Foto By @endangguntorocanggu

Ini Dia 10 Gunung di Lampung Yang Cocok Untuk Spot Pendakianmu

Diposting pada

Bagi kamu para pejiwa petualang, sederet pegunungan di provinsi Lampung ternyata memiliki tantangan tersendiri. Daya tarik yang ditawarkan pun tak kalah menarik bila dibandingkan dengan sejumlah gunung sohor di pulau Jawa.

Keindahan serta tantangan khas itu diyakini dapat membayar semua lelah perjalanan saat mencapai puncaknya. Nah, buat kamu yang sedang mencari spot pendakian di kota Lampung, JejakPiknik punya beberapa daftar gunung paling pas buat dijadikan destinasi.

Kalau kita search di mesin pencarian google tentang “gunung di Lampung”, berbagai artikel asing terkait kata kunci akan bermunculan, dari mulai kasus perampasan lahan, sengketa lahan di daerah gunung Balak sampai nama kecamatan Gn.Sugih, hotel dan lainnya.

Namun bukan itu pembahasan kali ini, lupakan! Kareena yang akan kita bahas bukanlah tentang hal tersebut melainkan mengenai objek wisata gunung di Lampung.

Nah, penasaran kan? Tanpa basa-basi lagi, ini dia 10 daftar gunung di Lampung yang pas buat dijadikan referensi spot pendakian. Apa saja itu? OK, check it out!

1. Gunung Pesagi

Foto By @pariwisata_lampungbarat

Dengan ketinggian mencapai 2.389, Pesagi mountain disebut-sebut sebagai puncak tertinggi di Lampung. Bahkan kabarnya, gunung yang berada di kabupaten Liwa ini, keindahan alamnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pasalnya, dari puncak Pesagi ini kamu dapat menikmati keindahan kawasan Lampung Barat, Pemukiman Penduduk OKU, Danau Ranau dan Laut Lepas Belimbing.

Selain itu, Pesagi juga punya keistimewaan lainnya lewat jalur pendakiannya yang terkenal cukup menantang dan di sepanjang perjalanan, kamu pun akan disuguhi keindahan bunga anggrek serta keanekaragaman satwa liar.

Menurut warga sekitar, puncak pesagi ini sarat akan cerita misteri, dimana satu dari tujuh sumur yang ada disana kerap mengeluarkan aroma seperti minyak wangi.

2. Gunung Tanggamus

Foto By @pendaki_lampung

Terletak di kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, spot pendakian berketinggian 2.100 meter diatas permukaan laut yang sudah tidak aktif ini menempati posisi sebagai gunung tertinggi kedua di Lampung.

Memiliki keunikan dan tantangan tersendiri membuat puncak Tanggamus banyak diburu oleh para pendaki ataupun wisatawan pecinta alam. Untuk menuju lokasi, jalur paling umum digunakan adalah melalui Gisting.

Dengan tebing cukup terjal, kamu diharuskan berhati-hati saat mendaki Mount Tenggamus ini. Di sepanjang perjalanan menuju puncak, hutan lumut eksotis akan memanjakan setiap pandanganmu.

Diketahui bahwa Mount Tenggamus mengandung potensi emas yang sangat berlimpah. Tak heran jika sampai saat ini, ia menjadi rebutan para pemilik tambang.

3. Gunung Rajabasa

Foto By @galih1122

Mount Rajabasa yang terletak di Lampung Selatan ini, posisinya berada tepat diantara kabupaten Kalianda dan Pelabuhan Bakauheni. Ketinggiannya sendiri sekitar 1.281 meter diatas permukaan laut.

Berbeda dengan gunung lainnya, sisi selatan Rajabasa ini berhadapan langsung dengan laut lepas dan memiliki sejumlah tempat wisata yang eksotis.

Selain wisata pantai, sisi selatan Rajabasa juga memiliki beberapa air terjun eksotis dan sumber air panas Way Belerang. Sementara di seberang lautan, daya tarik pulau Sebesi serta Taman Nasional Gunung Krakatau tersaji dengan begitu indah.

4. Gunung Seminung

Foto By @b_a_n_g__z_u_l

Seminung menjadi salah satu spot yang wajib ditaklukkan oleh para pendaki di Lampung. Berdasarkan catatan berbagai sumber, ketinggiannya sekitar 1.885 meter diatas permukaan laut.

