gambar By kupang.tribunnews.com

Potret Kota Kupang NTT Yang Eksotis

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Kupang adalah sebuah kotamadya sekaligus sebagai ibukota dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Ini adalah kota terbesar di Teluk Kupang, di bagian wilayah barat laut pulau Timor.

Sebagai kota terbesar di provinsi Nusa Tenggara Timur, membuat Kupang dipenuhi berbagai suku bangsa seperti suku Timor, Rote, Tionghoa, Flores, Sabudan sebagian kecilnya lagi Jawa.

Luas wilayah kota Kupang sendiri yakni sekitar 180, 27 kilometer persegi, dengan jumlah penduduknya berkisar 450.000 jiwa. Daerah tersebut terbagi menjadi 6 kecamatan dan 50 kelurahan.

Sejarah Kota

Foto By ihram.co.id

Penamaan ibukota Nusa Tenggara Timur ini sebenarnya diambil dari nama seorang raja, yakni Nai Kopan atau Lau Kopan. Beliau memerintah di kota Kupang sebelum Portugis datang kesana.

Dan pada tahun 1653, VOC mendarat di Kupang, kemudian berhasil merebut bekas benteng Portugis Fort Concordia dibawah pimpinan Openhofd J van Der Heiden.

Nama Lai Kopan sendiri disebut oleh bangsa Belanda dengan Koepan, yang dalam bahasa sehari-hari menjadi kata Kupang. Dan tanggal 23 April 1886, ditetapkan sebagai tanggal lahirnya ibukota dari provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut.

Dari tahun ke tahun, daerah tersebut pun mulai mengalami perkembangan pesat. Dan pada 1978, Kupang ditingkatkan statusnya menjadi kota administratif. Setelah itu, berubah lagi jadi kotamadya pada 25 April 1996.

Kemudian dengan diberlakukannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999, yang semula jadi kotamadya Daerah Tingkat II pun berubah status menjadi kota Kupang.

Geografis Kota

Foto By id.wikipedia.org

Menurut peta, kota ini terletak pada 10°36’14” – 10°39’58” Lintang Selatan dan 123°32’23” –123°37’01” Bujur Timur, sehingga membuat Kupang memiliki suhu berkisar antara 23,8°C sampai dengan 31,6°C. Sementara kelembapan udaranya sekitar 73 persen –99 persen.

Pemerintahan

Foto By blogkotakita.blogspot.com

Ibukota dari provinsi Nusa Tenggara Timur tersebut dipimpin oleh walikota dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan disana dan dibantu seorang wakil walikota yg dipilih melalui pemilihan umum setiap 5 tahun sekali.

Potret Sekarang

Foto By kupang.antaranews.com

Dan setelah perjalanan panajang dari tahun ke tahun, sekarang Kupang menjadi salah satu kota yang berkembang. Pembangunan berbagai fasilitas umum pun kian ditingkatkan disini, dari mulai infrastruktur darat, laut hingga udara.

Untuk menunjang kenyamanan hidup masyarakat setempat, juga telah dibangun berbagai fasilitas umum lainnya seperti rumah sakit, restoran, hotel, sekolah, gereja seperti GMIT, masjid, perguruan tinggidan lain sebagainya.

Fakta Tentang Kupang

Foto By awalnya.blogspot.com

Nah, ibukota NTT yang dijuluki dengan Kota Kasih ini juga ternyata punya fakta unik yg harus kamu ketahui loh!

  • Kupang juga dijuluki dengan sebutan Kota Karang. Ini memang benar adanya karena di setiap wilayahnya dipadankan dengan karang.
  • Cuaca di Kupang cukup panas, jadi jangan heran kalau nona dan nyong disana memiliki kulit lebih gelap. Panas adalah ciri khas dari daerah tersebut.
  • Angkutan umumnya adalah menggunakan bemo alias mikrolet dengan tarif ongkos sekitar Rp.2.000 untuk sekali perjalanan.
  • Istilah beta yang artinya saya bukan hanya Ambon punya, tapi juga masuk dalam kata yang paling banyak dipakai di ibukota NTT.
  • Serba-serbi makanan disini bahan dasarnya menggunakan jagung dan se’i alias daging.
  • Budaya mama sirih atau makan sirih menjadi salah satu kearifan lokal masyarakat di kota Kupang.

Objek Wisata Hits

Walaupun selama ini Nusa Tenggara Timur sangat terkenal akan Pulau Komodonya, namun provinsi yg berbatasan dengan Timor Leste tersebut juga menyimpan segudang tempat wisata yang tak kalah menarik untuk dieksplor, terutama kota Kupang.

