10 Gambar Pulau Lae Lae Makassar, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Penginapan Hotel + Keindahan di Setikar Wisata

Diposting pada
3.5/5 - (2 votes)

Lokasi: Pulau Laelae, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Map: KlikDisini
HTM:
Buka/Tutup: 24 Jam
Telepon: 0823-4556-2123

foto by wisatalova.com

Apakah Anda sedang merencanakan liburan yang terhindar dari keramaian kota? Kota Makassar akan cocok untuk tujuan berlibur Anda. Siapa yang tidak tahu Pantai Lossari, disekitar pantai ini ternyata ada beberapa pulau yang memiliki pemandangan eksotis dan indah.

Bagi Anda yang bosan liburan di tempat itu-itu saja, Tempat ini dapat menjadi next destinasi yang pasti tidak akan menyesal menghabiskan liburan disana. Ingin tahu bagaimana keindahan eksotisme Pulau Lae Lae, semoga ulasan berikut ini akan membantu Anda.

Lokasi

foto by instagram.com/visit_sulsel/

Ini adalah sebuah pulau kecil yang terletak sebelah barat Kota Makasar merupakan salah satu tampat kunjungan wisata di Makassar yang berjarak 1.5 Km dari Makassar. Penampakan pulau ini dapat Anda amati secara jelas dari Pantai Losari.

Letaknya bersebelahan dengan Pulau Samalona. Meskipun ukuranya kecil juga tak kalah eksotis dengan Lae Lae. Jaraknya juga dekat sekali bahkan tepat ada disebelahnya. Pemandangan kedua pulau ini memang begitu menakjubkan. Jumlah penduduk yang menempati pulau ini tidak banyak. Mereka hanya berjumlah kurang lebih 1700 jiwa.

foto by kelurahanlaelaekecamatanujungpandang.wordpress.com

Bagaimana cara sampai disini? Anda hanya butuh waktu sekitar 5 menit dengan menggunakan alat transportasi berupa perahu motor nelayan. Biaya perahu sebesar Rp. 15,000 per orang berangkat dari dermaga kayu Bangkoa atau dermaga depan Benteng Fort Rotterdam. Tarif tersebut cukup terjangkau, bukan?

Fasilitas

Terdapat sebuah situs peninggalan sejarah juga yang ada di sini berupa terowongan bawah tanah. Terowongan ini katanya dapat mencapai benteng Fort Rotherdam. Akan tetapi karena tidak terawat sehingga jalan terowongan ini tidak dapat dilewat atau buntu karena banyak timbunan sampah rumah tangga didalamnya.

Jika terowongan ini dirawat dengan baik oleh Pemda atau warga sekitar bisa jadi obyek wisata favorit. Meskipun demikian, Lae Lae merupakan tempat sempurna melarikan diri sejenak dari keramaian.

foto by m-ubarak.blogspot.co.id

Anda dapat melihat keindahan bawah laut dengan mnyewa peralatan snorkling. Ini adalah salah satu aktivitas air paling diminati disini. Anda tidak usah khawatir mengenai kedatangan bulu babi karena di pulau ini penampakannya sangat jarang.

Ombak disini juga cukup tenang sehinga tidak akan mengurangi kenikmatan Anda ketika sedang menyelam. Yang cukup disayangkan adalah kondisi terumbu karang di pulau ini karena banyak yag mengalami kerusakan. Oleh karena itu, ketika Anda sedang snorkling harus hati-hati.

foto by instagram.com/mnmakassar/

Selain menyelam, menikmati pemandangan sunset di pulau mungil ini juga salah satu alasan kenapa pengunjung yang datang menjelang sore cukup banyak. Panorama keindahan sunset di sini memang telah terkenal di penjuru Makassar.

Di akhir pekan pengunjung lokal yang datang semakin banyak untuk melihat pemandangan sunset disini. Telah disediakan bale-ale bagio Anda yang ingin memperoleh kenyaman maksimal saat menikmati matahari tenggelam. Harga sewa bale sebesar Rp50.000.

foto by instagram.com/sasmito_hka/

Untuk pengunjung yang tidak membawa makanan atau bekal tidak perlu khawatir. Di area sekitar pulau banyak warung warga yang menjual makanan serta minuman. Ada juga penjual makanan ringan khas Kota Makassar hingga ikan bakar.

