Pantai Siung Jogja, Pasir Putihnya Cukup Indah

Diposting pada
Gambar pantai siung beach wonosari jogja letak lokasi rute peta penginapan yogyakarta gunung kidul dan sekitarnya tepus kabupaten gunungkidul daerah istimewa 55881 indonesia foto jogjakarta jalan menuju harga tiket masuk alamat google map bukit dekat
foto by instagram.com/risnasari12/

Lokasi: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogjakarta 55881
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Rp.3.000 / orang
Jam Operasional:
09.00 – 17.00 WIB
Nomer Telepon:

Pasir Putihnya Indah

Jogjakarta memang dikenal dengan kota yang sangat kaya dan kental akan seni dan budaya. Tetapi sebenarnya Jogja, sebutan singkat dari Jogjakarta menyimpan aneka ragam potensi wisata alam yang wajib kamu datangi.

Bahkan Jogja tak hanya melulu tentang Candi Borobudur dan Prambanan. Salah satunya adalah wisata alam pantai, pantai Siung misalnya. Pantai Siung adalah salah satu pantai tersembunyi yang indah berada di Jogjakarta.

foto by instagram.com/pupuh_dp_/

Sebelum kita membahas tentang Pantai Siung, ada baiknya kita membahas sedikit tentang Yogyakarta. Kota yang memiliki keistimewaan di Indonesia ini sering disapa dengan sebutan singkat Jogja.

Ya, karena berada di logat Jawa asli maka lafal Y menjadi J. Jogja sendiri berada di kawasan Pulau Jawa bagian Tengah. Kota ini sangat terkenal dengan adat istiadat dan kesenian yang cukup kental.

Pantai Siung ini berada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jalan menuju kesana sudah sangat mudah, banyak sekali alternative yang bisa kamu gunakan.

Selain pantai ini, di Gunung Kidul sangat banyak sekali tempat wisata pantai lainnya yang memberikan keindahan yang luar biasa.

foto by instagram.com/emon_lokovettor/

Pantai ini sudah banyak didatangi oleh para wisatawan, meski namanya memang belum seterkenal Pantai Parangtritis. Pemandangan yang ditawarkan sungguh indah, apalagi jika kamu kesana dengan kerabat atau keluarga.

Kamu bisa menghabiskan liburan kamu dengan merasakan suasana pantai yang nyama. Jangan lupa untuk mengambil foto untuk dijadikan kenang-kenangan.

Pantai Siung ini juga terkenal dengan tempat wisatanya yang bersih dan pemandangan yang bagus. Pantai ini juga terletak diantar bebatuan besar dan pegunungan yang tinggi

Sejarah Nama

foto by instagram.com/andre_siinji27/

Pantai Siung ini cukup luas sehingga kamu dapat melakukan banyak sekali kegiatan. Mulai dari bermain pasir karena pasirnya yang halus dan putih dan juga bermain olahraga pantai seperti voly dan bermain sepak bola.

Kondisi pantai Siung ini tidak begitu ramai, sehingga kamu akan merasakan kenyamanan dan tenang ketika berlibur ke Pantai Siung.

Salah satu keunikan lain dari pantai Siung yang terkenal adalah batu karang yang sangat besar. Batu karang ini terbentang di sebelah timur dan barat. Nah, batu karang inilah yang menjadi dasar nama Siung di pantai ini.

Batu karang yang sangat besar ini menojorok kearah laut letaknya, jika kamu melihat dari jauh maka lebih mirip dengan bentu gigi dari binatang kera atau Siung Wanara.

Cerita singkat ini kami dapat dari masyarakat sekitar yang percaya tentang sejarah Pantai Siung.

foto by instagram.com/prayitiskhaq/

Batu karang yang sangat besar ini juga memiliki peran yang sangat penting bagi para pecinta alam seperti pendaki. Di tahun 1989 yang lalu para pendaki ini dari negara Jepang memanfaatkan karang besar ini sebagai bukit untuk panjat tebing.

