Wedang Tahu, gambar By @eatventure.inc

Inilah 10 Minuman Khas Semarang Yang Wajib Kamu Cicipi

Diposting pada

Semarang adalah salah satu kota di Indonesia yang dikenal sebagai ibukota provinsi Jawa Timur dan cukup terkenal di masyarakat luas karena memiliki segudang tempat wisata menarik serta sederetan kuliner penggugah selera.

Daerah berjuluk “Venitie Van Java” alias alias Venesia pulau Jawa ini masuk dalam daftar sebagai 5 kota metropolitan terbesar di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung.

Semarang sendiri lokasinya terletak di arah pantai utara dan menjadi penghubung antara Jakarta dengan kota Surabaya. Salah satu landmark terkenal dari Venitie Van Java ini adalah Lawang Sewu, sebuah bangunan bersejarah yg didirikan Belanda pada tahun 1904.

Liburan ke Semarang, sangat disayangkan kalau hanya menikmati objek wisata dan makanannya saja, tanpa sempat mencicipi aneka minuman khasnya.

Nah, supaya liburanmu makin sempurna, cobalah untuk mencicipi 10 minuman khas Semarang dibawah ini.

1. Wedang Tahu

Minuman tradisional satu ini konon katanya dibawa dari Tiongkok pada akhir abad ke-19 lalu dan kini menjadi hidangan yg cukup populer di kota Venesia-nya Pulau Jawa.

Mulanya rasanya gurih dan kemudian disesuaikan dengan lidah orang Jawa sehingga memiliki rasa cenderung manis. Selain itu, tambahan jahe pada hidangannya membuat aromanya semakin benar-benar khas.

Buat kamu yang tertarik mencicipinya, Kedai Pak Adi di jln.Setiabudi No.68A, Srondol Kulon, Banyumanik, Semarang adalah tempat paling recommended. Cukup dengan merogoh 6 ribu rupiah saja untuk bisa menikmati seporsinya.

Wedang tahu ini paling nikmat dikonsumsi saat malam hari dalam keadaan hangat. Karena selain nikmat, minuman tersebut juga berkhasiat untuk menghangatkan tubuh.

2. Jamu Jun

Minuman khas semarang congyang dan es hangat beralkohol daerah tradisional dari macam resep unik
Foto By @ervinapw

Buat kamu yang tidak suka mengonsumsi ramuan jamu karena rasanya pahit, mungkin patut untuk mencoba minuman tradisional khas Semarang satu ini, namanya yaitu Jamu Jun.

Tidak hanya memiliki nama unik, resep pembuatannya juga cukup berbeda dari jamu pada umumnya. Minuman yang kaya akan aneka macam rempah-rempah ini dipercaya sangat menyehatkan dan ampuh untuk mengusir perut kembung atau masuk angin.

Dalam penyajiannya, biasanya diberi tambahan bola-bola kecil mirip ronde. Meski disebut jamu, namun teksturnya cukup kental seperti bubur.

Penjual jamu jun ini bisa kamu temui di sekitar kawasan Pecinan, Pasar Gang Baru ataupun pedagang keliling. Untuk harganya, dibanderol hanya kisaran Rp.6.000 saja.

3. Es Puter Cong Lik

Foto By @mahasiswakulineran

Es puter legendaris ini selalu menjadi kuliner buruan para wisatawan saat berkunjung ke kota Semarang. Diberi tambahan daging buah durian, siwalan dan irisan roti tawar, membuat rasanya semakin menggoda untuk segera disantap.

Dan Es Puter Cong Lik adalah salah satu penjual paling terkenal di Semarang. Letaknya ada di jalan KH.Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, kota Semarang.

Es Puter Cong Lik ini hanya dihargai sekitar Rp.15.000-Rp.20.000/porsinya. Yang membuatnya sangat istimewa adalah variannya ada bermacam-macam, teksturnya lembut dan rasa manisnya pas di mulut.

4. Wedang Kacang Tanah

Foto By @ika_sava

Seperti namanya, minuman khas Semarang satu ini adalah sejenis wedang yang bahan campurannya terbuat dari kacang tanah dan biasanya disajikan dalam mangkuk dalam keadaan hangat.

Dan satu tempat yang sangat terkenal dengan menu ini bisa kamu temui di jalan Kapuran di kawasan Pecinan. Disini, seporsi wedangnya itu dilimpahi dengan kacang dan kuah santan yg tidak terlalu kental, sangat pas untuk dikonsumsi malam hari.

Selain citarasanya nikmat, hal lain yg membuat pengunjung berdatangan kesini adalah karena harganya Cuma Rp.7.000. Cari yang hangat-hangat, jangan lewatkan untuk mencicipi wedang kacang tanah Kapuran ini dalam list-mu ya!

