Wahana Universal Studio Singapura

Lokasi: Resort World, Sentosa, Singapura 098269
Map: Klik Disini
HTM: Anak Anak SGD 56.00, Dewasa SGD 76.00, Lansia SGD 38.00
Buka Tutup: 10.00 – 18.00

Berkunjung ke taman hiburan dan bermain bersama tokoh-tokoh yang selama ini hanya dapat dilihat di layar film dan televisi tentu akan menjadi pengalaman yang menarik selama menghabiskan liburan.

Apalagi jika kehadiran tokoh-tokoh imaginer tersebut dilengkapi dengan property layaknya yang ada di film.

Besarnya daya tarik dari karakter-karakter yang ada di film itulah yang membuat sejumlah Theme Park bertemakan film dan kartun didirikan.

Seperti Disneyland di 6 tempat di dunia contohnya di Hongkong, Legoland yang juga ada di 6 negara termasuk Malaysia, serta Universal Studios yang tersebar di 5 tempat misalnya di Singapura.

Berlibur ke Universal Studios Singapore (USS) bakal menjadi kunjungan tak terlupakan, karena di Theme Park ini terdapat 24 wahana yang akan membawa imajinasi pengunjung pada suasana di dalam beberapa cinema dan animasi.

Seperti Battle Star Galactica, Transformer, Mummy, Jurassic Park, Waterworld, Shrek, Sesame Street, Madagascar dan sejumlah film lainnya.

Foto By @abigailshrn

Tidak hanya sekedar berjumpa dengan tokoh-tokoh fiksi dan berada di lingkungan berhiaskan property-property yang ada di dalam film-film, pengunjung juga akan diajak berinteraksi melalui berbagai games, pertujukan dan sejumlah atraksi menarik lainnya.

Jika dibandingkan dengan Universal Studios yang ada di Hollywood maupun di Jepang, wahana di USS memang masih kalah lengkap.

Karena di sini masih belum memiliki wahana The Wizarding World of Harry Potter, The Amazing Adventure of Spiderman, Kungfu Panda Show, Snoopy’s Playland, serta Amity Village Jaws.

Namun ada kelebihan yang dimiliki USS yaitu dibangun di Pulau Sentosa, Singapura, yang merupakan kawasan resort world.

Sehingga pengunjung yang datang ke destinasi theme park ini tidak hanya dapat menikmati suguhan dari USS, tapi juga dapat berkunjung ke sejumlah objek wisata lain yang ada di dekatnya.

Seperti Adventure Cove Park, The Maritime Experiential Museum, Lake of Dreams, Crane Dance, Dolphin Island, Royal Albatross, MegaBounce.

Dan juga SEA Aquarium yang menghadirkan underwater world dengan 100.000 ekor binatang laut yang terdiri dari 1000 spesies dan 50 habitat hidup yang berbeda.

Jadi tidak perlu jauh-jauh untuk berpetualang ke dunia fantasy ala Universal Studios, cukup datang ke Pulau Sentosa, Singapura dan nikmati beragam wahana serta aktifitas menarik yang ada di kawasan resort world tersebut.

Mengenal Lokasi❤️

Foto By @nuttynuttii

Merujuk pada deskripsi dan review yang tertulis di wikipedia, Kaskus, groupon, klook, qoo10, queue times dan sejumlah situs yang lain, USS ini berada dibawah kepemilikan Genting Group yang memperoleh lisensi dari NBC Universal.

Diawali dengan peluncuran Park Map pada 20 Oktober 2009, soft opening USS akhirnya berlangsung pada 18 Maret 2010 dan grand opening dilangsungkan pada 28 Mei 2011.

USS merupakan Taman Hiburan Universal kedua di Asia setelah Jepang dan pertama di Asia Tenggara. Pemilik lisensi bahkan menjanjikan, USS akan menjadi Universal Studios satu-satunya di Asia Tenggara hingga 30 tahun ke depan.

USS sendiri merupakan bagian dari Resort World Sentosa (RWS) yang menempati lahan seluas 49 hektar, 20 hektar diantaranya digunakan untuk USS dan berada di bagian paling Timur RWS.

Theme Park yang mengelilingi sebuah laguna ini dibuat dengan mengacu pada film-film blockbuster serta acara-acara televisi.

Sehingga saat berada di lokasi, wisatawan seolah berpetualang di dunia fantasi yang selama ini hanya dapat mereka saksikan lewat layar perak dan layar televisi.

Terdapat 24 wahana atau permainan yang dapat dikunjungi wisatawan dan wahana-wahana tersebut terbagi atas 7 zona, yaitu: Hollywood, New York, Sci-Fi City, Ancient Egypt, The Lost World, far Far Away dan Madagascar.

