Galamai, gambar By @tanlarangan

10 Jajanan dan Kue Khas Padang Yang Harus Kalian Cicipi

Diposting pada

Padang merupakan sebuah kota di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki beragam kuliner lezat serta kaya akan bumbu dan rempah-rempah. Penggunaan santan pun membuat kuliner Ranah Minang semakin terasa gurih di mulut para wisatawan.

Beberapa masakan Padang yang terkenal antara lain rendang, ayam pop, paru goreng, sate padang, dendeng balado, soto padang, gulai itiak dari Padang Panjang, lamang tapai, gulai tunjang, dan lain-lain.

Tidak hanya makanan berat saja, namun ada beberapa jajanan dan kue tradisional SumBar yang wajib dicoba ketika kulineran. Beberapa diantaranya adalah sangko, talam singkong, pinukuik yang mirip serabi, putu padang, dll.

Berikut ini merupakan beberapa macam jajanan dan kue khas Padang yang wajib untuk dicoba ketika kulineran di ibukota Sumbar:

1. Kue Sapik

Foto By @asadorimart

Jajanan satu ini seringkali disebut sebagai kue semprong khas Padang. Kue sapik adalah kue kering yang terbuat dari tepung beras, gula pasir, santan, telur, dan bubuk kayu manis. Makanan tersebut sering dijadikan kudapan saat lebaran.

Selain sering dijadikan kudapan saat hari lebaran, kue sapik juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Minang. Teknik membuatnya pun cukup sederhana, yaitu dengan cara dicetak lalu dipanggang setelah adonan berubah warna menjadi kuning keemasan.

Salah satu tempat untuk membeli kue sapik adalah di Pondok Kue Sapik Bu Fat yang terletak di Komplek Pondok Pinang Blok K No. 10, Lubuk Buaya, Padang. Harganya pun bervariasi, yaitu dari Rp. 10.000 hingga 25.000 per bungkus.

2. Kue Arai Pinang

Foto By @kue.araipinang

Kalo yang satu ini merupakan camilan khas Sumatera Barat, khususnya daerah Pariaman. Kue kering tersebut sebenarnya merupakan keripik dari tepung beras yang diberikan rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang renyah dan gurih.

Cara membuat kue arai pinang pun cukup unik, dimana tepung beras sebagai bahan intinya harus disangrai terlebih dahulu. Salah satu rempah untuk membuatnya adalah kapur sirih agar rasanya semakin renyah.

Arai pinang dapat ditemukan di beberapa toko oleh-oleh yang ada di Kota Padang ataupun secara online. Harganya bervariasi, dari Rp. 28.000 hingga 51.000 per bungkus, tergantung isinya.

3. Kue Mangkuak

Foto By @anjungmayang

Diberi nama kue mangkuak karena kue ini dicetak di dalam sebuah cetakan yang menyerupai mangkok seperti tempurung kelapa yang terbuat dari plastik.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat kue mangkuak adalah adonan tepung beras, gula merah, gula pasir, dan santan kelapa. Cara memasak kudapan tersebut yakni dengan dihangatkan di atas panas uap air yg mendidih.

Kue ini bisa kalian temukan di berbagai warung kopi dan juga mini market di Sumatera Barat, terlebih Kota Padang. Harganya pun cukup murah, yakni hanya Rp. 1.000 hingga 2.000 per buah.

4. Kue Pinyaram

Foto By @alfinkenyang

Pinyaram adalah salah satu jajanan khas Minangkabau yang mirip dengan kue cucur khas betawi. Makanan ini biasanya disajikan saat perayaan Idul Fitri, pernikahan, dan acara spesial lainnya. Resepnya bisa ditemukan di internet.

Bahan-bahan untuk membuatnya adalah gula pasir atau gula aren, santan, dan tepung beras atau beras hitam. Hanya ada dua varian untuk kue ini, yaitu pinyaram putih dengan beras putih dan pinyaram hitam dengan beras hitam.

Tidak sulit untuk menemukan kue pinyaram di Sumatera Barat. Salah satu tempatnya adalah di jalanan Padang – Bukittinggi, tepatnya di Kayu Tanam, Kecamatan 2X11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman. Harganya juga murah, hanya Rp. 500.

5. Karak Kaliang

Foto By @bos_kripik

Camilan yang satu ini adalah kerupuk yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ubi kayu. Ciri khas dari kerupuk ini adalah berbentuk angka 8 dengan warna kuning.

