Ce Hun Tiaw, gambar By @razan_tata

10 Minuman Khas Dari Kalimantan Selatan Yang Enak dan Menyegarkan

Diposting pada

Pergi berlibur ke suatu kota, tentu kurang lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipinya kuliner khas dari daerah tersebut. Begitu pun saat berkunjung ke Provinsi Kalimantan Selatan.

Soalnya, selain terkenal akan kawasan pesisirnya, Kalimantan Selatan juga punya beberapa minuman khas yang patut kamu cicipi minimal sekali seumur hidup.

Kalau berbicara soal minuman khas Kalimantan Selatan, pilihannya nyaris serupa dengan beberapa sajian daerah tetangganya yang ada di Pulau Kalimantan.

Tapi apa kamu sudah tahu, apa saja minuman khas provinsi Kalimantan Selatan yang wajib dicicipi saat menjejakkan kaki disana? Daripada bingung, yuk cek langsung daftar rekomendasinya di bawah ini!

1. Es Buah Banjarmasin

Foto By @selamatmakanbali_

Es Buah selalu menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Banjarmasin. Tak heran, bila penjual jajanan tradisional ini banyak ditemui setiap sore di jalan Brigjen H.Hasan Basri.

Disini, harga seporsi Es Buah dibanderol mulai Rp.5.000 sampai Rp.7.000 saja. Selain menyegarkan, campuran buahnya pun beraneka macam, ada pepaya, timun suri, nanas, nangka dan kolang-kaling.

Tidak hanya itu, terkadang ditambahkan juga nata de coco, agar-agar serta biji selasih agar tampilannya dan rasanya semakin menggoda. Supaya manis, biasanya diberi tambahan sirup atau gula.

2. Es Nangka Selasih

Foto By cookpad.com

Dikenal sebagai kota Khatulistiwa, membuat Kalimantan Selatan memiliki cuaca yang cenderung panas. Oleh karenanya, menjadi satu hal wajar jika kita sering dilanda rasa dahaga.

Untuk mengobatinya, menikmati seporsi Es Nangka Selasih khas Banjar bisa menjadi alternatif, karena minuman ini memiliki rasa yang cukup menyegarkan.

Seperti namanya, sajian pelepas dahaga satu ini seporsinya berisi buah nangka, biji selasih, nata de coco, air perasan jeruk nipis, gula dan es batu.

Es Nangka Selasih ini juga minuman yang mudah ditemui, karena banyak dijual di warung atau kedai makan di Kalimantan Selatan dan harganya pun sangat bersahabat di kantong.

3. Es Jagung

Foto By @es_jagung_hawai_alfa_kediri

Lelah dan haus usai seharian menjelajahi kota Banjarmasin? Nah, meneguk seporsi Es Jagung bisa menjadi pilihan paling tepat untuk mengobati rasa dahagamu.

Es Jagung tak hanya terkenal di kota Pontianak, tapi juga cukup populer di daerah Banjarmasin. Jadi jangan heran kalau minuman tersebut termasuk salah satu menu khas dari provinsi Kalsel.

Seperti namanya, sajian ini bahan dasarnya terbuat dari jagung rebus yg kemudian dicampur dengan gula, es batu serta susu kental manis.

Kamu bisa menemukan es jagung yang segar di berbagai warung atau depot makanan di kota Banjarmasin. Untuk menikmati seporsinya, cukup mengeluarkan biaya sekitar 10 ribuan saja.

4. Sirup Limau Kuit

Foto By @jajanankita_bjm

Minuman selanjutnya yang juga sangat menyegarkan dan cocok buat dijadikan obat pelepas dahaga di tengah teriknya cuaca di kota Kalimantan selatan, namanya adalah Sirup Limau Kuit.

Sirup limau kuit ini merupakan salah satu produk UMKM kota Banjarbaru yang memiliki beberapa varian rasa, yakni original, pandan dan melon.

Sama seperti namanya, komposisi utama pembuatan sirup khas Borneo ini adalah jeruk limau yang kemudian diberi tambahan gula dan pewarna makanan tanpa bahan pengawet. Jadi, cukup aman untuk dikonsumsi.

Sirup Limau juga cukup mudah ditemui di supermarket dan harganya dipatok hanya kisara Rp.13.000 sampai Rp.25.000 per botolnya. Nah, kamu sudah pernah mencobanya belum?

