gambar by: idntimes.com

10 Kue Khas Jawa Timur, Manakah Yang Sudah Kalian Coba?

Diposting pada

Terbentang dari Sabang sampai Merauke, Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaannya. Setiap daerah memiliki budaya yang berbeda-beda, bahkan menjadi ciri khas dari daerah itu sendiri. Artinya, sebuah kebudayaan yang ada di suatu daerah belum tentu ada di tempat lain.

Kebudayaan tidak hanya mencakup tarian tradisional, senjata, rumah adat, upacara adat, alat musik, dan lagu daerah, tetapi juga termasuk kuliner atau masakan khas. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya yang belum tentu bisa ditemukan di tempat lainnya dan wajib dicoba bagi para wisatawan kuliner.

Salah satu provinsi yang memiliki berbagai makanan khas adalah Jawa Timur. Terletak di ujung timur Pulau Jawa, provinsi ini memiliki kuliner yang beragam. Selain makanan utama, ada berbagai jajanan tradisional dan kue khas Jawa Timur yang wajib dicoba saat berwisata kuliner ke provinsi ini.

Nah, penasaran apa saja jajanan tradisional dan kue khas Jawa Timur yang wajib dicoba untuk referensi kulineran? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

1. Kue Lumpur Bakar

foto by: brisik.id

Tidak hanya terkenal dengan Lumpur Lapindonya saja, namun Sidoarjo juga memiliki salah satu kue basah khas daerahnya, yaitu Kue Lumpur Bakar. Dapat dilihat dari gambar di atas, kue ini berbentuk bulat dengan warna coklat di bagian bawah dan warna kuning di atasnya, mirip berbagai jajanan pasar seperti kue cubit, apem, dan bingka. Tekstur Kue Lumpur Bakar adalah lembek dan lembut.

Beberapa bahan dasar untuk membuat kue lumpur adalah tepung terigu, tepung beras, dan kentang. Nah, bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan santan, telur, dan lain-lain sebelum adonannya dimasukkan ke dalam cetakan yang bulat. Satu hal yang membuat unik Kue Lumpur Bakar adalah cara masaknya yang menggunakan arang.

Nah, penggunaan arang tidak hanya membuat bagian bawah kue ini menjadi agak kecoklatan, namun juga menghasilkan aroma yang khas. Kue ini sangat cocok untuk dipadukan dengan minuman hangat untuk camilan di sore hari. Salah satu penjual yang terkenal di Sidoarjo ada di Jl. Dr. Wahidin, Sekardangan, Kecamatan Candi.

2. Kue Manco

foto by: idntimes.com

Kue Manco adalah salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari tepung ketan, gula jawa, dan tepung beras. Kue ini merupakan salah satu oleh-oleh dari Madiun yang sering diburu wisatawan. Makanan dengan cita rasa manis ini masih dibuat dengan cara tradisional hingga sekarang lho, kecuali dalam hal pembuatan tepung.

Bahan kue yang telah setengah jadi harus dijemur, namun tidak sampai kering. Lalu, diangkat dan dipotong menjadi bentuk segitiga dan dijemur lagi hingga kering. Setelah kering, baru digoreng. Kemudian, setelah matang baru dilumuri cairan gula jawa. Nah, setelah itu baru diberikan topping yang bervariasi, dari wijen, kacang, dan lain-lain.

Adonan kue ini akan menggembung ketika digoreng. Buat kalian yang ingin membeli jajanan ini, pembuatannya berpusat di Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun. Selain sebagai oleh-oleh, banyak yang memesan kue ini menjelang hari lebaran lho.

3. Bolu Jubada

foto by: fakta.co.id

Tidak hanya terkenal dengan sate dan sotonya saja, Madura juga punya kue dan jajanan khas lho. Bolu Jubada adalah salah satunya. Jajanan yang berasal dari Kabupaten Bangkalan ini dibuat dari campuran tepung beras ketan dengan gula merah. Makanan berukuran kecil ini dimasak dengan cara dikukus untuk menghasilkan tekstur yang kenyal dan manis.

Bolu Jubada adalah makanan yang sangat terkenal di Bangkalan, Madura. Jika kalian wisata kuliner ke Madura, jangan lupa membawa pulang makanan ini sebagai salah satu oleh-oleh ya!

