gambar By @thathamoto

35 Tempat Wisata di Subang Yang Bagus

Diposting pada

Subang merupakan salah satu kota di Jawa Barat. Meskipun bukan kota besar, namun daerah ini memiliki sejarah yang cukup menarik untuk disimak, mulai dari zaman purbakala sampai kerajaan.

Selain itu, kota ini juga dikenal memiliki beberapa potensi wisata alam yang wajib dikunjungi. Bagian selatan kota merupakan daerah dataran tinggi/pegunungan, sedangkan utara mengarah langsung ke laut.

Lalu, apa saja sih destinasi menarik yang ada di sana? Nah, berikut adalah daftar tempat wisata terbaru 2020 di Subang dan sekitarnya, lengkap beserta dengan informasi juga gambar objeknya.

1. Wisata Alam Capolaga

Foto By @laily.wulandari

Alamat: Kampung Panaruban, Cicadas, Sagalaherang, Subang 41282
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000 per Orang
Jam Operasional: 08.00 – 16.00
Telepon: (0260) 470941

Wisata Capolaga merupakan tempat rekreasi alam yang berada di dataran tinggi. Lokasinya tak begitu jauh dari objek wisata air panas Ciater. Dikelilingi hutan lebat dan perkebunan teh menambah suasana sejuk di tempat ini.

Di sini kita bisa menemukan 4 air terjun yaitu Cimuja, Karendong, Sawer, dan Badag. Para wisatawan juga dapat menginap di tenda atau penginapan yang telah disediakan.

2. Pemandian Air Panas Ciater

Lokasi: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Subang, 40154
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.28.000 per Orang
Jam Operasional: 08.00 – 16.00
Telepon: (0260) 471800

Pemandian Air Panas Ciater merupakan obyek wisata populer di Subang. Di sana tidak hanya menyajikan kolam air panas saja namun pemandangan alam yang indah karena berlokasi di pegunungan.

Fasilitas kolam yang disediakan pun cukup bagus. Selain kolam air panas, ada juga beberapa wahana lainnya yaitu ATV, aktivitas berkuda, outbond, paint ball, sepeda air, camping, jeep, dan lain-lain.

Harga tiket masuknya Rp.28.000 per Orang, namun ini tidak termasuk biaya pemakaian kolam renang. Meskipun harganya tidak murah namun fasilitas yang disediakan cukup sebanding.

3. Desa Wisata Sari Bunihayu

Alamat: Jalancagak, Subang, 4128
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional: Buka 24 jam
Telepon: (0260) 470580

Di Desa Wisata Bunihayu ini para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas, termasuk diantaranya berinteraksi dengan masyarakat sekitar, belajar seni budaya atau memahami masalah pertanian warga disana.

Selain itu, masih ada juga beberapa aktivitas lainnya yang telah disiapkan untuk memanjakan para pengunjungnya diantaranya seperti tea walk, outbond, permainan tradisional, dan lain-lain.

4. Curug Cileat

Foto By @gustnani

Lokasi: Desa Cibogo, Cisalak, Gardusayang, Capunagara, Subang
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.6.000 per Orang
Jam Operasional: 06.00 – 23.00
Telepon: 0856-8247-999

Curug Cileat terletak di Gunung Canggah dengan tinggi sekitar 100 meter. Kubangan air di bawahnya sangat luas yaitu sekitar 40 meter sehingga dapat digunakan untuk berenang dan berendam.

Curug ini memiliki dua air terjun, salah satunya memiliki aliran debit yang cukup besar dan disini sudah tersedia beberapa fasilitas untuk memanjakan pengunjung, contohnya yaitu gubuk buat beristirahat serta kamar mandi.

5. Kebun Durian Buni Hayu

Alamat: Bunihayu, Jalan Cagak, Kabupaten Subang
Koordinat: Klik Disini

Objek wisata satu ini berada di lahan seluas 7 hektar. Ada berbagai macam jenis durian yang ditanam disini antara lain durian montong, matahari, petruk, cane, dan lokal. Pengunjung bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp.35.000 sampai Rp.100.000.

