Marina, foto by pantainesia.com

10 Pantai di Sekitar Semarang Ini Pemandangannya Indah Banget

Diposting pada

Semarang tak hanya terkenal dengan kuliner khas Lumpia saja, sebenarnya ibukota Jawa Tengah ini juga mempunyai sederet objek wisata yang menarik baik itu dari sejarah, alam hingga tempat kekinian.

Dan kali ini, JejakPiknik akan mengulas 10 pantai di kota Semarang yang memiliki pesona tak kalah indah dengan daerah lainnya di Indonesia.

Letak geografis Semarang sendiri berada di utara pulau Jawa, jadi sangat wajar kan kalau wilayah ini kaya akan bahari yang indah dan juga eksotis.

Penasaran apa saja nama pantai cantik di sekitar Semarang yang bagus dan paling wajib untuk dikunjungi saat liburan tiba? Yuk, kita simak rekomendasi berikut ini.

1. Marina

Alamat: Jln.Yos Sudarso, Komp.PRPP, Kabupaten Tawangsari, Semarang Barat
Map: Klik Disini
Jam Buka: 05.00-Malam hari
HTM: Rp.3.000

Buat sahabat Jejakpiknik yang suka menyaksikan matahari tenggelam, datanglah ke pantai Marina di daerah Tawangsari, bahari ini hadir menyajikan pemandangan sunset terbaik dan luar biasa indah.

Cukup mengeluarkan budget sekitar 3 ribu kita bisa menikmati keindahan spot romantis yang dihiasi dengan bebatuan ini. jika tertarik, kita juga bisa berenang dengan aman disini.

Sempat ditutup karena mengalami reklamasi guna pemanfaatan lahan, sekarang kawasan obyek Marina makin lebih baik lagi setelah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti resort dan restoran.

Tak perlu khawatir kalau pulang larut malam, karena disekitarnya ada banyak penginapan yang bisa kita manfaatkan, baik itu hotel ataupun homestay dengan harga miring.

Atau jika tertarik, pengunjung pun bisa ngecamp di pinggir pantai sekitar lokasi tersebut, biar suasana alami lebih terasa.

2. Maron

foto by daftar.co

Alamat: Tugurejo, Tugu regency, Semarang, Central Java
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Objek wisata kedua ini termasuk sebagai salah satu destinasi rekreasi paling hits di kota Semarang. Bagaimana tidak? Setiap harinya bahari yang berada di dekat kota ini tak pernah sepi pengunjung.

Ditambah lagi, pemandangan dan fasilitas bermain di tempat tersebut cukup sayang apabila kita lewatkan begitu saja mulai dari jembatan batu, budidaya tambak laut hingga pohon mangrove.

Selain cukup oke untuk berenang, panorama Maron yang indah tersebut juga cukup sayang bila tidak kita abadikan lewat foto, gambar ataupun video.

3. Tirang

foto by pantainesia.com

Alamat: Tugurejo, Tugu, Semarang City, Jateng
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Bagi sahabat Jejakpiknik yang saat ini sedang berada di Semarang dan bingung mencari dimana spot paling bagus untuk mancing, sudah pasti pantai Tirang jawabannya.

Namun sayangnya, pulau ini sempat hilang dari pandangan wisatawan karena mengalami abrasi, hingga semua flora dan faunanya lenyap tanpa ada sisa.

Tapi saat ini disekeliling kawasan telah ditanami mangrove untuk menghindari terjadinya abrasi dan kondisi disekitar tepi baharinya pun sudah tampak bersih.

4. Baruna

foto by jateng.tribunnews.com

Alamat: Pelabuhan Mas, Tanjung Bringin, Semarang Utara
Map: Klik Disini
Jam Buka: 05.00-22.00
HTM: Rp.3.000

Berbeda dengan bahari pada umumnya yang dihampari pasir putih, spot Baruna atau kerap juga di sebut pantai Nyamuk dan Sangklak ini justru hanya dibentangi hamparan rumput ilalang.

Meskipun begitu, karena spot ini memiliki air laut berwarna hijau toska mirip seperti pantai di bagian timur Indonesia, membuat area tersebut menjadi salah satu spot favorit bagi para pecinta fotografi.

Selain termasuk sebagai salah satu tempat memancing terbaik, spot Baruna juga menjadi kawasan paling oke untuk menikmati pemandangan sunset terindah yang nantinya bisa diabadikan untuk di unggah ke instagram.

