gambar By @melwynmeister

Tranformasi Dubai, Sebelum dan Setelah Menjadi Kota Metropolis

Diposting pada
5/5 - (2 votes)

Dubai adalah salah satu kota termewah di muka bumi yang letaknya berada di Semenanjung Arab, tepatnya yakni di Teluk Pantai Persia.

Kota terbesar di Uni Emirat Arab ini terkenal karena memiliki gedung pencakar langit yang sangat banyak dan hampir mendominasi seluruh wilayahnya.

Selain itu, dikenal juga sebagai primadona pariwisata di belahan Timur Tengah yang menyajikan keindahan serta kemewahan kelas dunia.

Bukan hanya itu saja, masih ada banyak lagi hal menarik lainnya tentang Dubai yang patut kamu ketahui dan sayang untuk dilewatkan begitu saja, dari mulai sejarahnya di tempo dulu, bagaimana perkembangannya hingga objek wisatanya.

Makin penasaran? Yuk disimak aja ulasan seputar gambar kota Dubai yang sudah berhasil kami rangkum dari berbagai sumber dibawah ini!

Tempo Dulu

Foto By Selipan.com

Pasti kamu tidak akan menyangka kalau 50-60 tahun lalu, Dubai hanyalah sebuah gurun. Dimana penduduknya selama ratusan tahun hanya bisa menetap di pemukiman kecil di tepian sungai.

Untuk menyambung hidup, mereka hanya bekerja sebagai nelayan dan penyelam mutiara. Ada sebuah catatan tertua menceritakan tentang Dubai pada tahun 1095 dalam sebuah buku karya geografer Arab-Andalusia Abu Abdullah al-Bakri.

Dikisahkan oleh pedagang mutiara Venesia Gaspero Balbi. Beliau mengunjungi wilayah ini pada tahun 1580 dan menyebut Dubai dengan sebutan Dibei.

Pada tahun 1883,Maktoum bin Butti dari suku Bani Yas kemudian memimpin orang-orangnya ke Semenanjung Shindagha di muara sungai Dubai.

Lalu mereka menetap di sana dan mendeklarasikan kemerdekaan kota itu dari Abu Dhabi. Dan sampai saat ini Dinasti Maktoum masih berkuasa di Dubai.Titik balik pun terjadi tahun 1950an, ketika minyak pertama kali ditemukan.

Emas hitam tersebut pun berhasil mengubah wajah Dubai selamanya. Sheikh Rashid bin Saeed Al Maktoum mulai mengembangkan Dubai.

Ia mengubah kluster hunian kecil di tepi sungai menjadi kota pelabuhan modern serta pusat perdagangan. Berbagai infrastruktur untuk mendukung Dubai menjadi pusat perdagangan terkemuka pun mulai dikembangkan.

Tak hanya berpuas diri dengan minyak. Sheikh Rashid punya ambisi menjadikan Dubai sebagai kota perdagangan dan tujuan wisata kelas dunia.

Pada tahun 1994, dibangun Burj Al Arab, sebuah gedung megah setinggi 321 meter di pulau buatan Teluk Persia dan ini disebut-sebut sebagai hotel paling mewah di dunia.

Tak puas sampai di situ, tahun 2004 dibangun lagi sebuah gedung pencakar langit paling tinggi di dunia. Ialah Burj Khalifa, gedung skyscraper setinggi 828 meter.

Masa Sekarang

Foto By @sunmar_orenburg

Kini tak kurang ada 400 gedung tinggi menjulang di Dubai. Bahkan kota tersebut dinobatkan sebagai salah satu kota terbaik dunia untuk dikunjungi wisatawan pada tahun 2020 oleh otoritas perjalanan global Lonely Planet.

Kombinasi unik dari sejumlah tempat wisata dan tujuan hiburan yang ikonik, atraksi outdoor, budaya, serta berbagai proyek luar biasa membantu memperkuat posisi Dubai sebagai pilihan tujuan untuk liburan.

Dubai juga menjanjikan sesuatu untuk semua orang ataupun wisatawan yang ingin melepas kepenatan dari kesibukan kota, liburan romantis, ataupun bagi mereka yg mencari petualangan budaya.

Di Siang Hari

Foto By @sunmar_orenburg

Pesona keindahan kota Dubai memang tak ada habisnya. Saat siang hari, wilayah yang dipenuhi dengan gedung pencakar langit ini akan terlihat sangat indah.

Jejeran bangunan tinggi yang megah nan mewah dengan langit biru ibarat sebuah lukisan dan menjadi pemandangan yang mungkin tidak akan ditemukan di negara manapun kecuali di Dubai.

Di Malam Hari

Foto By @gianmarco_grimaldi_photos

Dubai adalah definisi sebuah kota ultra modern yang terletak di kawasan Uni Emirat Arab. Gedung pencakar langit, hotel bintang lima, mall-mall yg megah, restoran kelas dunia, dan lain sebagainya tersedia lengkap di kota metropolitan terbaik di Timur Tengah ini.