Seminung terletak di sebelah barat laut kabupaten Liwa, tepatnya di daerah perbatasan antara Lampung dengan Sumatera Selatan. Dan puncaknya menyajikan panorama indah danau Ranau.

Karena masih jarang dijamah pendaki, fasilitas di Seminung terbilang sangat minim. Sehingga bagi para pemula yang ingin naik ke puncak, disarankan untuk menggunakan guide atau “kuncen” (orang yang sudah menguasai trek lokasi).

5. Gunung Anak Krakatau

Foto By @ilovelampung

Siapa sih yang tak kenal dengan gunung Anak Krakatau? Mungkin dari kita, banyak mengira kalau letak dari spot satu ini berada di Banten, padahal sebenarnya ia masuk dalam wilayah provinsi Lampung.

Nah, untuk mendaki ke puncaknya, pertama kamu harus menyebrang terlebih dahulu ke pulau Sebesi dari Dermaga Canti, di kec.Rajabasa, Lampung Selatan.

Sama seperti Merapi di Jogja, Anak Krakatau ini juga masih aktif dan menurut catatan, tingginya masih akan semakin bertambah.

Gunung berapi di perairan Selat Sunda yang sudah aktif sejak tahun 1972 tersebut memiliki ciri tanah berpasir, jadi kamu harus hati-hati saat mendakinya. Dan menurut berita, baru-baru ini Anak Krakatau dikabarkan telah meletus sebanyak dua kali.

6.Gunung Betung

Foto By @ikhwansaputra07

Mount Betung adalah salah satu gunung yang letaknya sangat dekat dengan pusat kota Bandar Lampung. Secara administratif, wilayahnya masuk ke dalam beberapa kecamatan di kabupaten Pesawaran yakni Padang Cermin, Way Lima, Gedong Tataan dan Kedondong.

Dan tercatat, bahwa Mount Betung merupakan bagian dari kawasan konservasi yakni Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman. Ketinggiannya cuma sekitar 1.640 mdpl dan treknya pun tidak terlalu berat, sehingga cocok buat dijadikan spot pendakian bagi para pemula.

Bagi para penggiat alam yang suka berkemah, Betung selalu menjadi tempat favorit. Selain keindahannya menakjubkan, ia juga mempunyai beberapa potensi wisata menarik seperti air terjun serta tebing-tebing menawan.

7. Gunung Rindingan

Foto By @backpackerlampung.id

Nah, spot pendakian berikutnya ini letaknya di kabupaten Tanggamus, lebih tepatnya di kecamatan Pulau Panggung. Untuk menuju lokasi, dari kota Bandar Lampung dibutuhkan waktu sekitar 3 jam berkendara.

Enaknya berwisata ke Rindingan, kamu bisa menikmati pemandangan alami dan mencium harumnya bunga-bunga kopi. Memiliki ketinggian sekitar 1.608, menjadikannya sebagai salah satu favorit para pendaki pemula.

8. Gunung Sekincau

Foto By @rafisdaris_f

Sesuai dengan namanya, puncak tinggi di Lampung ini letaknya di kecamatan Sekincau dan ketinggiannya berada pada 1.718 meter diatas permukaan laut.

Selain pemandangannya yang indah, di Sekincau ini terdapat sebuah air terjun cantik nan unik. Bukan hanya pendaki, wisatawan pecinta alam pun kerap menjadikannya sebagai destinasi untuk mencari ketenangan.

9. Gunung Suoh

Foto By @stombel.id

Memiliki ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut, gunung yang terletak di kecamatan Suoh ini juga merupakan salah satu puncak tinggi di provinsi Lampung dan kerap menjadi spot pendakian bagi para pemula yang belajar mendaki.

Mengoleksi beberapa danau vulkanik di sekitarnya, membuat Mount Suoh yang terletak di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS ) ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

10. Gunung Pesawaran

Foto By @petualangsablenk

Sama seperti namanya, gunung satu ini terletak di kecamatan Kedondong, kabupaten Pesawaran dengan ketinggian sekitar 1.662 meter diatas permukaan laut.

Memiliki kondisi alam begitu asri dengan medan pendakian cukup menantang, tak sedikit pendaki pemula yang tertantang ingin menaklukkan Mount Pesawaran ini.

Itu dia 10 daftar gunung yang ada di Lampung. Silahkan tambahkan informasi lain di kolom komentar jika ada info tambahan dan terima kasih sudah berkunjung ke JejakPiknik.com.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.