Es Teler Pontianak, gambar By @zakaria_jack

Kenalin! 10 Minuman Khas Kalimantan Timur

Diposting pada

Kuliner khas Kalimantan Timur mungkin masih terdengar sangat asing di telinga kita. Hal ini tentu cukup wajar, mengingat sebagian besar varian makanannya belum dibawa keluar ke kota-kota lain, sehingga jika ingin mencicipinya harus berkunjung ke sana dulu.

Berlibur ke Boreno, kurang lengkap rasanya jika hanya mencicipi makanannya namun tidak dengan minumannya yang khas. Meski belum terekspos, bukan berarti minuman asal provinsi ini tidak memiliki citarasa menggoda, malah sungguh istimewa.

Supaya tidak penasaran, berikut JejakPiknik akan sajikan 10 daftar minuman khas Kalimantan Timur dari yang jenis dingin menyegarkan sampai hangat-hangat.

1. Cendol dan Cincau

Foto By @iki.ver

Kalimantan Timur juga merupakan salah satu wilayah dengan suhu yang cukup panas. Sehingga minum cendol dan cincau bisa menjadi pilihan tepat untuk melepas dahagamu setelah seharian berkeliling di kota Borneo ini.

Cendol dan Cincau termasuk salah satu minuman tradisional asal kota Samarinda yang cukup populer di berbagai daerah provinsi Kalimantan Timur.

Minuman ini terbilang cukup unik karena cara penyajiannya berbeda dari yang ada di daerah-daerah lain, dimana tambahannya tidak menggunakan santan melainkan susu.

Cendol dan Cincau adalah kuliner yang lazim kamu temui di sekitar Kaltim karena banyak dijajakan di warung-warung pinggir jalan dan harga per porsinya hanya kisaran 8 sampai 10 ribuan saja.

2. Ce Hun Tiau

Foto By @selviwiguna

Jangan salah ya, Ce hun tiau bukanlah makanan, melainkan salah satu jenis minuman segar asal kota Pontianak yang dibuat dengan resep khusus dan memiliki citarasa sangat menggoda.

Meski asli dari Pontianak, namun Ce hun tiau juga cukup populer di kota Balikpapan. Jadi jangan heran kalau kamu bisa menemukannya dengan sangat mudah disana.

Ce hun tiau sendiri bahan dasarnya terbuat dari kacang merah yang kemudian dikombinasikan dengan fiber crème, es serut, gula dan air. Selain bagus untuk melepas dahaga, juga cocok buat mengganjal perut saat dilanda lapar.

Ce hun tiau juga termasuk salah satu sajian pelepas dahaga yang mudah ditemui karena penjualnya cukup menjamur. Untuk menikmatinya, kamu pun tidak perlu merogoh kocek besar, sebab harganya sangat terjangkau.

3. Es Buah Segar

Foto By @nana_jajan

Cuaca yang panas-panas, memang butuh minuman segar-segar. Mampir ke warung-warung es buah di pinggiran jalan di Balikpapan mungkin bisa menjadi pilihan paling pas.

Es buah khas Balikpapan ini juga terkenal enak dan menyegarkan. Aneka buahnya pun sangat beragam, ada nanas, leci, pepaya serta selasih.

Yang membuatnya semakin istimewa adalah diberinya tambahan berupa madu, sirup, kolang-kaling juga kapur sirih. Kira-kira rasanya seperti apa ya? Penasaran kan?

Tenang, untuk menemukannya tidak sulit karena penjualnya juga cukup menjamur dan harganya pun tergolong ramah dikantong.

4. Es Jeruk Songkit

Foto By @entin_sutini

Minuman satu ini, berbeda dengan yang kamu temui di warung-warung makan atau gerai minuman di daerah lain. Sebab, bahan utama dalam pembuatannya dibutuhkan jeruk songkit yg masih segar.

Jeruk Songkit merupakan salah satu jenis jeruk berkualitas tinggi yang memiliki harga terjangkau. Masyarakat Balikpapan kerap mencampurkan perasan buah ini ke berbagai olahan masakannya.

Es jeruk songkit juga termasuk salah satu minuman favorit warga Kaltim di siang hari. Sehingga untuk menemukannya tidak sulit. Banyak pedagang kaki lima di sepanjang jalan yang menjajakannya dengan harga terjangkau.

