10 Makanan Khas Ambarawa Yang Maknyusnya Bikin Nagih

Pada artikel kali ini, JejakPiknik akan mengulas tentang makanan khas kota Ambarawa. Mengapa kita harus membahasnya? Pasalnya, kurang lengkap rasanya jika kita berkunjung kesana cuma untuk menikmati tempat wisatanya tanpa mencicipi kulinernya.

Ambarawa adalah salah satu kecamatan di kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang memiliki sederet tempat wisata menarik, dari mulai alam, edukasi, sejarah hingga aneka kulinernya.

Nah, kalau kamu kebetulan sedang bertandang ke daerah Ambarawa, tak perlu bingung mencari dimana kuliner yang enak dan cocok untuk memanjakan perut.

Pasalnya, ada banyak sekali makanan khas Ambarawa yang layak buat dicobain saat menjejakkan kaki disana. Dan berikut kami sajikan 10 pilihan terbaik yang wajib kamu cicipi kenikmatannya. Penasaran apa saja? Mari kita simak ulasannya!

1. Gudeg Merakmati❤️

Foto By @ny.rempong

Makanan khas Ambarawa pertama yang kami rekomendasikan buat kamu cicipi adalah gudeg Merakmati. Kalau dilihat sekilas, penampilannya sama seperti gudeg di Jogja, ada nangka, daun singkong dan telur.

Perbedaannya hanya terletak pada rasanya saja. Gudeg Merakmati diklaim memiliki rasa lebih khas. Penganan ini juga sangat spesial karena disajikan dengan tendon sapi atau koyor yang sudah direbus sampai empuk.

Untuk menikmati kelezatan gudeg Merakmati ini, kamu coba datang saja ke kawasan terminal bus Bawen. Letak depotnya ada di sebelah utara dari jalur Intan Semarang menuju Solo, jaraknya hanya sekitar 2 km saja.

Memang terlihat sangat sederhana, tapi karena memiliki citarasa luar biasa, banyak pelanggan yang rela mengantre demi untuk bisa menikmatinya.

2. Tahu Serasi❤️

Foto By @budi_ambong

Bila dilihat dari segi teksturnya, penganan khas kota Ambarawa ini memang hampir sama saja dengan tahu pada umumnya. Padahal sebenarnya berbeda jauh.

Pasalnya, tahu serasi ini dibuat tanpa bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi. Warnanya putih, teksturnya lembut dan sedikit kenyal saat digigit. Rasanya pun sangat gurih, pokoknya mantap deh!

Lanjut:  Kampung Pecinan Semarang dan Kuliner Pasar Semawis

Siapapun bakal ketagihan dibuatnya, apalagi aromanya menggoda. Tahu serasi ini dijual dengan harga relatif murah, cukup sediakan budget Rp.12.000 saja untuk membawa pulang sebungkusnya dengan isi 8 potong. Ke Ambarawa jangan ragu membelinya ya!

3. Serabi Ngampin❤️

Foto By @leinana__

Kuliner khas Ambarawa berikutnya yang menjadi andalan adalah serabi ngampin. Kamu bakal nyesal kalau sampai tidak mencicipinya.

Seperti namanya, serabi ini aslinya berasal dari daerah Ngampin. Namun begitu, tak perlu jauh-jauh ke sana untuk mencobanya, karena di kota Ambarawa sendiri sudah banyak dijual surabi enak.

Kamu coba saja datang ke jalan Ambarawa-Magelang, letaknya tidak jauh dari terminal bus menuju Yogyakarta. Selain serabi, di kawasan ini juga masih ada banyak lagi pilihan makanan khas desa Ngampin yang layak buat dicicipi seperti jenang, opak atau peyek.

Serabi Ngampin ini kehigienisannya dan kualitas rasanya bisa dijamin. Karena dalam proses pembuatannya selalu diperhatikan aspek kebersihan, sehingga aman untuk dikonsumsi.

4. Sate Kelinci Bandungan❤️

Foto By @foodgrafer

Di sekitar daerah Bandungan, ada sejumlah pedagang yang menjajakan makanan khas Ambarawa yakni menu sate kelinci enak. Letaknya tepat di jalan raya Bandungan-Sumowono.

Sate kelinci ini memiliki rasa sangat lezat dan tekstur dagingnya pun begitu lembut. Tidak sulit menemukannya, karena para penjaja kuliner tersebut ada di pinggiran tembok objek wisata Bandungan.

Sate kelinci tersebut dijual dengan harga yang cukup ramah dikantong, hanya Rp.12.000 saja per porsi. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati sate ayam disini, harganya cuma 10 ribuan seporsinya.

5. Pecel Mbok Kami❤️

Foto By @jajanmiaw

Menu kuliner khas Ambarawa berikutnya yang wajib kamu makan adalah pecel Mbok Kami. Penganan ini memang terlihat biasa saja, tapi tidak akan ada yang menyangka kalau rasanya lezat dan menggoda, bahkan sudah banyak orang terpikat karenanya.

Rasa nikmat pecel Mbok Kami ini terletak pada bumbu kacangnya. Saat ke Ambarawa, jangan sampai lewatkan untuk mencicipinya, supaya kamu tahu bagaimana kenikmatannya.