5. Teh Gaharu Banjarbaru

Foto By @nonie_syukree

Teh Gaharu ini dikenal sebagai salah satu minuman herbal khas kota Banjarbaru yang memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh.

Teh Gaharu tersebut banyak diincar oleh para wisatawan baik dalam maupun luar negeri seperti dari Persia, Jazirah Arab dan Afrika. Di Kalimantan Selatan, untuk menemukannya bukanlah hal sulit karena sudah tersedia di toko-toko herbal.

Selain di toko-toko herbal, Teh Gaharu juga bisa dengan mudah didapat di pusat oleh-oleh dan harganya sekitar 45 ribu per kotaknya.

6. Kopi Hirang Asli Robusta

Foto By @eka_putra1222

Kopi adalah salah satu minuman yang sangat disukai semua kalangan, dari muda sampai tua. Tak heran bila hampir setiap daerah memiliki jenis minuman tersebut namun dengan ciri khas masing-masing.

Begitu pun dengan khas Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Kota ini juga memiliki satu varian kopi yang terkenal sangat enak namanya yaitu Kopi Hirang Asli Robusta.

Memiliki rasa kuat dan harum yang khas, membuatnya sangat cocok dinikmati bersama keluarga. Selain bisa diminum di tempat, kamu pun bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh.

Kopi Hirang bisa kamu temui di warung kopi atau jika ingin membeli dalam kemasan, sudah tersedia di pusat oleh-oleh. Untuk harganya, hanya berkisar Rp.30.000 saja per bungkusnya.

7. Lahang Bambu

Foto By lifestyle.okezone.com

Salah satu minuman primadona jelang berbuka di daerah Martapura, Kalimantan Selatan selain Temulawak ialah lahang asli yang baru di panen.

Lahang atau kerap disebut air nira ini tergolong unik karena disimpan di dalam bambu. Minuman tersebut warnanya kuning jernih jika baru di panen dan memiliki rasa sedikit asam.

Lahang Bambu ini banyak dijajakan di warung-warung minuman di daerah Tambak Anyar dan untuk harganya dipatok dengan sangat terjangkau.

8. Temulawak Sani

Foto By @kuliner.kalsel

Temulawak Sani ini adalah salah satu minuman yang cukup populer di kota Martapura setiap bulan Ramadhan tiba. Selain rasanya manis dan segar, juga dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Temulawak ini termasuk minuman legendaris dan sudah menjadi tradisi bagi warga Martapura. Tidak sulit untuk mendapatkannya, karena sudah banyak beredar di pasaran. Harganya pun murah meriah, hanya sekitar Rp.7.000 per botolnya.

9. Es Lidah Buaya

Minuman khas kalimantan selatan banjarmasin tradisional daerah resep
Foto By @rinfooddiary

Tak hanya dijadikan sebagai bahan kosmetik, di Kalimantan, lidah buaya juga diolah menjadi sebuah minuman segar yang cukup menyehatkan.

Meski berasal dari kota Pontianak, namun minuman segar yang dikenal dengan Es Lidah Buaya ini juga banyak ditemukan di berbagai sudut daerah Kalimatan Selatan.

Es Lidah Buaya juga termasuk salah satu hidangan favorit masyarakat disana ketika cuaca sedang panas-panasnya. Oleh karenanya tak sulit untuk mendapatkannya, sebab banyak dijajakan di rumah makan ataupun kafe. Dan harganya pun cukup terjangkau.

10. Ce Hun Tiaw

Foto By @razan_tata

Ce Hun Tiaw ini aslinya minuman masyarakat Tionghoa di Kalbar, namun cukup populer juga di provinsi Kalimantan Selatan. Sekilas, tampilannya mirip dengan es cendol, hanya saja isiannya berbeda.

Menurut resep, seporsi ce hun tiau ini terdiri dari cendol yang kemudian dilengkapi dengan topping kacang, gula merah dan sepotong bongko, yakni sejenis kue berwarna hijau.

Ce Hun Tiaw ini harganya per porsi sangat terjangkau dan banyak dijajakan di rumah makan ataupun gerai minuman di sekitar kota Kalsel.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja yang menjadi minuman khas Kalimantan Selatan. Jadi kalau bertandang kesana, tidak usah bingung lagi ya, pilih aja dari daftar diatas. Oke, selamat mencoba!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.