Es Pisang Ijo, gambar By @moucup

10 Minuman Khas Surabaya Yang Bikin Cepat Adem

Diposting pada

Belakangan ini cuaca di Surabaya memang lagi panas-panasnya. Kalau di Jakarta dan daerah-daerah lain hampir setiap hari hujan, di kota Pahlawan tersebut hujannya justru bisa dihitung jari dalam satu bulannya.

Saking panasnya cuaca, tenggorokan pun semakin terasa cepat kering dan bawaannya jadi haus terus. Oleh karena itu, kita butuh minuman yang segar-segar untuk mengobati rasa dahaga yg melanda.

Sajian dingin-dingin memang paling cocok di tengah suasana panas seperti ini. Nah, pada artikel berikut JejakPiknik akan memberikan beberapa daftar minuman enak khas Surabaya paling recommended untuk dicicipi lengkap beserta resepnya.

1. Es Teler Pacar Keling “Pak No”

Foto By @fitriwibisono

Minuman segar pertama yang sangat recommended buat dicicipi dan memiliki rasa enak khas dari kota Surabaya, Jawa Timur namanya adalah Es Teler Pacar Keling “Pak No”.

Ini adalah salah satu gerai kuliner di Surabaya yang tak pernah sepi pembeli dan termasuk spot legendaris karena sudah buka sejak tahun 1978. Bahkan kepopulerannya masih bertahan sampai sekarang.

Yang membuat es teler disini semakin enak adalah potongan buahnya cukup besar-besar dan lengkap. Tak hanya minuman, disini juga tersedia aneka kuliner menggoda seperti es campur misalnya.

Untuk mencicipinya, datang aja ke jalan Penataran No.02, Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur. Dengan modal Rp.9.000 saja, kamu sudah bisa menyantap seporsi es telernya yg super segar.

2. Es Campur Tidar

Foto By @sasmitaedo

Minuman selanjutnya yang menjadi andalan kota Surabaya adalah Es Campur Tidar. Ini juga termasuk salah satu wisata kuliner melegenda. Tak heran bila spot terebut selalu ramai pembeli setiap harinya.

Selain itu, cita rasa sirup yang dicampur begitu khas, sehingga membuat es campurnya semakin terasa menggoda dan bikin siapapun ketagihan begitu pertama kali mencobanya.

Tak hanya es campur, masih ada banyak lagi daftar minuman segar yang menggoda iman disini. Coba deh es kacang ijo-nya, dijamin dahagamu akan hilang seketika.

Es campur tidar sendiri beralamat di jalan Tidar, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya dan untuk seporsinya hanya dihargai sekitar 15 ribuan saja.

3. Es Pisang Ijo

Foto By @moucup

Ada yang suka es pisang ijo? Coba deh sesekali! Dijamin, saat kamu mencicipinya pertama kali, pasti bakalan ketagihan. Pasalnya, sajian segar satu ini menggunakan resep khusus.

Seperti namanya, bahan utama dari minuman ini adalah pisang raja yang kemudian diolah dengan tepung beras, lalu diberi daun suji sebagai pewarna dan sirup pandan untuk melengkapi rasanya agar semakin lebih nikmat. Setelah itu disajikan bersama serutan es batu.

Es pisang ijo termasuk salah satu jenis minuman yang mudah ditemui di Surabaya, karena banyak pedagang kaki lima yang menjajakannya di pinggiran jalan dan harganya mulai 7 ribuan aja.

4. Jumbo Juice

Foto By @rotiroad

Di saat cuaca yang panas, minum jus buah segar bisa menjadi salah satu opsi paling tepat. Apalagi kalau sedang diet, seporsi juice porsi jumbo tidaklah masalah, asalkan susu dan gulanya jangan terlalu banyak ya!

Nah, di Surabaya ada satu tempat yang menjual jus porsi besar, namanya yaitu Jumbo Juice. Letaknya di jalan Kertajaya. Disini, kamu bisa menikmati aneka jusnya hanya dengan merogoh kocek 12-15 ribu saja. Bagaimana, murah kan?

5. Es Oyen

Foto By @vonnyeyd

Es Oyen ini aslinya berasal dari kota Bandung, namun sangat menjamur di Surabaya. Tidak ada ciri khas menarik dari minuman ini. Jika dilihat sekilas, tampak biasa saja, hampir sama seperti es campur.

