Bakmi Kadin, Sang Kuliner Legendaris Jogja Yang Cocok di Lidah Semua Orang

Diposting pada
Bakmi kadin jogja jawa di harga menu yogyakarta review bintaran yang terkenal buka jam alamat 2020
Foto by instagram.com/driver_santri_krapyak/

Alamat: Jalan Bintaran Kidul Nomor 6, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, DIY 55151
Map: KlikDisini
Jam Buka: 10.30-20.30 WIB (Senin-Minggu)
No. Telp: 0274 373 396
WhatsApp:

Daftar Harga Menu

– Bakmi Godog/Goreng Tanpa Telor Rp.11.000,-
– Bakmi Godog/Goreng Telor Rp.17.000,-
– Cap Cay Godog/Goreng Tanpa Telor Rp.11.000,-
– Cap Cay Godog/Goreng Telor Rp.17.000,-
– Bakmi Istimewa Godog/Goreng Tanpa Telor 18.000,-
– Bakmi Istimewa Godog/Goreng Telor Rp.20.000,-
– Bakmi Spesial Godog/Goreng Tanpa Telor Rp.23.000,-
– Bakmi Spesial Godog/Goreng Telor Rp.25.000,-

Daftar Harga Minuman

– Bajigur Rp.5.500,-
– Tape Rp.5.000,-
– Jeruk Rp.6.000,-
– Teh Rp.4.000,-
– Es Batu Rp.1.000,-

HTM: Gratis
Parkir Motor: Rp.2.000,-
Parkir Mobil: Rp.3.000,-

Foto by instagram.com/yusrosajalah/

Bakmi & Bajigur Kadin Mbah H. Karto adalah salah satu tempat makan atau restoran yang cukup populer di Jogja. Menu hidangan utama yang disajikan disini adalah Mie Jawa.

Tidak ada tiket khusus yang perlu kamu keluarkan untuk bisa memasuki area warung makan ini. Budget yang perlu kamu siapkan hanyalah untuk membayar menu makanan dan minuman pesananmu saja.

Selebihnya kamu bisa menyisihkan sedikit receh uangmu untuk membayar karcis parkir kendaraan. Jika tertarik untuk makan di Bakmi Kadin ini setidaknya kamu harus membawa uang sekitar 50ribu untuk seorangnya.

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/adityahendraa/

Buat kamu yang lahir atau tinggal di Jogja pasti sudah familiar banget nih dimana lokasi Bakmi Kadin ini berada. Yap. Bakmi Kadin berlokasi di Jalan Bintaran Kidul Nomor 6, Wirogunan.

Lokasi Kedai Bakmi ini sangat dekat dengan kawasan Malioboro Yogyakarta. Bahkan jika dihitung jaraknya hanyalah sekitar 1,7 kilometer saja dengan estimasi waktu tempuh kira-kira 7 menitan menggunakan kendaraan motor atau mobil.

Nah buat yang kepengen ke Bakmi Kadin tapi belom tau rute jalanannya, nggak usah khawatir karena disini kami akan menjelaskan secara singkat kemana kamu harus melangkah.

Jika dari arah Malioboro Jogja, kamu harus ke Jalan Suryatmajan terlebih dahulu. Caranya yakni dengan pergi ke arah selatan dari Jalan Malioboro sejauh 230 meter. Setelah itu jalan terus ke Jalan Jenderal Ahmad Yani/Jl. Margo Mulyo.

Dari sana belok kiri ke arah Jalan Panembahan Senopati sekitar 900 meter. Lurus terus sampai menemukan Superindo Sultan Agung. Jika sudah menemukan supermarket tersebut, beloklah ke kanan menuju Jalan Bintaran Kulon.

Posisi Kedai Bakmi Kadin ini berada di sebelah kanan jalan tak jauh dari pertigaan Superindo Sultan Agung jaraknya sekitar 46 meter.

Bila ingin lebih bisa menikmati suasana perkotaan Jogja, better kamu gunakan saja transportasi tradisional seperti andhong atau becak. Sensasinya pasti akan lebih seru ketimbang kamu naik motor ataupun mobil.

Fasilitas

Foto by instagram.com/lianto_wi/

Bakmi Kadin adalah sebuah rumah makan atau restoran keluarga yang memiliki area cukup luas. Mereka mendesain bangunan restorannya agar nuansa Jogjanya tetap kental terasa.

Selain menghadirkan suasana tradisional khas Jogja, Kedai Bakmi Kadin ini juga memiliki beragam fasilitas umum yang bisa digunakan oleh para pengunjung.

Beberapa diantaranya yaitu area tempat makan yang cukup banyak dan memadai. Meskipun kamu datang kesini saat jam makan siang sekalipun, tetap bakal kedapatan tempat duduk kok, karena jumlah meja dan kursinya lumayan banyak.

Salah satu hal menarik yang ditawarkan oleh Kedai Bakmi Kadini ini adalah adanya pertunjukan live music pada malam-malam tertentu. Jadi para pengunjung bisa menikmati seporsi piring bakmi kadin sambil ditemani oleh alunan musik yang bersenandung.

Fasilitas umum lainnya yakin standart restoran yaitu seperti tempat ibadah, area parkir dan toliet. Namun sayangnya area parkir di Bakmi Kadin ini belom terlalu memadai karena masih memanfaatkan bahu jalan.

