Curug Panganten Pangalengan, Air Terjun Kembar Yang Eksotis

Diposting pada
2.3/5 - (3 votes)
Foto By @imamarchipale

Lokasi: Desa Padaasih, Kec. Cisarua, Padaasih, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551
Map: Klik Disini
HTM: Rp.10.000 per Orang
Buka Tutup: 07.00 – 18.00
Telepon: 022 7273209

Harga Tiket Masuk

Jika para wisatawan ingin menikmati dan melihat semua keindahan alam di kawasan wisata Curug Panganten ini, diwajibkan membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah/orang.

Sementara bagi para pengunjung yang masuk dari kawasan Wisata Alam Katumiri diwajibkan menambah tiket sekitar Rp.6.000/orang, tarif ini tidak termasuk biaya parkir.

Foto By @noviardiyani_opi

Ramadhan dan Lebaran memang sudah lewat. Namun meski begitu, suasana liburan masih saja terasa.

Bagi yang memiliki waktu liburan cukup panjang, tentu saja menghabiskan waktu di rumah saja sembari menikmati musik mp3, mp4 atau menonton film drakor hasil download bukan kegiatan yang menyenangkan.

Cukup sehari atau dua hari saja menikmati hal tersebut dengan dibumbui browsing di internet dan membuka medsos seperti facebook, twitter dan instagram. Selebihnya tentu saja liburan akan merasa bosan jika diisi kegiatan yang itu-itu saja.

Liburan ke alam bebas dan menikmati suasana yang asri tentu menjadi salah satu cara untuk menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan.

Boleh saja berdiam diri di rumah tapi alangkah baiknya menggerakkan kaki dan badan untuk menikmati suasana alam yang mempesona.

Jika berada di Jakarta, ada banyak kawasan wisata alam yang masih asri di pinggir ibukota. Selain itu mengunjungi kawasan Jawa Barat yang menyajikan suasana alam yang mengasyikkan juga bisa jadi alternatif.

Kawasan wisata alam cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan di zaman sekarang. Hal ini tentu saja disebabkan beberapa faktor seperti keindahan alamnya, cerita sejarah ataupun karena mitos yang melatarbelakanginya.

Contohnya seperti kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu. Spot ini memiliki kisah dan sejarah tersendiri berupa cerita Sangkuriang yang mencintai ibu kandungnya.

Selain Tangkuban Perahu, Indonesia juga memiliki wisata yang menyajikan budaya serta cerita rakyat yang cukup tenar di telinga masyarakat.

Tentu saja hal ini menjadi salah satu bumbu agar kawasan wisata tersebut menjadi incaran para wisatawan.

Mengenal Lokasi

Foto By @_kopites_man

Di wilayah Jawa Barat sendiri ada banyak objek wisata dengan cerita legenda dan mitos yang masih cukup dipercaya di kalangan masyarakat sekitar.

Salah satu kawasan wisata alam yang memiliki mitos cukup terkenal namanya adalah Curug Penganten.

Nama kawasan wisata ini mirip dengan spot Curug Penganten di Bogor dan Banyumas yang sudah cukup terkenal.

Namun, spot wisata Curug Panganten satu ini letaknya di kota Bandung bagian barat dan berupa air terjun dengan ketinggian sekitar 1050 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Curug Panganten memiliki tinggi sekitar ± 50 m. Spot yang berada di area lembah hijau tersebut menyajikan keindahan pemandangan alamnya yang eksotis, menyejukan dan juga asri.

Dinamakan demikian karena kawasan wisata alam Curug Panganten ini menyajikan keindahan 2 air terjun yang letaknya berdampingan.

Foto By @kalipagu

Air terjun utama di kawasan wisata alam ini memiliki arus yang cukup deras dan alirannya pun besar.

Sementara air terjun di sebelahnya dengan ukuran lebih kecil dan arusnya pun tidak terlalu deras.

Eksotisme

Jika ingin berlibur dan menikmati keindahan serta eksotisme dari kawasan wisata Curug Panganten ini disarankan ketika musim penghujan tiba.

Pasalnya, ketika musim hujan debit air yang ada di aliran air terjun ini sangat deras. Tentu saja membuat pemandangan akan lebih indah dan asyik.

Dan ketika musim hujan air terjun ini akan berwarna coklat. Hal ini bukan disebabkan polusi yang sering dilihat di sungai-sungai di Jakarta. Akan tetapi karena airnya sudah bercampur dengan tanah.

