Cenil, gambar By @nyah_laper

10 Jajanan dan Kue Khas Indonesia Yang Wajib Dicoba

Diposting pada

Indonesia merupakan negara yang kaya akan alam dan budayanya. Ada 34 provinsi di Nusantara dan masing-masingnya memiliki ciri khasnya sendiri, termasuk dari segi kuliner. Tidak hanya makanan berat saja, tapi ada juga jajanan dan kue tradisional.

Meski kini banyak makanan kekinian, ada beberapa macam kue tradisional yang masih populer atau terkenal hingga sekarang, bahkan sudah mendunia. Namun, beberapa juga ada yang langka dan hampir punah sehingga sulit ditemukan.

Padahal, banyak kue tradisional, baik basah maupun kering, yang memiliki peran penting dalam tradisi Indonesia seperti hantaran pernikahan, lebaran, maupun natal.

Berikut ini adalah penjelasan dari aneka jenis jajanan serta kue khas Indonesia dan asalnya beserta gambarnya:

1. Klepon (Jawa)

Foto By @tokomayamsterdam

Kue klepon adalah salah satu jajanan yang sering ditemukan di pasar-pasar tradisional di seantero nusantara. Bentuk kue ini mirip dengan onde-onde, hanya saja berbeda pada tekstur dan isinya.

Jajanan tradisional ini dibuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bulat seperti bola-bola kecil, diisi dengan gula merah, lalu direbus dalam air mendidih. Setelah matang, klepon baru dibalurkan dengan kelapa parut.

Kalian bisa dengan mudah menemukan kue asal Jawa ini di berbagai tempat, dari pasar tradisional, supermarket, hingga restoran dan hotel berbintang dengan harga bervariasi. Kini, kamu juga bisa membeli klepon cake dengan harga sekitar 200 ribuan!

2. Onde-Onde

Foto By @kijokotumut

Ada lagi nih, salah satu jajanan pasar yang cukup populer di Indonesia, yakni onde-onde dari Jawa. Ciri khas dari kudapan tradisional ini adalah bentuknya bulat dengan taburan wijen di atasnya.

Onde-onde adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketan dan tepung terigu yang diisi pasta kacang hijau lalu digoreng. Ukurannya pun bervariasi, dari yang mini hingga besar dan harganya juga bervariasi, tapi satuannya di bawah Rp. 5.000.

Kalian bisa menemukan jajanan ini dengan mudah di berbagai tempat, dari pasar tradisional, pedagang keliling, hingga supermarket. Salah satunya adalah Depot HTS yang cabangnya tersebar di Pulau Jawa.

3. Nagasari

Foto By @budayasaya

Kudapan manis ini adalah salah satu jajanan terlezat yang sehat lho! Umumnya, bahan utama pembuatannya adalah tepung beras atau hunkwe dan santan. Isiannya terbuat dari pisang dan untuk bungkusannya menggunakan daun pisang.

Nagasari adalah salah satu makanan yang cara membuatnya cukup praktis, yaitu dengan dikukus menggunakan panci kukusan. Nah, bahan-bahannya pun cukup mudah untuk didapatkan, sehingga bisa dipraktikkan di rumah.

Kue ini bisa dengan mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional maupun supermarket. Jika kalian ingin membeli secara online juga bisa lho! Harganya pun relatif murah, satuannya masih di bawah Rp. 5.000.

4. Kue Ape

Foto By @drwiz

Jajanan khas Jakarta ini seringkali disebut sebagai serabi Jakarta. Kue tersebut memiliki warna hijau dengan bentuk bulat pipih, tentunya dengan benjolan di tengah. Bentuknya yang unik membuatnya sering disebut sebagai kue tete.

Ternyata, teknik memasak kue ape juga hampir mirip dengan memasak serabi khas Solo, yakni menggunakan wadah cekung yang diletakkan di atas arang. Hanya saja, teksturnya lebih renyah pada pinggirannya, sementara serabi lebih padat.

Kue ini cukup mudah ditemukan di pinggiran kota Jakarta, biasanya dijual oleh para pedagang kaki lima dengan gerobak. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp. 1.000 hingga 5.000 per buahnya.

5. Serabi

Foto By @alan_travellingfoodies

Nah, kalo yang tadi adalah serabi Jakarta alias kue ape, kali ini adalah serabi khas Solo. Jajanan yang terbuat dari tepung beras dan santan tersebut dipanggang menggunakan wajan besi kecil di atas bara api. Rasanya pun bervariasi, ada yg manis dan asin.

