Wedang Ronde, gambar By @jogjatulen

10 Minuman Khas Daerah Yang Terkenal Menyegarkan

Diposting pada

Kekayaan kuliner khas Nusantara memang tiada tandingannya. Bukan hanya berbagai sajian makanan, masakan dan jajanan, tapi aneka olahan minuman dengan resep khasnya juga menjadi pelengkap petualangan bagi para food lovers di Indonesia.

Dan kali ini, JejakPiknik akan mengajak kamu untuk mengenal beberapa minuman khas daerah di Indonesia. Dari yang mulai bercitarasa manis, dingin, unik hingga yg menawarkan sensasi hangat-hangat.

Dan inilah 10 daftar minuman khas berbagai daerah Indonesia lengkap beserta penjelasannya dan gambarnya. Silahkan disimak baik-baik ya!

1. Bajigur

Foto By @kulinerjogya

Bajigur adalah minuman tradisional khas Jawa Barat yang cocok dikonsumsi saat hujan atau cuaca dingin, karena berkhasiat untuk menghangatkan badan.

Bajigur ini sangat nikmat jika ditemani dengan berbagai cemilan seperti ubi rebus, gorengan, klepon atau kacang rebus. Selain cara membuatnya mudah, resepnya juga gampang didapat.

Minuman tersebut bahkan sangat mudah ditemui di berbagai daerah di Jawa Barat, seperti Bandung, Garut dan lainnya. Penjualnya biasanya menjajakannya dengan menggunakan gerobak di pinggir-pinggir jalan.

Dari segi rasa, Bajigur memiliki citarasa manis dan gurih lantaran resepnya menggunakan santan serta gula merah. Selain menghangatkan badan, juga dipercaya berkhasiat buat kesehatan tubuh, salah satu contoh yaitu untuk meningkatkan nafsu makan.

2. Bir Pletok

Foto By @sulistyowati_05

Bir Pletok merupakan minuman khas Betawi yang berbeda dari minuman keras pada umumnya. Meskipun diberi nama Bir, namun sajian ini justru sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena berkhasiat untuk kesehatan.

Selain memiliki resep yang gampang dibuat, hanya menggunakan jahe dan sere, rasa Bir Pletok ini juga cukup unik. Sementara untuk ciri khasnya yakni berwarna merah lantaran menggunakan kayu secang dalam tambahan bahannya.

Sebagai salah satu minuman khas Betawi, membuat Bir Pletok sangat mudah dijumpai di sekitar kota DKI Jakarta. Secara fungsional, ini juga berkhasiat untuk menghangatkan badan.

Menurut masyarakat Betawi, bir ini asal-usulnya erat kaitannya dengan kebiasaan Belanda yg suka mengonsumsi beer. Karena tidak mau kalah, warga pribumi pun membuat minuman sejenisnya, namun sudah dimodifikasi sesuai lidah orang Indonesia.

3. Sekoteng

Foto By @lifeof.hendy

Rasanya hampir semua masyarakat di Jawa Tengah mengenal yang namanya Sekoteng. Pasalnya, minuman berbahan dasar jahe ini sangat nikmat, apalagi jika dikonsumsi saat cuaca sedang hujan.

Dalam penyajiannya biasanya masyarakat Jawa Tengah memberi tambahan berupa pacar cina, kacang tanah sangrai, kacang ijo dan juga potongan kecil-kecil roti tawar.

Disamping cara membuatnya mudah, Sekoteng juga punya banyak khasiat bagi kesehatan seperti mengurangi nyeri menstruasi, mencegah osteoporosis hingga menurunkan kolestrol.

Sekoteng juga menjadi salah satu sajian tradisional yang cukup mudah ditemui dan umumnya, harganya dibanderol dengan sangat terjangkau.

4. Wedang Ronde

Foto By @jogjatulen

Minuman asal Daerah Istimewa Yogyakarta ini, jika dilihat sekilas dari gambar, tampilannya hampir sama dengan Sekoteng, dengan isian kacang tanah namun bukan yang disangrai melainkan ditumbuk.

Selain memiliki citarasa manis, juga sangat menyehatkan jika dikonsumsi. Dan seiring perkembangan zaman, wedang ronde kini sudah dimodifikasi sehingga hampir tiap-tiap daerah memiliki versi yg berbeda-beda.

Tak hanya memiliki banyak khasiat, cara pembuatan Wedang Ronde khas Jogja ini juga gampang sekali. Kamu hanya perlu tepung beras atau ketan untuk membuatnya.

Wedang Ronde juga sangat mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia, terutama di Daerah Istimewa Jogja. Dan ini termasuk minuman tradisional yang harganya murah meriah.

5. Es Loloh

Foto By @loloh.bali

Pulau Dewata Bali yang terkenal dengan keindahan baharinya juga memiliki satu minuman herbal yg cukup populer dan banyak diburu orang-orang, namanya yaitu Es Loloh.

Es loloh kalau diartikan dalam bahasa Indonesia, artinya yaitu jamu. Namun uniknya, sajian pelepas dahaga ini berbeda dari jamu umumnya, dimana rasanya tidak pahit melainkan asam, manis dan pedas.

Dalam pembuatannya, terkadang ditambahkan tambahan tumbuhan daun cemcem. Konon, Es Loloh dipercaya memiliki banyak khasiat seperti merperlancar sistem pencernaan, menurunkan tekanan darah dan bagus untuk ibu menyusui.