6. Taman Wisata Tirta Alam

Lokasi: Jl. Sagala Herang, RT 11/14, Sagalaherang Kaler, Subang
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.16.000 – Rp.19.000 per Orang
Telepon: 0812-2338-0652

Selain kolam renang, Taman Wisata Tirta Alam juga menyediakan berbagai wahana permainan anak-anak seperti odong-odong, kora-kora, balon raksasa hingga perahu dayung dengan harga tiket masuk rata-rata Rp.5.000.

Terdapat pula 3 kolam renang yg airnya berasal dari mata air alami. Selain itu, disediakan juga fasilitas saung untuk wisatawan yang ingin bersantai atau makan bersama.

Jika tidak membawa bekal tak perlu khawatir, karena kamu bisa membeli makanan di warung yang ada di sekitar Taman Wisata Tirta Alam ini.

7. Curug Bentang

Foto By @subangtraveler

Alamat: Cibitung, Ciater, Subang, Jabar 41281
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5.000 per Orang

Curug Bentang terletak sekitar 30 km dari pusat Kabupaten Subang, tepatnya di Desa Cibeusi. Desa wisata ini setiap tahun mengadakan Ruatan Bumi. Curug Bentang sendiri berupa air terjun yang berukuran cukup mungil dengan tinggi sekitar 5 meter.

Air tumpahan curug membentuk danau yang jernih. Di atas curug ini terdapat air terjun lainnya namun sulit dijangkau karena di atas bukit. Tiket masuknya memang cukup murah namun keindahannya sangat berharga.

8. Curug Sadim

Lokasi: Cicadas, Sagalaherang, Subang, 41282
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.7.500 per Orang

Curug Sadim berada di wilayah Perkebunan Teh Nusantara VII. Saat masuk ke sana, kita bisa menikmati pemandangan perkebunan teh. Ada juga aliran sungai kecil dengen jembatan kayu.

Curug Sadim mulai ditata menjadi lokasi wisata sejak tahun 2008. Sejak itu lokasinya menjadi lebih rapi dan terdapat saung untuk beristirahat.

9. Curug Karembong

Alamat: Kampung Panarubang, Cicadas, Sagalaherang, Subang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.6.500 per Orang
Jam Operasional: 08.00 – 16.00
Telepon: (0260) 470941

Curug Karembong merupakan salah satu air terjun yang terletak di kawasan wisata alam Capolaga. Seperti namanya, bentuknya menyerupai selendang yang dihamparkan.

Air yang mengalir di sini dapat dimanfaatkan untuk terapi air yang dipercaya mampun mengatasi masalah pegal linu atau rematik dan lainnya.

10. Curug Cilemper

Lokasi: Cipancar, Serangpanjang, Subang
Koordinat: Klik Disini

Curug Cilemper terdapat di kawasan hutan dengan ketinggian sekitar 100 meter. Letaknya yang tersembunyi membuat tak banyak wisatawan yang datang ke sini.

Walaupun demikian pemandangan yang disajikan sangat indah dan masih alami. Belum ada akomodasi yang tersedia untuk menuju lokasi ini sehingga perlu berjalan kaki dalam membelah hutan dan menyusuri sungai.

11. Pantai Cirewang

Foto By @adams.a_

Alamat: Pangarengan, Legonkulon, Pamanukan, Subang
Koordinat: Klik Disini

Untuk sampai ke Pantai Cirewang, para wisatawan perlu menaiki perahu melewati kawasan hutan mangrove. Setelah menikmati pemandangan hutan bakau barulah kamu sampai ke pantai.

Pantai ini merupakan tanah timbul sekitar 500 meter persegi, dan diperkirakan mulai terbentuk pada tahun 2000-an dan semenjak dahulu perahu sudah bisa melewati tempat tersebut.

12. Pantai Patimban

Lokasi: Dusun Patimban, Pusakanagara, Subang, 41255
Koordinat: Klik Disini

Pantai Patimban memiliki banyak pohon kelapa. Saat hari libur, spot ini cukup ramai dikunjungi. Bentuknya juga cukup landai sehingga bisa digunakan untuk bermain dengan aman.

Wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas disini seperti bermain volly, sky boat, naik perahu, memancing, dan lain-lain. Fasilitas yang tersedia yaitu berupa tempat peristirahatan dan warung-warung makan di tepi pantai.