Kerupuk biasanya ditambahkan bawang putih dan garam sebagai bumbu untuk menambah rasa gurih dan asin. Adonan yang sudah tercampur lalu diaduk dan diuleni hingga kalis sebelum dibentuk angka delapan yang nantinya digoreng pada minyak panas.

Buat yang ingin membeli karak kaliang dengan harga murah, kalian bisa mengunjungi pabriknya di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Harganya hanya Rp. 5.000 per bungkus.

6. Kue Singgang

Foto By @feliciafeyin

Kudapan ini disebut juga sebaga bika atau kue bakar. Tidak disangka-sangka, kue basah yg satu ini ternyata masih laris di pasaran.. Asiknya lagi, pembuatanny tidak menggunakan bahan-bahan rumit, namun mudah didapatkan.

Beberapa bahan yg digunakan adalah tepung beras, tape singkong, garam, gula pasir, santan kelapa, dan parutan kelapa muda. Semuanya kemudian diaduk hingga menyatu, lalu sehelai demi sehelai daun dimasukkan ke dalam cetakan.

Setelah itu, adonan baru dimasukkan ke dalam cetakan lalu dimasak di atas bara sabut kelapa yang telah dibakar. Untuk mencicipinya, kamu bisa singgah di perempatan Bypass Lubuk Begalung, Padang Yusa. Biasanya dijual dengan harga Rp. 1.000 per butir.

7. Bolu Batik

Foto By @bolubatik_retnodyah

Kalo yg satu ini adalah makanan dengan ukiran batik di atasnya, yang membuatnya semakin sangat indah, apalagi motifnya diambil dari 12 motif batik di Indonesia. Tentunya, untuk mengukir motif batiknya diperlukan ketelitian.

Motif batik yg ada di atas permukaan kue ini sangat menarik perhatian wisatawan. Terlebih lagi, di dalamnya terdapat selai blueberry atau strawberry yang manis dan lezat di mulut. Kudapan tersebut cocok jugal sebagai kue ulang tahun lho!

Kalian bisa membeli kue ini di kawasan Nurul Iman, Kecamatan Padang Selatan atau di seluruh toko oleh-oleh di Kota Padang. Satu loyang biasanya dihargai Rp. 60.000.

8. Galamai

Galamai, gambar By @tanlarangan

Kalo jajanan yg satu ini sebenarnya merupakan olahan yang mirip dengan dodol atau jenang, hanya saja perbedaannya terletak dari bahannya. Bahan untuk membuat galamai adalah tepung beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah disangrai.

Proses pembuatan galamai juga mirip seperti pembuatan dodol, yaitu dengan cara mencampurkan semua bahan di atas menjadi satu adonan kemudian dimasak di kuali besar dan diaduk-aduk selama tiga hingga empat jam.

Salah satu produsennya adalah Gelamai Tek Tam di Jl. Latsitarda No. 114, Payakumbuh. Harganya bervariasi, tapi masih di bawah Rp. 50.000.

9. Bareh Randang

Foto By @sigadih_minang

Banyak yg mengira bahwa kue ini merupakan olahan rendang. Namun, sebenarnya kudapan tersebut diolah tanpa menggunakan rendang. Bahan-bahan untuk pembuatannya adalah tepung beras disangrai kemudian dicampur gula dan santan yang sudah dimasak.

Tampilan kue ini kasar di atas dan rasanya juga manis. Biasanya, disajikan dalam bentuk persegi 1×1 cm dan dikemas sebelum dijual.

Bareh randang bisa didapatkan di berbagai toko oleh-oleh di Sumatera Barat dengan harga di bawah Rp. 50.000 per kotaknya.

10. Puluik Manih

Foto By @ppangpanjac

Tak hanya Jawa Tengah, Sumatera Barat juga punya wajik khas lho, namanya yaitu puluik manih alias pulut manis. Bahan dasar untuk membuatnya adalah beras ketan dan beragam bahan pendukung lainnya.

Sesuai dengan namanya, rasa dari kue basah yg satu ini dominan manis. Kudapan tersebut bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh di harga kurang dari Rp. 10.000.

Itulah aneka kue khas Padang yg wajib dicoba lengkap beserta gambar mereka. Nah, manakah favoritmu?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.