Foto By @onadio_onad

Lokasi Tulisan Welcome To Batam

Diposting pada

Lokasi: Teluk Tering, Kota Batam, Riau Islands 29444
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka Tutup: 24 Jam
Telepon:

Berkeliling Indonesia bisa jadi menjadi cita-cita sebagian orang. Tetapi memang sangat layak kita semua memiliki impian tersebut.

Bagaimana tidak, dengan impian seperti ini kita akan lebih mengetahui kekayaan dari negara Indonesia. Dengan demikian, rasa cinta tanah air akan semakin tinggi karena Nusantara memiliki keindahan tiada tara.

Banyak sekali daerah di Indonesia yang memiliki segudang objek wisata yang menawarkan keindahan alam.

Melihat perbedaan dari tiap daerah di Bumi Pertiwi ini juga merupakan salah satu kegiatan wisata. Tidak terbayang, betapa beragamnya masyarakat Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Mengenali keberagaman merupakan hal baik. Isu-isu toleransi seakan merusak keberagaman tersebut. Orang awam sudah pasti mengira itu merupakan kejadian yang terbentuk dengan sendirinya.

Tetapi jika ditelisik lebih lanjut, terdapat suatu hal janggal disitu. Namun bukan itu yang akan bahas lebih lanjut, tetapi mengenai objek wisata salah satu kota di Indonesia, yakni Batam.

Foto By @qillaphoto

Batam merupakan salah satu kota yang wajib dikunjungi. Pulau ini memiliki sebuah landmark layaknya tulisan Hollywood, yaitu Welcome To Batam.

Lantas apa saja sih hal bisa dilakukan di tempat tersebut? Yuk, kita simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

Daya Tarik

Foto By @franstitopatria

Tulisan ikonik tesrebut dibuat dengan tujuan untuk menyambut orang-orang yang baru sampai di kota yang berada di provinsi Kepulauan Riau ini.

Tidak hanya berfungsi sebagai sambutan hangat dan megah, tulisan ini juga mengindikasikan bahwa masyarakat Batam sangat ramah terhadap para pendatang.

Sejarah Tulisan

Foto By @jessikawlnd

Tulisan ini begitu besar dan berada di sebuah bukit. Tidak ada penghalang yang menutupinya. Ukurannya juga terbilang fantastis, sehingga setiap mata yang memandangnya pasti langsung dapat membacanya.

Landmark tersebut letaknya berada tepat di Bukit Clara Batam Center. Berkunjung ke Batam, belum afdol jika tidak bertandang ke spot ini.

Ukuran keseluruh murah dari huruf W hingga M memiliki panjang 120 meter dengan tinggi 10 meter. Ukuran tiap hurufnya sendiri adalah 10 x 5 meter.

Ikon Kota Batam ini berada di ketinggian 52 meter di atas permukaan laut. Berat tiap hurufnya sendiri mencapai 4,5 ton dan paling ringan adalah 3 ton.

Pemerintah Batam juga membuat larangan untuk tidak membuat bangunan melebihi tinggi dari tulisan ikonik tersebut.

Namun pada tahun 2014, bukit clara ini sempat longsor. Jika insiden tersebut terjadi, tentu akan mempengaruhi posisi dari tulisan tersebut.

Peristiwa tersebut dipicu karena ada aktivitas pengerukan di bukit, tetapi untungnya pemerintah setempat langsung turun tangan untuk sehingga ikon dari kota Batam ini masih aman.

Foto By @wahyu_dwi_cahyanto

Suasana Malam Hari

Ketika malam hari tiba, pemandangan dari atas bukit dimana ikon Batam berada sangat gemerlap. Tidak jarang masyarakat datang hanya untuk menikmati pemandangan.

Bercengkrama juga menjadi aktivitas yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke sini. Jika haus atau lapar juga sudah ada penjual makanan dan minuman.

Mengabadikan Momen

Ikon ini sangat cocok digunakan sebagai latar belakang foto. Dari Masjid Agung landmark tersebut terlihat sangat jelas, demikian pula ketika keluar dari Terminal Ferri Internasional.

Alamat Lokasi

Foto By @denoor97

Ikon dari kota Batam ini terletak di Bukit Clara, Teluk Tering, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. Lokasinya sangat mudah dijangkau.

Selain itu juga sudah ada di peta online, tetapi rasanya itu tidak perlu dilakukan karena cukup ikuti jalan yang menuju ke arah ikon tersebut berada, maka akan sampai dengan sendirinya atau bisa juga dengan bertanya kepada masyarakat sekitar.

