Pantai Jolosutro Blitar Jawa Timur

Diposting pada
Foto By @ffebri_feb

Alamat: Desa Ringenrejo, Kec. Wates, Kab. Blitar, Jawa Timur 66194
Map: Klik Disini
HTM: Rp.2.000 (Anak-anak), Rp.3.000 (Dewasa)
Buka Tutup: 24 Jam

Salah satu daya tarik Blitar adalah deretan pantai indah yang menarik hati banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

Di antara pantai-pantai unggulan kabupaten Blitar, ada sebuah pantai dengan hamparan pasir hitam membentang indah yang menarik hati banyak orang namanya yaitu Pantai Jalasutra atau Jolosutro.

Pantai eksotis ini menjadi salah satu bahari paling favorit di kota yang menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan Indonesia melawan kolonialis Belanda.

Foto By @ina_ariefian

Pantai Jolosutro sendiri sudah lama menjadi destinasi favorit para wisatawan, akan tetapi hal itu tidak membuatnya mengalami kerusakan karena selama ini keindahan alamiahnya selalu dijaga.

Pantai Jolosutro sendiri lokasi tepatnya berada sekitar 45 kilometer jauhnya dari pusat kota Blitar Jatim, tepatnya di Kecamatan Wates, Desa Ringinrejo.

Keindahan Lokasi

Foto By @rulhi_aida

Pantai Jolosutro memiliki pemandahan yang sangat indah. Terpaan cahaya matahari pada pasir hitam eksotik pantai ini berkilauan dan membuatnya terlihat begitu memukau.

Pemandangan di sekitarnya pun asri dan terjaga. Air laut yang jernih terhampar luas di bawah birunya langit akan menggoda pengunjung untuk mencicipi kesegarannya dengan menceburkan diri dan berenang atau sekedar bermain air.

Tak hanya itu, berbagai aktivitas menyenangkan dan seru juga bisa dilakukan di pantai ini.

Namun keberadaan hamparan luas pasir hitam inilah yang membuat Pantai Jolosutro semakin terkenal.

Foto By @cheezna10

Warna pasir yang tidak biasa ini bukannya justru membuat pantai ini tidak indah atau terkesan kotor.

Butiran-butiran hitam pantai ini begitu halus dan lembut, dengan terpaan sinar matahari membuatnya semakin tampak eksotis.

Sedangkan, semilir angin laut yang berhembus akan membuat para wisatawan semakin betah menikmati indah pemandangan pantai ini.

Di sebelah barat Pantai Jolosutro, ada sebuah bukit yang memisahkan pantai ini dengan pantai di sisinya yang dinamai Karang Nritep.

Foto By @nandattebane

Anda bisa mendaki bukit ini dengan melewati jalan setapak. Dari ketinggian, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Pantai Jolosutro yang sangat mempesona.

Hamparan laut biru yang dibatasi pasir hitam dan perbukitan di sekitarnya akan menjadi sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan.

Pemandangan matahari terbit dan terbenam di pantai ini juga sangat mempesona, membuat siapa pun berdecak terkagum dibuatnya.

Rute Menuju Lokasi

Foto By @nonaseptiana

Jika Anda berkendara dari tengah kota Blitar, rute yang bisa ditempuh untuk menuju Pantai Jolosutro membutuhkan waktu perjalanan sekitar satu jam dengan kendaraan bermotor.

Di sepanjang perjalanan menuju pantai ini, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah perbukitan yang hijau.

Perjalanan menuju Pantai Jolosutro dilakukan dengan melalui jalanan bukit-bukit yang menanjak serta berkelok-kelok.

Menjelang semakin dekatnya Anda dengan pantai, pemandangan yang terlihat pun akan makin mempesona dimana Anda bisa menyaksikan keindahannya dari atas ketinggian.

Foto By @afrianputrakusuma

Pada umumnya ada dua jalur yang bisa Anda tempuh untuk menuju Pantai Jolosutro tersebut, jalur pertama adalah dari kota Blitar.

Jalur ini biasa ditempuh oleh para wisatawan yang berkunjung baik dari area sekitar Blitar sendiri, maupun Kediri dan Tulungagung.

Di rute yang berawal dari Kota Blitar ini, Anda harus mulai dari kecamatan Kanigoro, menuju Lodoyo, Binangun dan berakhir di Kecamatan Wates.

Jalur kedua bisa Anda tempuh jika Anda berangkat dari Malang. Dari Bendungan Karangkates, berkendaralah menuju kota Blitar.