Tak hanya siang hari, gemerlap kota saat malam tiba pun menjadi primadona tersendiri di mata orang banyak. Ada banyak sekali spot yang wajib masuk bucketlist kamu saat tour by night ke Dubai.

Dari Ketinggian

Foto By @thetravelographee

Menikmati keindahan ataupun kemegahan Dubai di malam hari memang cukup menghanyutkan. Namun, jangan mengaku pernah ke sana kalau kamu belum menyempatkan diri melihat view kota megah ini dari atas ketinggian.

Dan spot paling tepat didatangi untuk menyaksikan keindahan serta kemegahan kota Dubai dari ketinggian adalah dengan mengunjungi puncak At The Top Burj Khalifa.

Ada begitu banyak gedung pencakar langit di muka bumi ini yang dilengkapi dengan fasilitas observation deck. Namun, Burj Khalifa tidak hanya menyediakan tempat berfoto, tetapi juga pengalaman unik yg hanya akan bisa kamu dapatkan di sini.

Fakta Menarik

Foto By @iampulkit_06

Masyarakat dunia kerap menganggap bahwa Dubai sebagai salah satu pusat wisata yang menawarkan berbagai kemegahan. Namun selain itu, sebenarnya masih ada banyak lagi fakta menarik seputar kota termewah di Timur Tengah ini yg perlu kamu tau.

  • Dubai adalah salah satu kota terpadat di UEA yang mayoritas penduduknya merupakan warga asing. Hanya sekitar 15 persen saja asli orang Emirat.
  • Sebagian gedung pencakar langit di Dubai adalah bangunan tertinggi di dunia, salah satu contohnya yaitu Burj Khalifa.
  • Selain memiliki gedung tertinggi di dunia, Dubai juga mempunyai pusat perbelanjaan terbesar di muka bumi.
  • Dubai juga memiliki taman bunga terbesar di dunia dengan luas sekitar 72 ribu meter persegi, namanya Dubai Miracle Garden.
  • Meski merupakan kota metropolitan yang memiliki banyak sekali klub malam, tapi wilayah dengan mayoritas penduduknya Muslim ini menerapkan peraturan ketat pada alkohol.
  • Selain peraturan ketat pada alkohol, Dubai juga melarang mobil kotor berkeliaran di sekitar wilayahnya.
  • Salah satu alasan terbesar kenapa Dubai menjadi tujuan para kaum ekspatriat adalah karena tidak memberlakukan pajak penghasilan.

Destinasi Wisata

Dubai merupakan salah satu kota di Timur Tengah yang sering dikunjungi karena mempunyai banyak sekali tempat wisata menarik dan indah.

Meski dikelilingi gurun pasir, namun kota ini berhasil mengembangkan sektor pariwisatanya, bahkan menjadi sumber pemasukan yg perkembangannya paling melaju pesat.

Karena itu, bertandang ke Dubai baik itu untuk berlibur atau urusan bisnis pastinya akan menjadi sebuah pengalaman yang cukup mengesankan.

Nah, kamu mau tau apa aja tempat wisata di kota Dubai yang wajib dikunjungi? Berikut beberapa daftarnya:

Burj Al Arab

Foto By @andympics

Burj Al Arab adalah salah satu properti mewah di Dubai yg dibangun di atas sebuah pulau buatan. Selain bentuk bangunan yang cukup unik, akomodasi ini juga mendapatkan gelar sebagai hotel paling tinggi ke-4 di dunia.

Karena memiliki bentuk unik, Burj Al Arab yang terdiri dari 66 lantai tersebut berhasil menjadi ikon dari kota Dubai. Properti ini cocok bagi kamu yg ingin menikmati berbagai fasilitas mewah kelas dunia.

Jumeirah Beach

Foto By @the_lives_of_aoa

Pantai Jumeirah yang sangat terkenal di Dubai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Membentang hingga sejauh 7 km, spot tersebut terbagi menjadi 7 bagian dengan keunikannya sendiri-sendiri.

Pantai Jumeirah memang patut menjadi salah satu tempat wisata karena mempunyai pasir yg putih dan air laut berwarna biru bersih. Karena keindahannya tak sedikit wisatawan yg menjadikannya sebagai lokasi hunting foto-foto instagramble.

Foto-foto keindahan pantai ini pun sudah banyak tersebar di internet, kamu bisa download untuk dijadikan wallpaper gadget.

Dubai Mall

Foto By @dubaimall_

Dubai mall adalah tempat wisata selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan terutama buat kamu yg punya hobi berbelanja.

Mal ini adalah tempat perbelanjaan terluas di Dubai sekaligus salah satu mall paling besar di dunia. Berbagai butik dan toko terkenal bisa ditemukan di sini.

Nah, demikianlah info seputar gambar kota Dubai yang mewah dan megah itu. Sangat menarik bukan? Bagaimana, kamu punya rencana ingin mengunjunginya?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.