Beppa Janda, gambar By @dapurtanpakata

13 Jajanan dan Kue Khas Bugis Untuk Memanjakan Perutmu

Diposting pada

Sulawesi Selatan adalah sebuah provinsi yang memiliki beragam magnet untuk menarik wisatawan mancanegara maupun nusantara. Salah satunya adalah kuliner khasnya yang tidak kalah enaknya dengan daerah lain seperti kuliner Bangka, betawi, dan lainnya.

Tidak hanya makanan berat seperti sop barobbo dari sagu, kapurung, dan lain-lain, tetapi juga ada berbagai kue khas Bugis yang tidak kalah enaknya dengan kudapan daerah lainnya maupun jajanan kekinian.

Beberapa kue tradisional khas Bugis adalah katirisala, jungkir balik, jatuh bangun, kaddo boddong, palopo, tumbuk, tarajju atau taraju, dan lain-lain. Nah, kira-kira apa lagi yah?

Berikut ini merupakan berbagai macam jajanan dan kue khas Bugis yang harus dicoba ketika kulineran di Sulawesi Selatan:

1. Roti Berre

Foto By @beppa_beppa

Roti werre atau berre merupakan salah satu kue basah yang dibuat dari pisang dan tepung beras. Kudapan dengan bentuk bundar ini memiliki satu sisi yang melengkung dan tampak putih karena mengembang sementara sisi lainnya agak hitam disebabkan panasnya wajan.

Kue ini hanya terdapat di beberapa tempat, yakni di Kabupaten Sidrap dan Wajo, Sulawesi Selatan. Kalian bisa menemukannya di pedagang kaki lima dengan harga Rp. 5.000 untuk delapan buah roti lengkap beserta sausnya. Nah, murah kan harganya?

2. Kue Baruasa

Foto By @dapoermama171

Kalo kue yang satu ini merupakan salah satu kue kering yang terdapat di daerah Bone, Sulawesi Selatan. Kudapan dengan bentuk bulat tersebut terbuat dari bahan dasar tepung beras dan kelapa parut yang disangrai.

Ada dua varian rasa kue baruasa, yaitu original dengan menggunakan gula pasir atau campuran gula merah. Kudapan ini juga sangat cocok bila dihidangkan bersama teh atau kopi panas.

Kue ini banyak ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Sulawesi Selatan dengan harga yang bervariasi, per kotaknya berkisar antara Rp. 20.000 hingga 50.000.

3. Barongko

Foto By @uulinuhaz

Jenis makanan yg satu ini dulunya merupakan hidangan penutup untuk raja-raja Bugis. Barongko adalah hidangan yang terbuat dari bahan dasar pisang yg dihaluskan, gula pasir, garam, telur, dan santan.

Kue yang berasal dari Pinrang ini dibungkus daun pisang dan membuatnya pun tidak sulit. Buat yg tertarik melihat dan mencoba secara langsung, kalian bisa cari di toko oleh-oleh yg ada di Makassar. Biasanya dijual dengan kisaran harga di bawah Rp. 20.000 per buahnya.

4. Apang Paranggi

Foto By @kitchenjourneywithyv

Apang paranggi adalah kue yang dibuat dengan bahan dasar gula aren dan tepung terigu. Tidak hanya Sulawesi Selatan, kudapan ini juga ada di daerah lain dengan nama yang berbeda. Misalnya, di Jawa disebut apem dan di Kalimantan dikenal sebagai apam.

Kalian bisa membeli kue apang paranggi di berbagai toko roti yang ada di Sulawesi Selatan. Harga untuk satunya juga tidak terlalu tinggi alias ekonomis bagi kantong semua kalangan, yakni masih di bawah Rp. 5.000 per buahnya.

5. Sikaporo

Sikaporo merupakan salah satu jajanan dengan julukan kue Bugis yang sudah mulai jarang ditemukan. Padahal, dulunya merupakan makanan bangsawan suku Bugis lho! Kini, kudapan jenis ini dapat ditemukan di acara penting seperti pernikahan.

Sikaporo terdiri dari dua lapis, namun bisa juga hanya satu lapis, yakni jenis sikaporo pandan alias kadoppe. Sekilas, teksturnya mirip dengan talam. Jika kalian ingin mencoba, beberapa toko online menjual dengan harga sekitar Rp. 50.000 per loyangnya.

6. Biji Nangka

Foto By @kue_bugis_tradisional

Memiliki bentuk yang mirip dengan biji nangka dan warna yang kuning membuat banyak orang menjuluki jajanan ini sebagai biji nangka. Namun, sebenarnya kudapan tersebut terbuat dari kentang, gula pasir, kenari, telur, dan pewarna oranye.

