gambar by: altmanncherny.com.au

10 Batu Kalimaya Termahal di Dunia, Incaran Para Kolektor!

Diposting pada

Batu mulia atau batu permata adalah sebuah mineral yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia. Umumnya, batu permata ini memiliki keindahan yang sangat memukau, terutama di mata para kolektor di dunia ini.

Ada banyak beberapa jenis batu permata yang bisa kita lihat di dunia ini. Tentunya, setiap jenis yang berbeda-beda menawarkan keindahannya masing-masing, baik dari segi bentuk maupun warnanya. Buat sebagian orang, setiap batu mulia juga bisa melambangkan arti yang berbeda-beda.

Salah satu batu mulia yang terkenal di dunia ini adalah kalimaya atau yang lebih dikenal dengan nama opal. Kalimaya adalah salah satu jenis batu permata yang memiliki keindahan warna yang berkilau, apalagi saat terkena cahaya matahari.

Opal memiliki banyak penggemar sehingga dijuluki sebagai “The Queen of Gems“. Harganya pun berbeda-beda, namun ada beberapa yang terkenal mahal. Nah, penasaran apa saja batu kalimaya termahal di dunia 2021?

1. Olympic Australis

Harga: AUD 2.500.000 (27,9 miliar rupiah)

foto by: pinterest.at

Tidak banyak yang tau bahwa Olympic Australis merupakan salah satu opal termahal dan terbesar di dunia. Kalimaya ini pertama kali ditemukan pada tahun 1956 di tambang Eight Mile yang letaknya di Coober Pedy, Australia Selatan. Seorang penambang menemukannya di kedalaman 30 kaki di bawah permukaan tanah lho.

Penemuannya bertepatan dengan Olympic Games yang sedang digelar di Melbourne pada saat itu, sehingga namanya menjadi Olympic Australis.

2. The Virgin Rainbow

Harga: USD 1.000.000 (14,4 miliar rupiah)

foto by: forbes.com

Batu kalimaya termahal kedua di dunia adalah The Virgin Rainbow. Sesuai dengan namanya, kalimaya yang satu ini memiliki keistimewaan bisa menyala di dalam kegelapan alias glow in the dark. Menariknya lagi, batu ini tidak hanya sekadar menyala saja namun bisa memancarkan warna-warna yang ada di pelangi lho.

Opal yang satu ini pertama kali ditemukan oleh seorang pria bernama John Dunstan yang pernah menjadi bintang tamu di acara televisi ‘Outback Opal Hunters‘. Pada tahun 2003, John Dunstan menemukan batu ini di sebuah kota padang pasir di Australia, yaitu Cooper Peddy.

Kini, The Virgin Rainbow dipajang di South Australia Museum yang terletak di Adelaide, Australia Selatan. Buat kalian yang mau lihat secara langsung, bisa berkunjung ke sana ya!

3. The Flame Queen

Harga: USD 1.000.000 (14,4 miliar rupiah)

foto by: pinterest.es

Masih di harga yang sama, ada opal dengan nama The Flame Queen yang pertama kali ditemukan pada tahun 1918 di Bald Hill, sebuah bukit di Pegunungan Illawarra, negara bagian New South Wales. The Flame Queen ditemukan 35 kaki di bawah permukaan tanah dan lewat terowongan dengan lebar 2,5 kaki.

Beratnya mencapai 253 karat. Dapat dilihat pada foto di atas, warnanya adalah campuran antara merah dengan biru kehijauan.

4. Halley’s Comet

Harga: AUD 1.200.000 (13,4 miliar rupiah)

foto by: miningengineeringscience.blogspot.com

Halley’s Comet adalah salah satu opal yang tercatat di Guinness World Record sebagai yang terbesar. Batu ini pertama kali ditemukan di daerah Lightning Ridge, Australia. Beratnya mencapai 1982,5 karat dengan perpaduan warna hijau, biru, putih yang sangat bagus. Kabarnya, nama dari batu ini diambil dari komet yang pada saat penemuannya muncul di langit Australia lho.

5. Fire of Australia

Harga: USD 900.000 (12,9 miliar rupiah)

foto by: liputan6.com

Fire of Australia adalah salah satu kalimaya terlangka di dunia, sekaligus menjadi yg kelima paling mahal. Memiliki bobot 998 gram, Fire of Australia disebut-sebut sebagai batu opal dengan kualitas terbaik yg belum pernah melalui proses pemotongan.

Opal yg satu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1946 di Eight Mine Opal Field yg terletak di Cooper Pedy, sebuah kota padang pasir di wilayah Australia Selatan. Tempat ini merupakan daerah yg sama dimana The Virgin Rainbow ditemukan lho.

