10 Oleh-Oleh Khas Mekkah Yang Bagus Dibeli Usai Menunaikan Umroh

Diposting pada

Mekkah atau Makkah Al-Mukarrahmah ialah kota di Arab Saudi yang terletak sekitar 600 km di  selatan Madinah dan kurang lebih 200 km di timur laut Jeddah.

Kota Mekkah sendiri merupakan tujuan utama kaum muslimin dari berbagai negara yang ingin menunaikan ibadah Haji ataupun Umroh.

Biasanya usai menjalankan ibadah Umroh, para jamaah tak pernah lupa membawa pulang segudang oleh-oleh buat keluarga ataupun kerabat yang ada di tanah air.

Berbicara mengenai oleh-oleh, sebenarnya di Mekah ini banyak terdapat souvenir, makanan khas dan pernak-pernik yang bisa dijadikan buah tangan buat keluarga.

Tak perlu bingung mencari buah tangan apa yang pas untuk dibawa pulang karena 10 daftar oleh-oleh khas Mekkah dibawah ini adalah jawabannya.

1. Sajadah

Foto By yuniarinukti.com

Usai menjalankan ibadah umrah, kini saatnya untuk berburu buah tangan sajadah yang bagus buat dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Sajadah khas Mekkah yang mendominasi sejumlah pusat  oleh-oleh umroh ini sebenarnya berasal dari Turki, Arab Saudi dan China.

Selain bahannya berbulu tebal dan cukup nyaman untuk dipakai sehari-hari, sajadah tersebut juga memiliki beragam bentuk, motif serta ukuran yang bisa dijadikan pilihan.

Bila Sahabat JejakPiknik tertarik menjadikannya sebagai oleh-oleh, pasar Bab Mekah di Suhaifa, kota Jeddah, Arab Saudi adalah tempatnya. Harganya tentu bervariasi tergantung jenis dan ukurannya.

2. Kosmetik Arab

Foto By travel.kompas.com

Barang kedua yang sering dijadikan buah tangan saat berkunjung ke kota Mekkah oleh wisatawan adalah kosmetik.

Kosmetik ini jenisnya ada banyak sekali mulai dari parfum, celak mata, lipstik hingga kutek. Sederet alat rias tersebut akan sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan buat kaum hawa.

Kendati setiap barangnya berkualitas, tapi harga kosmetik ini cukup murah dan kemasannya pun tampak sangat rapi jadi cocok untuk dijadikan bingkisan buat orang tercinta.

Untuk mendapatkan kosmetik berkualitas, Toko Ali Murah di pasar Al-Balad adalah tempat paling recommended buat dituju.

Tak hanya dibanderol murah mulai Rp.3.500-Rp.17.000, lapak yang kerap menjadi tujuan jamaah Indonesia ini pun dilayani dengan menggunakan bahasa Indonesia.

3. Kurma

Foto By travel.tribunnews.com

Nah, buah tangan berikutnya ini adalah salah satu oleh-oleh yang paling wajib untuk dibawa pulang para jamaah haji.

Kurma khas Mekkah ini jenisnya ada banyak, dari Barhi, Sokari, Sekki, Silaj, Khidri, Monief, Majol hingga Ajwa. Sahabat JejakPiknik tinggal pilih sesuai kesukaan.

Dari antara semuanya, kurma ajwa adalah paling primadona di Mekkah. Tak hanya lembut tetapi juga berkhasiat untuk kesehatan.

Untuk membelinya tidaklah sulit, Sahabat JejakPiknik bisa mampir ke kebun kurma di kota Madinah. Soal harga, berkisar Rp.105.000-Rp.315.000, tergantung jenisnya.

4. Kacang Arab

Foto By merdeka.com

Selain kurma, kacang arab juga menjadi salah satu buah tangan yang tidak boleh kelupaan untuk dibawa pulang usai menunaikan ibadah haji di Mekkah.

Keistimewaan yaitu selain rasanya berbeda, makanan tersebut juga menyehatkan dan cocok untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet, menstruasi, hamil ataupun menyusui.

Ada banyak warna kacang yang bisa Sahabat JejakPiknik pilih bila ingin dijadikan sebagai oleh-oleh mulai dari coklat, hitam, merah hingga krem paling populer.