Yang membedakannya adalah isiannya lebih sedikit. Sungguh begitu, rasanya sangat menyegarkan. Seporsi Es Oyen ini terdiri dari potongan buah nangka, alpukat, kelapa muda, kolang-kaling, sirup, susu kental manis, es serut dan masih banyak lagi.

Untuk seporsinya, kamu cuma perlu merogoh kocek 6 ribuan saja. Es Oyen sendiri terletak di jalan Dupak Rukun No.233, Asem Rowo, Surabaya, Jawa Timur.

6. Mango Bomb

Foto By @sbykulinerinfo

Ada lagi nih satu bisnis kuliner ala artis di kota Surabaya. Tapi yang ini bukan makanan, melainkan berupa minuman segar milik dari Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, namanya yaitu Mango Bomb.

Mango Bomb ini sama enaknya dengan jus kekinian lainnya. Untuk bahannya sendiri terbuat dari buah mangga pilihan yang kemudian diberi whipped cream. Selain menyegarkan, cara membuat juice tersebut pun tergolong sangat mudah.

Walau terbilang sedikit agak mahal kisaran Rp.50.000, tapi kamu akan puas, karena porsinya jumbo. Mango Bomb ini outletnya berada di Ciputra World lantai 3. Kamu sudah pernah mencobanya belum?

7. Kopi Koko Nakal

Foto By @e.w.l

Buat para coffee lovers, minuman kekinian khas Surabaya satu ini adalah cara baru menikmati kopi. Meneguk seporsinya, bakal bikin hatimu adem di tengah panasnya cuaca kota Pahlawan.

Tidak hanya dalam kondisi hangat, kamu pun bisa menikmati kopi dingin di lapak satu ini. Cukup dengan budget 18 ribuan saja untuk menikmati seporsinya.

Penasaran? Kamu bisa datang ke Pasar Atom Mall di daerah Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantian, kota Surabaya, Jawa Timur.

8. Es Sinom

Foto By @zonajatim.official

Selain aneka macam minuman kekinian, Surabaya juga punya beberapa jenis minuman tradisional yang punya banyak manfaat dan kamu wajib mencobanya, salah satunya adalah es sinom.

Meski terdengar agak asing, tapi es sinom bukanlah minuman beralkohol, melainkan ramuan jamu. Kamu yang tidak menyukai rasa pahit, ini adalah salah satu sajian herbal yg wajib buat dicicipi.

Es sinom ini memiliki banyak sekali manfaat buat kesehatan tubuh seperti melancarkan pencernaan, mengobati hepatitis, dll. Ciri rasanya yakni asam, manis dan segar.

Sinom juga cukup mudah ditemui di Surabaya karena banyak pedagang jamu keliling yang menjajakannya dan harganya dibanderol murah meriah, hanya kisaran 2 ribuan saja,

9. Cukrik

Foto By infoblora.com

Masyarakat Surabaya pasti sudah tidak asing lagi dengan cukrik. Ya, sebab ini adalah salah satu minuman keras khas Kota Pahlawan yang mengandung alkohol.

Minuman beralkohol ini cukup digemari di Surabaya, baik tua maupun muda. Harganya yg terjangkau membuat semua kalangan bisa menikmatinya. Yang unik dari Cukrik adalah varian rasanya beragam.

Namun sayangnya, karena termasuk miras, para pedagang menjualnya secara sembunyi-sembunyi. Untuk harganya sendiri cukup bervariasi, mulai 11 sampai 60 ribuan.

10. Legen

Foto By @indrapanggalih

Khas Gresik bernama Legen ini adalah salah satu jenis minuman tradisional yang bahan dasarnya terbuat dari buah siwalan atau pohon lantar.

Legen ini memiliki rasa manis, sedikit asam namun tetap menyegarkan. Di Surabaya, penjual minuman tersebut sangat menjamur dan harganya hanya 2 ribu saja.. Selain menghilangkan dahaga, juga bagus untuk ginjal.

Bagaimana, kurang segar apalagi coba rekomendasi JejakPiknik.com? Pasti kamu ngiler kan? Menurutmu, enaknya minum yang mana dulu nih?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.