Selain zona-zona yang ada, pada saat-saat tertentu USS juga menggelar event-event dan berbagai pertunjukan khusu.

Terutama pada saat musim liburan seperti Halloween Horror Night, Hollywood Dreams Parade, A Universal Christmas, dan berbagai acara lain dengan tema yang selalu berbeda.

USS juga dilengkapi dengan sebuah kastil yang merujuk pada film Shrek and Monster Rock, Duelling Roller Coaster tertinggi di dunia yang dibuat berdasarkan serial televisi Battlestar Galactica, live music.

Dan lebih dari 30 restaurants and food carts serta lebih dari 20 store juga carts yang dibuat dengan bentuk yang unik, tersebar di sekitar wahana.

Bagi umat Islam tersedia mushola untuk mengerjakan sholat yang tempatnya di dekat roller coaster, serta gerai makan bersertifikat Halal yang ditandai dengan logo “HALAL”.

USS buka setiap hari sepanjang tahun dengan opening hours dari jam 10.00 – 18.00. Untuk dapat menikmati petualangan seru dan pengalaman yang mengesankan di USS, pengunjung dikenakan entrance fee yang terbagi atas beberapa paket.

Harga tiket reguler untuk Anak-anak sebesar SGD 56.00, Dewasa SGD 76.00 sedang Lansia SGD 38.00.

Cara Menuju Lokasi❤️

Foto By @calvinkenzie_gozali

Sistem transportasi di Singapura yang sudah tertata sedemikian rapi, membuat perjalanan menuju Universal Studios Singapore tidak saja mudah, tapi juga dapat ditempuh dengan berbagai cara, sesuai dengan keinginan wisatawan.

Namun, cara apapun yang dipilih untuk menuju ke lokasi, wisatawan harus terlebih dahulu menuju ke Mall Vivo City yang menjadi titik awal perjalanan menuju Pulau Sentosa sebelum dilanjutkan ke USS.

Untuk menuju ke Vivo City Mall, cara paling mudah adalah dengan menggunakan MRT, karena MRT Station berada tepat di bawah bandara.

Sehingga begitu keluar dari Bandara Changi tinggal turun ke lantai underground bandara lalu membeli tiket MRT yang menuju Stasiun Harbour Front.

Turun dari MRT tinggal melangkahkan kaki menuju lantai 1 yang merupakan lantai dasar Mall Vivo City. Di mall tersebut Anda tinggal memilih 4 alternatif untuk tiba di USS, apakah berjalan kaki atau menggunakan 3 jenis transportasi yang tersedia.

1. Berjalan di Sepanjang Sentosa Boardwalk❤️

Cara yang paling murah ini mengharuskan wisatawan berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter.

Namun demikian dipastikan tidak akan merasa lelah karena jalan yang dilewati berupa lantai dari papan kayu yang cantik dan beratap serta membentang di atas laut.

Sehingga sepanjang kaki melangkah, yang terlihat di mata adalah pemandangan laut dengan kapal-kapal ferry yang berlalu lalang di area pelabuhan.

Kalaupun merasa lelah, tersedia tangga datar berjalan atau travellator. Untuk dapat melintasi Sentosa Boardwalk, setiap orang dikenakan tarif sebesar SGD 1.

2. Menggunakan Bus❤️

Bus yang menuju ke Universal Studio dapat ditemui di depan Vivo City. Di halte bus tersebut terdapat beberapa petunjuk arah yang digunakan tempat pemberhentian bus sesuai dengan tujuannya.

Cari petunjuk arah “Bus to Resort World Sentosa” dan ikuti antrean untuk menunggu kedatangan Bus RWS8 yang menuju ke tempat tujuan. Ticket price bus ini sebesar SGD 2 dan jam operasionalnya pada pukul 06.00 – 23.30.

Foto By @imarthae

3. Naik Monorail❤️

Selain bus, transportasi lainnya yang bisa dipilih dari Vivo City adalah monorail. Sentosa Express Sky Train yang menuju USS ini dapat ditemui dengan naik ke lantai 3 serta Exit di pintu E.

Harga tiket dari kendaraan yang beroperasi pada pukul 07.00 – 24.00 ini sebesar SGD 4. Meski lebih mahal dibanding bus, monorail lebih banyak digunakan karena lebih cepat dan mudah.

4. Menggunakan Cable Car❤️

Jika ingin merasakan sarana transportasi yang berbeda dapat menggunakan Cable Car yang menyerupai Skylift atau kereta gantung yang ada di Taman Mini Indonesia Indah.