Di hutan jati Brongkos di Kesamben, ambil arah selatan melewati hutan jati yang besar. Setelah sampai di Kecamatan Binangun, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuu Kecamatan Wates.

Dari sini, lanjutkan perjalanan menuju desa Ringinrejo. Jika berangkat dari Gondanglegi atau daerah Malang Selatan lainnya, Anda bisa menggunakan jalur Donomulyo yang lebih dekat menuju pantai ini.

Foto By @yusniarhms

Jalur di peta atau Google Map akan menunjukkan dengan jelas letak, posisi pantai ini dan rute menujunya.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk menuju Pantai Jolosutro ditarik sekitar satu kilometer dari lokasi pantai berada, di sebuah pos penjagaan yang dibangun di jalan menuju area.

Seperti kebanyakan wisata pantai di Blitar, tiket yang dipatok tidak akan membuat kantong Anda jebol.

Anda hanya perlu membayar Rp 2.000 sampai Rp.3.00o untuk setiap orang sekali masuk.

Dengan tiket masuk semurah itu, Anda sudah bisa menikmati pantai ini hingga puas, bahkan juga bisa membawa peralatan berkemah dan menginap di sini.

Setiap kendaraan juga akan dikenai biaya parkir. Selain itu, di pantai yang cukup ramai ini juga terdapat berbagai warung untuk melayani para wisatawan yang ingin bersantap.

Kemudian ada juga gazebo untuk menikmati indahnya pemandangan dan penginapan buat memudahkan dan memanjakan para wisatawan yang ingin bermalam di pantai ini.

Foto By @cheezna10

Pantai Jolosutro terutama dikunjungi paling banyak wisatawan pada saat akhir pekan atau musim liburan panjang.

Bukan hanya warga dari Blitar dan sekitarnya yang berkunjung ke sini, tetapi juga warga dari berbagai kota lain seperti Kediri, Malang, Surabaya, atau Tulungagung.

Akan tetapi, meskipun pengunjung sering meramaikan dan membanjiri pantai ini, kebersihan serta keindahannya masih terjamin.

Larangan

Walaupun pantai ini memiliki air yang jernih dan menggoda untuk dijadikan area berenang, perlu diperhatikan bahwa berenang bisa dilakukan asalkan tidak terlalu jauh dari bibir pantai.

Pasalnya, pantai Jolosutro ini merupakan pantai laut selatan yang terkenal dengan ombak dan berarus kuat.

Sehingga, agar tidak terseret ombak yang kuat, para pengunjung harus tetap waspada.

Namun, tak perlu berenang jauh ke lautan karena lokasi Jolosutro diapit perbukitan, membuat suasananya sangat indah untuk dinikmati, walaupun hanya berenang di tepiannya saja.

Cerita Mistis

Ombak Pantai Jolosutro yang pernah menelan korban ini membuat pantai tersebut sering dikaitkan dengan reputasi angker. Memang, sejarah asal usulnya berbau mistis.

Foto By @ramadhan_photo

Di tempat ini, sering diadakan larung sesaji dan berbagai ritual kepercayaan lokal. Bukan hanya itu, sejak dulu Pantai Jolosutro adalah sebuah tempat yang terkenal bagi para pencari pesugihan.

Konon katanya, pantai ini adalah lokasi Nyi Roro Kidul, Prabu Siliwangi, dan Nyi Blorong berkumpul.

Pada malam-malam tertentu, beberapa orang melakukan pesugihan dengan melarung tumbal berupa kepala sapi.

Bahkan, diceritakan bahwa pantai Jolosutro ini biasanya beratmosfer mistis pekat ketika ritual dilakukan, dengan beberapa orang yang mengklaim bisa menyaksikan sosok Prabu Siliwangi dalam wujud macan putih.

Sang juru kunci pantai membantu para pencari pesugihan untuk mendapatkan hasil berupa emas batangan.

Tak jarang pula, orang-orang berupaya mengisi batu akik di pantai keramat ini atau mencari ilmu sakti dengan bantuan juru kunci atau orang pintar lain yang merapal mantra dari serat kuno.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Pantai Jolosutro Blitar Jawa Timur

  1. Pantai jolo sutro memang dasyat bagi yang suka eituwal.
    Berawal jalan” bersama teman akirnya tertarik dengan tawaran warga sekitar tentang rituwal.
    Th 2001 hingga kini aktif tak mau kelain hati bila melakukan rituwal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.