Harganya pun mencapai USD 900.000 atau setara dengan 12,9 miliar rupiah. Salah satu penyebab harganya mahal adalah karena Fire of Australia memancarkan banyak warna merah. Nah, ternyata ini merupakan salah satu tanda berharganya sebuah opal lho. Kini, Fire of Australia disimpan di South Australia Museum yg terletak di Kota Adelaide, Australia Selatan.

6. Aurora Australis

Harga: AUD 1.000.000 (11,1 miliar rupiah)

foto by: opalauctions.com

Aurora Australis adalah salah satu batu kalimaya yg pertama kali ditemukan pada tahun 1938 di Lightning Ridge. Wilayah ini merupakan sebuah kota pedalaman kecil yg terletak di sebelah barat daya negara bagian New South Wales. Batu ini menjadi salah satu opal yg paling berharga dan langka karena ditawar senilai AUD 1 juta pada tahun 2005.

Kalimaya ini dinamakan Aurora Australis karena motifnya menyerupai sebuah fenomena alam Southern Lights yg kerap menerangi bagian bumi selatan.

7. The Fire Queen

Harga: GBP 75.000 (1,49 miliar rupiah)

foto by: eragem.com

The Fire Queen adalah sebuah batu kalimaya yg ditemukan pertama kali oleh Charlie Dunstan pada tahun 1906 di Angledool Diggings, sebuah kawasan di New South Wales yg dekat dengan perbatasan Queensland. Pada awalnya, opal yg satu ini dinamakan The Queen.

Pertama kali, opal yg satu ini dijual seharga GBP 100 oleh Charlie Dunstan. Setelah itu, batu ini sempat beberapa kali berpindah tangan. Pada tahun 1928, barulah dijual ke Museum Chicago dengan harga GBP 40.000 setelah berubah nama. Terakhir, batu ini dijual pada J.D Rockefeller senilai GBP 75.000.

8. Pride of Australia / Red Emperor

Harga: GBP 50.000 – 150.000 (999 juta – 2,9 miliar rupiah)

gambar by: altmanncherny.com.au

Selanjutnya, ada Pride of Australia sebagai salah satu opal termahal di dunia. Batu yg juga dikenal sebagai Red Emperor ini pertama kali ditemukan pada tahun 1915 oleh Tom Urwin dan Snowy Brown di sebuah daerah bernama Phone Line di Australia. Batu ini dinamakan Pride of Australia karena bentuknya mirip Benua Australia.

Pada tahun 1954, kabarnya Pride of Australia kerap dijuluki sebagai salah satu opal terbesar di dunia lho. Tidak diketahui harga terakhir yg ditawar oleh pembelinya, namun berkisar antara GBP 50.000 hingga 150.000.

9. Australian Black Opal

Harga: USD 50.000 (722 juta rupiah)

foto by: opalauctions.com

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa black opal merupakan salah satu batu mulia yg banyak dicari kolektor sehingga harganya pun mahal. Batuan ini memiliki warna latar hitam dengan berbagai warna lain di permukaannya yg membuat penampilannya sangat bagus.

10. Australian Black Crystal

Harga: AUD 3.600 (40 juta rupiah)

foto by: opalauctions.com

Nah, opal yg satu ini juga tidak kalah bagus warnanya. Jadi, tidak heran jika banyak yg mengincar!

Itulah beberapa batu kalimaya termahal di dunia 2021 beserta gambar dan harganya. Wah, nominalnya memang sangat fantastis ya! Namun, semua itu sebanding kok dengan keindahan dan kualitas yg ditawarkan.

Buat kalian yg memiliki hobi untuk mengoleksi batu mulia, mungkin opal bisa menjadi salah satu pilihan yg bagus untuk menambah koleksimu. Namun, jika kalian mau batu mulia lain yg harganya lebih terjangkau atau warnanya lebih menawan, masih banyak kok jenis lain yg tidak kalah bagusnya!

Selain dari nama-nama di atas, banyak batu akik kalimaya lain yg bisa ditemukan di Indonesia kok, seperti kalimaya susu, banten, kristal, air kelapa, teh, dan black opal.

Jika kalian mau beli batu mulia, bisa dicek di e-commerce atau penjual yg terpercaya ya. Selain itu, sebelum membeli kalian juga harus memeriksa terlebih dahulu keaslian dari batu mulia tersebut. Nah, untuk hal ini kalian bisa ajak orang yg mengerti tentang cara memeriksa keasliannya.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.