10 Pilihan Oleh-Oleh Khas Bengkulu Yang Paling Recommended

Diposting pada

Bengkulu adalah ssebuah kota di pulau Sumatera yang terkenal memiliki banyak destinasi wisata  menarik. Selain menawarkan keindahan bunga Rafflesia, tapi juga tempat sejarah, pantai dan curup.

Puas menikmati tempat wisatanya, tidak ada salahnya dilanjut dengan berburu oleh-oleh yang khas dari Bengkulu ini untuk dijadikan  buah tangan.

Meskipun merupakan kota kecil, Bengkulu juga mempunyai banyak oleh-oleh yang khas loh, baik berupa makanan, masakan, minuman hingga aneka souvenir.

Nah, mau tahu apa saja oleh-oleh khas Bengkulu yang paling populer? Simak selengkapnya hanya di JejakPiknik.com.

1. Kerajinan Kulit Lantung

Foto By regional.kompas.com

Oleh-oleh pertama yang cocok untuk Sahabat JejakPiknik bawa pulang dari kota Bengkulu adalah kerajinan kulit lantung.

Kerajinan ini tak hanya populer di kalangan wisatawan lokal saja tapi juga mancanegara. Didesain dengan corak cukup unik serta  teksturnya begitu natural membuat souvenir tersebut semakin menarik di mata para turis.

Beberapa produk olahan kulit lantung yang paling banyak diminati oleh para wisatawan ini diantaranya ada berupa tas, ikon Rafflesia dan gantungan kunci.

Selain unik, untuk menemukan produk  ini juga tidak sulit,tinggal berkunjung saja ke pusat oleh-oleh. Harga biasanya dijual mulai dari Rp.2.000-Rp.500.000, tergantung jenisnya.

2. Batik Besurek

Foto By dewicoryati.com

Setiap wilayah di Indonesia tentu memiliki warisan peninggalan berupa batik, tidak terkecuali dengan kota Bengkulu yang namanya disebut dengan besurek.

Ciri batik asli kota Bengkulu tersebut mempunyai corak serta warna cukup terang, berbeda dari yang pada umumnya.

Corak batiknya lebih banyak  didominasi dengan motif bunga Rafflesia relung paku, burung kuau dan juga rembulan. Selain itu, bahannya juga sangat berkualitas jadi akan cocok  untuk dijadikan oleh-oleh buat orang-orang tersayang.

Untuk mendapatkannya tidak sulit karena banyak gallery batik bisa dijumpai di Bengkulu. Tapi harganya sedikit mahal, jadi siapin budget yang banyak ya!

3. Kerajinan Kayu Khas Bengkulu

Foto By review.bukalapak.com

Selain kulit lantung, kayu juga sering dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan unik di daerah  Bumi Rafflesia.

Meski bahannya sederhana tapi kualitas kayu ini sangat bagus dan hasilnya pun unik ada berupa tas, asbak, tempat tissue hingga gantungan kunci .

Untuk membelinya, Sahabat JejakPiknik datang saja ke toko-toko souvenir yang tersebar di Bengkulu. Mengenai harganya, cukup bervariasi tergantung jenisnya.

4. Miniatur Dol dan Alat Musik

Foto By djangki.wordpress.com

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang suka mengoleksi souvenir berupa alat-alat musik, maka wajib membeli miniatur dol dan alat musik khas Bengkulu ini.

Alat musik asli Bengkulu tersebut bentuknya menyerupai perkusi, sementara dol sendiri dibuat dari bonggol pohon kelapa serta kulit  hewan.

Ukuran alat musik serta dol ini aslinya memang cukup besar, tapi Sahabat JejakPiknik tak perlu khawatir karena sekarang sudah ada dalam bentuk miniatur yang cocok buat dijadikan sebagai oleh-oleh.

Miniatur dol atau alat musik ini juga bisa dengan mudah ditemukan di toko souvenir. Dan soal harga bisa dibilang sangat bervariasi.