Serabi asin memiliki tekstur lebih tebal dan biasanya dihidangkan dengan kelapa parut, sementara serabi manis dibuat lebih kecil dan disajikan bersama kuah kinca. Kini, banyak varian topping yang bisa kalian nikmati.

Salah satu serabi khas Solo yang bisa kalian beli adalah Serabi Notosuman. Letaknya ada di Jl. Mohammad Yamin No. 28. Harganya pun sangat murah, yaitu Rp. 1.800 untuk yang polos dan Rp. 2.000 buat varian coklat.

6. Misro

Foto By @michellemawar

Kalo jajanan yang satu ini berasal dari Jawa Barat. Misro merupakan jajanan pasar yang berbahan dasar umbi-umbian, yakni singkong parut dengan isi sambal oncom dan gula merah.

Ada yang unik dari nama misro, ternyata misro merupakan singkatan dari ‘amis dijero’ yg dalam bahasa sunda artinya manis di dalam. Dengan bentuk bulat dan sedikit pipih, kudapan tersebut dibuat dengan cara digoreng.

Kalian bisa membeli misro di Comro dan Misro Enak yg terletak di Jl. Raya Panyileukan No. 13, Bandung. Harganya pun juga murah lho, yakni mulai dari Rp. 1.000 per buahnya.

7. Putu Ayu

Foto By @dapursushu

Kue tradisional yg satu ini adalah bentuk inovasi baru dari kreativitas di bidang kuliner. Jika dibandingkan dengan putu pada umumnya, kudapan tersebut adalah jajanan yg lebih tahan lama dan banyak dijual di toko bakery.

Tekstur putu ayu mirip dengan kue bolu, sementara bentuknya seperti kembang karena adonannya dimasukkan ke dalam cetakan yg membentuk seperti bunga. Hal ini membuat tampilannya menjadi cantik.

Kue yg berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur ini bisa kalian beli di berbagai toko kue, salah satunya di Putu Ayu Bantul yg terletak di Jl. Jenderal Sudirman, Bantul, Yogyakarta. Harga satuannya pun relatif murah, yakni dari Rp. 1.000 hingga 2.000.

8. Wajik

Foto By @shelimulia

Jajanan tradisional yg satu ini juga cukup populer di Jawa. Namun, di Sumatera kita juga dapat menjumpai kue ini dengan nama pulut manis. Kudapan tersebut sangat bernutrisi dan bisa menjadi teman untuk minum teh ataupun kopi.

Beberapa bahan untuk membuat wajik adalah beras ketan putih, gula merah, gula pasir, santan kental, garam, daun pandan, dan air. Kue ini banyak diburu wisatawan yg berkunjung ke Jawa Tengah untuk dijadikan oleh-oleh.

Nah, kalian juga bisa menemukan wajik dengan mudah di berbagai pusat oleh-oleh di Jawa Tengah, dimana harga satuan biasanya dibanderol di bawah Rp. 5.000.

9. Cenil

Cenil, gambar By @nyah_laper

Kue cenil yg terbuat dari tepung kanji dan disajikan dengan kelapa parut dan gula ini berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Selain gula, kudapan tersebut juga biasanya dihidangkan bersama gula merah atau ketan hitam.

Salah satu tempat yg menjual kue ini adalah PT Karla Boga Sejahtera di Jl. Bougenville Raya No. 35, Tangerang Selatan. Harga satuannya juga cukup murah, masih di bawah Rp. 5.000.

10. Lupis

Foto By @licen999

Nah, kalo jajanan pasar yg satu ini terbuat dari ketan yang disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah cair. Dulunya, bentuknya adalah segitiga, namun karena kesulitan membungkus, akhirnya dibuat memanjang seperti lontong.

Salah satu tempat untuk membeli lupis adalah Kue Lopis Super Enak di Jl. Luar Batang V No. 23. Harganya pun cukup murah, per porsinya masih di bawah Rp. 10.000. Nah, murah kan?

Itulah berbagai nama jajanan dan kue khas Indonesia yg wajib untuk dicoba lengkap beserta fotonya. Beberapa bahkan mudah dibuat sendiri di rumah karena resepnya banyak ditemukan di internet.

Jika kalian ingin tahu lebih lanjut atau versi pdfnya, bisa cek google atau brainly. Cukup sekian informasinya dan selamat berburu kue enak!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.