Teh Kemuning, Foto By @rumahtehkemuning

10 Oleh Oleh Khas Tawangmangu Yang Cocok Buat Kamu Bawa Pulang

Diposting pada

Setelah menikmati kunjungan di sejumlah tempat wisata di Tawangmangu, perjalanan kurang lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh untuk dibagikan kepada sanak saudara ataupun rekan kerja.

Oleh-oleh khas Tawangmangu jenisnya beragam dan bebas untuk dipilih, apakah mau berbentuk hasil kerajinan tangan atau makanan seperti grubi, blankon dan sebagainya.

Untuk mendapatkannya terbilang mudah, kamu bisa mengunjungi sejumlah toko oleh-oleh atau sentra pembuatannya langsung.

Berikut ini, JejakPiknik rangkum 10 daftar oleh-oleh khas Tawangmangu yang bisa kamu beli dan jadikan sebagai buah tangan. Apa saja itu? Yuk kita simak sama-sama!

1. Molen Mini

Foto By @ratieh_cietrawatie

Tidak hanya bisa dimakan di tempat, cemilan ringan bernama molen mini ini juga menjadi salah satu jenis oleh-oleh yang paling sering dibawa pulang para wisatawan Tawangmangu.

Molen mini merupakan kudapan yang terbuat dari adonan tepung terigu dengan potongan pisang didalamnya dan kemudian digoreng. Ukurannya cenderung kecil, cocok untuk sekali lahap.

Rasanya manis legit, mantap untuk dijadikan teman minum kopi saat pagi atau sore hari. Ada banyak penjual molen mini terkenal di daerah ini, salah satunya dekat pintu masuk utama pasar Tawangmangu.

Disini, kamu boleh memilih molen matang atau setengah matang untuk nantinya disimpan dalam lemari es. Satu kotaknya biasanya dijual kisaran harga Rp.10.000 sampai Rp.15.000 saja. Gimana, sangat terjangkau bukan?

2. Lentho

Foto By @barangunik_pasuruan

Salah satu gorengan enak yang menjadi cemilan favorit masyarakat Tawangmangu, namanya adalah lentho. Jajanan tradisional ini bahan dasarnya menggunakan parutan singkong, kelapa parut, kacang tholo serta beragam jenis rempat untuk mendapatkan citarasa gurih.

Gorengan ini juga sangat cocok untuk dijadikan lauk atau sekedar cemilan dalam perjalanan. Cukup mudah menemukannya, kamu coba datang saja ke sebelah timur pasar Tawangmangu.

Disana ada satu penjaja gorengan enak yang buka lapak dekat pintu masuk pasar Tawangmangu. Pedagang ini biasanya buka sore hari. Untuk menikmati lentho disini, kamu cukup menyediakan uang mulai Rp.2.000 saja.

3. Gandos

Foto By @makankeliling

Selain lentho, gandos juga menjadi salah satu cemilan favorit di Tawangmangu. Kudapan ini menggunakan tepung ketan sebagai bahan dasarnya, kemudian diberi tambahan kelapa parut, air, garam dan gula.

Teksturnya agak kenyal dan memiliki citarasa manis serta gurih. Lumayan untuk dijadikan sebagai pengganjal perut saat berwisata. Bahkan bisa juga jadi oleh-oleh untuk kamu yang tinggal tidak jauh dari Tawangmangu.

Untuk gandus yang enak, kamu juga bisa menemukannya di lapak pedagang gorengan di sebelah timur pasar Tawangmangu. Per bijinya biasanya dijual hanya kisaran Rp.2.000 saja.

4. Carang Mas/Grubi

Foto By @adi_pirngadi

Apakah kamu termasuk orang yang suka ngemil? Nah, carang mas atau grubi adalah oleh-oleh paling recommended buat kamu bawa pulang.

Grubi atau carang mas adalah salah satu jajanan tradisional khas Tawangmangu berbahan dasar ubi ungu yang diparut memanjang kecil-kecil seperti korek api. Dan kemudian digoreng lalu diberi gula jawa, setelah itu dibentuk bulat-bulat.

Untuk membelinya, kamu bisa datang ke toko oleh-oleh Javenir di sebelah taman Balekambang atau pintu masuk Grojogan Sewu. Cemilan ini sangat cocok dinikmati bersama secangkir teh tawar. Harganya dibanderol mulai 5 sampai 60 ribu, tergantung isi kemasan.

