Pantai Bama di Taman Nasional Baluran Situbondo

Diposting pada
foto by instagram.com/erlianasusi

Lokasi: Desa Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo, Jawa Timur 68374
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Rp.15.000 per Orang
Jam Operasional:
08.00 – 16.00 WIB
Nomer Telepon:
0333 461 936

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk di Pantai Bama ini sudah include dengan Taman Nasional Baluran. Terbilang sangat murah untuk pembayaran setiap orangnya, biaya ini tentunya digunakan untuk pemeliharaan dan pembangunan untuk kawasan wisata tersebut.

Untuk tiket masuk memang berbeda, bagi kamu wisatawan lokal hanya membayar 15 ribu rupiah sedangkan turis asing dengan harga 150 ribu rupiah. Untuk biaya parkir kendaraan untuk roda empat dikenakan biaya 10 ribu sedangkan roda dua 5 ribu rupiah.

foto by instagram.com/_eslemontea

Kaya Akan Pantai

Berbicara destinasi wisata di Jawa Timur memang tidak ada habisnya. Di Jawa Timur sangat dikenal dengan daerah yang kaya akan pantai dari berbagai karakteristik yang berbeda-beda.

Salah satunya ada di ujung pulau Jawa ini yaitu Kabupaten Situbondo. Ada kawasan Taman Nasional Baluran yang memiliki tempat wisata yang sangat eksotis.

Seperti Pantai Bama, Pantai Balanan dan Bilik. Ketika kamu mengunjungi Taman Nasional Baluran, tidak ada salahnya untuk mendatangi salah satu pantai disana.

foto by instagram.com/balinetnews

Sejarah Baluran

Sejarah tentang Taman Nasional Baluran sendiri awalnya dari seorang pemburu kebangsaan Belanda yang pada saat itu singggah di sebuah Labuhan Merak di Situbondo.

Pemburu tersebut meyakini bahwa di daerah tersebut mempunyai nilai penting dan cocok untuk dijadikan tempat perlindungan hewan mamalia besar.

Deskripsi dari nama baluran sendiri yaitu berasal dari tokok masyarakat setempat. Taman Nasional Baluran sendiri juga sudah dikenal oleh para wisatawan. Tempat ini bahkan sering kali dijadikan tempat pengambilan shooting film dari Indonesia bahkan luar negeri.

Nah, kali ini kami dari tim jejakpiknik.com akan membahas tentang Pantai Bama. Secara administrasi Pantai Bama berada di kawasan perbatasan antara 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi.

Pantai Bama berada di salah satu destinasi wisata di Taman Nasional Baluran di perbatasan Situbondo dan Banyuwangi. Karakteristik yang dimiliki Pantai Bama ini tentu berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Situbondo dan Banyuwangi.

Pasirnya yang berwarna putih serta ombak yang cukup tenang membuat para pengunjung bisa menikmati suasana pantai dengan nyaman.

foto by instagram.com/uszy_ya

Selain Pantai Bama di Situbondo, ternyata ada juga nama lain Pantai Bama di daerah lain, yaitu Pantai Bama Pandeglang di Banten.

Pantai Bama di Banten ini berjejer dengan wisata lainnya seperti Anyer, Pantai Carita dan Labuan. Tetapi meski memiliki nama yang sama, tentu saja keunikan dan keunggulannya berbeda.

Keindahan dan Potensi

foto by instagram.com/balinetnews

Pantai Bama saat ini memang salah satu tempat wisata yang sangat menyenangkan karena masih belum banyak di datangi pengunjung. Pantai Bama juga memiliki beberapa keunikan tersendiri dibanding dengan pantai lai.

Air laut pantai Bama masih terbilang jernih serta pasir yang berwarna putih adalah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Suasananya juga begitu tenang dan damai tentu saja bisa menenangkan pikiran kamu saat berlibur ke Pantai Bama.

foto by instagram.com/zizah.zaa

Ombak di Pantai Bama juga terbilang tenang, maka dari itu kamu juga bisa snorkeling disini. Ada juga tempat persewaan alat-alat snorkeling yang bisa kamu pakai.

Air lautnya jernih dan belum tercemar oleh sampah, jadi kamu bisa melihat indahnya pesona terumbu karang dibawah laut serta beraneka ragam ikan hias dan makhluk hidup di perairan Pantai Bama.

foto by instagram.com/novrihargita

Karena pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Baluran maka kamu juga akan menemui beberapa hewan liar yang ada disana. Hewan-hewan itu seperti biawak, kera dan banyaknya jenis burung.

Tentu ini akan menjadi hal yang unik dan menyenangkan ketika kamu berlibur ke Pantai Bama. Meski demikian kamu tetap diharuskan untuk berhati-hati dan tidak terlalu mengganggu hewan-hewan liar tersebut.

Pantai ini di kelilingi oleh banyaknya tumbuhan mangrove. Berjalan sedikit ke arah barat kamu akan menemukan tumbuhan mangrove yang sangat eksotik serta dapat menyusuri tumbuhan tersebut dengan jembatan pandang.

Sampai di ujung jembatan, kamu juga akan menyaksikan banyaknya pengunjung lain yang sedang memancing dan berfoto-foto untuk mengambil barang.

foto by instagram.com/aiuaulia

Fasilitas yang disediakan di pantai Bama juga sudah ada. Seperti amar bilas, tempat makan serta beberapa pilihan penginapan. Penginapan tersebut antara lain Rusa Guest House dan memiliki jumlah kamar 7 unit, setiap kamar digunakan untuk 2 orang.

Biaya penginapannya juga sangat murah, yaitu untuk semalam sekitar 100 ribu rupiah. Ada juga penginapan lain seperti Merak Guest House dan yang terakhir adalah Banteng Guest House.

foto by instagram.com/virariv00

Dan jika kamu menginginkan penginapan dengan view langsung pantai, disana juga menawarkan Wisma Pilang. Wisma ini hanya tersedia 1 kamar, jadi kamu harus memesan jauh-jauh hari agar mendapatkan kamar tersebut.

Rute Menuju Pantai

foto by instagram.com/lidyainf_

Rute menu Pantai Bima ini sangat mudah dijangkau. Karena alamat dan lokasi pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Baluran. Ada dua arah, bisa dari Banyuwangi atau Situbondo.

Jika kamu dari Banyuwangi menggunakan kendaraan pribadi, bisa mengambil arah ke pelabuhan penyebarangan Ketapang, ambil lurus kea rah Kabupaten Situbondo. Nah kamu akan menemukan gapura perbatasan kea rah Taman Nasional Baluran.

Untuk lebih mudahnya kamu bisa menggunakan titik koordinat yang kami berikan. Kamu bisa menggunakan aplikasi GPS di google map yang akan langsung menghubungkan peta online.

Selanjutnya jika kamu menggunakan angkutan umum kereta api, maka kamu harus turun di Stasiun Banyuwangi Baru.

Nah, dari stasiun ini langsung menuju terminal Sri Tanjung Ketapang dengan jalan kaki, karena letak terminal dengan stasiun cukup dekat lalu kamu melanjutkan naik bus jurusan Surabaya. Setelah itu kamu turun di Taman Nasional Baluran. Maka kondektur bus akan mengerti.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Pantai Bama di Taman Nasional Baluran Situbondo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.