Di Kupang, kamu bisa menikmati berbagai tempat wisata menarik dari mulai pantai, gua, air terjun, hutan dan masih banyak lagi jenis lainnya. Berikut adalah beberapa daftarnya:

  • Pantai Lasiana

Foto By @arfsub01

Berjarak sekitar 12 kilometer dafi kota Kupang, objek wisata yang dikenal dengan nama pantai Lasiana ini menawarkan pemandangan yg sangat menyegarkan mata lewat perpaduan air laut berwarna biru jernih dan pasir putihnya.

Apalagi dengan jejeran pohon lontar dan pohon kelapa di sekitarnya,seakan menambah keelokannya. Memiliki ombak tidak terlalu besar, membuat pengunjung bisa dengan nyaman berenang, bermain air atau sekedar menyusuri area di sekitar pantai.

  • Pantai Batu Nona Kupang

Nah, kalau bahari satu ini hadir menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Momen tersebut menjadi waktu paling tepat buat hunting foto dengan latar siluet sunset.

Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat senja, karena kalau siang hari, sinar matahari yang cukup terik akan sangat mengganggu.

Diberi nama demikian, konon katanya ada sebuah kisah unik. Dimana dahulu kala ada seorang gadis yg putus cinta. Ia pun bunuh diri dari atas tebing pantai setinggi 15m.

Jasadnya tidak pernah ditemukan, namun seketika setelah kejadian muncul sebuah batu setinggi 2 meter yg bentuknya menyerupai seorang perempuan.

  • Pulau Kera

Foto By @jherro_diver_kupang

Walau dinamakan demikian, namun pada kenyataannya tidak ada satupun ditemukan kera disini. Kemungkinan diberi nama Pulau Kera karena diambil dari kata kerang yang lama kelamaan berubah menjadi kera.

Pulau kecil ini berukuran 1 kilometer persegi dan dihuni sekitar 100 kepala keluarga. Tidak ada satu warung makan pun disini, yang ditawarkan hanya pangai berpasir putih dengan air laut berwarna jernih.

  • Air Terjun Oenesu

Meskipun terkenal sebagai daerah yang panas dan gersang, serta kerap dilanda musim kemarau panjang, namun hal tersebut tidak berlaku sama sekali dengan Air Terjun Oenesu di Kupang.

Kehadiran air terjun tersebut bisa dibilang seperti oase di tengah teriknya sinar matahari di ibukota Nusa Tenggara Timur. Meskipun musim kemarau, tapi spot satu inj tidak pernah kering loh!

Uniknya, air terjun 4 tingkat ini, masing-masing tingkatannya memiliki sebuah kolam alami. Kamu bisa berendam atau sekedar bermain air disana.

  • Taman Nostalgia

Foto By @ronaldoleo_12

Jika kamu kebetulan berada di pusat kota Kupang, maka sempatkanlah barang sebentar mampir ke tempat ikonik bernama Taman Nostalgia. Ini adalah salah satu tempat berkumpul favorit masyarakat disana saat waktu menjelang sore hingga malam hari.

Tidak hanya dilengkapi dengan area bermain anak, tapi juga jogging track. Ada juga Monumen Gong Perdamaian Nusantara di tengah taman yang bisa kamu jadikan sebagai lokasi buat berburu foto-foto lucu.

  • Gua Kristal

Gua Kristal adalah salah satu objek wisata yang cukup tersembunyi namun mempesonadi kota Kupang. Bagaimana tidak, bahkan warga setempat jarang ada yg mengetahui keberadaannya.

Memang tidak ada logo atau denah khusus yang disediakan untuk menuju lokasi ini. Bahkan pintu masuknya pun masih dipenuhi semak belukar dan jalanannya sendiri penuh dengan karang.

Dinamakan demikian karena ada ribuan liter air yang terjebak di dalam gua dan warnanya sangat jernih seperti kristal. Letaknya yg tersembunyi, membuat objek wisata ini jauh dari tumpukan sampah dan pencemaran udara.

  • Hutan Mangrove Osapa Barat

Foto By @orysz_snae07

Bagi kamu pencari ketenangan, maka mengunjungi objek wisata baru ini bisa menjadi pilihan tepat. Ya, Hutan Mangrove di Osapa Barat tersebut termasuk salah satu spotwisata terbaru di Kupan yang belakangan selalu ramai dikunjungi.

Nah, itulah dia informasi seputar gambar kota Kuoang dari mulai sejarab hingga sederet objek wisata dengan segala keindahannya. Bagaimana, kamj tertarik ingin segera mengunjunginya? Yuk langsung agendakan waktumu!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.