Tempat ini semakin terkenal karena banyak sekalo foto keindahannya tersebar di media sosial sehingga membuat netizen penasarn dan ingin juga datang kemari.

foto by instagram.com/ipulsoedibjoe/

Pantai Bob

Pantai ini tepat berada disisi Pulau Lae Lae. Inilah yang semakin menambah keunikannya. Pengelola Pantai Bob adalah Om Bob sendiri. Beliau merupakan penghuni pulau. Ketika berada di pantai ini, Anda akan selalu mendengan alunan musik reggae.

foto by wisatalova.com

Musik reggae sangat cocok didengar dengan menikmati pemandangan pantai. Anda juga dapat bersantai dirumah pohon sembari mendengarkan musik reggae. Pulau Lae-Lae merupakan destinasi yang menarik ketika berada di Makassar.

Pulau Gusung Tallang

foto by americanindonesian.com

Pulau ini juga disebut Pulau Lae Lae kecil dan dekat sekali lokasinya dengan Pulau Lae lae. Jaraknya sekitar 1,6 kilometer dari kota Makassar. Luas Pulau mencapai 2 hektar dan memiliki bentuk memanjang utara ke selatan. Letak pulau ada diantara Pulau Lae-lae dan Kayangan. Alat transportasi untuk sampai disini dapat menggunakan kapal.

Letak Geografis

Secara Geografis P.Lae Lae berada di posisi 119o 23’33,1” BT dan 05o08’ 16,0” LS. Ada banyak terumbu karang disini. Namun, keadaan terumbu karangnya tidak baik dikarenakan faktor tingginya sedimentasi serta eutrofikasi

Kedua faktor penyebab kerusakan terumbu karang berasal dari daerah inshore. Selain itu, disini juga banyak sekali ditemukan makro alga. Jenis makro alga yang banyak diketemukan adalah Halimeda, sargassum spp, turbinaria, dan Caulerpa.

Di pulau Lae-lae yang banyak dijumpai adalah Terumbu Karang. Kondisi terumbu karang di pulau ini termasuk jelek yang kemungkinan besar utamanya disebabkan oleh tingginya tingkat sedimentasi dan eutrofikasi yang berasal dari massa daratan utama atau daerah inshore.

Di pulau ini juga ditemukan kelimpahan makro alga yang paling tinggi, didominasi jenis makro alga coklat yakni sargassum spp, turbinaria, Halimeda, Caulerpa. Sedangkan batas-batas wilayahnya menurut peta adalah Barat : Pulau Samalona, Timur : Kota Makassar, Selatan : Tanjung Bunga, dan Utara : Lae lae kecil.

foto by youtube.com

Penginapan

Di Pulau Lae Lae tidak ada penginapan atau hotel jadi bagi wisatawan yang hendak menginap ketika berkunjung kesini, menginapnya bukan di Pulau tersebut. Berikut ini beberapa hotel dan penginapan terdekat Pulau Lae Lae;

Quality Plaza Hotel Makassar
Berjarak hanya sekitar 1,9 kilometer. Lokasinya cukup strategis juga untuk menjangkau objek-objek wisata lainnya.

Makkassar Beach Inn
Berjarak hanya sekitar 1,5 kilometer. Penginapan ini juga dilengkapi beberapa fasilitas dan service istimewa sehingga tamu yang menginap akan merasa mendapatkan kenyamanan maksimal.

Hotel Tiara Sari
Bagi yang memiliki budget pas-pasan, menginap disini bisa jadi pilihan yang tepat. Sewa kamar paling murah sekitar Rp. 150.000an /malam. Letaknya ada di wajo dan berjarak hanya sekitar 2.2 kilometer.

Novotel Makassar Grand Shayla
Berjarak hanya sekitar 2,5 kilometer. Lokasinya juga dekat dengan Pantai Lossari serta destinasi wisata terkenal lain seperti Benteng Fort Rotterdam.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “10 Gambar Pulau Lae Lae Makassar, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Penginapan Hotel + Keindahan di Setikar Wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.