foto by instagram.com/subangtraveler

Curug Kaliangkak Subang

Diposting pada

Lokasi: Desa Nagrak, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41281
Map: Klik Disini
HTM: Rp.5.000 per Orang
Buka: 07:00 – 18:00

Curug Kaliangkak

foto by instagram.com/adityasuryap33

Indonesia memang kaya akan pesona keindahan alamnya. Hampir semua Provinsi di Indonesia memiliki tempat wisata alam yang menjadikan icon untuk memikat kedatangan para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Begitu juga dengan Subang. Subang yang merupakan salah satu Kabupaten yang letaknya tak jauh dari kawasan Bandung ini menyimpan banyak wisata alam yang unik dan menarik. Mulai dari Gunung Tangkuban Perahu yang terkenal keindahannya hingga sampai ke Air Terjun yang letaknyapun masih bersembunyi dari keramaian Subang.

foto by instagram.com/wahyuage027

Wisata hamparan perkebun teh yang hijau serta pemandian air panas yang ada di Kota Subang ini sudah banyak dikelan oleh masyarakat tak hanya dari dalam kot dan luar kota saja, bahkan keindahan wisatanya sudah banyak didatangi oleh wisatawan asing.

Salah satu wisata Subang yang unik dan menarik untuk di jumpai ini adalah Curug Kaliangkak Subang. Lokasi Curug ini tepatnya berada di Desa Nagrak, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Masih satu aliran dengan Curug Cisaladah.

foto by instagram.com/dedisupriatna98

Curug Kaliangkak berada dalam kawasan sebuah Villa pribadi yang kapan saja bisa disewa oleh pengunjung. Kaliangkak ini memiliki ketinggian sekitar 6 meter. Dengan kedalaman kolam yang menampung tumpahan air terjun bekisar 1-2 meter.

Dalam kolam ini, para pengunjung dapat berenang maupun sekedar bermain air dengan menkmati keindahan suasana yang dihasilkan oleh pesona sekiat Curug. Keunikan yang ada di wisata dalam villa ini salah satunya birunya air yang dihasilkan oleh aliran air terjun.

foto by instagram.com/felix_inst

Penyebab dari birunya warna kolam ini diperkirakan karena air terjun ini berada di tebing kapur berwarna putih. Sehingga dimusim penghujanpun warna dari air kolam yang ada di Curug Kaliangkak ini tidak berubah menjadi keruh.

Sejuknya udara yang dihasilkan dari hembusan air terjun ditambah suasana sekitar curug yang dikelilingi dengan pepohonan besar serta bebatuan ini menjadi objek yang sangat pas untuk bersantai menikmati pesona keindahan dari wisata tengah Villa ini.

foto by instagram.com/subangtraveler

Fasilitas Umum

Fasilitas umum yang bisa digunakan di Curug Kaliangkak inipun sangat terbatas. Hanya ada lahan parkir dan warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Mengingat tempat ini berada di sebuah area Villa pribadi dan belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah desa.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk menuju Curug yang tersembunyi di sekitar Villa ini belum ada retribusi resmi yang dikeluarkan pemerintah daerah maupun pemerintah desa. Hanya saja pemilik Villa mengenakan biaya sebesar Rp. 5.000,- rupiah/ Orang. Serta Rp. 5.000,- untuk kendaraan bermotor.

Rute Lokasi

foto by instagram.com/nenknonk85

Untuk menuju kawasan wisata Curug kaliangkak ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Jika para pengunjung berada dari arah Bandung. Lajukan kendaraan menuju ke arah Lembang hingga melewati Gunung tangkuban perahu. Sampai masuk ke area Sariater, lajukan kendaraan lurus terus mengikuti jalan yang masuk ke Desa Ciater.

Sesampainya di Desa Ciater, sekitar area Kantor Desa tersebut terdapat sebuah Villa yang terdapat plang nama “Curug Kaliangkak” dengan ukuran yang kecil. Selanjutnya, dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni anak tangga sekitar 100 meter menuju lokasi wisata Curug Kaliangkak.

foto by instagram.com/semurjengk0ll

Rute singkat dari Kota Bandung untuk menuju Curug Kaliangkak adalah mulai dari Kota Bandung – menuju ke arah Lembang- melali Jalan raya Tangkuban Perahu – Melewati daerah Sariater – Sampaila di Desa Nagrak Kecamatan Ciater.

Patokan yang paling mudah adalah setelah sampai di pemandian air panas Sariater, ambilah arah kanan untuk menuju ke Desa Nagrak. Kurang lebih sekitar 3 Km dari Sariater terdapat pintu masuk dari Curug Kaliangkak yang terdapat sebuah Villa, disitulah letak Curug Kaliangkak.

foto by instagram.com/jelajahciater

Jika dihitung dalam hitungan waktu, perjalanan dari arah Bandung sampai ke kota Subang akan memakan waktu selama kurang lebih 2 hingga 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Tips Wisata

Disarankan untuk tidak melakukan open trip ke Curug ini, mengingat Curug ini berada dalam kawasan Villa yang merupakan milik pribadi dan bukan murni tempat wisata yang dibuka untuk umum.

Tetap meminta izin masuk pada pemilik villa.

foto by instagram.com/lussilusay_

Diharapkan bagi para pengunjung untuk membawa makanan dan minuman sendiri, selain itu jangan lupa untuk mempersiapkan keperluan pribadi seperti obat-obatan dan yang lainnya.

Tetaplah jaga kebersihan diarea sekitar curug. Jika ingin membuang sampah dari makanan yang dibawa dari luar sebaiknya buanglah di tempat sampah yang sudah disediakan atau bawa kembali sampah tersebut.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi wisata yang tersembunyi ini?. jangan lupa untuk ajak teman, kerabat, saudara atau bahkan keluarga agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Curug Kaliangkak Subang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.