5. Kelapa Hijau

Foto By @dhientiii

Memiliki kesuburan tanah yang cukup tinggi dan diselimuti dengan udara yg masih segar alami, membuat kota Balikpapan dilimpahi akan kekayaan pohon-pohon kelapa.

Sehingga tak heran bila buah dari pohon kelapa ini kerap disajikan menjadi salah satu minuman yang khas di Kalimantan Timur. Menikmatinya dengan diiringi deburan ombak pantai akan menjadi momen paling menyenangkan.

Kelapa Hijau adalah minuman yang sangat mudah ditemui di Balikpapan dan harganya pun cukup bervariasi, tergantung dari kualitasnya.

6. Sirup Rumput Laut

Foto By @nandalestariputriawan

Selain dijadikan sebagai bahan pembuatan dodol dan olahan makanan lainnya, di Bontang, Kalimantan Timur, rumput laut juga menjadi komposisi utama minuman khas mereka.

Namanya yaitu Sirup Rumput Laut. Rasanya sangat menyegarkan, apalagi jika disajikan dengan tambahan es batu. Selain dapat diminum di tempat, kamu pun bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh karena sudah dikemas dengan baik dalam botol.

Sirup rumput laut ini juga mudah ditemui, karena tersedia di minimarket ataupun supermarket dan soal harga tak perlu khawatir, sebab relatif terjangkau.

7. Es Jagung

Foto By @chiwie_thaitea

Kalimantan Timur juga punya minuman khas yang bahannya terbuat dari jagung manis. Tampilannya hampir sama dengan es cendol, hanya saja isiannya berbeda.

Es jagung ini rasanya sangat manis dan menyegarkan. Untuk isiannya bahkan kerap diberi tambahan seperti cendol serta sagu atau nata. Bertandang ke kota Samarinda, kamu akan menemukan banyak sekali penjaja minuman ini di pinggiran jalan.

Meski harga per porsinya dibanderol cukup murah namun citarasa es jagung ini tidak murahan. Sekali mencobanya, mungkin kamu bakal ketagihan.

8. Es Tebu

Foto By @sugarcanepakgiman

Kota Borneo ini tak hanya melimpah dengan jagung tapi juga tebu. Sehingga kurang afdol rasanya kalau kamu berkunjung kesana tapi belum mencicipi olahan minuman dari buah tersebut, yakni Es Tebu.

Es tebu khas Samarinda ini rasanya sungguh menyegarkan, sangat cocok untuk mengobati rasa hausmu dengan cuacanya yang cukup panas.

Es tebu juga cukup mudah didapat di sepanjang jalan di wilayah Borneo. Selain nikmat, harganya pun sangat ramah di kantong.

9. Liang Teh

Foto By @liangtehcuan

Liang Teh ini sebenarnya aslinya berasal dari Pontianak, namun cukup banyak ditemui di kota Samarinda, Kalimantan Timur. Sajian tersebut bukanlah sejenis minuman keras, tapi salah satu ramuan herbal yang berfungsi menyembuhkan panas dalam ataupun sariawan.

Jika kamu kurang merasa fit, minum liang teh bisa menjadi ide paling tepat. Ini termasuk salah satu minuman herbal dengan bahan tambahan seperti daun mint dan kumis kucing.

Kamu bisa membeli liang teh di supermarket ataupun minimarket di sekitar kota Borneo. Soal harga, tak perlu khawatir karena sangatlah terjangkau.

10. Es Teler Pontianak

Minuman khas kalimantan timur samarinda tradisional daerah keras resep segar dingin
Foto By @zakaria_jack

Tidak hanya liang teh, masih ada satu lagi minuman khas Pontianak yang juga bisa kamu temui di Kalimantan Timur, ialah Es Teler.

Rasa dari minuman ini tak kalah segar dari es teler lainnya, bahkan bisa membuat lidahmu sampai bergoyang. Hanya saja untuk isiannya cuma ada alpukat dan durian, namun begitu tidak perlu khawatir karena rasanya tetap nikmat.

Es Teler merupakan salah satu kuliner yang mudah didapatkan dan harganya pun tidak membuat kantongmu sampai bolong alias murah meriah.

Nah, itu dia 10 jenis minuman khas Kalimantan Timur yang bisa JejakPiknik rekomendasikan. Dengan daftar diatas, semoga kamu tidak bingung lagi ya ingin minum apa saat berkeliling ke kota Borneo tersebut.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.