Kacang arab ini juga mudah ditemui di pusat oleh-oleh dan berbicara tentang harga, hanya berkisar 35-175 ribuan saja.

5. Air Zam-Zam

Foto By haji.okezone.com

Buah tangan yang tak boleh ketinggalan dan paling banyak diburu oleh  jamaah umroh dari kota Mekkah adalah air zam-zam.

Air zam-zam ini kualitasnya sangat baik, tidak ada tandingannya di belahan dunia manapun dan selain itu juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit serta mendatangkan berkah bagi siapapun yang meminumnya.

Sebotol air zam-zam ini biasanya dijual mulai dari Rp.52.000-Rp.87.000/botol. Sahabat JejakPiknik bisa membelinya di toko oleh-oleh yang ada di sekitar Masjidil Haram ataupun Nabawi.

6. Tasbih

Foto By radarmojokerto.jawapos.com

Selain karena praktis dan bobotnya pun tidak terlalu berat membuat tasbih menjadi salah satu buah tangan yang tak pernah dilupakan para jamaah haji saat berkunjung ke Mekkah.

Bukan hanya itu saja, tasbih ini juga kerap dibeli sebagai cinderamata karena harganya sangat terjangkau cuma 38 ribuan di toko oleh-oleh. Dengan budget murah meriah, jangan lupa bawa pulang yang banyak ya buat dibagikan ke kerabat.

7. Siwak

Foto By parenting.orami.co.id

Siwak adalah sikat gigi tradisional yang pernah digunakan oleh Nabi Muhammad dan bisa ditemukan hampir di setiap sudut kota Mekah hingga Madinah.

Siwak yang dijajakan oleh para pedagang kaki lima ini bentuknya unik-unik karena telah diukir dan biasanya dijual dalam jumlah lusinan dengan harga kisaran 19-38 ribu selusinnya.

8. Ma’moul

Foto By travel.tribunnews.com

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang ingin mencicipi citarasa kurma dengan bentuk berbeda maka ma’moul adalah makanan paling wajib dibeli sebagai buah tangan.

Ma’moul adalah makanan ringan berwujud roti yang bagian dalamnya diisi dengan kurma dan memiliki citarasa sangat lezat, sehingga tak heran banyak jamaah haji membawanya pulang sebagai buah tangan dari Mekkah.

Ma’moul sendiri sangat gampang didapatkan baik di mall ataupun di pusat oleh-oleh. Untuk satu bungkusnya biasanya hanya dijual seharga Rp.19.000-Rp.190.000.

9. Minyak Zaitun

Foto By kabarmakkah.com

Membawa minyak zaitun sebagai buah tangan dari kota Mekkah, tentu akan menjadi hal yang paling menyenangkan.

Pasalnya, minyak zaitun khas Mekkah ini tak hanya kualitasnya yang bagus, manfaatnya juga segudang terutama buat kecantikan atau kesehatan.

Harga minyak zaitun ini biasanya dibanderol mulai dari Rp.11.000-Rp.26.000 per kalengnya sementara per botol berkisar Rp.19.000-Rp.57.000. Masih sangat terjangkau kan?

10. Kismis

Foto By merdeka.com

Usai berburu kurma, masih ada satu lagi buah khas Mekkah yang wajib untuk dibawa pulang Sahabat JejakPiknik, namanya yaitu kismis.

Kismis ini sebenarnya hasil proses pengeringan buah anggur yang kerap dijadikan sebagai bahan pelengkap untuk kue atau makanan.

Tak hanya nikmat, kismis juga mempunyai sejuta manfaat buat kesehatan seperti melawan radikal bebas, menyembuhkan sembelit hingga menumpas bau mulut.

Untuk menemukannya tidaklah sulit karena biasanya dimana ada kurma di toko itu dijual juga kismis dan harganya hanya berkisar Rp.140.000-Rp.210.000/kg.

Demikianlah ulasan seputar oleh-oleh khas Mekkah, semoga bermanfaat bagi Sahabat JejakPiknik yang ingin berbelanja di Tanah Suci.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.