Foto By @jalanjalanterus

10 Gunung di Jepang Yang Menawarkan Wisata Pendakian Terbaik

Diposting pada

Selain terkenal dengan budaya serta fashion-nya, Jepang juga cukup dikenal karena memiliki ratusan gunung-gunung indah dan menawan.

Terdapat kurang lebih 109 berapi aktif di Jepang dan 10 persen diantaranya merupakan gunung api aktif di dunia. Jadi, merupakan satu hal yg wajar jika budaya serta tradisi masyarakat di Negara Tirai Bambu ini dipengaruhi oleh puncak-puncak di sekelilingnya.

Ada juga beberapa gunung tidak aktif dan menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan. Tokyo adalah salah satu kota yang memiliki banyak objek pegunungan dan kerap dijadikan tempat pendakian ataupun lokasi rekreasi.

Dari ratusan jumlahnya, ini dia 10 gunung di Jepang yang bisa kamu jadikan spot pendakian ataupun tujuan wisata.

1. Gunung Fuji

Foto By @janakalous

Puas menaklukkan Ungaran di Semarang dan Sibayak di Sumatera Utara, Indonesia, kini saatnya kamu untuk menjejaki gunung Fuji yang merupakan simbol negara Jepang.

Lokasinya berada di Prefektur Shizouka dengan Honshu, pulau terbesar di Jepang. Saat musim dingin tiba, puncak tertinggi yang juga dikenal dengan nama Fujiyama dan kerap dijadikan soal TTS ini selalu ditutupi oleh salju.

Para wisatawan biasanya mendakinya saat malam hari, agar bisa melihat indahnya matahari terbit dari puncak Fuji yang disebut-sebut sebagai rumahnya Dewi Sengen-Sama ini. Ia juga dianggap suci oleh penganut kepercayaan Shinto di Jepang.

Dibalik keindahannya, puncak ini juga mempunyai satu spot yang penuh misteri dan menjadi tempat bunuh diri paling terkenal di Jepang, namanya yaitu hutan Aokigahara. Entah sudah berapa banyak kematian terjadi disini.

2. Gunung Takao

Foto By @elizabeth_peru_photography

Spot populer satu ini juga dikenal dengan nama Mount Takaosan. Takao memang tidak terlalu tinggi, namun cocok buat dijadikan tempat pendakian baik bagi para pemula ataupun professional.

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan pemandangan alam, Mount Takao bisa dijadikan pilihan. Disana, terdapat beberapa jalur yang bisa dijadikan alternatif.

Bila di China disediakan ekslator untuk menikmati pemandangan gunungnya, maka di Takao tersedia kursi gantung. Selain memiliki panorama memukau, di puncak ini juga terdapat sebuah kuil bernama Kuil Budha Yakuoin.

3. Gunung Kumotori

Foto By @pantachogon

Kumotori ini tidak hanya menyajikan pemandangan alam terindah, namun juga termasuk puncak tertinggi di kota Tokyo. Tak sedikit penduduk Negara Sakura yang menjadikannya sebagai pilihan untuk menghabiskan waktu liburan.

Selain memiliki kuil tercantik, Kumotori juga dilengkapi petunjuk jalan. Target pertama para wisatawan disini biasanya adalah Kirimo-ga-mine, salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Mount Asama, gunung yang baru-baru ini dikabarkan kembali meletus.

Untuk mencapai puncaknya dibutuhkan waktu 90 menit. Rasa lelah dalam perjalanan akan terbayar saat kamu melihat keindahan pemandangan kota Tokyo dari ketinggian Kumotori.

4. Gunung Mihara

Foto By @casbam

Gunung berketinggian 758 mdpl ini disebut-sebut sebagai surganya Tokyo karena menawarkan keindahan dan pemandangan alam yang begitu menakjubkan.

Letak dari Mihara sendiri berada di pulau Izu Oshima. Ia dianggap keramat karena merupakan salah satu gunung suci di Jepang atau biasa disebut Gojinkasama, yakni puncak dengan api menyala dari dewa.

