Cari Souvenir Khas Lampung Yang Murah? Simak Ulasan Berikut Ini!

Diposting pada
3/5 - (4 votes)

Bingung kemana akan menghabiskan dan mengisi waktu liburan? Coba saja pergi ke Lampung. Disana banyak banget destinasi wisata yang kece-kece. Daerah yang menjadi penghubung antara Pulau Sumatera dan Jawa ini sering dijadikan tujuan wisata para pelancong domestik maupun luar.

Selain wisatanya, Pontianak juga menjadi salah satu surganya kuliner nusantara. Citarasa masakannya sangat khas dan enak dilidah.
Di Lampung momen liburanmu akan semakin seru jika dinikmati bareng keluarga, temen, maupun sendiri.

Nah, setelah puas berkeliling wisata kota Lampung, sebelum kembali pulang, jangan lupa beli oleh-oleh untuk orang-orang dirumah dong. Walaupun tidak ikut senang merasakan liburan di Lampung, Seenggaknya mereka bisa menikmatinya lewat buah tangan yang kamu bawa.

Berikut ini kami akan beri beberapa rekomendasi souvenir murah dan kece yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh khas Lampung. Simak sampai habis ya !

1. Kain Tapis

foto by tokopedia.com

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki ciri khas kain yang dimiliki, tak terkecuali Lampung. Kain khas Lampung namanya Tapis. Kain Tapis ini nggak boleh ketinggalan dari list oleh-olehmu. Terbuat dari sulaman benang emas dan katun inilah yang membuat Kain Tapis mempunyai keunikan tersendiri.

Motif yang tersedia cukup beragam, dari flora sampai pepadun. Semuanya mempunyai keindahan dengan ciri khas masing-masing. Tertarik untuk membelinya ? datang saja ke Singah Pay di kawasan Tugu Adipura. Di jual dengan harga mulai dari 200ribuan sampai jutaan disesuaikan dengan kerumitannya.

2. Frame Foto Danbo (FOBO)

foto by idetraveling.com

Kamu pasti tau kan tokoh boneka Danbo? Yap ! boneka yang dibuat dengan bahan kardus. Nah Lampung ada loh sebuah kerajinan yang pake tokoh boneka danbo ini.

Namanya Frame Foto Danbo atau sering disebut FOBO. Fobo ini sendiri mengusung konsep sebuah frame foto yang diisi dengan boneka danbo. Frame dibuat menggunakan kaca lalu dibentuk seperti sebuah gapura dan diberi boneka danbo di sisi kanan dan kirinya. Harga frame ini macam-macam tergantung ukuran, bentuk, dan model bonekanya. Mulai dari 50ribu rupiah saja.

3. Patung Gajah Lampung

foto by kerajinantanganlampung.wordpress.com

Kamu pasti sering mendengar kan bahwa Lampung kerap disebut sebagai Kampung Gajah. Nah kurang lengkap rasanya kalau ke Lampung, pulang tanpa membawa oleh-oleh gajah. Apa ? bawa pulang Gajah ? emang muat? no, i mean bawa pulang patung gajah.

Kamu bisa membawa pulang Patung Gajah yang terbuat dari kayu. Saking rapih pembuatannya, patung ini sangat mirip dengan aslinya lho, cuman ini versi kecilnya. Untuk bisa mendapatkan Patung ini kamu cukup pergi ke toko souvenir yang ada di Kota Bandar Lampung, harganya mulai dari 150-200ribu, tergantung kerumitan dan model gajahnya.

4. Gantungan Kunci Siger

foto by tokopedia.com

Selain gajah, ternyata ada satu lagi yang menjadi ikon Lampung lho, yaitu Siger. Siger adalah sebuah mahkota pengantin wanita dengan bentuk segitiga lengkap dengan cabangya dan berwarna emas. Karena kepopulerannya, akhirnya Siger dibuat dalam bentuk gantungan kunci sebagai souvenir khas Lampung.