5. Perut Punai

Foto By pedomanbengkulu.com

Mendengar nama buah tangan satu ini memang sangat asing, namun Sahabat JejakPiknik tahu tidak seperti apa bentuk oleh-oleh perut punai tersebut?

Nah, buah tangan ini adalah salah satu jenis kue khas Bengkulu dimana namanya terinspirasi dari isi perut burung punai yang melilit dan melingkar.

Kue enak ini bahan dasarnya terbuat dari tepung terigu yang diolah dengan cara disangrai dan memiliki dua varian rasa yakni manis serta asin.

Selain gurih, kue ini harganya juga sangat terjangkau hanya Rp.10.000/bungkus di toko oleh-oleh. Jadi jangan takut untuk memborong banyak ya.

6. Pempek

Foto By merdeka.com

Pempek bukan hanya menjadi makanan khas dari Sumatera Selatan saja, tapi penganan lezat satu ini juga masuk dalam jajaran sebagai oleh-oleh Bengkulu.

Meskipun bahan serta cara pembuatannya tidak jauh berbeda seperti pada umumnya tapi khas Bengkulu ini citarasanya cukup unik.

Untuk mendapatkannya tidak sulit, Sahabat JejakPiknik datang saja ke warung pempek yang tersebar di Bengkulu. Kalau harga, biasanya dibanderol mulai Rp.3.000-Rp.12.000/bijinya, tergantung variannya.

7. Lempok Durian

Foto By makananoleholeh.com

Sebagai salah satu daerah penghasil durian di pulau Sumatera, tak mengherankan jika ada banyak makanan khas Bengkulu yang bahan dasarnya terbuat dari buah tersebut, salah satu contohnya lempok durian.

Sesuai namanya, jajanan tradisional berupa dodol ala Bengkulu ini bahannya memang dibuat dari daging buah durian. Tak hanya nikmat, tapi aromanya pun sangat menggoda.

Lempok durian sendiri banyak dijual di toko oleh-oleh dan harganya bisa dibilang sangat ramah dikantong hanya berkisar Rp.25.000-Rp.50.000 saja.

8. Kue Bay Tat

Foto By tokopedia.com

Kudapan khas Bengkulu lainnya yang citarasanya tidak kalah enak dari lempok durian dan sangat cocok dijadikan buah tangan namanya adalah kue bay tat.

Kue bay tat merupakan salah satu jajanan tradisional khas Bengkulu yang memiliki rasa gurih karena terbuat dari adonan dan bumbu khusus.

Meski kerap disajikan pada saat perayaan Idul Fitri tapi kue ini juga mudah ditemui di toko oleh-oleh dan harganya bervariasi mulai dari 20 ribuan.

9. Sirup Jeruk Kalamansi

Foto By chirpstory.com

Selain makanan, Bengkulu juga punya aneka minuman yang cocok buat  dijadikan bingkisan untuk tetangga, salah satu contoh sirup jeruk kalamansi.

Tak hanya menyegarkan, sirup jeruk kalamansi ini juga dipercaya bermanfaat buat kesehatan seperti mencegah penyakit pernafasan, antioksidan dan memperlancar sirkulasi darah.

Untuk menemukannya sangat gampang karena banyak dijual di toko oleh-oleh dan harganya dibanderol mulai dari Rp.5.000-Rp.45.000/botol, tergantung ukurannya.

10. Kopi Bubuk

Foto By kumparan.com

Aneka minuman khas Bengkulu lainnya yang tak kalah nikmat dan cocok dibawa pulang adalah kopi bubuk.

Memang kopi menjadi salah satu minuman paling mudah ditemui di setiap sudut daerah tapi tak ada salahnya kan mencoba khas Bengkulu  ini.

Kopi bubuk khas Bengkulu ini biasanya dijual mulai Rp.12.500 dan sangat mudah didapatkan di toko oleh-oleh ataupun pasar tradisional.

Nah, itulah sederet buah tangan khas Bengkulu yang wajib Sahabat JejakPiknik beli dari Bumi Rafflesia. Bagaimana, menarik semua kan?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.