Dari awal mula itulah yang menyebabkan para pendaki hingga saat ini menjadikan tebing karang di Pantai Siung lokasi favorit panjat tebing. Maka pemerintah Yogyakarta mulai mengembangkan potensi tersebut sebagai salah kegiatan pecinta alam di Pantai Siung.

bukit, foto by instagram.com/bunpiau86/

Kemajuan yang pesat membuat Pantai Siung dijadikan tempat lomba panjat tebing Asean Climbing Gathering yang diikuti oleh peserta dengan jumlah 250 dari 2 benua yaitu Eropa dan Asia.

Bahkan hingga saat ini Pantai Siung memiliki kurang lebih 250 jalur panjat tebing dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Bahkan pendaki internasional menjuluki Pantai Siung sebagai Siung Beach, The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.

tebing, foto by instagram.com/yogikhaloli/

Pantai Siung sebelum terkenal dengan tempat panjat tebing terbaik merupakan pantai yang kotor dan tidak terjamah oleh orang. Kesulitan untuk mencapai pantai ini pada saat itu membuat wisatawan malas datang ke pantai Siung.

Tetapi sejak dikenal dengan kawasan panjat tebing pada tahun 2000 yang lau, maka dikit demi sedikit banyak para pengunjung yang datang dan penasaran ingin melihat langsung.

Bahkan tak jarang wisatawan dari turis luar negeri juga datang ke Pantai Siung untuk menginap dan panjat tebing.

Daya Tarik

Banyak hal yang bisa dilakukan di Pantai Siung, selain mendaki bukit di batu karang yang sangat besar kamu bisa menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh pantai ini.

Diatas bukit yang didaki juga banyak yang dilakukan, misalkan saja mengambil gambar dengan background pemandangan alam. Kamu juga bisa melihat pemandangan laut lepas yang sangat luas diatas bukit.

Di bagian timur pantai ini biasanya juga digunakan sebagai area camping bagi para pendaki atau wisatawan lain. Tentu saja sangat menyenangkan mendirikan tenda di pinggir pantai sambil menikmati malam di pantai Siung.

Berkemah, bernyanyi serta menyalakan api untuk menghangatkan diri adalah hal yang paling menyenangkan ketika melakukan camping bersama kerabat atau saudara.

Jika cuaca sangat mendukung dan cerah, kamu dapat menyaksikan gemerlap bintang diatas laut yang sangat indah.

ngecamp, gambar by instagram.com/hisyam.asnawi/

Selain area camping, ada juga rumah panggung di Pantai Siung. Letak rumah panggung ini dekat sekali dengan area camping. Rumah panggung tersebut terbuat dari kayu yang biasanya dijadikan tempat kumpul.

Rumah ini kurang lebih mampu menampung sekitar 15 orang. Nah, dari rumah panggung ini kamu bisa melihat deburan ombak dengan jarak lihat yang sangat luas.

Pasir putih di Pantai Siung berwarna putih dan memiliki tekstur yang sangat halus. Jadi untuk kamu yang tidak suka dengan kegiatan ekstrim seperti mendaki tebing, bisa melakukan kegiatan lain seperti bermain pasir di bibir pantai.

Kamu bisa mengelar tikar diatas pasir dengan kerabat dan keluarga serta menikmati keindahan pemandangan alam pantai.

Jika beruntung pada saat kondisi pantai baik dan tidak terlalu banyak pengunjung yang datang, kamu akan bisa menyaksikan gerombolang kera yang turun dari atas tebing.

Tenang saja, kera-kera ini tidak akan mengganggu kamu asal tidak diganggu. Kamu bisa bermain dan berfoto-foto dengan kera tersebut.

foto by instagram.com/andreanoykp/

Selain mendaki tebing yang ada di Pantai Siung ini, kamu juga bisa mendaki gunung. Keindahan yang sungguh luar biasa akan kamu rasakan ketika sudah sampai diatas puncak.