Karena Cable Car berjalan menggantung di atas kabel, di sepanjang perjalanan wisatawan dapat melihat indahnya Singapura dari atas ketinggian.

Tickets price Cable Car ini jauh lebih mahal dibanding sarana transportasi yang lain yaitu SGD 29 untuk dewasa dan SGD 18 untuk anak-anak. Harga tiket tersebut untuk perjalanan pulang – pergi.

Dunia Fantasy
❤️

Dufan yang selama ini hanya bisa dinikmati melalui layar televisi, di USS bakal dapat dilihat secara langsung lewat tokoh-tokoh imajinatif dan berbagai properti yang disajikan dengan artistik juga atraktif, sehingga pengunjung seolah berada dalam satu adegan film.

Petualangan ke dunia fantasy tersebut hanya dapat dinikmati, jika memasuki wahana demi wahana di tujuh zona yang ada. Inilah beberapa zona yang ada di USS.

1. Zona Hollywood

Foto By @29_earlovero

Sebuah replika Hollywood Boulevard lengkap dengan Hollywood Walk of Fame dan Teater bergaya Broadway menyambut para pengunjung di area pintu utama.

Sejumlah bintang Universal Movies dapat ditemui di tempat ini, seperti Marilyn Monroe, The Minions, Woody Woodpecker, serta yang lain.

Berbagai atraksi yang ditampilkan di sini diantaranya adalah Lake Hollywood Spectacular berupa pertunjukan kembang api yang diiringi dengan lantunan musik, Mel’s Dinettes, The Cruisers dan Sesame Street Show yang dikemas dalam teater musikal.

Sejumlah Cafe & Restaurants telah disiapkan bagi pengunjung yang ingin menghilangkan lapar dan dahaga atau sekedar ingin beristirahat.

diantaranya adalah Starbucks, Hollywood China Bistro yaitu restoran cepat saji khusus masakan tradisional China dan Mel’s Drive-In yaitu Restoran bergaya Amerika Klasik dengan mengambil latar tahun 1950-an.

2. Zona New York

Gambaran Kota New York era pasca modernisasi sebagaimana yang kerap dijadikan latar belakang film bisa disaksikan di sini.

Mulai dari view cakrawala kota, replika perpustakaan umum New York yang di depan pintu masuknya terdapat dua patung singa, trotoar, fasad, lampu-lampu neon, serta yang lain bakal membuat pengunjung seolah-olah berada di Kota New York.

Beberapa karakter Sesame Street juga dapat dijumpai di zona ini, seperti Elmo Abby Caddaby, Big Bird, Grover, Erni, Bert, Oscar The Grouch dan Monster Cookie.

Bagi penggemar Sesame Street dapat membeli character figure, merchandise dan barang-barang lainnya yang bertema Sesame Street di sebuah souvenir shop ytang diberi nama Emporium Big Bird.

Sedang untuk penggemar film-film Steven Spielberg dapat menyaksikan pertunjukan Lights! Camera! Action!

Berupa sebuah panggung yang dilengkapi special effects sehingga seolah-olah menghadirkan gambaran Kota Newyork yang sedang ditimpah badai besar.

Untuk wisata kuliner yang tersedia di sini diantaranya adalah: Louis NY Pizza Parlour yang menyajikan berbagai menu pizza mulai dari pizza tradisional sampai yang modern serta KT’s Grill dengan hidangan menu Grill New York dan “East meets West”.

Menariknya, restoran ini desain interiornya menggunakan bahan kayu yang ditata sedemikian rupa sehingga menghadirkan suasana rumah makan di New York tahun 40-an.

3. Zona Sci-Fi City

Foto By @jesllyynn

Ditata layaknya sebuah kota masa mendatang, Zona Sci-Fi diisi dengan berbagai wahana yang menarik.

Beberapa diantaranya adalah Duelling Roller Coasters yang memiliki ketinggian 42,7 meter, Storm Force Accelatron dan Cylon Heavy Rider yang dapat di temui di Battlestar Galactica HUMAN serta Battlestar Galactica CYCLON.

Wahana lainnya yang banyak menarik perhatian pengunjung adalah Transformer The Ride yang disajikan dalam bentuk 4-D Dark Ride Motion Simulator.

Memasuki wahana ini pengunjung akan diajak menyusuri perjalanan gelap dengan menggunakan teknologi Ride Vehicle sebagaimana The Amazing Adventure of Spiderman.

Dengan menggunakan layar wrap-around raksasa, pengunjung akan disuguhi foto 3-HD Video sport-realistis di beberapa titik saat melakukan perjalanan serta efek 4-D berupa angin, panas, semprotan air dan lain-lain.