Foto By @jhe_ridzwan17

Jika ingin menikmati keindahan air terjun dan kejernihannya, disarankan para wisatawan untuk datang pada saat musim kemarau.

Meski debit air yang mengalir tidak terlalu begitu deras, akan tetapi kejernihannya bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Eksotisme kawasan wisata Curug Penganten ini memang tiada duanya. Keindahannya bisa memberikan suasana yang romantis.

Tentu saja bagi penggemar film-film romantis, suasana di kawasan wisata ini sangat pas. Bagi yang ingin mengajak pasangan, kawasan tersebut cocok sekali untuk dikunjungi berdua.

Akan tetapi harap berhati-hati dengan jalurnya. Berfoto berdua dengan latar belakang air terjun seperti scene dari film korea yang romantis, kenapa tidak?

Cerita dan Mitos

Foto By @azmyalife

Hampir semua kawasan wisata di Bandung memiliki cerita dan juga mitos tersendiri. Sama halnya dengan kawasan wisata Curug Panganten ini.

Di kawasan wisata alam ini juga menyajikan cerita tersendiri yang cukup dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Penamaan Curug Pangantin ini konon kabarnya disebabkan adanya sepasang kekasih meninggal disini.

Kisah lainnya yang menceritakan mengapa dinamakan Curug Panganten ini disebabkan adanya dua air terjun yang saling berdampingan satu sama lain.

Akan tetapi aliran air di kedua spot ini berbeda. Yang satu memiliki debit deras. Sementara disebelahnya debit alirannya kecil.

Dan ketika musim kemarau tiba, aliran air yang memiliki ukuran lebih kecil tidak akan terlalu mencolok.

Foto By @panjihadiyasa

Sementara kisah yang berbeda dan menjadi latar belakang dari nama air terjun Curug Penganten ini adalah adanya kisah sepasang pengantin yang dahulu mengunjungi kawasan wisata ini usai mereka menikah.

Akan tetapi disebabkan sebuah kejadian akhirnya sepasang kekasih ini terjatuh dan hanyut ke dalam sungai karena derasnya air terjun ini.

Dan ada juga yang menyebutkan bahwa kedua pengantin ini bunuh diri ke dalam sungai tersebut.

Foto By @queen.summerr

Cerita maupun mitos ini terus berkembang hingga sekarang. Namun begitu, spot tersebut masih sangat populer di kalangan masyarakat sekitar ataupun wisatawan.

Akan tetapi cerita ini belum bisa diketahui kebenarannya. Meski begitu kisah kisah tersebut menjadi salah satu aspek pendukung mengapa Curug Penganten menjadi cukup terkenal di kalangan para wisatawan.

Fasilitas

Foto By @arttteo

Sayangnya, Curug Penganten ini masih memiliki fasilitas yang sangat minim dan belum dikelola dengan baik oleh pemerintah pusat.

Sehingga sarana dan prasarana di kawasan wisata alam ini tidak terawat dan sebagian sudah rusak, tak ada toilet dan juga saung untuk berteduh.

Jika para wisatawan ingin menggunakan toilet harus berjalan kaki terlebih dahulu ke Wisata Alam Katumiri yang letaknya cukup jauh dari Curug Penganten.

Foto By @anggrisronggowarsito

Lokasi Wisata

Kawasan wisata Curug Panganten ini terletak di Jalan Raya Cihanjuang Km 5,6, Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Rute untuk menuju ke kawasan wisata alam ini memang cukup mudah. Para wisatawan bisa mengunjungi kawasan Cimahi.

Dari pusat kota Cimahi sendiri hanya berjarak sekitar ± 7 Km yang mengambil arah ke daerah Parongpong.

Curug Panganten ini letaknya tidak jauh dari kawasan perumahan dan Wisata Alam Katumiri Parongpong, jaraknya hanya sekitar 2 Km. Untuk menuju ke spot tersebut wisatawan akan menelusuri jalan setapak.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

2 thoughts on “Curug Panganten Pangalengan, Air Terjun Kembar Yang Eksotis

  1. Beberapa foto yang anda tampilkan bukanlah foto curug penganten melainkan curug malela, curug omas maribaya, dan curug batu templek. Harap menampilkan foto yang relevan agar tidak membuat pembaca bingung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.