gambar By Tribunnews.com

10 Oleh Oleh Khas Kupang Yang Paling Populer dan Banyak Diburu Wisatawan

Diposting pada
4.7/5 - (3 votes)

Kupang adalah salah satu kota di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sering dijadikan sebagai tujuan wisata untuk menyaksikan keindahan pesona alam Pasir Panjang, Bukit Cinta, Gua Monyet atau pantai Ketapang Satu.

Namun, saat berjalan-jalan menikmati keindahan alam Kupang ini tak lengkap rasanya jika kita tidak membeli beberapa buah tangan untuk dibagikan kepada keluarga ataupun teman.

Sahabat JejakPiknik pasti ingin tahu kan apa saja oleh-oleh khas Kupang yang paling populer dan sering dibeli wisatawan saat ini? berikut adalah ulasannya.

1. Jagung Titi

Foto By Tribunnews.com

Salah satu oleh-oleh khas Kupang yang paling sering dibeli dan cukup populer di kalangan para turis adalah jagung titi, yakni sejenis cemilan ringan mirip dengan emping dari Banten.

Dinamakan demikian karena makanan ringan berbahan dasar jagung ini ditumbuk sampai menjadi pipih atau titi dalam bahasa Kupang.

Rasa camilan ini cukup gurih walaupun tanpa tambahan bumbu penyedap. Teksturnya yang renyah, membuat penganan tersebut cocok buat dijadikan teman minum kopi, pelengkap lauk atau bahkan sebagai oleh-oleh.

Untuk mendapatkannya tidaklah sulit, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke pasar Inpres ataupun ke pelabuhan Larantuka. Mengenai harga, umumnya dibanderol kisaran Rp.15.000-Rp.20.000/wadah.

2. Kopi Flores

Foto By Tokopedia.com

Nah, buat Sahabat JejakPiknik penggemar kopi, oleh-oleh khas Kupang yang berasal dari Flores satu ini wajib masuk dalam daftar “must buy list”.

Kopi flores ini memiliki aroma begitu khas dan semerbak dari bunga atau kacang-kacangan. selain itu minuman tersebut citarasanya cenderung manis, karena perpaduan cokelat hazelnut dan karamel.

Meski kopi mudah ditemui di setiap sudut daerah Indonesia namun tak ada salahnya buat Sahabat JejakPiknik mencoba khas Flores satu ini.

Kopi Flores ini sangat mudah ditemui baik di minimarket ataupun di pusat oleh-oleh di sekitar kota Kupang dan soal harganya biasanya berkisar Rp.50.000/bungkus.

3. Kain Tenun

Foto By kupang.tribunnews.com

Selain kulinernya begitu menggugah selera, Kupang juga memiliki sederet kerajinan yang patut buat diapresiasi, salah satu contoh kain tenun.

Kain tenun ini sangat berkualitas karena melewati proses tenun secara tradisional dan manual guna untuk menghasilkan motif-motif indah nan eksotis khas Indonesia.

Kain tenun tersebut menjadi oleh-oleh yang pas untuk diberikan baik bagi pasangan, orang tua atau pacar Sahabat JejakPiknik.

Untuk berburu kain tenun yang murah, Pasar Alok di Kabupaten Sikka, Maumere, NTT adalah lokasi paling tepat. Kerajinan ini biasanya dibanderol mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenisnya.

4. Tas Tenun

Foto By Tokopedia.com

Hasil tenun lainnya yang banyak dijumpai di kota Kupang adalah tas. Kerajinan ini kualitasnya tak kalah bagus dan sangat cocok buat dijadikan sebagai buah tangan.

Kerajinan tas tenun tersebut memiliki beragam bentuk dan warna-warna menarik yang dapat dipilih sesuai selera Sahabat JejakPiknik.

Dan pembuatannya pun masih secara manual jadi mutu dan kualitasnya bisa dijamin. Meski begitu, harganya masih sangat terjangkau juga tidak terlalu mahal.