5. Jadah Tempe

Foto By @jadah_legend_karangpandan

Satu lagi oleh-oleh khas Tawangmangu yang menjadi kebanggaan orang-orang disana adalah Jadah Tempe. Mendengar namanya, kamu pasti bisa tebak apa bahan dasar pembuatan makanan ini kan?

Salah satu jadah yang cukup terkenal disana namanya adalah Jadah Tempe Legend Karangpandan. Lokasinya tepat di pinggir jalan, tepatnya di simpang tiga menuju Tawangmangu dan Kemuning Ngargoyoso, beberapa meter setelah pasar.

Tak hanya tempe, jenis jadah yang dijual disini bermacam-macam, ada tahu, tempe, serundeng, abon dan blondo. Harga per dusnya dijual mulai dari 15K sampai 30K, tergantung variannya.

6. Wajik

Foto By @sukabikinkue

Wajik adalah salah satu contoh keanekaragaman jajanan di Indonesia. Makanan berupa kue basah ini bisa ditemui di berbagai daerah namun dengan nama yang berbeda-beda, termasuk di Tawangmangu.

Wajik terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak menggunakan campuran santan dan gula merah sampai terasa lembut.

Menemukannya juga tidak begitu sulit, datang saja ke pasar Tawangmangu. Ada banyak penjual wajik disana. Selain dapat dimakan di tempat, dapat juga dibawa pulang sebagai buah tangan.

7. Sagon

Foto By @resep_moms_and_kids

Kue sagon termasuk salah satu jajanan kampung yang masih eksis di Tawangmangu sampai sekarang dan banyak dijual di sejumlah toko oleh-oleh atau di pasar tradisional disana.

Kue berbentuk bundar ini memiliki tekstur renyah dengan wangi dan gurihnya kelapa, bikin orang tergoda, bahkan sampai ketagihan.

Tak perlu khawatir soal harga, karena kue sagon ini cukup ramah dikantong. Jadi, jangan sampai tidak membeli yang banyak ya, biar nanti bisa dibagikan ke tetangga atau rekan sekantor.

8. Aneka Keripik

Foto By @camilan.ara

Tak hanya aneka kue atau jajanan tradisional saja, di Pasar Tawangmangu kamu juga bisa berburu berbagai macam keripik untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Dari mulai keripik tempe, tela, singkong, bayam, pare sampai daun pegagan semua bisa kamu beli dan bawa pulang. Harganya pun sangat ramah dikantong, hanya berkisar Rp.8.000 saja per bungkusnya.

9. Bakpia

Foto By @khaskaranganyar

Selain di Jogja, kamu juga bisa menemukan kue bernama bakpia yang benar-benar khas dari kota Tawangmangu. Meski namanya sama, namun isi dan bahannya sangat berbeda.

Untuk isian bakpia khas Tawangmangu biasanya diisi dengan ubi cilawu dan pisang raja yang banyak dibudidayakan di kawasan lereng Gunung Lawu.

Bakpia ini juga bisa tahan lama sehingga cocok untuk dijadikan buah tangan. Kamu dapat dengan mudah menemukannya di sejumlah toko oleh-oleh disana.

10. Teh Kemuning

Foto By @rumahtehkemuning

Satu lagi jenis buah tangan khas Tawangmangu yang wajib dan tidak boleh ketinggalan untuk dibawa pulang yaitu teh kemuning. Kamu sudah pernah mencobanya?

Teh kemuning asli Karanganyar ini rasanya berbeda dari yang biasanya. Bahkan kepopulerannya sendiri sudah menembus pasar mancanegara. Sayang banget kalau kamu sampai melewatkannya.

Selain memiliki citarasa khas, minuman tradisional tersebut juga dijual denga harga sangat terjangkau. Untuk kemasan 200 gram saja dibanderol hanya kisaran Rp.10.000-Rp.12.000. kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh disana atau secara online.

Nah, sudah tahu kan apa saja jenis oleh-oleh khas Tawangmangu yang bisa dibawa pulang? Jadi dari daftar diatas, mana sih list paling menggoda yang pengen banget dibeli?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.