Jika ingin mencobanya, banyak toko kue di Makassar yang sudah menjual jajanan khas Bugis ini. Kalian bisa membeli dengan harga yang relatif murah, yakni di bawah Rp. 10.000 per buahnya.

7. Taripang

Foto By @oei_jesslyn

Ada lagi nih, kue khas Bugis yang cukup terkenal di Sulawesi Selatan, yaitu taripang. Kudapan ini merupakan kue yang terbuat dari tepung ketan dengan gula merah yang dicairkan.

Beberapa pasar tradisional di Sulawesi Selatan menjual kue ini dengan harga Rp. 1.000 per buahnya. Nah, jika ingin coba untuk bikin sendiri di rumah, kalian bisa ikuti resep yang ada di internet. Cara membuatnya pun terbilang cukup sederhana lho!

8. Kue Sengkang

Foto By @bentolsilajara

Nah, kalo yg satu ini merupakan makanan khas dari Kepulauan Selayar. Bentuknya yang mirip dengan Candi Borobudur membuat orang sering menjuluki kudapan tersebut sebagai kue Candi Borobudur.

Dulu, hanya orang-orang tertentu yg bisa mencicipi kue ini. Namun, kini telah dijual bebas, bahkan dijadikan kue lebaran. Kalian bisa dengan mudah menemukan di pasar tradisional, Pelabuhan Pamatata, dan warung. Harga per bungkusnya sekitar Rp. 5.000.

9. Bolu Cukke

Kalo kue tradisional yg satu ini berbeda lho dengan kue khas Bugis lainnya. Bentuknya mungil dan terlihat padat. Kudapan yg berasal dari Soppeng dan Barru ini dibuat dari tepung beras lalu diberikan gula merah saat pembuatannya.

Dengan taburan gula putih, kue ini akan terasa manis di lidah. Kuedapan tersebut bisa kalian temukan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh dengan harga Rp. 20.000 per bungkusnya.

10. Kue Uhu Uhu

Foto By @atiek_asadel

Nah, untuk kudapan tradisional yg satu ini berasal dari daerah Bulukumba. Kue tersebut merupakan adonan yg dibentuk menjadi jaring laba-laba kemudian dilumuri gula aren baru digoreng.

Jenis camilan yg satu ini sangat cocok jika dimakan bersama dengan keluarga sambil minum teh atau kopi. Kue uhu-uhu banyak dijual di pedagang kaki lima dengan harga yang cukup murah, yakni Rp. 2.000 per buahnya.

Namun, bagi yg ingin membuat sendiri di rumah, kalian bisa cari resepnya. Langkah-langkah pembuatannya cukup murah untuk diikuti lho!

11. Cucuru Bayao

Foto By @mypattiserie_mksr

Kuapan satu ini memiliki tekstur yg lembut dan juga cita rasa manis. Dalam bahasa Makassar, “cucuru” berarti kue dan “bayao” berarti telur, maka bila diartikan menjadi kue dengan bahan dasar telur.

Hidangan ini bisa ditemukan di toko-toko kue konvensional ataupun online ya! Harga per buahnya pun masih murah, yakni di bawah Rp. 5.000.

12. Beppa Janda

Beppa Janda, gambar By @dapurtanpakata

Dengan warna coklat, rasa manis dan legit, serta empuk saat digigit membuat kue ini digemari banyak orang. Kalian bisa menemukannya 1 kilometer dari Pasar Ma’rang, Pangkep, Sulawesi Selatan dengan harga Rp. 400 – 500 per buahnya lho!

13. Kue Tetu

Kue pelita atau sering disebut juga kue tetu merupakan salah satu jajanan tradisional yg sering dijadikan takjil saat bulan puasa. Ciri khas dari kudapan yang terbuat dari tepung beras tersebut salah satunya adalah disajikan dengan dibungkus daun pandan.

Jajanan ini masih bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional ya, baik di Makassar maupun di Jakarta dengan harga per buahnya cukup murah, yakni di bawah Rp. 10.000.

Itulah aneka nama jajanan tradisional dan kue khas Bugis yg bisa dicoba ketika berkunjung ke daerah Sulawesi Selatan lengkap beserta gambar. Beberapa dijadikan kudapan saat hari besar. Jika kalian ingin tau lebih lanjut, bisa cek di google atau brainly.

Lalu manakah favoritmu?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.