Dengan mutu dan harga yang ramah dikantong, membuat tas tenun ini bisa dijadikan buah tangan ataupun untuk menambah koleksi di lemari. Bila ingin mendapatkannya, silahkan saja datang ke pusat-pusat souvenir di sekitar Kupang.

5. Paru Sapi Kering

Foto By resepkuerenyah.com

Cemilan yang digemari masyarakat Kupang satu ini juga layak untuk dipertimbangkan sebagai oleh-oleh buat keluarga di rumah ataupun rekan sekantor.

Penganan ini bahan dasarnya terbuat dari daging sapi berkualitas yang mana diolah dengan cara dikeringkan untuk mendapatkan citarasa gurih dan lezat.

Tak perlu bingung mencari dimana tempat menjual paru sapi kering karena penganan ini banyak ditemui di pusat-pusat pasar ataupun toko oleh-oleh dan harganya cukup bervariasi.

6. Dendeng Sapi

Foto By Bukalapak.com

Sebagai daerah yang mata pencaharian utamanya dominan berasal dari peternakan dan perikanan, membuat Kupang memiliki beragam makanan berbahan dasar daging sapi.

Salah satu contohnya adalah dendeng sapi. Tak hanya nikmat disantap sebagai menu pendamping, penganan ini juga oke buat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Yang paling terkenal di Kupang adalah dendeng Ibu Soekiran. Selain citarasanya lezat, penganan ini juga dibanderol cukup murah hanya Rp.55.000 saja.

7. Sambal Lu’at

Foto By Tribunnews.com

Sahabat JejakPiknik suka makanan pedas? Nah, buah tangan selanjutnya yang bisa masuk dalam must buy list adalah sambal lu’at.

Sambal ini rasanya sangat nikmat karena diracik dengan menambahkan daun kemangi serta jeruk nipis sehingga memiliki citarasa begitu khas.

Sambal lu’at ini banyak ditemui di toko oleh-oleh dan untuk harganya, umumnya dibanderol hanya Rp.25.000/botol.

8. Manisan Buah

gambar By Tribunnews.com

Buat yang suka makanan manis-manis, maka penganan khas Kupang satu ini juga harus masuk dalam “must buy list” Sahabat JejakPiknik.

Meski mudah ditemui di berbagai kota di Indonesia tapi manisan buah khas Kupang ini rasanya jauh berbeda dan tak kalah nikmat dari yang ada di daerah lain.

Manisan khas Kupang ini biasanya dibuat dari buah mangga, nangka ataupun lontar dan kemudian direndam selama beberapa waktu bersama larutan gula.

Manisan tersebut juga sangat gampang didapatkan di toko oleh-oleh ataupun pasar tradisional dan harganya cukup bervariasi, umumnya mulai dari Rp.2.000 saja.

9. Abon Sapi

Foto By merdeka.com

Selain dendeng dan paru, makanan olahan daging sapi berikutnya ini juga menjadi salah satu contoh buah tangan yang wajib dibeli saat berkunjung ke kota Kupang.

Dengan teksturnya yang begitu lembut dan rasanya pun lezat, membuat abon sapi ini bisa dijadikan sebagai menu pendamping nasi panas ataupun bubur.

Dan toko oleh-oleh Bu Soekiran adalah salah satu lapak paling banyak diincar wisatawan untuk berburu abon sapi. Mengenai harganya, hanya berkisar Rp.57.000/0,25kg.

10. Kaos

Foto By Tribunnews.com

Nah, buah tangan terakhir ini dijamin semua Sahabat JejakPiknik pasti suka. Selain cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh, kaos juga bisa dibagikan untuk orang-orang tersayang.

Didesain dengan berbagai motif dan warna-warna cantik serta diberi tulisan-tulisan unik membuat kaos ini banyak dilirik oleh wisatawan.

Dan salah satu tempat paling oke untuk berburunya adalah Kios Kaos Kupang di jln.Cak Doko 88C, Kecamatan Oebobo. Satu pieces bajunya ini biasanya dibanderol mulai Rp.80.000 saja.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.