Tertarik Jelajah Derawan Dengan Cara Backpacking? Tips Ini Wajib Diikuti!

Diposting pada
5/5 - (1 vote)
foto by tempatwisataseru.com

Hallo sobat backpackers. Sudah pernah coba menjelejah sebuah surga tersembunyi yang ada di Kalimantan Timur belom? Pulau ini sering dijuluki sebagai “The Divers Heaven”. Ada yang bisa nebak kira-kira surga tersembunyi ini pulau apa?

Yup 100 buat kamu yang menebak Pulau Derawan. Pulau Derawan merupakan sebuah pulau yang berada di Kepulauan Derawan. Pasti bingung kan? jadi gini, Kepulauan Derawan merupakan sebuah kepulauan yang letaknya di Berau Regency, East Kalimantan Province, Indonesia.

Kepulauan Derawan sendiri memiliki sedikitnya 31 pulau yang berada di dalamnya. Empat diantaranya yang paling populer adalah Pulau Derawan, Sangalaki, Maratua, dan Kakaban.

Yang membuat Kepulauan ini diminati banyak wisatawan yaitu karena ekosistem pesisir nya seperti terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove) dan pulau-pulau kecilnya yang memikat hati.

Buat yang berminat untuk traveling ke Derawan ala backpacker melihat langsung pesona keindahan baharinya di tahun 2021 ini, simak dan ikuti tips-tips berikut ini ya !

1. Pilih Transportasi Paling Terjangkau

foto by merdeka.com

Jika kamu berasal dari luar Kalimantan, seperti Surabaya, Bandung, Jakarta, gunakanlah transportasi via jalur udara. Kamu bisa naik pesawat dari Jakarta ke Balikpapan terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan dengan penerbangan menuju Berau.

Sesampainya di Berau, perjalanan akan dilanjutkan menuju Tanjung Batu, yaitu dengan cara menaiki mobil travel umum dengan biaya sekitar 75ribu dengan jarak tempuh 2,5-3jam.

Setibanya di Tanjung Batu naiklah speedboat untuk menyeberang ke Kepulauan Derawan, ongkosnya sekitar 100ribu.

Nah untuk yang berdomisili di Kalimantan, jalur darat adalah alternatif paling murah. Kamu bisa naik bus dari Banjarmasin ke Samarinda lalu lanjut ke Tanjung Redeb, Tanjung Batu, dan terakhir Kepulauan Derawan. Biaya untuk jalur darat kurang lebih 600-700ribu.

Namun ada juga alternatif lain yaitu menggunakan pesawat langsung dari Jakarta menuju Tarakan. Tapi untuk biaya nya agak mahal ya sob.

2. Berangkat Saat Low Season

foto by maratua.co.id

As Always tips ini tidak boleh terlewat di susunan itinerary mu. Kemanapun kamu berlibur, pilihlah waktu yang tidak ramai pengunjung. Selain untuk menghemat budget, kamu akan lebih leluasa dalam menjelajah wisata tujuanmu.

Hindari juga waktu akhir pekan, mungkin kamu bisa ambil cuti saat weekdays. Kami jamin kamu akan merasakan seperti berada di private island.

3. Cari Penginapan Murah

foto by nawafabdullah.blogspot.com

Solo backpacker? Mending cari penginapan di Pulau Derawan deh. Disana kamu bisa dapet penginapan dengan harga 100ribu. Atau jika kamu nge – trip bareng temen-temen bisa pilih homestay dengan harga mulai dari 250ribu.

Kami sarankan jika kamu hanya ingin berlibur selama 3 hari 2 malam, mending pilih yang paling murah ya. supaya agenda backpacker-an mu dapat berjalan dengan maksimal. Untuk bisa megetahui review dari penginapan-penginapan tersebut kamu bisa baca-baca di forum kaskus.

4. Tentuin Wisata Mana Saja Yang Akan Dikunjungi

foto by merahputih.com

Sulit memang jika harus menentukan lokasi mana saja yang layak untuk dikunjungi. Karena semuanya bagus men. Terutama wisata airnya, bener-bener menyihir siapapun yang melihatnya.

Nah karena terbatas dengan biaya, kamu harus bisa selektif kira-kira mana yang paling memikat hatimu. Tentuin dari sekarang, jangan dadakan, pas udah disana baru ditentuin. Itulah salah satu gunanya itenerary.

