gambar By @affandiabidin

6 Alamat Cabang Sate Kambing Pak Manto, Kuliner Legendaris Asal Solo

Diposting pada

Siapa disini yang doyan makan daging kambing? Kalau begitu, kamu wajib mampir ke Warung Sate Kambing Pak Manto di Solo. Depot makan legendaris satu ini sudah cukup terkenal loh di seluruh Nusantara.

Makanan yang mengandung kolestrol memang bisa membuat kita lupa diri. Apalagi kalau sudah tersaji di depan mata. Meskipun sudah merem, tapi hati kadang susah untuk menolak.

Begitu pula dengan Sate Kambing Pak Manto. Potongan dagingnya cukup besar dan diolesi bumbu nikmat yang meresap sampai ke dalam. Selain empuk, rasanya pun bikin ketagihan. Tidak memberontak ketika beradu di mulut. Yakin tidak mau mencoba?

Selain sate buntelnya, tengkleng Pak Manto juga terkenal sangat enak loh. Daging empuk, bumbu nikmat dan aroma berbau sedap adalah tiga kunci utama kenikmatan menunya yang satu ini.

Cara memasaknya pun masih tradisional, menggunakan arang, sehingga membuat aromanya semakin khas. Untuk variannya sendiri ada dua macam, yaitu rica-rica bagi pecinta rasa pedas dan kuah kuning encer bagi yg tidak suka pedas.

Foto By @fifi.chann

Tidak hanya itu, tongsengnya pun menjadi menu yang wajib kamu cicipi di depot makannya.

Nah, karena kelezatannya yang sudah terkenal dimana-mana, tak heran kalau Pak Manto punya banyak penggemar di seantero Nusantara, bahkan kini cabangnya sudah menyebar di beberapa kota di Indonesia.

Sebelum berhasil mendirikan usahanya seperti sekarang ini, Pak Manto asli Wonogiri dulunya diketahui ikut bekerja di warung-warung sate di Pasar Kliwon, salah satu spot para komunitas pecinta daging kambing di Solo.

Beliau bahkan disebut sebagai pilar yang menyokong kota Surakarta sebagai surganya kuliner. Tak heran karena memang tengkleng rica-rica dan sate kambing Pak Manto mampu menggoyang lidah para penikmatnya.

Sayangnya, Sumanto pemilik warung sate kambing Pak Manto yang berpusat di kota Solo ini sudah meninggal pada November 2019 lalu karena sakit lambung yang di deritanya.

Terlepas dari berita duka itu, kira-kira dimana aja sih cabang warung Sate Kambing Pak Manto? Nah ini dia JejakPiknik sajikan alamat lengkapnya!

1. Laweyan Solo

Foto By @satekambingpakmanto
  • Alamat: Jl. Honggowongso No.36, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Surakarta City, Central Java
  • Map: Klik Disini
  • Harga Mulai: Rp.45.000 per porsi
  • Jam Buka: Senin-Minggu (07.30-20.00)
  • No.Telp/HP: 0813 2900 0135
  • Whatsapp: 0813 2900 0135

Kedai Sate Kambing Pak Manto yang sudah ada sejak 25 tahun lalu ini awalnya berdiri pertama kali di jalan Honggowongso 36, Kemlayan, Serengan, kota Solo dan menjadi salah satu warung makan langganan Presiden Jokowi serta keluarga.

Seperti disebutkan sebelumnya, tempat makan ini khusus menyediakan menu kuliner yang terbuat dari olahan daging kambing seperti sate buntel, tongseng dan rica-rica.

Foto By @samsulsudhibiyo

Warung tengkleng legendaris ini buka mulai pukul 07.30-20.00 malam. Untuk menuju lokasi terbilang mudah, dari Jl. Slamet Riyadi kamu tinggal ambil arah ke Pasar Kembang. Terletak di pojok pertigaan dan hanya berjarak beberapa meter dari supermarket Sami Luwes.

Setiap harinya, warung ini tak pernah sepi pengunjung. Ada tiga bagian yang memperlihatkan proses masaknya langsung kepada para pelanggan. Hal inilah yg meyakinkan mereka bahwa makanan yang diterima masih segar.

2. Pesanggrahan Jakarta Selatan

Foto By news.detik.com
  • Alamat: Jln. RC. Veteran Raya No.06, RW.11, Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Map: Klik Disini
  • Harga Mulai: Rp.45.000 per porsi
  • Jam Buka: Senin-Minggu (10.00-21.00)
  • No.Telp/HP: 0878 3637 5058
  • Whatsapp: 0878 3637 5058

Tidak punya waktu ke kota Batik? Tenang, kini kamu tak perlu pergi jauh-jauh ke Solo, Jawa Tengah hanya untuk mencicipi sate kambing dan tengkleng Pak Manto yang sudah terkenal di seantero Keraton Surakarta.