Menu Hidangan

Foto by instagram.com/disiharisma/

Dari namanya saja pasti kamu sudah bisa menebak bahwa kedai ini menjual hidangan Bakmi Jowo. Iya, Warung Bakmi Hj. Karto ini adalah salah satu kedai bakmi jowo yang sudah sangat legend dan terkenal di Jogja.

Warung Bakmi Hj. Karto ini berdiri sejak tahun 1947 dan sampai sekarang masih eksis mewarnai wisata kuliner di Jogja. Cita rasanya yang konsisten dan tidak pernah berubah menjadi salah satu selling point dari kedai bakmi ini.

Warung Bakmi Hj. Karto atau orang lebih sering menyebutnya sebagai Bakmi Kadin ini memang memiliki penggemar dimana-mana. Penyematan nama Kadin itu karena lokasi warung bakmi ini berada di dekat Kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Yogyakarta.

Foto by instagram.com/tammyfoods/

Warung Bakmi Kadin ini menyediakan banyak menu hidangan makanan dan minuman. Tentunya menu utama dari kedai ini adalah bakmi jowo. Disini para pengunjung bisa memilih 3 variasi bakmi jowo yang dipesan sesuai selera yaitu bakmi godog, bakmi goreng dan bakmi nyemek.

Satu porsi Bakmi Kadin dibanderol dengan harga yang cukup affordable yaitu sekitar 20ribuan saja. Dengan harga yang terjangkau kamu bisa mendapatkan satu piring bakmi dengan porsi mengenyangkan.

Jika mau kamu bisa memesak ekstra topping tambahan seperti ati, ampela, sayap dan kepala untuk menambah cita rasa bakminya semakin maknyus.

Foto by instagram.com/pebriatmadja/

Selain Bakmi sebagai signature menu disini, Kedai Bakmi Kadin juga punya hidangan lain yang nggak kalah menggoda, menggiurkan dan cocok sekali untuk menjadi teman makanmu apalagi kalau bukan wedang bajigur.

Wedang Bajigur ala Kedai Kadin ini memang memiliki rasa yang khas dan beda dari tempat lainnya. Saat hawa udara di Jogja sedang dingin paling enak itu makan bakmi godog kadin dan minumnya wedang bajigur. Beuh! Dijamin badanmu seketika langsung menjadi hangat.

Salah satu keistimewaan dari Bakmi Kadin ini adalah cara memasaknya masih menggunakan proses tradisional yaitu menggunakan tungku api atau orang jawa lebih sering menyebutnya Anglo, dimana bahan bakarnya memakai arang.

Foto by instagram.com/masdimasnih/

Dimana rasa dan aroma yang dihasilnya pada seporsi Bakmi Kadin ini akan terasa lebih nikmat serta harum. Rahasia lain dari gurih dan lezatnya rasa bakmi disini yaitu karena mereka menggunakan telur bebek bukan telur ayam.

Jadi, buat kamu yang baru pertama kali datang kesini harap sabar ya kalau pesananmu tak kunjung datang, karena proses memasaknya juga membutuhkan waktu cukup lama. Kalau makan disini better jangan dalam kondisi perut benar-benar kosong deh, biar kamu nggak mati kelaparan.

Daya Tarik Kedai Bakmi

Foto by instagram.com/iriantirosalina10/

Sebagai pecinta kuliner, mengunjungi Kota Jogja adalah sebuah keharusan. Dimana disini kamu bisa menemukan beragam jenis kuliner Nusantara yang rasanya bikin nagih dan ngangenin.

Gudeg memang salah satu kuliner yang tak boleh sampai dilewatkan saat berkunjung ke Jogja. Namun tahukah kamu kalau ternyata Jogja masih punya kuliner andalan yang tidak boleh sampai kelewatan juga nih yaitu Bakmi Jowo.

Sebelumnya pasti kamu sudah sering atau pernah makan bakmi jowo di kota tinggalmu. Tapi sudah pernah belom nyobain bakmi jowo khas Jogja dimana memasaknya masih menggunakan cara tradisional?

Foto by instagram.com/missflorenceli/

Nah kalau kamu penasaran pengen nyicipi bakmi jowo di Jogja, salah satu tempat yang wajib didatangi adalah Warung Bakmi Hj. Karto atau Bakmi Kadin. Tempat ini merupakan salah satu warung bakmi paling terkenal di Jogja.

Hal tersebut bisa kamu buktikan lewat banyaknya foto-foto figur atau tokoh terkenal yang pernah makan disini lalu dipanjang di seluruh sudut dinding warung bakmi ini salah satunya yaitu Presiden Soeharto.

Daya tarik dari Bakmi Kadin ini adalah meskipun konsepnya berupa restoran namun proses memasaknya masih dilakukan diatas gerobak kaki lima. Dengan menghadirkan nuansa tradisional seperti ini ternyata mampu menciptakan suasana makan yang lebih hangat dan kekeluargaan.

Oiya, sebagai informasi tambahan Kedai Bakmi Kadin ini tidak buka cabang ditempat lain ya gengs. Jadi kedainya cuman satu ini yaitu di Jalan Bintara Kidul Nomor 6. Kalau kamu menemukan kedai dengan nama yang sama di tempat lain sudah dipastikan bahwa itu tidak orisinil.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.