Pantai watu kodok jogja baru wonosari gunung kidul greweng jepitu kabupaten gunung kidul daerah istimewa yogyakarta lamongan lumbung wedi ombo balong lendah kulonprogo kulon progo jalan menuju rute harga tiket masuk alamat lokasi letak peta google map 55881 indonesia jazz wisata banjarejo beach ngrayun karanganyar
gambar by @pantai.jogja

Bagaimana Jalan Menuju Lokasi Pantai Watu Kodok Jogja dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

Diposting pada
4.1/5 - (8 votes)

Lokasi : Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta 55881
Google Map : Klik Disini
HTM : Rp.5.000 per Orang

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke pantai yang masih melakukan pembangunan secara mandiri ini cukup murah. Anda hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar 5.000 rupiah sebagai uang kebersihan pantai.

Jika beruntung anda dapat menyaksikan langsung festival Indonesia Jazz yang memang rutin menggelar acara tersebut untuk menghibur para wisatawan.

Wah asik banget ya menikmati indahnya pantai Watu Kodok dengan diiringi musik jazz nan lembut. Sangat sayang jika dilewatkan!

Foto By @roh_kyt

Patut Bersyukur

Sebagai Negara tropis, masyarakat Indonesia patut bersyukur karena diberkahi kekayaan alam yang melimpah.

Hal ini terlihat dari banyaknya destinasi wisata yang menarik minat wisatawan lokal dan asing.

Beberapa diantaranya bahkan tergolong baru dan masih sangat asri seperti tempat wisata Pantai Watu Kodok.

Dari namanya yang terkesan unik mengingatkan akan Pantai Tanjung Kodok di Lamongan. Meski serupa, nyatanya kedua pantai tersebut tidaklah sama.

Pantai Watu Kodok sendiri tergolong pantai yang masih perawan karena masih belum terjamah tangan-tangan jahil.

Foto By @bagassfayet

Jadi, jangan terkejut bila kondisi pantai cukup sepi, suasananya hening menenangkan dan jarang sekali terlihat sampah-sampah yang biasa menghiasi pasir pantai.

Sangat cocok bagi Anda yang menginginkan suasana yang baru, tempat yang tepat untuk merileksasi pikiran Anda.

Setelah mengunjungi pantai Watu Kodok ini dijamin perasaan Anda akan jauh lebih baik dan tenang.

Lantas apa saja kelebihan pantai Watu Kodok dibanding dengan tempat wisata sejenisnya?

Keindahan Tersembunyi

Foto By @gapexsapiens

Pantai yang masih berada dalam deretan wilayah pantai di Gunung Kidul ini memiliki kisah yang unik.

Dengan panjang garis pantai sekitar 600 meter, pantai Watu Kodok ini bukanlah sekedar pantai biasa.

Dulunya pantai Watu Kodok merupakan tempat favorit para serdadu Belanda dan kerap digunakan sebagai tempat berlindung para warga sekitar.

Pantai yang terletak di desa Kemadang, kec.Tanjungsari, Wonosari, Gunung Kidul ini memang belum setenar pantai Parangtritis di wilayah Yogyakarta. Namun, Anda tidak akan menyesal menjejakan kaki di bahari mempesona tersebut.

Foto By @jogjateng

Betapa tidak? Pasirnya putih, air lautnya bersih, suasananya begitu tenang bahkan terkesan sepi. Rasanya seperti sedang berada di private beach.

Deburan ombak bergulung ke bibir pantai diiringi hembusan angin nan sepoi sangat cocok bagi Anda yang mendambakan ketenangan dan rileksasi.

Anda tak akan menyesal menghabiskan waktu berjam-jam lamanya hanya untuk menikmati keindahan alam yang Tuhan ciptakan.

Tidak seperti pantai lainnya yang hanya menyuguhkan pemandangan pantai dan pasir saja.

Pantai Watu Kodok ini memiliki sebuah pemandangan unik yakni pemandangan bukit-bukit dan pepohonan hijau. Sangat sedap dipandang mata. Kontras dengan cuaca yang panas.

Coba perhatikan ke wilayah sekitar Anda, lihat betapa warna-warni yang ada begitu mengesankan.

Foto By @dhwin_

Dengan pasir yang putih, ombak hijau kebiruan, langit biru dihiasi awan putih dan warna hijau pepohonan yang memukau akan membuat Anda betah berlama-lama memandangi sekitar.

Jika Anda takut kulit terbakar teriknya matahari di kala siang datanglah sejak pagi buta untuk merasakan udara yang masih bersih, begitu segar dan membuat hati damai.

Jangan lewatkan momen saat matahari mulai terbit di ufuk timur. Langit yang tadinya gelap gulita perlahan berubah warna. Lihat bagaimana air berkilau diterpa sinar mentari, sangat cantik.