4. Kue Geti

foto by: gotravelly.com

Kue Geti atau Enting-Enting Kacang adalah salah satu makanan ringan khas Tulungagung, Jawa Timur. Camilan ini terbuat dari kacang tanah yg kemudian dicampur dengan wijen lalu dilarutkan ke dalam adonan gula merah hingga kering. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan dapat membuat siapapun ketagihan lho.

Kue kering yg satu ini tergolong tahan lama, karena bisa bertahan hingga delapan minggu. Oleh karena itu, makanan ini sangat cocok lho untuk dibawa saat melakukan perjalanan jauh ataupun sebagai buah tangan buat sanak saudara serta teman-teman di kampung halaman.

5. Onde-Onde Alief

foto by: javatravel.net

Bagi masyarakat, mungkin jajanan yang satu ini sudah tidak asing lagi karena bisa ditemukan hampir dimana saja. Namun, ada yg berbeda dari onde-onde ini, yaitu isiannya. Sebab, isi dari Onde-Onde Alief tidak berupa kacang hijau yg dihaluskan, melainkan terbuat dari kacang merah.

Jika kalian ingin mencoba, salah satu tempatnya ada di Jl. Laksda Adisucipto, Sambong Dukuh, Jombang, Jatim. Selain rasanya yg enak, harganya pun ramah di kantong karena satu kotaknya tidak lebih dari Rp. 20.000 lho.

6. Kue Perut Ayam

foto by: cookpad.com

Kue Perut Ayam atau Kue Usus Ayam adalah salah satu jajanan tradisional dari Malang. Makanan ini dinamakan “usus ayam” bukan berarti terbuat dari jeroan ayam ya, tapi berbentuk spiral seperti isi perut atau usus ayam. Dari segi teksturnya, kue ini lebih mirip roti ketimbang jajanan tradisional pada umumnya.

Beberapa bahan untuk membuat kue ini adalah tepung terigu, ragi, baking powder, telur, gula pasir, dan air kelapa. Adonan ini nantinya dimasukkan ke dalam plastik dan bagian ujung plastiknya dipotong dengan gunting. Setelah itu, adonan akan dituang ke dalam minyak panas dengan cara melingkar membentuk spiral dan baru boleh diangkat setelah berwarna kuning keemasan.

Jika kalian mau buat sendiri, resep dan cara membuat perut ayam juga cukup mudah untuk diikuti lho jadi bisa bikin di rumah!

7. Getuk Pisang

foto by: idntimes.com

Getuk yang satu ini berbeda lho, dari getuk lain pada umumnya yg terbuat dari singkong atau ubi. Sesuai dengan namanya, getuk ini terbuat dari pisang jenis raja nangka. Getuk Pisang memiliki rasa yg khas, yaitu manis dan asam. Asiknya lagi, Getuk Pisang cocok menjadi camilan untuk minum teh dan kopi di sore hari!

8. Carabikang

foto by: lifestyle.okezone.com

Carabikang adalah salah satu jajanan tradisional dari Surabaya, Jawa Timur. Kue yg memiliki bentuk seperti bunga yg sedang merekah ini terbuat dari tepung beras. Pada umumnya, kue ini memiliki warna hijau, pink, dan putih yang didapatkan dari pewarna makanan. Rasanya pun legit dan gurih, sangat enak dimakan saat masih hangat.

9. Sale Pisang Pacitan

foto by: tokopedia.com

Berbeda dengan sale pisang pada umumnya yg memiliki bentuk pisang pipih, Sale Pisang Pacitan berbentuk bulat seperti keong. Tidak hanya itu, ada juga beberapa orang yg mengemasnya seperti anggur. Makanan ringan yg satu ini sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh lho.

10. Pudak

gambar by: idntimes.com

Jajanan khas Gresik yang satu ini terbuat dari olahan tepung beras, gula pasir, dan santan yg dibungkus dengan pelepah daun pinang. Setelah dibungkus, baru kemudian dikukus sampai matang. Kue ini sangat unik dari segi rasa maupun tampilan, karena daerah lain tidak memilikinya. Nah, cukup unik kan?

Itulah aneka nama jajanan tradisional dan kue khas Jawa Timur yg wajib dicoba untuk referensi kulineran saat berwisata ke provinsi tersebut. Beberapa di antaranya bisa dibuat sendiri karena resepnya ada di internet dan ada juga yg sudah dijual di berbagai daerah. Nah, di antara macam-macam jajanan dan kue di atas, manakah yg paling ingin kalian coba?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.