Foto By @carolineettefalk

Bukit Pergasingan Sembalun

Diposting pada

Alamat: Sembalun Lawang, East Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83656
Map: Klik Disini
HTM: Rp.10.000 per Orang
Buka Tutup:
Telepon: 0819 – 1777 – 4082

Bukit Pergasingan Lombok sekarang timbul kepermukaan sebagai daerah liburan baru dan menjadi unggulan bagi pelancong terutama bagi para pecinta alam dan pendaki gunung.

Spot wisata satu iniberlokasi di desa sembalun dan merupakan sebuah bukit membumbung tinggi yang berlokasi disamping gunung Rinjani.

Gunung Rinjani adalah salah satu gunung di Indonesia yang tenar mempunyai estetika luar umum diatas puncaknya.

Seiring terkenalnya gunung Rinjani berimbas pada pbjek wisata alam sekitarnya termasuk bukit pergasingan ini.

Foto By @firhanakbri

Bukit Pergasingan mempunyai ketinggian 1670 meter di atas permukaan laut cuma selisih 56 meter dari gunung Andong di Magelang.

Bukit Pergasingan menawarkan panorama sawah di desa Sembalun yang berwarna warni dan pemandangan gunung Rinjani berdiri kokoh di depan mata. Tak hanya itu, pesona sunrise di puncak bukit ini juga tidak kalah cantik.

Untuk menuju bukit Pergasinga tak terlalu lama, cuma memakan waktu sekitar 1-2 jam, tak heran jika banyak pendaki seperti pelajar dan mahasiswa yang datang kesini untuk menghabiskan akhir minggu.

Selain itu, di bukit pergasingan tersebut juga dibuat titik paralayang dan downhill, sangat cocok buat para wisatawan yang ingin menguji adrenalin.

Foto By @islahuzz.zz

Bukit pergasingan dapat kita jadikan sebagai opsi liburan kecuali jika kita ingin mendaki di gunung Rinjani yang dapat memakan waktu berhari hari.

Meski pemandanganya masih kalah dengan Rinjani namun tak ada salahnya untuk mencoba mendaki di bukit ramah pendaki ini.

Banyak juga fotografer yang datang kesini untuk menempuh puncak bukit, sebab panorama dipuncaknya memang benar – benar cantik layaknya lukisan.

Jika sudah pernah mendaki di gunung Andong, mungkin Anda dapat membayangkan bagaimana indahnya panorama di puncak bukit pergasingan ini.

Namun sebelum mendaki ke bukit pergasingan, lebih dulu latih jasmani supaya tidak drop ketika mendaki ke gunung Rinjani.

Puncak 2

Foto By @fitri_cheayu

Selain puncak satu, pendaki juga bisa menuju puncak dua yang berjarak sekitar 1,5 km dari spot pemberhentian pertama.

Jalanan yang dilalui cenderung landai dengan hutan tropis yang ditumbuhi rerumputan serta deretan pohon cemara.

Setibanya di bukit, Anda dapat beristirahat di bawah kanopi hutan yang sejuk dan terhindar dari paparan cahaya sang surya. Di ujung jalanan, puncak 2 menghampar ditumbuhi rerumputan.

“Itu ujung Pulau Lawang dan Sulat. Gili Lawang & Sulat-nya baik. Sekiranya tak berkabut dapat lihat laut,” kata Arpini yang juga pemandu pendakian Gunung Rinjani.

Pendakian Bukit Pergasingan bisa dicapai dalam 2 hari 1 malam perjalanan. Idealnya para pendaki mengejar sang surya terbit di ufuk timur seketika timbul dari arah laut.

Pendakian biasanya diawali saat dini hari pukul 02.00 WITA dan tiba sebelum fajar menyingsing. Untuk perizinan pendakian, pendaki bisa menghubungi kelompok sosial lokal yakni Sentra Pengembangan Masyarakat Sembalun.

Desa Sembalun

Foto By @mochwahyupp

Deliniasi Geopark Rinjani – Lombok mencakup separuh Pulau Lombok dengan Gunung Rinjani sebagai pusatnya.