Nikmati keindahan alam yang memukau. Habiskan waktu Anda dengan menyusuri garis pantai, bermain pasir putih, pencarian kerang, bermain ombak atau berlarian di tepi pantai.

Akan lebih bagus lagi jika Anda pun tak melewatkan betapa indahnya pemandangan pada sore hari.

Dimana jejeran bukit-bukit hijau tampak lebih indah lagi ketika waktu matahari terbenam.

Foto By @msh_ell

Warna cahaya di langit begitu hangat, berpendar dan terpantul oleh bukit-bukit yang ada, sangat romantis.

Anda bisa duduk di atas pasir putih sembari menikmati sunset bersama orang terdekat.

Selain terbuka untuk wisatawan umum, pantai ini juga cocok dijadikan tempat kemah para pelajar atau perorangan yang ingin menyatu dengan alam.

Tak ada salahnya menyisihkan waktu barang satu malam untuk merasakan tidur di alam terbuka.

Sensasinya tentu berbeda dengan tidur di bumi perkemahan. Meski sama-sama bernuansa alami, tetapi ketika Anda tidur di pantai Watu Kodok deburan ombak seakan menjadi musik latar yang begitu menenangkan.

Suara alam untuk pengantar Anda menuju alam mimpi. Belum lagi ditambah kegiatan mengasyikan yakni melihat jajaran bintang bertaburan di langit. Pemandangan yang sangat langka ditemukan di kota-kota besar.

Foto By @rezadiasjetrani

Hal unik lainnya ialah adanya kesamaan nama dengan sirkuit yang terletak di Kulon Progo yakni perbukitan Watu Kodok.

Jangan berpikir bila bukit-bukit ini menyegarkan mata sebab bukit yang terletak di Geden, Sidorejo, Lendah, Kulonprogo termasuk gersang dan kini dijadikan sebagai sirkuit off road. Sangat berbeda dengan suasana pantai Watu Kodok bukan?

Namun, sayangnya keindahan pantai Watu Kodok ini belum ditunjang dengan fasilitas yang memadai.

Saat ini hanya ada beberapa warung milik warga sekitar yang dapat anda singgahi untuk mengganjal rasa lapar.

Tak banyak menu yang ada, standar menu di pantai lainnya seperti mie instan, kopi panas dan aneka jajanan lainnya. Untuk harganya terbilang murah.

Jika bosan menikmati makanan di atas kursi, Anda bisa menyewa tikar dengan harga terjangkau.

Tikar tersebut juga dapat Anda gunakan untuk menikmati keindahan alam atau sekedar berbaring melepas penat dan lelah tubuh.

Jalan Menuju Lokasi

Foto By @kikychristy

Pantai Watu Kodok ini bisa ditempuh sekitar 70 km bila kita berangkat dari pusat kota Jogja. Kira-kira menghabiskan waktu sekitar 1 jam 40 menit lamanya.

Sementara bila berangkat dari Karanganyar, Solo Anda akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam 25 menit.

Bagi Anda yang baru pertama kali bertandang ke Gunung Kidul tak perlu khawatir kesasar karena banyak jalan menuju ke pantai Watu Kodok ini. Adapun rute yang dapat digunakan ialah sebagai berikut:

Rute pertama, Yogyakarta – Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – Wonosari – Jl. Baron – Tepus ( lewat pintu masuk timur) – Indrayanti – Sundak – Drini – Pantai Watu Kodok

Rute kedua, Yogyakarta – Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading ( lapangan terbang ) – Siono – Wonosari – Jl. Baron – Kemadang – Baron – Kukup – Pantai Sepanjang- Pantai Watu kodok

Foto By @fredapramana_putra

Rute Ketiga, Yogyakarta – Ringroad Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading (lapangan terbang) – Playen – Paliyan – Saptosari – Pasar Trowono – Kemadang – Baron – Kukup – Pantai Sepanjang – Pantai Watukodok

Sayangnya sepanjang jalan menuju pantai tergolong belum memadai lantaran masih banyak jalan yang hanya cor blok, belum di aspal.

Jika dibandingkan beberapa tahun sebelumnya saat ini akses jalan sudah lebih baik, pembangunan infrastukturnya juga masih terus berjalan meski secara perlahan.

Wisata Terdekat

Sebenarnya selain pantai Watu Kodok masih banyak tempat yang dapat dikunjungi di satu kawasan tersebut. Jadi ibaratnya Anda seperti berkunjung ke rumah tetangga.

Beberapa pantai yang bisa anda kunjungi antara lain pantai Greweng di desa Jepitu, pantai Watu Lumbung dan juga pantai Wedi Ombo.

Jika bosan wisata pantai Anda bisa bertandang ke Ngrayun, Ponorogo untuk menikmati segarnya air terjun di desa Selur. Hitung-hitung berkeliling pulau Jawa! Serunya!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.