13. Curug Mandala

Alamat: Cicadas, Sagalaherang, Subang,
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000 per Orang

Curug Mandala ini diketahui memiliki beberapa tingkatan. Wisatawan bisa berendam di kolam air yang menampung tumpahan curug yang kecil.

Curug yang besar aliran airnya cukup deras sehingga perlu berhati-hati jika ingin berendam. Untuk sampai ke sana perlu perjalanan yang cukup sulit karena jalanannya terbilang licin.

14. Curug Cijalu

Lokasi: Cipancar, Serangpanjang, Subang
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.8.000 per Orang

Curug Cijalu memilik ketinggian 70 meter. Di dekatnya ada air terjun lain yang bernama Curug Perempuan. Lokasi air terjun ini berada dalam kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang.

Ada warung makan yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan. Fasilitas lainnya yg telah disediakan disini yaitu berupa jalan setapak, mushola, instalasi air, dan lapangan berkemah.

15. Masjid Agung Subang

Foto By @dyahayuendang_ap

Alamat: Karanganyar, Subang, 41215
Koordinat: Klik Disini

16. Kawah Ratu

Lokasi: Jl. Gn. Tangkuban Perahu, Cicadas, Sagalaherang, Subang
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.13.000 per Orang

Kawah Ratu berada di kawasan Gunung Tangkuban Perahu. Sebagai kawah yang terbesar di antara yang lainnya, tempat ini tentu menjadi pilihan utama wisatawan saat pergi ke sana.

Pemandangan yang indah di Kawah Ratu lebih pas dikunjungi saat cuaca cerah. Akses menuju ke sana cukup mudah bahkan bisa menggunakan kendaraan seperti mobil.

17. Wisata Alam Batu Kapur

Alamat: Jl. Alternative Sagalaherang-Subang, Curugagung, Subang, 41282
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000 per Orang
Jam Operasional: 08.00 – 17.00

Wisata Alam Batu Kapur menyajikan pemandian air panas dengan luas keseluruhan 50 hektar. Tersedia tempat bermain anak dengan ayunan, perosotan, kursi putar, dan lain-lain.

Saat masuk menuju kawasan tersebut, kita akan mendapati dua jalan bercabang, satunya menuju ke air terjun Bukit Kapur dan yang satu lagi menuju ke pemandian air panas.

Suhu air panas/hangat mencapai 40 – 45 derajat Celcius dan mengandung belerang. Para wisatawan banyak yang datang untuk sekedar berendam yang mana dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit kulit dan tulang.

18. Pintu Gerbang Tangkuban Perahu

Lokasi: Jl. Gn. Tangkuban Perahu, Ciater, Subang
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.20.000 per Orang (dalam negeri), Rp.200.000 per Orang (mancanegara)

Tangkuban Perahu merupakan sebuah gunung aktif namun masih aman untuk dikunjungi. Pengunjung yang datang diharapkan memakai masker dan jaket. Udara di sini mencapai 2° C di malam hari, dan 17° C di siang hari.

Memiliki pemandangan yang sangat indah menjadikan tempat ini sering digunakan sebagai spot foto prewedding ataupun lokasi pembuatan film.

Ada tiga kawah yang muncul dari letusan yang pernah terjadi di Gunung Tangkuban Perahu. Kawah tersebut antara lain Kawah Upas, Kawah Domas, dan Kawah Ratu.

19. Kawah Upas

gambar By @thathamoto

Alamat: Cicadas, Sagalaherang, Subang
Koordinat: Klik Disini

Kawah Upas berada di sebelah kanan, sekitar 25 menit berjalan kaki dari Kawah Ratu. Kawah Upas tampak lebih kecil dengan dasar yang dangkal dan rat.

Ada pula pepohonan liar yang tumbuh di sekitar kawah. Adanya pepohonan liar tersebut tampaknya sedikit mengganggu sehingga tempat ini menjadi kurang menarik bagi wisatawan.

20. Hutan Kota Ranggawulung

Lokasi: Parung, Subang, 41211
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional: 07.00 – 17.00
Telepon: 0852-9477-1234

Hutan Kota Ranggawulung berada di Subang dengan luas sekitar 12,9 hektar. Di dalamnya terdapat dua sungai yaitu Cileuley dan Ciasem. Di sampingnya terdapat Bumi Perkemahan Ranggawulung seluar 55 hektar.