Memiliki keindahan yang tidak kalah mempesona dari gunung Pelangi di Peru, tak heran bila banyak acara TV yang tertarik mengulas dan menjadikann Mount Mihara sebagai lokasi shooting-nya.

5. Gunung Aso

Foto By @sirihsarah

Mount Aso yang disebut-sebut sebagai gunung api terbesar di Jepang ini, secara administratif terletak di Prefektur Kumamoto dan menurut catatan, ia sudah meletus beberapa kali sejak 100.000 tahun lalu.

Aso memiliki keindahan nyata yang tak kalah mempesona dengan Mount Haruna (gunung Akina dalam manga Initial D). Uniknya lagi, disini terdapat sebuah goa besar, yang merupakan bentukan dari kalderanya.

Dengan pesonanya, tak sedikit wisatawan yang sengaja datang berkunjung kesini dan menjadikan pemandangannya sebagai latar untuk berburu foto-foto ataupun gambar instagramable.

6. Gunung Wakakusa

Foto By @blooming_aj

Mount Wakakusa merupakan simbol kota Nara. Ini termasuk salah satu spot pendakian termudah di Jepang karena jalur menuju ke puncaknya sudah tersedia dengan baik.

Memiliki ketinggian sekitar 350 meter diatas permukaan laut, puncak Wakakusa kerap dijadikan lokasi untuk merayakan festival kembang api oleh masyarakat kota Nara.

Puncak Wakakusa juga menjadi titik terpopuler untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Uniknya lagi, kamu bisa menikmati panorama kota Nara di malam hari sembari ditemani kawasan rusa-rusa.

7. Gunung Norikura

Foto By @hideki.sasahara

Puncak yang merupakan bagian dari pegunungan Hida ini berdiri di ujung selatan Alpen. Meski memiliki tinggi mencapai 3.000 meter, namun jalur pendakiannya terbilang cukup ramah bagi siapapun.

Beragam pesona indah ditawarkan oleh Mount Norikura ini mulai dari snow grouse, sebuah Monumen Alam Spesial, sampai Dicentra Peregrina, ratu tanaman alpine yang eksotis.

8. Gunung Hakodate

Foto By @alan_travellingfoodies

Terletak di ketinggian 344 meter diatas permukaan laut, Hakodate juga termasuk salah satu spot pendakian di Negeri Sakura yang ramah bagi siapapun. Makin malam, biasanya tempat ini semakin ramai diburu pengunjung.

Pasalnya, pemandangannya di malam hari begitu spektakuler dan menjadi tempat wisata terbaik ketiga setelah Mount Inasa di Sagaki. Bagaimana, tertarik mengunjunginya?

9. Gunung Inasa

Foto By @welcomekyushu

Seperti telah disinggung pada list sebelumnya, Inasa mountain merupakan salah satu spot terbaik lainnya untuk menikmati keindahan kilauan lampu-lampu saat malam hari.

Memiliki ketinggian sekitar 333 meter diatas permukaan laut, Mount Inasa menjadi salah satu wisata pegunungan terlengkap di Jepang karena telah dibekali dengan penginapan, restoran dan sumber air panas.

10. Gunung Misen

Foto By @sami_ben

Mount Misen ini sudah dianggap suci sejak zaman kuno. Letaknya berada di pulau Miyajima. Konon katanya, spot tersebut adalah saksi pertama agama Budha disebarkan oleh Kobo Daishi, yaitu sekte pendiri Singon.

Berdiri tegak pada ketinggian 535 mdpl, sore hari adalah waktu paling tepat untuk menikmati keindahan panorama Laut Pedalaman Seto dan pulau-pulau kecil di sekitar Mount Misen.

Sebagai salah satu lokasi yang keramat dan dianggap suci, membuatnya kental akan nuansa spiritual, terbukti dengan adanya sederet bangunan penting bagi agama Budha.

Itulah beberapa gunung-gunung di Jepang yang cukup ramah untuk didaki. Jadi, kamu tertarik melihat pesona keindahan Negeri Sakura dari puncak mana nih?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.