Kamu akan melihat pantai siung yang begitu kecil tetapi sangat luas jika sudah sampai diatas puncak gunung. Dipuncak kamu juga bisa merasakan udara yang sejuk dan sepoi – sepoi khas pantai Siung.

Rasanya pasti sangat nyaman dan jauh dari kebisingan kota. Banyak sekali pepohonan di atas puncak gunung dan kamu bisa menghabiskan waktu dibawah pohon dan beristirahat.

Fasilitas lain yang bisa kamu dapatkan di Pantai ini adalah toilet bersih, tempat parker yang cukup luas dan juga ada beberapa tempat makan yang menyajikan berbagai menu makanan jika kamu tidak membawa bekal dari rumah. Sayangnya belum ada fasilitas penginapan di Pantai Siung.

Pantai Siung ini juga sering kali dijadikan tempat diklat ataupun latihan dari komunitas mahasiswa pecinta alam dari berbagai perguruan tinggi baik di Jogja atau dari luar Jogja. Pada saat liburan sekolah atau kuliah Pantai Siung selalu ramai oleh pengunjung.

Sebagian besar masyarakat sekitar pantai adalah berprofesi sebagai petani garam. Garam yang dihasilkan oleh masyarakat Siung ini menjadi produk dagangan utama di pasar Winangun yang ada di dekat Pantai Siung di Desa Purwodadi.

Di sekitaran jalan menuju pantai Siung juga terdapat beberapa kolam ikan dan keramba budidaya ikan yang dikelola oleh warga sekitar.

Karena mereka sampai ini belum berani melaut jadi budidaya ikan tawar disekitar pantai adalah pilihan alternatif  selain manjadi petani garam.

Setelah berhasil membawa ikan, para wisatawan bisa membawa pulang ikan tersebut atau langsung memasaknya.

Banyak sekali tempat yang menyediakan tempat masak, warung-warung disekitar pantai Siung menyediakan untuk kamu yang ingin menyantap ikan dengan suasana pantai yang nyaman.

foto by instagram.com/jovhy_28/

Bagi yang memiliki hobi memancing, kamu juga bisa melakukannya di pantai Siung. Meskipun kamu tak bisa pergi ke tengah laut, memancing bisa dilakukan di pinggir pantai.

Banyak sekali para pengunjung yang membawa perlatan memancing sendiri disini karena di pantai ini tidak disediakan persewaan alat pancing.

Jalan Menuju Lokasi

Alamat dan lokasi pantai Siung ini tepatnya berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk rute dan jalan menuju Pantai Siung ini cukup mudah dan diakses.

Sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil karena di daerah Pantai Siung dan sekitarnya tidak terdapat angkutan umum.

Kondisi jalannya sudah sangat bagus dan beraspal, tetapi masih ada beberapa tikungan dan tanjakan yang harus kamu lewati.

Kondisi mobil yang kamu naiki harus dalam keadaan bagus, sebelumnya harus dilakukan pengecekan karena jalan menuju pantai ini melewati perbukitan kapur dan lading palawija.

Rutenya, jika kamu berangkat dari Yogyakarta harus mengambil jalur yang menuju arah Wonosari, kemudian lanjut ambil kearah Tepus dan Purwodadi, maka kamu akan sampai di Pantai Siung.

Jika masih merasa kesulitan, kamu bisa mengakses peta online dari titik koordinat yang kami berikan diatas yang langsung terhubung dengan google map. Perjalanan darat dari Yogyakarta kurang lebih akan kamu tempuh sekitar kurang lebih 2 jam.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk di Pantai Siung ini kamu harus membayar sebesar 3 ribu rupiah dan tiu belum dengan biaya parker kendaraan.

Untuk roda dua kamu hanya perlu membayar 2 ribu, sedangkan untuk roda empat kamu harus membayar 5 ribu rupiah. Menurut masyarakat setempat harga tersebut bisa berubah-ubah tergantung dari kebijakan pengelola dan pemerintah daerah.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.