10 Daftar Pilihan Gunung Cantik di Daerah NTT, Favorit Para Wisatawan Dengan Pesona Indahnya

Kepulauan Nusa Tenggara atau kerap juga disebut dengan sebutan Sunda Kecil merupakan gugusan kepulauan yang letaknya berada di sebelah Timur pulau Jawa.

Kepulauan tersebut terbagi menjadi 3 provinsi yakni Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Terbentuk sebagai kepulauan bukan berarti wilayah tersebut cuma terdiri dari deretan pulau berdataran rendah saja. Di kawasan gugusan ini juga terdapat sejumlah gunung dengan pemandangan indah dan trek menantang, cocok buat kamu yang suka adventuring.

Tidak terkecuali dengan Nusa Tenggara Timur atau NTT, di provinsi ini pun terbilang cukup banyak, terutama dalam kategori gunung api.

Gunung berapi yang masih aktif sendiri, jumlahnya terhitung lebih dari 20 nama. Oleh karenanya, bisa dibilang NTT adalah salah satu daerah dengan gunung api aktif terbanyak di kawasan Indonesia.

Meskipun tidak seperti di pulau Jawa atau Sumatera yang memiliki ketinggian di atas 2500 – 3000 mdpl dan hanya berketinggian 1000 – 2000 an mdpl, namun gunung di NTT terbilang menarik untuk di eksplor.

Berikut adalah 10 daftar gunung di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menawarkan panorama menakjubkan buat kamu yang ingin berpetualang di alam bebas atau sekedar menikmati sejuknya udara.

1. Gunung Kelimutu❤️

Foto By @pendakilawas

Gunung Kelimutu yang berada di Pulau Flores, Provinsi NTT sudah sangat terkenal di kalangan pendaki ataupun pecinta alam di Tanah Air.

Gunung tersebut terkenal karena memiliki Danau Tiga Warna di puncaknya. Diberi nama demikian karena ketiga warna air danaunya memang warna-warni yakni merah, biru, dan putih, namun juga sering berubah-ubah warnanya.

Kelimutu sendiri sudah sejak lama menjadi satu daya tarik bagi para ahli geologi dunia. Hal ini dikarenakan air danaunya yang warna-warni padahal berasal dari puncak gunung yang sama.

Lanjut:  10 Oleh-Oleh Khas Nusa Tenggara Timur Yang Wajib Masuk “Must Buy List”, Simak Ulasan Berikut!

Menurut hasil penelitian, warna air bisa berubah-ubah karena terjadinya reaksi kimia antara mineral dalam danau dengan aktifitas gas dari gunung berapi.

2. Gunung Rokatenda❤️

Foto By @penjelajahan.nusantara

Rokatenda atau sering disebut juga dengan nama Gunung Paluweh ini letaknya berada di Pulau Palu-e, Nusa Tenggara Timur. Pada 25 September 1928, gunung tersebut pernah mengalami letusan hebat, yang mengakibatkan terjadinya gempa bumi dan tsunami.

Gunung berapi yang berlokasi sebelah utara Flores, Nusa Tenggara Timur bertipe strato ini adalah lokasi tertinggi di Pulau Palu’e dengan ketinggian yakni 875 meter.

3. Gunung Egon❤️

Foto By @transient_rose

Gunung Egon atau yang dikenal juga dengan nama Namang ini terletak di bagian selatan pulau Flores, NTT. Ledakan terdahsyat gunung setinggi 1.703 meter dari permukaan laut tersebut tercatat pernah terjadi pada tahun 1925 silam.

Pada 29 Januasi 2004 lalu, tanah longsor terjadi akibat letusan gunung dan kejadian ini membuat 6 ribu orang harus dievakuasi. Gempa bumi serta asap yang keluar terus muncul sejak November 2012 sehingga Egon disebut sebagai salah satu gunung berapi yang berada dalam level waspada di Indonesia.

4. Gunung Mutis❤️

Foto By @edmongie

Gunung Mutis bisa menjadi destinasi liburan 2023 kamu selanjutnya di NTT. Selain karena cantiknya yang luar biasa, spot tersebut juga merupakan tempat bersemayamnya raja-raja NTT.

Menurut cerita legenda, di puncak Mutis inilah para raja-raja Timor berkumpul membahas dan membagi wilayah kekuasaan. Ketika sudah mendapat wilayahnya masing-masing maka mereka pun berkata Mutis yang artinya adalah lengkap.

Memiliki ketinggian 2.458 mdpl membuatnya tercatat sebagai gunung tertinggi urutan pertama di wilayah Timor Barat. Gunung tersebut memliki 3 puncak.

Dari Puncak Mutis ini kita dapat melihat keindahan Pulau Alor dan Oekusi Timor Leste. Istimewanya lagi saat matahari terbit paparan sinar yang mengenainya akan membentuk sebuah bayangan menyerupai piramida.