Hutan ini menyimpan keanekaragaman hayati dengan didominasi oleh pohon Pinus, Jati, Jingjing, Mahoni, Angsana, Kayu Putih, Waru, dan Bungur. Sedangkan hewannya ada Walet Inchi, Bondol Jawa, Burung Madu Sriganti, Cucak Kutilang, dan Tekukur Biasa.

Sebagai hutan kota, tempat ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Terdapat jalan pedestrian sepanjang 800 meter yang mengitari hutan. Ada juga gazebo untuk tempat bersantai serta mushola bagi yang ingin beribadah.

21. Gua Maria Gereja Katolik Paroki

Foto By @harykomkep

Alamat: Jl. A. Nanta Sukarya No. 18, Cikalapa, Pasirkareumbi, Subang
Koordinat: Klik Disini
Telepon: (0260) 421805

Para wisatawan khususnya yang beragama Katolik bisa melakukan ziarah atau wisata religi ke tempat ini. Di gereja tersebut terdapat bangunan Gua Maria.

22. Situs Nyai Subang Larang

Lokasi: Jl. Raya Gambarsari, Cikaum Timur, Subang
Koordinat: Klik Disini
Telepon: 0812-8112-8068

Objek satu ini merupakan peninggalan arkeologi Sunda dari zaman Kerajaan Pajajaran. Di situs tersebut ditemukan bebatuan, perhiasan, serta berbagai benda-benda peninggalan milik Nyai Subang Larang.

Nyai Subang Larang merupakan kakak dari pendekar Jaka Tingkir dan istri dari Prabu Siliwangi. Situs bersejarah ini diresmikan pada tahun 2011 oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Subang.

23. Kebun Buah Naga

Alamat: Cirangkong, Cijambe, Subang
Koordinat: Klik Disini

Kebun Buah Naga di Subang terletak di Cirangkong. Pengunjung yang datang ke sana bisa belajar bagaimana cara budi daya buah naga sekaligus membelinya sebagai oleh-oleh.

24. Kasumber Mata Air Sipondok (Aqua Subang)

Foto By @agusbasah

Lokasi: Pasanggrahan, Kasomalang, Subang
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional: 06.00 – 21.00

Mata Air Kasumber terletak 27 kilometer dari pusat kota Subang. Banyak yang mengatakan bahwa tempat wisata ini mirip dengan Umbul Ponggok di Klaten karena dasar mata airnya berupa pasir dan bebatuan.

Pemandangan dasar mata air yang jelas dan jernih tak jauh berbeda dari dasar laut saat menyelam atau snorkeling. Bagi yang ingin mendapatkan foto unik jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan sebelum pergi ke sana.

25. Masjid As Sa’adah

Alamat: Jl. Raya Subang-Bandung, Desa Palasari, Ciater, Palasari, Subang
Koordinat: Klik Disini

Masjid As Sa’adah selain sebagai tempat ibadah juga menjadi lokasi wisata religi favorit. Desain masjid yang tampak indah dengan kubah biru ini berada di komplek resort Lembah Sarimas. Dari kejauhan memang kubahnya sangat menarik perhatian.

Kubahnya dilapisi oleh keramik biru dengan aksen diagonal yang membentuk mozaik. Pihak pengelola resort menyediakan paket wisata religi saat bulan Ramadhan mulai dari I’tikaf, pendampingan rohadi, dan ceramah.

26. Wisata Pancing Ikan Monster Lembah Gunung Kujang

Lokasi: Jl. Raya Gunung Tua KM 08, No.11, Cijambe, Subang
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.150.000 per Orang
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

Wisata Pancing Ikan Monster menyajikan ikan yang tak biasanya, karena memiliki panjang lebih dari satu meter dan berat puluhan kilogram.

Ikan yang ditempatkan di kolam pemancingan ada sekitar 18 jenis yaitu Arapaima, Gabus Toma, Leopard, Lele, Lele Abino, Bawal, Redtail Catfish, Patin, Patin Albino, Aligator Spatula, Tagih, Jengiskan, Tiger Fish, Belida, Belida Albino, Gurame, Gurame Albino, dan Gabus Lokal.

