Melancong Ke Vietnam Ala Backpacker Handal, Hemat dan Seru. Baca Tips Berikut Ini!

Diposting pada
3/5 - (3 votes)
foto by bemytravelmuse.com

Backpacking merupakan kegiatan berlibur yang mulai populer di kalangan para traveller. Banyak yang menikmati liburan dengan cara seperti ini. Selain pengalaman yang menantang, liburan ala backpacker ini dianggap bisa menjadi solusi berlibur paling tepat bagi yang terbatas dengan dana.

Banyak sekali tempat-tempat atau bahkan Negara yang cocok untuk dijadikan destinasi backpacker-an, salah satunya adalah Vietnam.

Vietnam merupakan negara di Semenanjung Indo Asia Tenggara paling timur. Negara ini berbatasan langsung dengan Republik Rakyat Tiongkok di sebelah utara. Berada di sebelah barat lautnya Laos, serta barat daya nya Kamboja.

Yap ! Negara Asia Tenggara yang satu ini biaya hidupnya tidak jauh dari Thailand,Bangkok dan Cambodia. Banyak orang Indonesia yang pergi ke Vietnam untuk berlibur. Obyek wisata nya pun tak kalah menarik salah satunya yang paling populer adalah Halong Bay.

Apa kamu tertarik untuk berlibur ke Vietnam di tahun 2021 ini dengan cara backpacker? Kami akan rangkum beberapa tips agar kamu bisa menikmati liburan asik ala backpacker. Disimak yuk !

1. Susunlah Sebuah Itinerary

foto by Merdeka.com

Untuk bisa mengemat biaya transportasi, sebaiknya kamu buat itineray atau rencana perjalanan. Itin bisa membantumu untuk mengatur berapa lama waktumu berada di suatu tempat. Mengihtung estimasi waktu perjalanan yang ditempuh untuk berpindah dari tempat satu ke lainnya.

Selain itu kamu juga menghitung estimasi budget yang diperlukan selama liburan. Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai tempat wisata yang akan dikunjungi dengan segala tetek bengeknya seperti karcis masuk, jadwal buka, serta transportasi yang digunakan untuk menuju ke sana.

2. Hunting Tiket Pesawat Murah

foto by osul.com.br

Sebelum berangkat pastikan sudah beli tiket dari jauh hari. Bahkan agar lebih hemat carilah tiket-tiket promo. Selain itu belilah tiket untuk perjalanan PP sekaligus. Karena jika kamu bei tiket one way alias sekali jalan, cenderung akan lebih mahal.

Sekaligus tentukan juga lokasi keberangkatan dan kedatanganmu. Ada penerbangan langsung dari Jakarta – Hanoi dan Jakarta – Ho Chi Minh City. Hindari juga waktu peak season yaitu bulan Desember – Februari. Dan high season pada bulan Oktober – Maret. Pada dua season itu tiket pesawat cenderung lebih mahal.

3. Gunakan Bus Open Trip Untuk Keliling Kota

foto by his-travel.co.id

Jika kamu ingin keliling kota yang ada di Vietnam, lebih baik gunakan bus open trip ini. Karena tarif untuk naik bus ini tergolong murah. Kamu bisa gunakan kendaraan ini untuk berpindah dari satu kota ke yang lainnya.

Kamu bisa memilih bus malam untuk mengemat budget penginapan saat transit di beberpa kota. jadi kamu bisa tidur sepanjang malam di bus, hemat kan?

Route perjalanan open bus dari utara ke selatan, yaitu Hanoi ke Ho Chi Minh City, dan sebaliknya. Harga tiketnya sekitar VND 230.000 untuk 10 perjalanan. Tips untuk mendapatkan tiket bus ini lebih murah yaitu dengan memilih kombinasi rute, pilih agen penjualan, terus tawar harganya.

4. Menginap Di Hostel

foto by booking.com

Untuk para backpackers dalam memilih penginapan itu tidak terlalu selektif. Bagi mereka yang terpenting adalah nyaman dan aman. Dan hostel selalu dijadikan pilihan utamanya. Bila kamu berada di Ho Chi Minh City, carilah hostel di area Pham Ngu Lao, District One.