5. Siapkan Perbekalan Penunjang Liburan

Sesuaikan perbekalanmu dengan tujuanmu ke Derawan. Semisal kamu ke Derawan karena pengen Diving atau Snorkeling, bawalah alat perlengkapannya dari rumah. Iya walaupun disana ada tempat penyewaan, kalau nyewa sudah pasti akan keluar uang.

foto by travel.tribunnews.com

Kalo punya, kan mending bawa dari rumah kan, jadi lebih irit gausah keluar uang. Jadi uangnya bisa dipakai untuk keperluan lain.

6. Diving Di Spot-Spot Kece

foto by travelerien.com

Selain Pulau Derawan yang pantai dengan pemandangan bawah lautnya sangat eksotik, ada juga lho spot lain yang nggak kalah kece untuk aktivitas diving dan snorkeling. Kamu bisa ke Pulau Sangalaki, disana air lautnya biru dan jernih maksimal. Disana kamu akan menemukan banyak penyu sisik, ikan pari manta, dan penyu hijau.

Selain itu kamu juga bisa ke Maldivesnya Derawan. Yups ! Pulau Maratua namanya. Kenapa dijuluki Maldivesnya Derawan, karena Pulau ini selain nyaman banget buat diving, diatas lautannya ada resort yang mengapung dengan harga terjangkau. Jadi mirip Maldives gitu kan?

7. Bawa Uang Tunai Secukupnya

foto by geeq.id

Karena kamu akan berlibur ke Kepulauan maka untuk menemukan ATM agak sulit. Maka dari itu persiapan uang tunai secukupnya. Sesuaikan dengan estimasimu yang sudah disusun di itin. Tidak disarankan untuk membawa terlalu banyak uang.

Selain untuk menjaga kamu dari keborosan, tips ini supaya menghindari kamu dari hal-hal yang tidak di inginkan. Tetaplah jaga kesalamatanmu guys !

8. Bawalah Perlengkapan Pribadi

foto by travelhitz.blogspot.com

Selain perlengkapan diving yang nggak boleh ketinggalan adalah perlengkapan pribadi. Kadang ada diantara para backpacker yang memilih untuk membeli perlengkapan pribadi saat berada di lokasi. Ini langkah yang kurang tepat, karena cara ini bikin boros.

Jadi lebih baik kamu bawa perlengkapan pribadi dari rumah saja, seperti alat mandi, makanan, obat-obatan. Apalagi jika kamu punya keluhan tertentu dan obatnya ngga bisa ditemuin disana, kan bahaya. Oiya satu lagi, jangan lupa bawa tabir surya gengs!

9. Bersantai di Labuan Cermin

foto by wisatanusantaraonline.blogspot.com

Udah sampe di Derawan tapi belom ke Labuan Cermin ? Rugi !. Danau ini tuh cantik parah gengs, airnya bening dan jernih banget. Bahkan kapal yang mengapung diatasnya kaya melayang saking jernihnya.

Danau yang terletak di Kec Biduk-biduk Kab Berau ini cocok banget buat nyantai. Suasana alamnya bener-bener asri banget. Seakan beban hidup berasa lebur dalam sekejap.

Ditambah panoramanya kece banget, selain buat diving dan snokeling kamu bisa selfie diatas perahu bak selebgram hits. Epic banget !

10. Ingat Pedoman Para Traveller Sejati

Dimanapun dan kemanapun kamu berlibur, jadilah backpacker yang cerdas dan berperikemanusiaan. Tak sedikit kasus-kasus yang menceritakan tentang rusaknya kelestarian alam akibat ulah tangan nakal manusia. Kamu ngga pengen kan di cap sebagai manusia jahat?

Maka dari itu pegang lah terus pedoman para traveller sejati yaitu “Don’t take anything other than pictures, don’t leave anything but traces, and don’t kill anything except time”.

Jadi, itu dia beberapa tips vacation to Derawan ala backpacker tanpa paket wisata. Tunggu apalagi? Kemas backpack mu sekarang !

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Tertarik Jelajah Derawan Dengan Cara Backpacking? Tips Ini Wajib Diikuti!

  1. artikelnya bagus.. sangat membantu para backpacker yang ingin berlibur..
    yuk coba juga backpacker ke dieng.. kita bisa menikmati indahnya negri di atas awan, dan bisa juga merasakan tinggal di desa tertinggi di pulau jawa..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.