Cara Menuju Lokasi

Jika ingin berkunjung ke bukit tersebut, dapat ditempuh dengan jalur darat, baik dari arah Terminal Ferri Internasional maupun dari Masjid Agung.

Jika dari Masjid Agung jaraknya cukup dekat yaitu hanya 350 meter dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Hati Hati

Foto By @umii.cemimi

Berdasarkan informasi dari Tribunnews pada tahun 2015, terdapat beberapa geng motor yang sering nongkrong di area Bukit Clara ini.

Hal tersebut cukup mengganggu wisatawan dan membuat resah masyarakat. Pasalnya geng motor ini tidak segan-segan untuk melukai korbannya.

Untuk saat ini belum diketahui apakah geng motor ini sudah pindah tempat nongkrong atau belum. Tetapi yang jelas, ketika di Batam harus berhati-hati.

Yang Bisa Dilakukan

Sebelum meninggalkan kota Batam ini, pastikan untuk melakukan beberapa hal yang disebutkan di bawah ini.

  • Coba Hidangan Lautnya
Foto By @astimegasari

Hidangan-hidangan laut disini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan harganya pun terbilang terjangkau. Apalagi lokasinya berada di tepi laut.

Salah satu contohnya, cobalah berkunjung ke Harbour Bay Seafood Restaurant atau Rezeki Seafood Restaurant. Berdasarkan Tripdavisor, kedua tempat makan tersebut sangat di sarankan oleh para pengunjung yang pernah makan di sana.

  • Lelah Jalan-Jalan? Kunjungi Spa & Massage

Kaki sudah lelah? Atau memang sudah letih karena perjalanan yang lama? Maka segera kunjungi tempat pijat dan spa.

  • Mengunjungi Pusat Perbelanjaan Modern

Tidak lengkap rasanya jika di Batam tanpa berbelanja. Banyak sekali barang murah di kota ini.

Selain itu ada mall yang menjual barang cukup lengkap seperti Nagoya Hill Mall dan Mega Mall Batam. Barang elektronik biasanya selalu menjadi incaran utama ketika berada di sini.

  • Sunset di Jembatan Barelang

Jembatan ini sebenarnya juga menjadi ikon dari Kota Batam dan merupakan penghubung antara pulau Galang dengan pulau Batam.

Ketika sore hari, pemadangan matahari terbenam sangat cantik dan ketika malam hari panorama indah lampu-lampu kuning dari kota juga begitu cantik.

  • Wisata Sejarah di Kampung Vietnam

Salah satu tempat wisata ikonik dari Batam yang juga sangat wajib untuk dikunjungi adalah kampung peninggalan-peninggalan para pengungsi yang berasal dari Vietnam.

Hotel Terdekat

Foto By @batampromodigital

Memiliki niat untuk bermalam di kota ini? Kebetulan, berikut ini adalah beberapa hotel Batam terbaik yang berhasil dihimpun oleh Tripadvisor dan mungkin bisa dijadikan pilihan.

  • Grand I Hotel

Hotel ini beralamat di Jalan Teuku umar 1 Bukit Nagoya, Riau. Harga per malam termurahnta Rp. 800.000 untuk saat ini.

  • Nagoya Mansion Hotel & Residence

Alamat hotel ini ada di Jalan Imam Bonjol, Kampung Utama Nomor 1, Riau. Harga per malam termurah disini yang ditawarkan oleh Agoda adalah Rp. 366.000 .

  • Harmoni One Convention Hotel and Service Apartments

Hotel ini beralamat di Jalan Engku Putri 1, Batam Center, Riau. Harga per malam sekitar Rp. 314,000 jika dipesan melalui Booking.com.

Foto By @ndypada
  • HARRIS Resort Batam Waterfront

Harga per malam termurah dari hotel ini adalah Rp. 426.000 yang ditawarkan oleh Agoda, TripAdvisor dan Booking.com. Lokasinya sendiri ada di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Marina Waterfront City, Riau.

  • Da Vienna Boutique Hotel

Harga per malam termurah yang ditawarkan oleh Agoda, Expedia, TripAdvisor, Hotels.com dan Booking.com untuk hotel ini yaitu Rp. 438.000. Alamatnya berada di Jalan Pembangunan Blok H Nomor 1, Lubuk Baja, Nagoya, Riau.

Jika ingin mendapatkan harga terbaik, maka sabarlah dalam mencarinya melalui jasa booking hotel online yang terpercaya, seperti Traveloka, Hotels.com, Agoda dan lainnya.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.