Ini Dia 10 Gedung Tertinggi di Dunia Yang Sangat Menakjubkan

Gedung pencakar langit adalah sebuah bangunan yang mempunyai daya tarik sendiri karena memiliki tinggi tidak seperti pada umumnya.

Namun saat ini, gedung-gedung pencakar langit bukan lagi menjadi suatu yang wah. Pasalnya sudah ada banyak bangunan menjulang tinggi tersebar hampir di berbagai belahan dunia.

Dari sekian banyaknya pembangunan gedung pencakar langit di muka bumi ini, hanya ada beberapa saja yang masuk dalam daftar sebagai spot tertinggi di dunia.

Sederet gedung pemanjat awan tersebut jumlah lantainya tak tanggung-tanggung banyaknya, bisa menembus sampai 160 tingkat lebih.

Bukan hanya menghabiskan biaya triliunan, untuk membuat rancangan serta cara pembuatan bangunan bertingkat ini juga dibutuhkan keahlian khusus dari pakar.

Penasaran bangunan megah mana saja yang mendapat peringkat sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia sekarang ini? Nah, berikut list nama-namanya.

1. Burj Khalifa (Dubai)❤️

Foto By khaleejtimes.com
  • Alamat: 1 Sheikh Mohammed Bin Rashid, Dubai, Uni Emirat Arab
  • No.Telp: +971 4 888 8124
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk: Mulai dari Rp.650.000-Rp.750.000/orang

Gedung pencakar langit pemegang rekor pertama terkini diraih oleh menara Burj Khalifa yang terletak di negara Dubai, lokasi tepatnya di 1 Sheikh Mohammed Bin Rashid, Uni Emirat Arab.

Burj Khalifa memiliki tinggi 828 meter dan terdiri atas 168 lantai. Pada saat pembangunan proyek, gedung skyscaper ini menelan biaya sampai USD 1,5 milyar.

Sampai saat ini belum ada gedung tinggi lainnya di dunia yang bisa mengalahkan ketinggian Burj Khalifa tersebut.

Ketika bertandang ke sini, saat dalam lift menuju lantai 125 pengunjung akan disuguhi video singkat ataupun gambar serta foto-foto tentang Burj Khalifa.

Meskipun memiliki 168 tingkat namun pengunjung biasanya hanya sanggup sampai ke lantai 125 hingga 154. Dan dari atas gedung tersebut kita dapat lihat keindahan negara Dubai yang super modern.

2. Menara Sanghai❤️

Foto By jateng.tribunnews.com
  • Alamat: 501 Yincheng Middle Road, Lu Jia Zui Residental District, Pudong Xinqu, Shanghai Shi, Tiongkok
  • Jam Buka: 08.30-21.30
  • Harga Tiket Masuk: Mulai dari Rp.178.000-Rp.357.000/orang
Lanjut:  Backpacker-an Ke Jepang Selama 5 hari Tanpa Travel Tour? 10 Tips Berikut Wajib Dibaca!

Gedung tertinggi yang menempati urutan kedua di dunia namanya adalah Menara Shanghai. Sahabat JejakPiknik tau tidak bangunan tersebut dimana berada dan berapa tingginya?

Dilansir dari situs www.dunia.com, Shanghai tower sekarang menjadi icon paling baru di China. Gedung ini memiliki tinggi 632 meter dan terdiri dari 127 lantai.

Gedung skyscaper yang diresmikan pada tahun 2015 dan dinobatkan sebagai The Best Tall Building Worldwide pada 2016 ini memiliki bentuk spiral.

Hal tersebut untuk mewakili kedigdayaan Shanghai sebagai lambang dinamisme modern di kota Tiongkok.

3. Abraj Al-Bait Clock Tower (Makkah)❤️

Foto By getsready.com
  • Alamat: First Ring Road, Al Hajlah Makkah, Arab Saudi
  • Jam Buka: 13.00-18.00 dan 22.00-02.00
  • Harga Tiket Masuk: Rp.571.000/orang

Gedung tertinggi di dunia selanjutnya adalah Abraj Al-Bait Clock Tower atau biasa disebut dengan Makkah Clock Royal Tower. Letak bangunan megah tersebut berada di First Ring Road, Al Hajlah, Mekah tak jauh dari kota Jeddah.

Bentuknya memang mirip Big Ben di London hanya saja perbandingan kedua bangunan ini cukup berbeda dimana Abraj Al-Bait Clock Tower lebih besar.

Abraj Al-Bait Clock Tower dibangun dengan ketinggian mencapai 601 meter dan memiliki 120 lantai.

Sahabat JejakPiknik penasaran seperti apa didalamnya? Nah, langsung aja datang ke lokasinya, untuk tiketnya dibanderol sekitar 500 ribuan per orang.

4. Ping An Finance Center (Tiongkok)❤️

Foto By archdaily.com
  • Alamat: No.5033 Yitian Road, Futian District, Shenzhen, Guangdong, Tiongkok
  • No.Telp: +86 28 6511 8188
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk: Rp.318.179/orang

Dengan ketinggian mencapai 599 meter, Ping An Finance Center menjadi gedung tertinggi peringkat ke-empat di dunia. Bangunan yang memiliki total 115 lantai ini berlokasi di kota Shenzhen, Guangdong, Tiongkok.