Selain berbagai wahana, zona ini dilengkapi dengan beberapa gerai ritel, seperti Galactica PX yang menjual benda-benda bernuansa Sci-Fi.

Dan juga Transformers Supply Vault yang menjual merchandise Transformers and Transformers: The Ride, serta gerai makanan yang diberi nama Starbot Cafe: Human Refueling Center.

4. Zona Ancient Egypt

Foto By @kd_asti

Zona Mesir ini diadaptasi dari sejarah Mesir Kuno pada kurun waktu tahun 1930-an, lengkap dengan makam Firaun, piramida dan obelisknya.

Suasana yang disuguhkan di tempat ini akan membawa imajinasi pengunjung pada film The Mummy yang dibintangi Brendan Fraser. Tidak hanya sekedar melihat, tapi juga diajak berpetualang lewat sejumlah wahana yang ada.

Beberapa dari wahana tersebut diantaranya adalah: “Revenge of The Mummy: The Ride” yang mengajak pengunjung menikmati petualangan dengan mengendarai Rolled Coaster Dark dan Treasure Hunters.

Yakni wahana berupa petualangan dengan mengendarai Jeep Vintage menuju tempat penggalian benda-benda purbakala di Mesir.

Bagi pengunjung yang ingin membawa pulang souvenir dalam bentuk replika harta karun, fosil dan artefak peninggalan zaman Mesir Kuno, dapat membelinya di outlet Carter’s Curiosities.

Sedang untuk yang ingin menikmati prasmanan bertema Mesir dapat memasuki restoran Oasis Spice Cafe.

5. Zona The Lost World

Foto By @thatmoonycouple

Zona ini terbagi atas 2 area, yaitu Waterworld dan Jurassic Park. Waterworld dibangun berdasarkan image yang terdapat pada film Waterworld yang disutradarai sekaligus dibintangi Kevin Costner.

Sedang area Jurassic Park didasarkan pada film garapan Steven Spielberg dengan judul yang sama.

Area Waterworld berupa sebuah stadion yang menyuguhkan pertunjukan live sedang area Jurassic Park dalam bentuk wahana air.

Wahana lainnya yang terdapat di zona ini diantaranya adalah Canopy Flyer, Amber Rock Climb dan Dino Soarin.

Untuk outlet yang menjual produk fashion, seperti kaos, topi dan handuk bertema Jurasssic Park dapat menuju ke Jurassic Outfitters, sedang untuk yang ingin membeli official Jurassic Park apparel dapat mermasuki Dino Store.

Terdapat dua tempat makan bertemakan zaman Jurassic di zona ini, yaitu Fossil Fuels yang menjual makanan ringan dan minuman beku serta Discovery Food Court yang menyuguhkan berbagai macam menu lezat.

6. Zona Far Far Away

Foto By @thehazelglam

Karakter kartun dan dongeng seperti Shrek, Keledai, Putri Viona, Puss In Boots, Prince Charming dan Pinocchio dapat dijumpai di sini.

Karena zona Far Far Away dibuat dengan merujuk pada franchise Shrek Dreamwork Animation lengkap dengan “Far Far Away Castle”.

Para pengunjung akan dimanjakan sejumlah wahana berteknologi tinggi, seperti Donkey Live berupa interactive live show lewat sosok karakter Keledai.

Wahana tersebut dibuat dengan menggunakan teknologi Digital Puppetry sehingga tidak hanya menghibur tapi juga mengajak pengunjung berinteraksi.

Wahana lainnya yang tidak kalah menarik di zona ini adalah Shrek 4-D Adventure, Enchanted Airways, Puss in Boots Giant Journey serta Magic Potion Spin.

Pengunjung yang ingin mendapatkan memorabilia dan gifts dari Dunia Shrek dapat masuk ke outlet Fairy Godmother’s Potion Shop.

Sedang yang ingin membeli makanan dan minuman dapat menuju ke gerai Fairy Godmother’s Juice Bar atau ke outlet bersertifikat halal yaitu Goldilocks dan Friar’s.

7. Zona Madagascar

Foto By @prolific_deep

Penggemar film animasi Madagascar akan terpuaskan saat memasuki zona ini, karena akan diajak berpetualang bersama 4 binatang yang melarikan diri dari Central Park Zoo sebelum akhirnya terdampar di Pulau Madagascar yaitu Alex, Marty Gloria dan Melman.

Karakter spesial lainnya yang mengisi Zona Madagascar adalah King Julien, Kowalski, Rico, Skipper dan Private.

Area yang dibuat layaknya kawasan hutan tropis ini memiliki dua wahana besar yaitu “Madagascar A Crate Adventure”.