5. Es Cao

Foto By @gadogadomasbro

Kata cao dalam nama minuman satu ini artinya adalah cincau. Nah, saat mengetahuinya kamu pasti bisa menebak kan kenapa dinamakan demikian?

Ya, karena bahan dari pelepas dahaga khas Semarang ini memang didominasi dengan cincau hitam yang kemudian diberi tambahan berupa kolang-kaling, pepaya, kelapa muda, es serut dan sirup agar rasanya semakin nikmat.

Dan Es Cao Gang Lombok adalah tempat terbaik untuk kamu menikmatinya. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup sediakan budget 10 sampai 20 ribu aja buat menenggak seporsinya.

6. Es Pankuk Pak Yono

Foto By @michicraves

Di Semarang, ada banyak sekali aneka macam es legendaris yang patut buat kamu coba, salah satunya adalah Es Pankuk Pak Yono yg sudah berdiri sejak tahun 1950-an silam.

Meskipun tampilannya sangat sederhana, tapi rasanya tidak boleh dipandang sebelah mata. Es krimnya yang berpadu dengan pankek dan irisan roti, membuat citarasanya semakin menggugah selera.

Warung sederhana milik Pak Yono ini bisa kamu temui di trotoar Jalan Tanjung. Selain varian rasanya banyak, harganya juga murah meriah hanya berkisar 13 ribuan saja per mangkuknya.

Untuk menemani semangkuk es pankuknya, kamu juga bisa memesan aneka menu lainnya yang tak kalah nikmat, seperti gado-gadonya misalnya.

7. Cong Yang

Foto By @congyang.sub

Selain menyuguhkan minuman dingin menyegarkan dan hangat-hangat, Semarang juga punya yang namanya miras, namanya yaitu Cong Yang.

Minuman beralkohol ini merupakan hasil racikan dari seorang peracik obat berdarah Tionghoa dan sudah ada sejak tahun 1980-an silam.

Awalnya congyang dikemas menggunakan besek dari bambu, namun demi keamanan kini sudah menggunakan botol yang tidak mudah pecah. Nah, kira-kira rasanya bagaimana ya? Penasaran?

Nah, untuk mencicipinya kamu bisa beli Congyang dengan mudah di warung-warung di Semarang dengan merogoh kocek sekitar Rp.35.000 sampai Rp.40.000 saja.

8. Es kelapa Muda Pak Ambon

Foto By @tangsel.life

Di sepanjang jalan Dr.Cipto kota Semarang, kamu akan menemui banyak sekali jajaran pedagang minuman dingin dan salah satu yang cukup terkenal adalah Es Kelapa Muda Pak Ambon.

Es Kelapa Muda Pak Ambon ini berbeda dari yang biasanya karena disajikan dengan tambahan nangka dan ketan hijau. Sajian tersebut sangat cocok untuk dijadikan sebagai pelepas dahaga setelah seharian mengitari kota Semarang.

Meskipun tempatnya sederhana hanya bermodalkan pick up tapi soal rasa, kamu bisa dibikin ketagihan. Disamping citarasanya yang nikmat, harganya pun sangat bersahabat dengan kantong karena hanya dibanderol Rp.5.000 saja per mangkoknya.

9. Es Dawet Kampung Kali

Foto By @mam_mbakus

Salah satu dawet yang cukup terkenal di kota Semarang terletak di jalan Mayjen Sutoyo atau dikenal dengan kawasan Kampung Kali.

Minuman khas Venitie of Java satu ini rasanya sangat menggoda iman, apalagi saat siang hari. Warung milik Pak Busran tersebut seporsi dawetnya berisi beraneka macam isian, ada tape, buah nangka, alpukat, siraman santan dan serutan es batu.

Nah, sajian ini semakin nendang karena diberi tambahan berupa gula jawa cair. Dan selain itu, harganya pun tidak membuat kantong sampai bolong karena hanya dipatok Rp.25.000 per porsinya.

10. Es Marem Pak Zaenal

Foto By @makandulugenks

Nah, kalau minuman khas Semarang satu ini sudah cukup sering muncul di TV Nasional. Jadi tak heran bila warung dari Pak Zaenal cukup terkenal di seantero Nusantara.

Berbagai macam es bisa kamu temukan disini, dari es teler sampai jeruk selasih, semuanya dijamin bisa membuat perutmu kenyang karena porsinya cukup besar. Diberi nama demikian karena pembeli puas setelah meminumnya.

Dalam bahasa Jawa, Marem artinya adalah puas. Lokasi dari Es Marem Pak Zaenal sendiri terletak di pelataran jalan Wahid Hasyim, Kranggan, Kota Semarang. Dan untuk harga satu porsi es-nya hanya dibanderol 10 ribu saja.

Yap, itu tadi 10 minuman khas dari Semarang yang wajib kamu coba dan paling banyak dicari orang. Jadi kalau bertandang ke Venesia-nya Pulau Jawa ini, jangan lupa untuk mencobanya ya!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.