Oleh-oleh khas ini sebagai lambah sifat wanita yang feminim dan di presentasikan kedalam bentuk gantungan kunci mahkota. Harga satuannya dibanderol sekitar 15.000.

5. Sulam Usus

foto by duniaindra.com

Selain Kain Tapis, Lampung juga punya kerajinan Sulam Usus. Awal mula kerajinan ini digunakan sebagai kemeja pria, pakaian wanita, kostum pernikahan, hingga hiasan dinding dan tempat tissue.

Namun saat ini kerajinan ini kerap dijadikan sebagai oleh-oleh khas Lampung yang semakin populer. Bahkan model sulaman usus ini banyak digunakan oleh desainer terkenal sebagai rancangannya. Kelebihan sulaman ini karena bentuknya sangat halus dan motifnya klasik, jadi cocok banget dijadiin souvenir kan?

6. Kerajinan Kebung

foto by kerajinanwahir.blogspot.com

Selain Sulaman Usus, Lampung juga memiliki kerajinan lain yang tak kalah menarik, yaitu Kebung. Kebung merupakan kerajinan yang terbuat dari daur ulang batok kelapa dan anyaman bambu. Dibuat menjadi tempat buah ataupun wadah tissue.

Karena keunikannya, produk ini sampai di ekspor ke luar negeri lho. Wah , jika orang luar negeri saja punya, masa kita engga? Kerajinan Kebung ini sangat cocok buat kamu penyuka gerabah, atau bisa juga diberikan ke orang tuamu? Murah kok, Cuma 15ribuan aja.

7. Kaos Khas Lampung

foto by jadiberita.com

Layaknya kota-kota wisata lain, Lampung juga punya kaos khas lho. Pastinya kaos ini di desain dengan gambar dan kata-kata yang menonjolkan Lampung banget. Souvenir ini umumnya dibeli untuk jumlah yang banyak, karena selain sederhana, kaos ini murah dan cocok untuk semua kalangan.

Jadi jika banyak orang yang harus dibeliin oleh-oleh dan ngga mau pusing soal harga, mending beli kaos khas Lampung aja. Untuk dapetinnya juga ga susah, di seluruh pusat oleh-oleh pasti ada.

8. Ukiran Rumah Adat

foto by coretan-di-tanjungbintang.blogspot.com

Pengkoleksi miniatur-miniatur? Kalo gitu kamu kudu beli ukiran rumah adat Lampung. Souvenir ukiran Rumah Adat ini beda dari lainnya karena dibuat dengan bahan dasar kayu yang diukir. Ruangan dirumahmu akan semakin cantik jika dilengkapi dengan souvenir ini.

Harga untuk satu ukiran rumah adat ini sekitar 100ribuan. Harga yang cukup terjangkau, nuansa Lampung akan terbawa sampai kerumah.

9. Miniatur Landmark

foto by wowkeren.com

Jika bertanya landmark kota Lampung sebenarnya banyak, salah satunya ada Bundaran Raden Intan. Nah jika kamu mencari oleh-oleh yang menggambarkan Lampung banget, sebaiknya beli miniatur Bundaran Raden Intan ini deh.

Harganya berkisar antara 75-150ribu, tergantung ukurannya. Percantik ruangan dirumahmu dengan cinderamata ini.

10. Keranjang dan Irik

foto by pariwisatadanindustrilampung14.blogspot.com

Indonesia memang kaya akan kerajinan tangannya yang terkenal sampai pasar mancananegara, salah satunya berasal dari Lampung. Keranjang dan Irik adalah sebuah kerajinan tangan khas Desa Tulungagung Lampung.

Keranjang dan Irik ini serbaguna banget, bisa kamu pake untuk berbagai keperluan. Cuma dengan harga 20-100ribuan kamu udah bisa dapet barang ajib ini.

So, itulah beberapa sovenir khas Lampung yang bisa kamu bawa pulang. Semoga artikel ini membantumu ya!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.