Di sana banyak terdapat hostel dengan fasilitas yang cukup nyaman dan harga ramah saku mulai dari 100-200ribu per malamnya. Namun jika kamu berada di Hanoi, carilah hostel di wilayah Old Quarter. Selain mencari yang murah pastikan juga keamanan dari hostels tersebut ya !

5. Tukarkan Rupiah Ke USD

foto by Makobar.com

Saat masih di Indonesia, tukarkan terlebih dahulu uang Rupiah mu kedalam Dollar Amerika (USD). Karena di Vietnam kamu akan kesulitan dalam mencari money changer disana disebabkan sulitnya menemukan yang mau melayani penukaran uang rupiah (IDR) ke vietamese dong (VND).

Selain itu, jika kamu menukar rupiah ke dollar dulu saat di Vietnam, nilai tukarnya akan menjadi lebih tinggi. Maka dari itu, tukarkan saat masih berada di Indonesia agar lebih rendah nilainya.

6. Be Safe and Brave

Walaupun negara ini sudah sering dimasuki turis-turis mancanegara, namun tidak dapat dipungkiri bahwa Vietnam masih terkenal dengan keamanannya yang minim. Banyak cerita pencopetan dan penipuan pada turis asing.

Kejadian itu biasanya terjadi di taksi, becak, penjual makanan, agen tour, hingga hotel. Jadi kamu harus lebih hati-hati terhadap kesalamatanmu. Simpan lah barang-barang berhargamu serapih mungkin ditempat yang tidak terduga.

7. Berwisata Gratis Disaat Kepepet

foto by travelje.com

Apasih yang paling menjadi incaran para backpacker saat liburan? Yups apalagi kalau bukan sesuatu yang berbau GRATIS. Alternatif berwisata ke tempat-tempat gratis bisa dijadikan pilihan saat kamu masih ingin menikmati Negara Paman Ho ini namun terbatas oleh biaya.

Beberapa tempat wisata gratis menarik yang bisa dijadikan referensi misalnya Da Lat Lake , Central Post Office, Domaine De Marie dan People Committee Hall.

8. Makan Murah Di Vietnam

foto by his-travel.co.id

Seorang backpackers tidak melulu soal makanan instan. Kamu tetap bisa menikmati makanan-makanan di Vietnam tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Semua bisa disiasati asal kamu bertanya harganya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memesan.

Kamu bisa memilih tempat makan di pinggir jalan yang dilengkapi dengan bangku-bangku kecil. Biasanya harga makanannya lebih murah. Atau jika di Indonesia itu seperti angkringan. Oiya ! sudah sampai di Vietnam jangan lupa untuk mencicipi Sprill Roll ya !

9. Bawa Brosur dan Peta Wisata

foto by hpaja.com

Membawa brosur dan peta wisata itu sangat penting. Gunanya agar kamu mempunyai gambaran umum mengenai informasi wisata dan transportasi umum di Vietnam. Brosur dan peta ini bisa didapatkan di Vietnam Tourism Information Center.

Atau jika sempat, kamu bisa buka google map dan brosur wisata Vietnam saat masih di rumah. Cetaklah sebagai panduan perjalananmu.

10. Jangan Ragu Membawa Botol Minum dan Cemilan Untuk Menemani Perjalanan

foto by serambimata.com

Jika kamu ingin lebih menghemat saat berpergian di Vietnam. Hendaknya bawalah botol minuman yang bisa di isi ulang. Jadi kau tidak perlu membeli minuman setiap kali pergi makan.

Selain itu untuk menemani perjalananmu saat beraktivitas di sana, bawalah cemilan ringan seperti keripik dan biskuit dari rumah. Agar kamu tidak perlu membelinya di minimarket, karena harganya akan lebih mahal ketimbang di Indonesia.

Bagaimana sudah siap untuk liburan ke Vietnam? Siapkan backpack mu sekarang juga yuk ! Mau liburan sendiri atau rame-rame tak jadi masalah, yang penting meluncur !

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Melancong Ke Vietnam Ala Backpacker Handal, Hemat dan Seru. Baca Tips Berikut Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.