Foto By @id.pejalankaki

10 Gunung di Magelang Yang Menjadi Favorit Para Pendaki

Diposting pada

Untuk urusan wisata, kota Magelang di Jawa Tengah memang jagonya. Pasalnya, daerah satu ini memiliki keindahan tersendiri untuk dijelajahi, dari mulai Candi Borobudur yang terkenal di dunia hingga sederet pegunungannya.

Berbicara tentang wisata gunung, mendaki menjadi kegiatan paling menyenangkan. Tak hanya dapat menenangkan pikiran, namun juga bisa meningkan kesehatan jantung.

Apakah kamu ingin merasakan manfaat-manfaat tersebut? Pergilah ke salah satu gunung di Magelang, Jawa Tengah. Tak hanya satu, ada banyak yang bisa didatangi.

Lantas, apa saja sih nama gunung di Magelang yang banyak diburu para pendaki? Let’s check this out!

1. Gunung Merapi

Foto By @jalanjalandijawa

Gunung Merapi adalah salah satu yang paling banyak diburu oleh mereka penyuka tantangan dan termasuk tipe teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatannya berada di kabupaten Sleman.

Sementara sisanya terletak di Magelang di bagian barat, Boyolali di sebelah utara dan timur, lalu di sisi tenggaranya ada kabupaten Klaten. Untuk kawasan hutan di sekitar puncak masuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Merapi sejak 2004.

Meski sudah meletus beberapa puluh kali namun Merapi satu ini selalu menjadi tempat pendakian paling populer di Jawa Tengah. Bisa dipastikan karena memiliki daya tarik yang mempesona.

Ada 2 jalur untuk naik menuju puncak. Pertama melalui desa Kinaharjo dan kedua, lewat Selo, Kab.Boyolali. Saat sudah sampai disana, sempatkan mampir ke Ketep Volcano Theater ya, supaya bisa menikmati film tentang fenomena Gunung Merapi.

2. Gunung Merbabu

Foto By @watonnanjak

Gunung api bertipe strato yang selalu masuk dalam daftar Festival 5 Gunung ini secara administratif berada kota Magelang di sebelah barat, Boyolali di timur dan selatan, lalu Semarang di bagian utara.

Merbabu ini memiliki ketinggian 3.145 mdpl. Dari bagian puncaknya, kamu dapat menikmati keindahan pemandangan matahari terbit dan padang rumput menawan. Cocok buat yang suka hunting foto atau gambar-gambar kece.

Merbabu ini medannya tidak terlalu berat namun udaranya cenderung dingin, kabut disekitarnya pun tebal serta ketiadaan sumber air menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang ingin naik ke puncak.

Untuk menuju kesana, kamu bisa melalui jalur Wakas, Magelang atau Selo dari Boyolali maupun dari Chuntel, Kopeng kota Salatiga.

3. Gunung Sumbing

Foto By @pergipedia

Memiliki ketinggian 3.371 mdpl, Mount Sumbing menjadi salah satu destinasi tepat bagi mereka penyuka tantangan. Lokasinya terletak di sisi barat kabupaten Magelang dan berbatasan langsung dengan Wonosobo serta Temanggung.

Terdapat beberapa jalur yang dapat kamu tempuh yakni melalui Cepit Parakan di bagian timur, Bogowongso di sisi barat ataupun via desa Garung di sebelah utara.

Sederet keindahan pemandangan dari Sumbing mountain ini siap untuk memanjakan matamu dari mulai sunrise, hutan pinus, kawah sampai padang savanna. Sunset-nya pun begitu indah, cocok buat dijadikan latar pengambilan gambar yang instagramable.

4. Pegunungan Menoreh

Foto By @pesonabukitmenoreh

Berada di sebelah barat daya kota Magelang dan di timur kabupaten Purworejo, pegunungan Menoreh ini juga siap memanjakan matamu dengan keindahan bunga anggrek yang bermekaran.

Jika dilihat dari candi Borobudur, bentuknya menyerupai sosok yang sedang tidur di atas bukit. Menjejaki bagian puncak Angkremnya, jangan lupa siapkan kamera beresolusi tinggi. Foto-foto hasil tangkapanmu disini pasti akan banyak dapat “like” di media sosial.