Es Loloh ini bisa kamu temui dengan mudah di desa Panglipuran, Bali dan harganya dibanderol sangat murah hanya kisaran Rp.5.000 saja. Selain dapat dikonsumsi di tempat, juga cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk orang di rumah.

6. Es Doger

Foto By @aboutcirebon.food

Es Doger ini asalnya yakni dari kota Cirebon, Jawa Barat dan minuman tersebut termasuk salah satu sajian yang sudah menyebar hampir ke seluruh daerah di Indonesia, seperti di Palembang, Riau, Pandeglang, Cilacap, Banyuwangi, Medan, Banten, Klaten dan Lamongan.

Rasanya yang begitu segar, membuat Es Doger sangat cocok disantap ketika cuaca sedang panas. Cara membuatnya pun gampang, kamu cuma membutuhkan pacar cina, tapai, susu, cincau hitam dan sirup sebagai bahan utamanya.

Asal-usul penamaan minuman ini adalah singkatan dari Dorong Segar (Doger). Selain mudah ditemukan, harganya pun sangat terjangkau.

7. Es Dawet

Foto By @masakmasakanenak

Hampir sama seperti Es Cendol, Es Dawet juga termasuk salah satu minuman tradisional yang sangat mudah ditemui di berbagai daerah di Nusantara.

Es Dawet ini asalnya dari daerah Banjarnegara, Jawa Tengah dengan bahan baku yaitu tepung beras atau ketan. Untuk penyajiannya, biasanya diberi tambahan serutan es batu, gula merah cair serta santan.

Memiliki rasa yaitu manis dan gurih, Es Dawet juga termasuk salah satu jajanan tradisional yang bisa kamu dapatkan dengan harga murah.

8. Sinom

Foto By @pendem_berdaya

Mungkin banyak dari kita yang kurang kenal dengan sinom. Ini adalah salah satu jenis minuman tradisional yg terbuat dari irisan kunyit serta gula merah dan daun asam jawa.

Selain resepnya mudah ditemui, cara membuatnya pun mudah, kedua bahan cukup direbus saja sampai menghasilkan rasa yg menyegarkan. Secara fungsional, Sinom adalah jenis ramuan yang mampu menurunkan demam dan mencegah hipertensi.

Sinom sendiri merupakan salah satu sajian pelepas dahaga favorit masyarakat Jawa Timur. Sebagai minuman andalan, tentu untuk menemukannya bukanlah hal sulit karena penjualnya tersebar hampir di seluruh daerah di provinsi Jatim.

9. Dadih

Foto By @andrea.arts

Dadih atau Dadiah adalah salah satu minuman asal Sumatera Barat yang terbuat dari fermentasi susu kerbau. Sekilas dilihat dari gambar, kamu mungkin akan mengira kalau ini adalah yoghurt.

Ya, itu tidak salah karena Dadih memang kerap disebut Yoghurt-nya orang Minangkabau. Dadiah ini memiliki citarasa cukup unik karena difermentasi dengan menggunakan bambu sebagai wadahnya.

Dadiah yang bagus dikonsumsi pada pagi hari sebelum beraktivitas ini diyakini memiliki banyak khasiat seperti mencegah kanker usus dan menurunkan kolestrol.

Untuk menikmatinya, RM.Lestari di Bukittinggi adalah tempat yang sangat direkomendasikan dan kamu cukup merogoh kocek Rp.12.000 saja buat menyantapnya.

10. Pallu Butung

Foto By @rarabalasong

Pallu Butung Khas Sulawesi Selatan ini tantangannya ataupun kekurangannya tidak ada, justru sangat recommended buat kamu cicipi. Sebab rasanya sungguh nikmat dan bisa bikin siapapun jatuh hati saat sekali mencobanya.

Pallu Butung tak hanya menyegarkan tapi juga mengenyangkan, jadi cocok untuk dijadikan sebagai menu pengganjal kala dilanda rasa lapar karena terbuat dari tepung beras, pisang raja serta siraman sirup.

Di Makassar, Pallu Butung ini sangat mudah ditemui dan salah satu tempat paling rekomendasi adalah RM.Aroma Polo di Jln.A.Mappanyukki No.66. Disini, seporsi menu tersebut hanya dipatok kisaran Rp.20.000 saja.

Selain dari daftar produk diatas, sebenarnya masih ada banyak lagi minuman khas daerah di Indonesia yang patut buat dicicipi, contohnya yaitu:

  • Kopi Sanger (Aceh)
  • Jus Pinang (Jambi)
  • Sirup Kalamansi (Bengkulu)
  • Es Brenebon (Gorontalo)
  • Serbat Kweni (Lampung)
  • Es Laksamana Mengamuk (Kepulauan Riau)
  • Tuak Manis (Lombok)
  • Es Sekemu (Pandeglang, Banten)
  • Es Matoa (Papua)
  • Ce Hun Tiaw (Kalimantan)
  • Wedang Pokak (Probolinggo)
  • Sopi (Ambon)
  • Angsle (Banyuwangi)
  • Tai Fu Sui (Bangka Belitung)
  • Moke (NTT)

Nah, itu dia sederet minuman khas daerah-daerah di Indonesia yang terkenal punya citarasa enak. Jadi mulai sekarang jangan lewatkan untuk mencicipinya ya. Selain berkhasiat, kamu juga bisa turut andil dalam melestarikan kuliner di Indonesia.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.