Merujuk pada Kaskus sebagai sumber, pembuat bangunan tersebut adalah seorang arsitektur dari Negeri Paman Sam bernama Kohn Pederson Fox Associates dan menelan biaya sebesar Rp.21.66 triliun.

Lanjut:  10 Referensi Mall Terbesar di Penang Malaysia Dekat Airport Yang Wajib Kalian Kunjungi Saat Weekend

5. LotterWorld Tower (Korea Selatan)❤️

Foto By travel.tribunnews.com
  • Alamat: 300 Olympic-ro, Jamsil 6(yuk)-dong, Songpa-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Jam Buka: 09.30-22.00
  • Harga Tiket Masuk: Balita (Rp.153.000), Anak-Anak (Rp.532.000), Dewasa (Rp.614.000)

Lotte World Tower yang berlokasi di Korea Selatan ini menjadi gedung tertinggi kelima di dunia dengan ketinggian mencapai 554,5 meter dan mempunyai sebanyak 124 lantai.

Menurut fakta beredar, tempat hits 2024 satu ini merupakan salah satu taman hiburan indoor terbesar di dunia yang memiliki ratusan wahana permainan seru.

6. One World Trade Center (New York)❤️

Foto By time.com
  • Alamat: 285 Fulton Street, New York 10007, Amerika Serikat
  • No.Telp: +1 212 602 4000
  • Jam Buka: 09.00-22.00
  • Harga Tiket Masuk: Gratis

Setelah tragedi 11 September 2001, bangungan yang dulunya dikenal dengan nama Freedom Tower ini akhirnya menduduki sebagai gedung pencakar langit tertinggi urutan ke-enam.

Bangunan megah yang berlokasi di New York, Amerika Serikat tersebut memiliki ketinggian mencapai 541,3 meter dan mempunyai sebanyak 104 lantai.

7. CTC Finance Center (China)❤️

  • Alamat: Zhujiang New Town, Tianhe District,Guangzhou, Guangdong, Tiongkok
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk: Gratis

CTC Finance Center yang berlokasi di Zhujian New Town ini adalah gedung tertinggi ketiga di Tiongkok dan Ketujuh di dunia.

CTC Finance Center yang memiliki ketinggian 530 meter dan terdiri atas 111 lantai ini merupakan mix used building, dimana dalam bangunannya terdapat area perkantoran, hotel, pusat perbelanjaan serta dek pemantauan.

8. China Zun (Tiongkok)❤️

Foto By tribunnews.com
  • Alamat: Z15 Plot, Guanghua Road, Beijing Central Business District, Chaoyang, Beijing, Tiongkok
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk: Gratis

Bangunan megah berbentuk cawan yang menjadi icon baru Beijing ini juga menjadi gedung tertinggi ke delapan di dunia dan ke empat di China.

Sama seperti CTC Finance Center, China Zun yang memiliki tinggi mencapai 528 meter dan terdiri atas 109 lantai ini juga merupakan mix used building dimana di dalamnya terdapat area perkantoran, apartemen, hotel serta rooftop garden.

9. Taipei 101 (Taipei)❤️

Foto By nomadicmatt.com
  • Alamat: District Xinyi, Taipei, Taiwan
  • Jam Buka: 09.00-22.00
  • Harga Tiket Masuk: Mulai dari Rp.200.000/orang
Lanjut:  10 Referensi Makanan Khas Negara Rusia, Mirip Banget Sama Kuliner Indonesia Yang Lezat dan Enak

Observatorium Taipei 101 yang berlokasi di distrik Xinyi ini dibangun dengan ketinggian mencapai 508 meter dan mempunyai sebanyak 101 lantai. Bangunan tersebut menduduki posisi sebagai gedung tertinggi ke sembilan di dunia.

Selain terkenal sebagai gedung pencakar langit, Observatorium Taipei 101 ini juga cukup populer karena memiliki lift tercepat di dunia.

10. Shanghai World Financial Center❤️

Foto By gettyimages.com
  • Alamat: 100 Century Ave, Lu Jia Zui, Pudong Xingu, Shanghai Shi, Tiongkok
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk: Gratis

Bangunan megah Tiongkok lainnya yang menduduki urutan sebagai list gedung tertinggi berikutnya di dunia namanya adalah Shanghai Wolr Financial Center.

Sama seperti China Zun, Shanghai World Financial Center yang memiliki tinggi 492m ini merupakan gedung tertinggi ke-10 di dunia dan didalamnya ada hotel, area kantor, ruangan konferensi, mall serta dek pemantauan.

Itulah 10 daftar gedung tertinggi di dunia, selain list diatas masih banyak lagi bangunan lainnya yang juga memiliki ketinggian tak biasa seperti The Pearl Hongkong, Menara Eifel Perancis, Perpustakaan Nasional RI dan Burj Doha Qatar.

Nah, selain daftar diatas sekarang juga sedang dibangun beberapa bangunan pencakar langit lainnya yang diprediksi akan menduduki posisi sebagai calon gedung tertinggi di 2024-2030 di masa akan datang.

Beberapa bangunan megah yang menurut rencana akan menduduki calon gedung pencakar langit di masa depan diantaranya adalah Jeddah Tower dan Merdeka PNB 118 di Malaysia.

Nah, banyak kan daftarnya? Jadi dari beberapa list diatas, mana nih spot yang menarik dan ingin sekali Sahabat JejakPiknik kunjungi?


error: Content is protected !!