Lanjut:  10 Referensi Tempat Ngopi Paling Asoy di Daerah Semarang Yang Bikin Lupa Waktu, Yuk Cobain!

Tidak sulit untuk menemukan warung pecel Mbok Kami, karena letaknya dekat terminal bus Ambarawa, tepatnya di jalan Goa Maria Kerep. Harganya pun sangat bersahabat, cukup dengan merogoh kocek 10 ribu saja buat menikmati seporsinya.

6. Gecok Tlogo Ibu Siti Sundari❤️

Foto By @jesuslove_jack

Kuliner satu ini sekilas hampir sama dengan tengkleng solo dan rasanya pun tak kalah enak. Sehingga saat berkunjung ke Ambarawa, jangan lewatkan untuk mencicipinya!

Harganya pun tergolong murah, karena hanya perlu merogoh kocek 10 saja kamu sudah bisa makan gecko Ibu Siti ini. Kelezatannya sudah tidak perlu diragukan lagi, buktinya hampir semua kalangan menyukainya.

Meskipun warungnya kecil dan sederhana, tapi pengunjungnya selalu saja ramai. Bahkan banyak orang rela mengantre panjang demi untuk mencicipinya.

Seperti namanya, lapak Ibu Siti ini berada di desa Tlogo, Tuntang, Kab.Semarang, Jawa Tengah. Letaknya memang agak jauh dari pusat kota, namun kamu tak akan menyesal datang ke sini demi untuk menikmati sepiring gecok.

7. Sate Pak Kempleng❤️

Foto By @_jalan_jalan

Rekomendasi kuliner berikutnya yang juga layak buat kamu jajal adalah sate Pak Kempleng. Letak depotnya sendiri ada di jalan Diponegoro nomor 265, Ungaran. Mereka biasanya mulai beroperasi dari pukul 09.00-21.00 WIB.

Keunggulan dari sate Pak Kempleng ini adalah daging yang disajikan berotot namun memiliki tekstur lembut saat di makan dan bahkan tidak berlemak.

Menariknya lagi, bahan baku satenya direndam terlebih dahulu menggunakan aren, sehingga rasanya semakin begitu khas. Namun untuk menikmati sensasi kenikmatannya, kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.27.000 per porsinya.

8. Gemblong❤️

Foto By @sihitammanis_2el

Pernah mendengar gemblong? Nah, makanan khas Ambarawa satu ini adalah sejenis cemilan ringan berbahan dasar singkong rebus yang kemudian dihaluskan dan selanjutnya digoreng lalu dilapisi gula merah.

Di bagian tengahnya biasanya diisi gula pasir dan bentuknya lonjong. Meski tampak biasa saja, namun cemilan ringan ini cukup digemari semua kalangan.

Untuk menemukannya juga cukup mudah, karena banyak dijajakan di pinggiran jalan. Dan harganya pun sangat nyaman dikantong, cuma perlu Rp.1.000 saja kamu sudah bisa menikmati kelezatan gemblong ini.

Lanjut:  10 Foto Indahnya Taman Indonesia Kaya Semarang

9. Sate Keong❤️

Makanan khas ambarawa semarang makan kota daerah di ringan bandungan jawa tengah
Foto By @foodagogy

Rawa Pening, Ambarawa tak hanya dikenal dengan keindahan panoramanya, namun juga kulinernya. Salah satu makanan yang wajib kamu santap saat berkunjung kesana adalah sate keong.

Selain rendah kolestrol, masyarakat setempat juga meyakini sate keong ini bisa mengobati berbagai penyakit seperti rematik, asam urat, asma dan darah tinggi. Sehingga tak heran bila kuliner tersebut memiliki banyak penggemar.

Meski terlihat agak menjijikkan, namun rasanya lezat dan tidak perlu diragukan kehigienisannya. Untuk mencicipinya, tak harus merogoh kocek dalam-dalam, karena harganya hanya Rp.1.000 per tusuk.

10. Brownies Ndeso Kris-Kris❤️

Foto By @browniesndeso_kris2

Kamu doyan makan brownies? Para pecinta coklat dan kue-kuean biasanya akan langsung mengangguk dengan antusias tanpa ada keraguan lagi.

Kalau dibuat dengan menggunakan tepung sebagai bahan utama mungkin sudah biasa, namun bagaimana jika terbuat dari buah-buahan atau sayuran, kamu sudah pernah coba?

Jika belum, kamu wajib datang ke Ambarawa, karena hanya disana saja bisa ditemukan brownies unik ini. Alamat tepatnya yakni di jalan Pereng Kuning 100, Tegaron Wetan, Kebumen Banyubiru.

Untuk varian rasanya bermacam-macam dan paling favorit adalah rasa durian, strawberry, apel, dll. Kamu pun bisa membawanya sebagai oleh-oleh khas dari Ambarawa lho.

Demikianlah beberapa makanan Ambarawa yang menggugah selera dan wajib kamu cobain sembari mengunjungi sejumlah tempat wisata disana. Semoga artikel ini bisa menambah informasimu tentang kuliner di Nusantara ya!


error: Content is protected !!