5. Cipta

foto by dolandolen.com

Alamat: Jln.Kawasan Cipta III, Bandarharjo, Semarang Utara
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-17.00
HTM: Rp.5.000

Bersebelahan dengan pantai Baruna, jangan sampai sahabat Jejakpiknik melewatkan kawasan bahari cantik bernama Cipta di Bandarharjo ini ya.

Jika kebanyakan bahari menyuguhkan hamparan pasir, di lokasi Cipta pengunjung justru tidak akan menemukannya karena disini hanya ada bebatuan saja.

Namun satu hal yang perlu diketahui dari tempat ini adalah bahwa lokasi tersembut merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan pesona matahari kembali ke ufuknya.

6. Cahaya Weleri

foto by tempatwisataindonesia.id

Alamat: Ds.Klampok, Sendang Sikucing, Rowosari, Kendal
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-18.00
HTM: Rp.40.000
No.Telp: (0294)3645 623

Buat sahabat Jejakpiknik yang ingin melakukan beragam aktivitas seru dalam satu kawasan pantai, maka bahari Cahaya mirip Carita ini tak boleh dilewatkan.

Pasalnya, disini pengunjung akan disuguhi dengan beraneka macam wahana wisata seru seperti mini zoo, kolam renang hingga pertunjukan lumba-lumba. Sangat cocok buat destinasi keluarga bukan?

Selain bermain wahana, pengunjung juga bisa berwisata kuliner ala resto sambil duduk santai di bawah payung yang disediakan di tepi pantai.

7. Morosari

foto by anwusademak.blogspot.com

Alamat: Jln.Semarang-Demak KM.09, Morosari, Bendono, Kab.Demak
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-19.00
HTM: Rp.5.000

Bila Jogja terkenal dengan bahari Parangtritis, Makasar hits karena Losari, maka Semarang juga punya andalan populer yaitu pantai Morosari, kenapa?

Karena di area Morosari, pengunjung tidak hanya akan disuguhi ocean view saja namun disini kita juga bisa menemukan dua objek wisata lainnya yaitu hutan mangrove dan makam Syekh Abdullah.

8. Jodoh

foto by eksapedia.com

Alamat: Dukuh Buntu, Gringsing, Sidorejo, Batang
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-18.00
HTM: Rp.3.000

Terletak di daerah Dukuh Buntu, spot bernama Jodoh ini menghadirkan pemandangan unik, dimana untuk menikmati panoramanya, pengunjung dapat melihat dari dua sisi yakni dari atas dan bawah.

Tak hanya itu, keberadaan rel kereta diatas di sepanjang garis pantai pun menambah kesan berbeda jadi tak jarang pengunjung mengabadikannya sebagai spot foto menarik.

9. Empu Rancak

foto by wikipedia.org

Alamat: Karanggondang, Mlonggo, Jepara
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis
No.Telp: (0291)591 219

Sebagai salah satu objek wisata baru, Empu rancak menghadirkan nuansa bahari kekinian dilengkapi dengan kursi berwarna-warni mirip seperti pantai Baron dan Ngobaran di Jogja.

Memiliki air laut yang sangat jernih dan deburan ombak cukup tenang, sehingga pengunjung dapat berenang dengan aman di tempat ini.

10. Morodemak

foto by santikakarunia.blogspot.com

Alamat: Morodema, Kec.Bonang, Demak
Map: Klik Disini

Walau tak seindah Pantai Pandawa Bali, spot Morodemak dekat Alun-alun kota ini juga menyajikan keindahan lewat sederet perahu nelayan yang bersandar di dermaga dan kawasan hutan mangrove.

Bukan hanya 10 daftar diatas saja bahari cantik, sederet list wisata terdekat ke Semarang berikut juga sangat menarik untuk dikunjungi lho, seperti:

– Pantai Ayah
– Eling Bening Ambarawa
– Umbul Sidomukti Bandungan
– Ngebum Kaliwungu Kendal
– Goa Kreo
– Bukit Kapuk
– Kartini Jepara
– Taman Parangkusumo
– Karimunjawa
– Mangunharjo Mangkang
– Seribu Ranting Jepara
– Wana Wisata Penggaron Ungaran
– Widuri Pemalang

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.