Sebab akhir Januari 2019 lalu, warung Sate Kambing dan Tengkleng Rica-Rica Pak Manto sudah melebarkan sayapnya ke ibukota, tepatnya di jalan RC Veteran Raya Rempoa, Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Selain strategis, tempatnya juga luas dan nyaman. Keistimewaanya tidak hanya terletak pada hidangannya saja namun juga karyawannya. Dimana semua staffnya asli orang Jawa. Jadi kalau makan disini, pelanggan seakan sedang berada di kota Solo.

3. Sleman Yogyakarta

Foto By @satekambingpakmanto
  • Alamat: Jln. Monumen Jogja Kembali No.49B, Gemangan, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Map: Klik Disini
  • Harga Mulai: Rp.55.000 per porsi
  • Jam Buka: Senin-Minggu (10.00-21.00)
  • No.Telp/HP: 0822 2310 0037
  • Whatsapp: 0822 2310 0037

Sate Kambing dan Tengkleng Pak Manto yang sejatinya merupakan kuliner khas Solo kini juga telah membuka cabang di Jogja. Jadi kamu tidak perlu jauh-jauh ke kota Batik untuk mencicipi kelezatan kuliner legendaris tersebut.

Depot Pak Manto Cab. Jogja bisa kamu temukan di jalan Monumen Yogya Kembali No.49B, Kab. Sleman. Mereka buka mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam.

Foto By @satekambingpakmantojogja

Lokasinya terbilang strategis, di pusat kota. Jadi tidak perlu menyita banyak waktu jika ingin mampir kesini. Sate buntel, tongseng dan tengkleng rica-ricanya menjadi menu paling wajib buat disantap.

Selain di jalan Monumen Jogja Kembali (Monjali), cabangnya juga hadir loh di Jln. Gejayan CT X, Jln. Affandi, Karang Gayam, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kamu tinggal pilih depot terdekat ke tempatmu.

4. Genteng Surabaya

Foto By @cahya.nugraha
  • Alamat: Jln. Kaca Piring No.02, RT.002 RW.04, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Map: Klik Disini
  • Harga Mulai: Rp.60.000 per porsi
  • Jam Buka: Senin-Minggu (10.00-22.00)
  • No.Telp/HP: 0813 3300 0074
  • Whatsapp: 0813 3300 0074

Masyarakat Arek-arek Suroboyo sekarang juga sudah bisa menikmati kelezatan sate kambing dan tengkleng rica-rica Pak Manto. Sebab olahan daging kuliner legendaris ini sudah buka cabang di Surabaya.

Untuk mencicipi kelezatan kuliner ini, kamu bisa datang ke jalan Kaca Piring No.02, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Namun disini, satu porsi satenya itu dibanderol mulai 60 ribu.

5. Pleburan Semarang

Foto By @taka.uchida9
  • Alamat: Jln. Kusumwardani V No.H 5, Pleburan, Semarang Selatan, Semarang City, Central Java
  • Map: Klik Disini
  • Jam Buka: Senin-Minggu (10.00-22.00)
  • No.Telp/HP: 0815 6577 667
  • Whatsapp: 0815 6577 667

Destinasi kuliner Sate Kambing Pak Manto pun telah hadir di kota Semarang. Resmi dibuka pada awal 2017 lalu, warung tersebut langsung diserbu oleh para foody lovers.

Menu tengkleng rica-rica dan sate buntel masih menjadi menu unggulan disini. Namun selain itu, sebenarnya masih ada banyak lagi kuliner lainnya yg bisa kamu cicipi seperti tongseng misalnya.

6. Kota Bogor

Foto By suara.com
  • Alamat: Jln. Raya Ciomas No.321, Ciomas Rahayu, Kota Bogor, Jawa Barat
  • Map: Klik Disini

Nah, cabang berikutnya ini hadir untuk memuaskan hasrat para pecinta kuliner Sate Kambing Pak Manto di kota Hujan, Bogor, Jawa Barat.

Sama seperti cabang lainnya, disini menu unggulan yang ditawarkan yaitu sate kambing, tongseng dan juga tengkleng rica-rica. Untuk menikmatinya, kamu bisa ke jalan Raya Ciomas No.321, kota Bogor.

Nah, itulah beberapa cabangnya yang tersebar di Nusantara. Bagaimana, tertarik mencicipi lezatnya olahan daging kambing Pak Manto?

Langsung aja yuk ke lokasi terdekat dan pastikan datang dengan perut kondisi kosong ya, biar bisa makan sepuasnya. Selamat mencoba!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.