5. Gunung Timau❤️

Foto By @aldo__salvador

Gunung Timau yang terletak di Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur ini bisa dipastikan akan menjadi salah satu objek wisata berkelas internasional di Indonesia.

Lanjut:  Pulau Semau NTT, Hidden Paradise yang Wajib di Jelajahi

Pasalnya, sebuah obsevatorium terbesar di Asia Tenggara akan dibangun di wilayah tersebut sebagai pusat edukasi dan penelitian.

Gunung Timau dipilih karena letaknya sangat strategis dan dengan ketinggiannya memungkinkan para wisatawan dapat melihat benda-benda langit lebih dekat.

Bukan hanya itu, padang savana disana juga sangat indah. Jadi bisa dipastikan akan jadi tempat favorit baru bagi semua cluster turis baik mancanegara atau domestik.

6. Gunung Ile Api❤️

Foto By @amku9627_

Memiliki ketinggian sekitar 1.450 meter di atas permukaan laut, Gunung Ile Api atau sering disebut juga Lewotolok ini sekilas tampak seperti Bromo yang ada di Provinsi Jawa Timur.

Yang membuatnya terlihat mirip adalah hamparan pasirnya luas dengan gunung api aktif yang berdiri kokoh di tengah-tengah. Dan tepat di gundukan itu, terdapat semburan asap sebagai tanda aktivitas vulkanik di dalamnya.

Di puncak merapi ini para pendaki dapat menyaksikan langsung pemandangan indah dari birunya Laut Flores dengan latar Pulau Adonara dan Gunung Ile Boleng. Terletak di titik tertinggi Pulau Lembata, kamu pun bisa melihat momen matahari terbit dan tenggelam dari sana.

7. Gunung Api Boleng❤️

Foto By @bumidasi

Para wisatawan akan merasakan sensasi yang sangat menyegarkan mata ketika berhasil mencapai puncak Gunung Ile Boleng. Pasalnya, keindahan alamnya yang masih perawan begitu menarik untuk dijadikan tempat berlibur ataupun berolahraga.

Berada di puncak Boleng, bisa dipastikan kamu akan jatuh cinta melihat panorama cantiknya. Betapa tidak, gunung yang berdiri tegak dan memiliki ketinggian sekitar 1.661 meter ini sangat memanjakan mata lewat sajian alam yang begitu indah sehingga membuatmu enggan berpaling.

8. Gunung Inerie❤️

Foto By @bektiharumi

Sulitnya mengucap nama gunung ini, membuatnya terkenal dengan sebutan Irene. Gunung Inerie sendiri terletak di Flores, tepatnya di Kabupaten Ngada, Nusa tenggara Timur.

Gunung yang memiliki ketinggian mencapai 2.245 meter diatas permukaan laut ini terbilang cukup unik karena bentuknya kerucut seperti piramida di Mesir.

Lanjut:  10 Tips Backpacker Aman dan Murah Ke Sumba, Berani?

Spot terbaik untuk melihat keindahan Gunung Inerie ialah dari Aimere, karena dari titik tersebut kamu bisa menyaksikan kedua sisinya yang sangat lurus seperti piramida.

9. Gunung Batutara❤️

Foto By @discover_indonesian_vulcanoes

Salah satunya gunung api aktif yang erupsi setiap 20 menit sekali dan dapat ditempuh empat jam menggunakan kapal cepat arah selatan kota Lewoleba ini bisa dibilang begitu menyejukan mata dengan abu vulkanik yang dimuntahkan ke dalam laut, ataupun letusan asap yg terus terjadi.

Namun untuk melihatnya secara langsung, kamu harus berlayar dari pelabuhan Jeti pukul 2 dini hari agar suasana semburan larva dapat terlihat dengan jelas dalam kegelapan malam.

Pesona dari Gunung Batutara ini dipastikan tidak kalah mempesona dari Bukit Pelangi Kelabba Majaatauoun Bukit Wolobobo.

10. Gunung Fatuleu❤️

gambar By @ethon_jr

Meski tingginya hanya sekitar 1.111 meter diatas permukaan laut (mdpl), namun gunung Fatuleu menjadi titik tertinggi Kabupaten Kupang, NTT. Dan hal inilah yang sempat membuat banyak netizen heboh.

Fatuleu dalam Bahasa Dawan (Timor) artinya adalah Batu Keramat. Diberi nama demikian karena dulu gunung ini memang dikeramatkan.

Dahulu sebelum ramai dikunjungi oleh wisatawan, di gunung ini banyak dilakukan upacara adat dan bahkan menjadi tempat sesajen serta persembahan. Konon katanya, cuma pemangku adatlah yang bisa naik ke puncaknya.

Nah, itu dia beberapa daftar gunung di Nusa Tenggara Timur (NTT). Gimana? Menarik kan untuk di eksplor?

Selanjutnya

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!