gambar by: herstory.co.id

10 Jajanan Tradisional dan Kue Khas Kalimantan Timur

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari 34 provinsi dari Sabang sampai Merauke. Setiap provinsi di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing, terlebih dari kebudayaannya. Artinya, suatu kebudayaan yang ada di sebuah provinsi belum tentu bisa ditemukan di provinsi lainnya.

Kebudayaan tidak hanya mencakup tarian tradisional, rumah adat, senjata, alat musik, lagu daerah, pakaian adat, namun juga termasuk kuliner. Setiap provinsi memiliki makanan tradisional yang menjadi ciri khas dari provinsi tersebut dan belum tentu bisa ditemukan di daerah lain.

Salah satu provinsi yang memiliki berbagai macam makanan khas adalah Kalimantan Timur. Tidak hanya memiliki tempat-tempat wisata alam yang indah saja, namun provinsi yang terletak di ujung timur Pulau Kalimantan ini juga punya berbagai makanan khas lho. Selain makanan utama, ada juga jajanan tradisional dan kue khas provinsi ini yang wajib dicoba.

Nah, penasaran apa saja jajanan dan kue khas Kalimantan Timur yang wajib dicoba untuk referensi kulineran? Yuk, simak dulu:

1. Kue Gegicak

foto by: cookpad.com

Kue Gegicak atau Kekicak adalah salah satu jajanan basah tradisional Kalimantan Timur. Beberapa bahan dasar pembuat kue ini adalah tepung ketan putih dengan campuran kelapa parut dan gula merah cair. Warna hijau yang dimiliki kue ini didapatkan dari daun pandan sehingga sangat alami dan menggugah selera.

Gegicak memang memiliki kemiripan dengan Klepon yang ada di Pulau Jawa. Namun, cara memasaknya berbeda karena Gegicak dikukus sementara Klepon direbus. Penggunaan gula merah juga berbeda. Klepon bagian dalamnya diisi gula merah, sementara Gegicak disiram gula merah sebagai saos.

Namun, secara komposisi dan bahan-bahan pembuatnya hampir sama. Gegicak memiliki rasa manis dan gurih yang sangat menggugah selera para pecinta kue tradisional Indonesia.

2. Kue Jenderal Mabok

foto by: kaltimtoday.co

Kue Jenderal Mabok adalah salah satu makanan khas Kutai dengan tekstur lembut dan cita rasa gurih. Ada yang unik dibalik penamaan hidangan ini, yaitu dulu ada seorang prajurit yang memakan kue ini lalu ketagihan karena rasanya yang enak, sehingga dinamakan Kue Jenderal Mabok.

Namun, kue ini memang membuat siapapun yang memakannya merasa ketagihan. Hal ini terbukti dari banyaknya warga setempat yang menjadikan Kue Jenderal Mabok sebagai salah satu takjil favorit saat akan berbuka puasa. Nah, jika kalian lagi kulineran di Kalimantan Timur, bisa dijadikan referensi lho!

3. Kue Bingka

foto by: masakandapurku.com

Meskipun merupakan salah satu jajanan tradisional Kalimantan Selatan, Kue Bingka juga tidak kalah terkenal di Kalimantan Timur lho. Beberapa bahan pembuat Kue Bingka antara lain tepung, kentan, susu, gula, dan santan. Nah, tidak heran ya jika kue ini memiliki rasa yang manis dan bertekstur empuk.

Kue Bingka adalah salah satu kue yang banyak diburu oleh warga sebagai takjil untuk berbuka puasa saat Bulan Ramadhan. Buat kalian yang suka makanan manis, tidak ada salahnya lho untuk mencoba kue ini saat berwisata kuliner di daerah Kalimantan Timur (KalTim). Namun, jika kalian mau coba bikin sendiri, resepnya ada banyak kok di internet!

4. Sari Pengantin

foto by: indozone.id

Ada lagi nih, jajanan tradisional dari Kalimantan Selatan yang juga populer di Kalimantan Timur, yaitu Sari Pengantin. Kue yg terdiri dari dua lapisan ini memiliki tekstur yang lembut. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat kue ini antara lain tepung beras, telur, gula, santan, dan air. Warna kuning dan hijau yg ada berasal dari sari pandan.

Warga Kalimantan Timur sangat suka berburu kue ini saat Bulan Ramadhan sebagai takjil untuk berbuka puasa. Sebab, rasanya yg manis sangat menggugah selera dan enak di lidah hampir semua orang, terlebih para pecinta hidangan manis. Makanan ini juga sangat mudah ditemukan lho, bahkan di penjual pinggir jalan.