5. Gunung Telemoyo

Foto By @beautifuldestinationsindonesia

Terletak di wilayah Semarang dan Magelang, Jawa Tengah, Telemoyo ini memiliki ketinggian 1.894 mdpl. Gunung api bertipe strato tersebut tercatat belum pernah meletus sekalipun.

Kamu bisa melihatnya dari Ambarawa, Salatiga dan Secang, kab.Magelang. Untuk menaikinya, dapat menggunakan kendaraan atau jalan kaki. Keindahan Rawa Pening terlihat begitu jelas dari puncak Telemoyo ini.

Selain bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya, aktivitas lain yang tidak boleh kamu lewatkan disini adalah menyaksikan panorama dari landasan paralayang.

6. Gunung Tidar

Foto By @magelangzone

Berada tepat di tengah-tengah kota Magelang, gunung Tidar ini tidak bisa dipisahkan dari pendidikan militer sebab banyak kegiatan akmil yang dilakukan disini.

Dikenal sebagai Pakunya Tanah Jawa dan berada pada ketinggian 503 meter, Tidar tercatat memiliki sejarah dalam hal perjuangan bangsa. Asal muasal dinamakan demikian, ada banyak versinya.

Salah satu versinya berasal dari kata “modar dan mati”. Jadi karena angker, kalau ada pengunjung yang datang, kalau tidak mati ya modar. Saat menapaki jalan setapaknya, kamu akan menemukan makam Syaikh Subakir, yaitu penakluk gunung Tidar.

7. Gunung Andong

Foto By @gunungandong

Tipe perisai yang terletak di Magelang ini berbatasan langsung dengan kab.Semarang dan Salatiga. Memiliki ketinggian 1.726 mdpl, sampai sekarang gunung Andong tercatat belum pernah meletus.

Namanya memang tidak terlalu populer, namun spot ini merupakan salah satu tempat favorit para pendaki pemula. Hal tersebut dikarenakan ia memiliki trek cukup ringan dan hanya butuh waktu 2 jam saja untuk sampai pada puncaknya.

Dari Andong ini, kita bisa menikmati keindahan matahari terbit, samudera awan, view 4 puncak dan air terjun sumuran. Jangan lupa kenakan pakaian yang cocok untuk mendaki ya, kamu bisa membelinya di toko perlengkapan naik gunung di sekitar kota Magelang.

8. Gunung Sindoro

Foto By @temanggungkita

Berdampingan dengan Sumbing dan memiliki ketinggian 3.153 mdpl, Mount Sindoro juga menjadi salah satu tempat pendakian favorit bagi mereka yang suka tantangan.

Sindoro sendiri merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah dan terkenal memiliki keindahan yang bisa membuat siapapun terpesona.

Dari atas puncaknya akan disuguhi panorama hamparan padang edelweiss, kawah Jolotundo dan bila beruntung kamu bisa menyaksikan ritual unik 1 Sura.

9. Gunung Kukusan

Foto By @nj_arie

Dikenal juga dengan nama Puncak Kendeng dan berada di area wisata bukit Menoreh, gunung Kukusan menjadi satu buruan para pemburu sunrise di Jawa Tengah.

Terdapat 2 puncak yang bisa kamu singgahi yakni Kendeng dan Dempok. Untuk mengaksesnya, dapat menggunakan roda dua ataupun roda empat. Bagaimana, tertarik ingin mengunjunginya?

10. Gunung Giyanti

Foto By @magelang

Untuk para pemburu keindahan matahari terbit, kamu bisa mengunjungi puncak Gunung Giyanti. Tak perlu takut menguras tenaga, karena medan yang dilalui cukup ringan dan cocok buat pendaki pemula.

Memiliki ketinggian 1200 mdpl, Giyanti terletak di desa Balesari, Kecamatan Windusari, Kab.Magelang, Jawa Tengah. Dikelola dengan baik oleh warga setempat, membuatnya memiliki sederet fasilitas memadai, seperti taman dan sejumlah spot foto.

Demikianlah informasi 10 daftar gunung di Magelang yang bisa JejakPiknik berikan, semoga dapat membantu kamu yang ingin berlibur ke sana ya!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.