Tentunya ada sensasi berbeda saat menarik ikan dengan berat puluhan kilogram. Pemancing juga bisa tidak membawa pulang semua ikannya dan hanya membayar sebagian saja.

27. Tugu Nanas

Foto By @agus_tedjo

Alamat: Jl. Cagak, Subang
Koordinat: Klik Disini

Dinamakan demikian karena objek ini memiliki bentuk unik menyerupai buah nanas. Tugu yang berada di pertigaan Jalan Cagak ini merupakan simbol Kota Subang sebab daerah tersebut memang terkenal sebagai penghasil nanas.

Tugu ini memiliki tinggi 4,75 meter denga diameter 1,9 meter. Warnanya pada awalnya sama dengan buah nanas asli namun kemudian diganti menjadi warna hitam.

28. Kiara Ciater

Lokasi: Jl. Raya Ciater, Kel. Palasari, Nagrak, Subang
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.40.000 per Orang

Kolam rendam Kiara Ciater memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti kamar bilas, kolam air hangat, restoran, toko souvenir, dan lain-lain.

Kebersihan kolam dan sekitarnya dapat terlihat sehingga membuat pengunjung menjadi sangat nyaman saat berendam di Kiara Ciater ini.

29. Kolam Renang Bintang Fantasi

Alamat: Jl. Pasar Impres, Rancasari, Pamanukan, Rancasari, Subang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.20.000 per Orang

Kolam Renang Bintang Fantasi memiliki luas 3,5 hektar dengan fasilitas yang cukup lengkap. Terdapat pula kolam yang kedalamannya beragam untuk dewasa dan anak-anak.

Selain itu ada juga taman bermain anak, perahu angsa, flying fox, dan lapangan futsal. Pada saat liburan tempat ini lumayan ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik yang dari Subang maupun luar kota.

30. Pantai Tanjungpura

Lokasi: Tanjung Pura, Patimban, Pusakanagara, Subang
Koordinat: Klik Disini

Wisata Bahari Tanjungpura terletak di perbatasan antara Subang dan Indramayu. Berlokasi tepat di pinggir jalan raya membuatnya mudah diakses. Di sana selain menikmati pemandangan laut, pengunjung juga bisa membeli ikan segar yang dijual.

31. Planet Water Boom

Foto By @nira_kulsum_

Alamat: Jl. Brigjen Katamso No. 18A, Dangdeur,Subang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.25.000 – 35.000 per Orang
Jam Operasional: 09.00 – 18.00
Telepon: (0260) 7423288

Planet Water Boom merupakan tempat wisata air di Subang. Ada banyak wahana yang disediakan mulai dari kolam renang dewasa, kolam anak, ember tumpah, kolam arus, kolam ombak, dan lain-lain.

Di sini juga terdapat air terjun buatan dan area untuk outbond/flying fox. Jadi sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun teman-teman terdekat.

32. Mata Air Cimincul

Lokasi: Sukamelang, Kasomalang, Subang
Koordinat: Klik Disini

Spot ini menyajikan wisata yang serupa dengan Mata Air Kasumber, dimana airnya bening sampai ke dasarnya. Walaupun belum dikelola dengan baik, tak ada salahnya untuk mencoba berkunjung kesini.

33. Wisma Karya Subang

Foto By @13ennythegreat

Alamat: Jalan Ade Irma Suryani Nasution No. 2, Karanganyar, Subang, Cigadung
Koordinat: Klik Disini

Wisma Karya ini merupakan sebuah museum peninggalan zaman penjajahan yang menyimpan 200 benda purbakala sejak zaman prasejarah yang disusun dalam satu alur cerita tentang sejarah asal-usul Subang.

Beberapa benda bersejarah yang dipamerkan yaitu kapak danc orong sepatu batu, tengkorak Cervus, Fragmen tanduk Kerbau Purba, mangkuk China, dan Arca Nandi.

34. Yogya Grand Subang

Lokasi: Jl. Otto Iskandardinata No. 75 – 77, Karanganyar, Kec. Subang
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional: 08.30 – 22.00
Telepon: (022) 88884388

35. Pasar Purwadadi

Alamat: Purwadadi Barat, Kabupaten Subang 41261
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional: Buka 24 jam
Telepon: 0852-2168-5910

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

3 thoughts on “35 Tempat Wisata di Subang Yang Bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.