Estetika, sejarah geologi, keanekaragaman hayati dan adat istiadat membuat gunung ini menjadi medan magnet yang kuat untuk dijadikan destinasi petualangan bagi pelancong dalam maupun luar negeri.

Melekatnya predikat geopark bagi wilayah dalam deliniasi ini sehingga menjadi tanggung jawab dalam konservasi, edukasi serta pemberdayaan masyarakat bagi seluruh pemangku kepentingan.

Pemerintah sentra terus berusaha memfasilitasi masyarakat untuk dapat mengetahui secara keilmuan dan mengembangakan potensi wilayah geopark ini menjadi sumber kemakmuran bagi masyarakat.

Foto By @_ndaaaa.putrii

Salah satu wilayah dalam Geopark Rinjani – Lombok yang dihasilkan prioritas pengembangan ialah Sembalun.

Sembalun merupakan sebuah wilayah dengan pemandangan yang luar biasamemukau, keindahannya pun sering kali disejajarkan dengan alam pegunungan eropa.

Sembalun merupakan pintu masuk menuju pendakian Gunung Rinjani dan menjadi salah satu sentra pertanian Lombok.

Sembalun juga menjadi salah satu sentra peradaban tertua Pulau Lombok secara geologi. Bukan cuma sekadar sisa kaldera namun juga sebagai umber tenaga bagi Lombok lewat potensi geothermalnya.

Alangkah komplit keragaman yang ada di Sembalun. Sebelum menjadi geopark, Sembalun cuma sebuah daerah singgah sementara bagi pelancong, potensinya tak dapat dioptimalkan.

Foto By @baiqahyana

Desa Sembalun mempunyai 2134 penduduk, 586 di antaranya merupakan petani dan lebih dari 300 orang berprofesi sebagai operator trekking.

Perekonomian Sembalun menguat dikala musim pendakian (bulan April – Desember) dan melemah ketika musim tutup gunung (bulan Januari – Maret).

Sembalun benar – benar bergantung pada geowisata Gunung Rinjani. Tapi sesudah gencarnya sosialisasi dan edukasi dari banyak pihak, akhirnya potensinya sebagai tujuan geowisata utama (bukan persinggahan sementara) mulai berkembang.

Geowisata baru yang sedang dimaksimalkan merupakan Geowisata Pergasingan. Pergasingan merupakan salah satu bukit sisa dinding kaldera gunungapi purba Sembalun.

Foto By @suga_milan

Pergasingan dulunya cuma seonggok bukit sebagai latar belakang foto dari Rinjani atau lahan pertanian di Sembalun.

Tapi sekarang Bukit ini menjadi salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat sekitar. Berkembangnya geowisata baru di Sembalun memberikan keinginan baru bagi masyarakat untuk kesejahteraan ekonominya.

Ke depannya geowisata ini akan menjadi sumber penghasilan utama bagi masyarakat kecuali pertanian.

Dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk tentu lahan pertanian yang ada tak dapat dipercaya sebagai sumber mata pencaharian utama, beberapa masyarakat akan menggeluti pariwisata (geopark).

Tips Mendaki

Foto By @septianteguh____

Bawalah perlengkapan yang benar – benar diperlukan saja, jangan menyusahkan badan dengan membawa seluruh barang.

Mendakilah pada ketika musim kemarau, sebab jika musim hujan panoramanya tak akan optimal. Kalau kemarau, jalur tak akan becek dan licin.

Di desa sembalun terdapat tracking organizer, mereka akan membawakan barangmu dan menjadi guide dalam pendakian.

Foto By @rahadiandwii_

Umumnya pelancong yang datang memilih camping untuk menunggu sunrise dan sunset diatas puncak bukit pergasingan.

Jika tidak membawa kemah dapat juga menyewanya atau kita pun dapat mendaki sekitar pukul 2 atau 3 malam agar waktunya tepat dikala sang surya terbit.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.