Wahana ini dalam bentuk petualangan menyusuri sungai dengan naik perahu yang menggunakan animatronika canggih, dilengkapi digital projection dan surrounde sound.

Wahana lainnya adalah King Julien’s Beach Party Go Round berupa komedi putar berhiaskan berbagai karakter yang ada di film Madagascar.

Selain menikmati tour di kawasan hutan tropis, pengunjung juga akan memperoleh foto saat melakukan perjalanan di wahana A Crate Adventure di gerai Penguin Mercantile.

Di sini juga dijual aneka merchandise bertema Madagascar, seperti t shirt, topi, gantungan kunci dan berbagai souvenir lainnya.

Bila ingin bersantap, dapat mencicipi makanan di gerai Gloria’s Snack Shack atau di Marty’s Casa Del Wild Food Court yang menyajikan menu Asia Tenggara seperti Nasi Padang, Chicken Rice, Tom Yum Soup, Pad Thai, Green Chciken Curry dan Asian Rotisserie Chicken.

Tips Berkunjung
❤️

Foto By @cheryl.angelina

Bagi wisatawan yang belum pernah menginjakkan kaki ke USS, ada baiknya memperhatikan beberapa tips berikut ini agar kunjungan Anda dapat lebih menyenangkan dan lebih berkesan.

– Jika waktu kunjungan bersamaan dengan musim liburan, usahakan untuk memesan tiket secara online sejak jauh hari, karena pada musim liburan tiket seringkali habis.

Karena pada waktu itu biasanya ada berbagai acara khusus yang tidak dapat dijumpai pada hari-hari biasa.

Untuk menyambut Natal dan Tahun Baru 2024 misalnya, USS menggelar A Universal Christmas dengan berbagai pertunjukan menarik.

– Pemesanan tiket secara online dapat dilakukan dengan mengunjungi official site atau website resmi USS di https://www.rwsentosa.com/en .

Kemudian meng-klik “Attractions Pass” lalu klik “Ticket” dan klik tombol “Book Now” pada tabel harga tiket.

Setelah muncul halaman pemesanan pada tab baru, lanjutkan dengan memilih tanggal kunjungan dan jumlah tiket yang dipesan lalu klik “Dropdown”.

Klik “Express Pass” apabila tidak ingin antre panjang. Lanjutkan dengan klik “Confirm”dan ceklis “Term & Conditions”.

Langkah terakhir adalah menyiapkan Kartu Kredit dan melakukan pembayaran dengan meng-klik tomobl “Pay”.

Setelah proses pembayaran selesai, pihak Resort World Sentosa akan mengirimkan email berupa e-ticket dan konfirmasi pemesanan. Bawa kedua lampiran tersebut pada saat berkunjung dan tukarkan ke loket Gift Service yang ada di luar USS.

Foto By @shafiqsunazman

– Pemesanan tiket secara online sejak jauh hari sebaiknya juga dilakukan meskipun waktu berkunjung tidak dalam musim liburan, karena pada waktu-waktu tertentu USS biasanya mengadakan promo dengan memberikan ticket discount antara 10% – 50%.

– Jika waktu berkunjung Anda terbatas, pelajari secara detail park map USS agar Anda dapat menikmati wahana-wahana favorit, karena untuk menjelajah seluruh wahana yang begitu banyak butuh waktu sangat lama.

– Beberapa wahana / acara / atraksi memiliki waktu pertunjukan tertentu, jadi perhatikan schedule show pada riders guide atau brochure book agar Anda tidak ketinggalan.

– Siapkan jas hujan atau baju pengganti, karena di beberapa wahana, seperti Waterworld, Jurassic Park Rapids Adventure dan Shrek 4-D Adventure memungkinkan baju yang Anda pakai basah.

– Jangan membawa makanan dan minuman, selain karena memang dilarang, di dalam lokasi taman juga terdapat banyak pendingin air yang dapat diminum serta Discovery Center Food Court.

– Bawa payung dan kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat, karena cuaca Singapura panas dan lembab.

– Bagi yang ingin menginap, terdapat beberapa hotel di dekat USS, beberapa diantaranya adalah Hotel Michael, Hard Rock Hotel, Festival Hotel, Crockfords Tower, serta hotel lainnya.

– Jangan lupa untuk berfoto dengan latar belakang logo globe atau bola dunia yang ada di depan pintu masuk USS, karena logo Universal Studios tersebut merupakan salah satu popular photo’s spot yang ada di Singapura.

Demikian beberapa tips yang dapat dijadikan bekal sebelum berkunjung ke Universal Studios Singapore.

error: Content is protected !!