5. Roti Pisang

foto by: indonesiakaya.com

Memiliki bentuk bulat pipih dan warna kuning, kue khas Kalimantan Timur ini disebut sebagai Roti Pisang. Jajanan tradisional yg satu ini memiliki kempiripan dengan Bingka. Hal ini disebabkan karena bahan-bahannya juga mirip, yaitu tepung terigu, santan, gula, telur, dan garam.

Satu hal yang membedakan Roti Pisang dengan Bingka adalah penggunaan pisang. Nah, uniknya lagi, pisang yg digunakan untuk membuat kue ini juga tidak bisa sembarangan lho, harus pisang jenis raja atau talas. Selain cocok untuk takjil buka puasa, kue ini juga sangat pas untuk menjadi teman minum teh dan kopi di sore hari.

6. Bobongko

foto by: merahputihdua.com

Bobongko atau Babongko adalah salah satu kue basah dari Kalimantan Timur. Memiliki tekstur yg kenyal dan lembut, kue ini dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk piramida. Adonan tepung ini dimasak dengan gula merah cair dan santan kental lalu dikukus hingga matang.

Meskipun termasuk kategori kue basah, banyak warga Kalimantan Timur yg menjadikan hidangan ini sebagai menu sarapan. Selain itu, Bobongko juga banyak disajikan sebagai kudapan untuk tamu saat acara-acara atau perayaan besar. Rasanya yg manis dan gurih membuat banyak orang suka hidangan ini lho.

7. Pisang Gapit

gambar by: herstory.co.id

Sesuai dengan namanya, hidangan asal Kalimantan Timur ini terbuat dari pisang yg dibakar dengan cara digapit atau dijepit. Nah, kata “gapit” sendiri berasal dari Bahasa Kutai dan Banjar yg artinya dijepit. Pisang yg digunakan untuk membuat hidangan ini adalah pisang kapok, pisang sanggar, atau pisang tanduk yg setengah matang.

Nah, setelah dibakar, hidangan ini disajikan dengan topping tertentu seperti saus durian atau saus karamel yg terbuat dari campuran santan kental dan gula merah. Meskipun merupakan salah satu jajanan pinggir jalan, hidangan ini juga bisa ditemukan di hotel-hotel mewah lho!

8. Kue Keminting

foto by: shoppee.co.id

Keminting adalah salah satu kue kering khas Kalimantan Timur yg tepatnya berasal dari Kota Bontang. Jajanan ini dinamakan Keminting karena bentuknya mirip dengan Kemiri, salah satu rempah asli Indonesia. Beberapa bahan dasar untuk membuat kue ini adalah tepung terigu, kanji, dan gula jawa.

Memiliki rasa yg renyah, kue kering ini adalah salah satu camilan yg enak untuk menemani waktu luang kalian. Nah, buat para wisatawan yg berkunjung ke Bontang, Keminting adalah salah satu jajanan yg bisa dibawa pulang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh ya!

9. Mantau

foto by: makananoleholeh.com

Ada lagi nih, salah satu kue khas Kalimantan Timur yg bisa dijadikan sebagai oleh-oleh asli daerah ini, yaitu Mantau. Mantau adalah sejenis roti tanpa isi yg bentuknya mirip dengan bakpau. Salah satu makanan tradisional khas Balikpapan ini memiliki rasa yg lezat dan gurih sehingga terbilang cukup unik.

Buat kalian yang ingin membawa mantau untuk oleh-oleh, kue ini bisa ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Balikpapan ya!

10. Onde-Onde Ubi Ungu

foto by: cookpad.com

Sebagai warga negara Indonesia, tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan Onde-Onde, bukan? Nah, satu hal yg unik dari Onde-Onde Khas Balikpapan ini adalah isiannya, yaitu ubi ungu. Selain itu, makanan ini juga disajikan dengan berbagai macam topping seperti keju, kacang hijau, dan cokelat. Makanan ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh!

Itulah beberapa macam jajanan tradisional dan kue khas Kalimantan Timur yg wajib dicoba untuk referensi kulineran. Beberapa di antaranya juga bisa dibawa sebagai oleh-oleh lho. Nah, di antara beberapa macam jajanan dan kue di atas, manakah yg paling ingin kalian coba?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.