Belanda. Menurut sejarahnya, minuman tersebut hadir karena pada saat itu, penduduk Sumatera Barat dilarang mengkonsumsi biji kopi secara pribadi.

Maka dari itu mereka pun menggantinya dengan menggunakan daun kopi karena dipercaya masih mengandung kafein. Penyajiannya hampir sama seperti teh pada umumnya, hanya saja tidak menggunakan gelas melainkan tempurung kelapa yg sudah dibagi dua.

Kawa Daun juga mudah ditemukan di warkop pinggir jalan maupun kafe dan harganya pun sangat bersahabat dengan kantong.

3. Dadiah

Foto By @bukittinggifooddies

Dadiah atau Dadih merupakan salah satu minuman khas Sumatera Barat yang terbuat dari hasil fermentasi susu kerbau. Jika kita lihat sekilas dari gambar, kamu mungkin akan mengira kalau ini adalah yoghurt.

Ya, itu tidak salah. Karena banyak yg bilang ini adalah yoghurt-nya orang Minang. Soal rasanya, begitu nikmat sebab difermentasi secara tradisional dengan menggunakan bambu sebagai wadahnya.

Menurut penelitian, Dadiah mampu menurunkan kadar kolestrol dan mencegah kanker usus. Dadih sendiri paling nikmat dikonsumsi saat pagi hari sebelum memulai aktivitas.

RM.Lestari di Pasar Wisata, Bukittinggi adalah salah satu tempat terbaik untuk mencicipi seporsi dadiah enak seharga Rp.12.000.

4. Aia Aka

Foto By @anakpulau86

Aia Aka merupakan cincau-nya Sumatera Barat. Disebut demikian karena bahan utama dalam pembuatannya adalah perasan daun cincau yang kemudian dibentuk menjadi seperti agar-agar.

Aia Aka paling nikmat dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Untuk penyajiannya sendiri kerap diberi tambahan berupa air asam, campuran gula merah dengan santan dan air daun kacang.

Selain sebagai pelepas rasa haus, Aia Aka tersebut juga dipercaya dapat menurunkan panas dalam serta memperlancar pencernaan.

Penjual Aia Aka juga sangat mudah dijumpai, baik yg menggunakan gerobak ataupun pedagang keliling. Untuk segelasnya biasanya dibanderol hanya kisaran Rp.3.000-Rp.4.000 saja.

5. Es Tebak

Foto By @jajanrekomen

Beberapa daerah di Sumatera Barat dikenal memiliki cuaca yang cukup panas. Nah, dengan suasana seperti ini, memang paling enak menyantap minuman yg dingin-dingin, seperti Es Tebak misalnya.

Es Tebak ini termasuk varian es campur, perbedaannya hanya karena adanya tebak, yakni bahan makanan sejenis cincau namun dengan tekstur lebih keras dan berwarna putih.

Minuman tersebut juga sangat mudah ditemui di pedagang yang menjual es rumput laut. Cukup bermodalkan Rp.10.000 saja, kamu sudah bisa melepas dahaga dengan mengenggak segelas es tebak segar ini.

6. Jus Pinang Mudo

Foto By @nasi.naga

Jika pada umumnya jus terbuat dari aneka macam buah-buahan segar, namun tidak dengan minuman khas Sumatera Barat satu ini.

Seperti namanya, bahan utama pembuatannya adalah buah pinang yang masih muda, kemudian ditambahkan madu, jahe serta kuning telur. Jus ini lebih cocok dikonsumsi oleh kaum Adam karena dipercaya dapat menambah stamina.

Jus Pinang Mudo juga mudah ditemui di rumah makan atau kedai minuman di pinggir jalan. Soal harga, tak perlu takut karena masih sangat terjangkau.

7. Es Durian

Foto By @simply_culinary

Nah, kamu pecinta durian, minuman khas Sumatera Barat satu ini wajib banget buat dicicipi. Pasalnya, sajian sedap tersebut berbeda dari yang biasanya.

Dimana seporsinya diisi dengan berbagai bahan menggoda, yakni daging buah durian, cincau hitam, kelapa muda, bubur pacar, es serut dan tambahan susu kental manis diatasnya.

Penasaran bagaimana rasanya? Nah, satu tempat terbaik untuk mencicipinya adalah Es Durian Ganti Nan Lamo di jalan HOS Cokroaminoto No.31B, Kota Padang. Disini, seporsinya itu hanya dihargai sekitar 24 ribuan saja.

8. Air Kacang

Foto By @siskafortuna

Minuman berwarna hijau yang banyak dijual dengan gerobak di sore hari di pinggiran jalan kota Padang ini namanya adalah Air Daun Kacang.

Tidak hanya untuk melepas dahaga, seporsi minuman berisikan cincau, air kacang 7 helai berwarna hijau, gula aren dan perasan jeruk nipis ini diyakini dapat mengobati panas dalam.

Selain menggunakan air asam, minuman ini juga kerap diberi santan agar rasanya semakin gurih. Untuk harganya sendiri, hanya dibanderol sekitar 4 ribu saja per botolnya.

9. Sekotang

Foto By @kohkuliner

Nah, kalau menu pelepas dahaga satu ini mirip dengan bandrek, karena menggunakan jahe, gula serta susu kental manis sebagai bahan utamanya. Hanya saja, untuk isianya sekotang diberi potongan roti tawar, kacang tanah sangrai, kacang ijo rebus dan sagu mutiara.

Sekotang ini paling banyak dijual di jalan Imam Bonjol, tepatnya di depan Balai kota Padang. Mereka biasanya menjualnya dengan menggunakan gerobak dan harganya hanya sekitar Rp.7.000 saja.

10. Es Cendol Mak Khatib

Minuman khas sumatera barat daerah dari gambar dan
Foto By @cendol.makkhatib

Es Cendol Mak Khatib adalah minuman paling legendaris yang sangat terkenal di Sumatera Barat. Rasanya legit, karena diberi campuran gula aren dan es batu.

Sejak dibuka di tahun 1950-an sampai sekarang, Es Cendol Mak Khatib selalu kebanjiran pengunjung dan menjadi buruan para wisatawan.

Saking larisnya, kini usahanya sudah memiliki 4 cabang, 2 di Pasar Raya Padang, 1 di Ganting dan satunya lagi di Kampung Kalawi. Selain enak, harganya pun murah meriah, hanya berkisar 7 ribuan saja per porsinya.

Karena tidak hanya berguna untuk melepas dahaga tapi juga memiliki segudang khasiat, jadi pastikan untuk mencicipi 10 minuman khas Sumatera Barat diatas ya!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.