Soju, gambar By @handambbq

10 Minuman Favorit Orang Korea Yang Selalu Diincar

Diposting pada

Jika kamu termasuk salah satu orang yang tergila-gila dengan K-Pop, pasti sudah kenal jelas dong dengan aneka kulinernya. Selain memiliki beragam makanan, minuman khas Korea juga tak kalah banyak macamnya.

Dari yang tradisional, unik sampai beralkohol, Korea punya semuanya. Sebagai penggemar K-Pop kamu mesti mencobanya saat punya kesempatan berlibur ke negara tersebut.

Lantas, apa aja sih minuman khas Korea yang terkenal dan sangat recommended buat dicicipi? Berikut JejakPiknik bakal kasih bocoran infonya. Yuk disimak!

1. Soju

Minuman khas satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para penggemar K-Pop atau K-Drama. Soju adalah hidangan yang biasa dikonsumsi saat pesta bersama rekan sekantor sehabis pulang bekerja atau ketika perayaan tertentu.

Bahan utama dalam pembuatan Soju adalah beras yang difermentasikan. Ini termasuk salah satu minuman keras memiliki kandungan alkohol bervariasi, mulai dari 10-25 persen, tergantung merk-nya.

Minuman keras yang namanya kerap disebut dalam soal TTS ini hadir dengan berbagai varian rasa seperti lemon, apel serta semangka.

Sebagai minuman distilasi, membuat soju ini tidak memiliki warna, bening seperti air biasa. Masyarakat Korea baik selatan ataupun utara kerap menjadikan minuman tersebut sebagai campuran fruit punch.

Di Korea, soju sangat mudah ditemui di swalayan ataupun supermarket dan harganya per botol dibanderol hanya mulai Rp.9.000 saja, namun itu juga tergantung merk-nya.

2. Banana Milk

Foto By @signal.korea

Minuman khas satu ini juga seringkali hadir di dalam berbagai drama korea. Banana milk bukanlah jajanan kekinian karena sudah lama menjadi hidangan tradisional di Negeri Ginseng.

Banana Milk ini diciptakan pertama kali yakni pada tahun 1974. Minuman tersebut termasuk jajanan halal karena bahan dasarnya terbuat dari campuran buah pisang dan susu.

Selain memiliki resep mudah dibuat, Banana Milk juga termasuk sangat menyehatkan. Rasanya tidak hanya enak tapi juga unik.

Banana Milk tidak hanya terkenal di Korea selatan tapi juga di beberapa negara lain. Untuk menemukannya juga cukup gampang karena tersedia di swalayan ataupun minimarket. Dan harganya hanya dipatok kisaran Rp.144.000/kemasan dengan isi 6 botol.

3. Yuja Cha

Foto By @feedmegood

Teh khas Korea ini terbilang cukup unik karena diberi tambahan butiran sitrun. Makin enak rasanya sebab saat penyajiannya dicampur dengan madu. Minuman yang dikenal dengan nama Yuja Cha tersebut lebih nikmat dikonsumsi jika dalam keadaan hangat.

Selain cocok diminum saat cuaca dingin, Yuja Cha juga diyakini dapat menyembuhkan batuk dan meredakan mabuk seseorang. Buah limau adalah bahan utama dalam pembuatan sajian ini, rasanya mirip dengan jeruk Bali.

Mengonsumsi Yuja Cha sangat pas untuk mengobati flu di musim dingin. Buat kamu yang ingin mencobanya, bisa datang ke Traditional Tea House Insadong, Korea.

Atau jika belum sempat, bisa pesan secara online dari Tokopedia dengan harga sekitar Rp.110.000 per 580 gramnya.

4. Makgeolli

Foto By @anjufrc

Selain Soju, Korea Selatan juga punya satu lagi minuman keras yang mengandung alkohol, namanya yaitu Makgeolli atau Takju.

Minuman beralkohol satu ini bahan dasarnya juga terbuat dari beras atau gandum yang diproses secara fermentasi. Menurut beberapa sumber, Makgeolli memiliki kandungan alkohol sekitar 6 sampai 8 persen.

Tidak adanya penyaringan seperti Soju, membuat Makgeolli ini memiliki warna putih seperti susu. Rasanya manis dan sangat menyegarkan. Minuman tersebut juga kerap dijadikan sebagai sajian saat perayaan tertentu.

Tak sulit untuk mendapatkannya meskipun ini merupakan alkohol tertua karena Makgeolli sendiri banyak dijajakan di warung-warung tenda ataupun restoran dan harganya pun tidak terlalu mahal.

5. Teh Omija

Foto By @suenjeong_

Teh orang Korea ini rasanya cukup komplit, ada asam, manis, pahit juga sedikit asin. Khasiatnya bagi kesehatan pun banyak, salah satu contohnya dapat menyegarkan tubuh usai bekerja seharian.

Disamping dapat menyegarkan badan, Teh Omija juga dapat melawan flu dan sakit pernafasan. Bahkan dalam pengobatan tradisional, minuman tersebut dipakai buat menyembuhkan hati.

Ganghwadang adalah salah satu toko legendaris yang sudah buka sejak 50 tahun lalu yg menyediakan Teh Omija bercitarasa tradisional. Lokasinya sendiri berada di Samcheong dong Jongrogu, negara Korea.

Tak perlu merogoh kocek besar untuk menikmatinya karena Teh Omija ini dijual hanya seharga Rp.14.200 saja di Ganghwadang.

6. Teh Daechu

Foto By @abakusfoods

Nah, kalau minuman khas Korea satu ini bahan dasarnya terbuat dari kurma asli Korea atau Jojoba Kering. Cirinya memiliki warna gelap namun berasa gurih.

Kaya akan zat besi, membuat teh Daechu ini mampu mengatasi gangguan anemia serta rasa capek. Bukan hanya itu saja, tapi juga berkhasiat untuk mencegah penuaan dini dan meningkatkan nafsu makan.

Teh Daechu disukai banyak orang juga karena dapat meningkatkan sistem reproduksi serta menenangkan pikiran. Minuman tersebut umumnya dijumpai pada acara pernikahan atau acara besar lainnya.

Namun begitu, kamu masih bisa tetap mencicipinya karena teh ini sudah dijual dalam bentuk kemasan dan tersedia di berbagai toko online dengan harga kisaran Rp.85.000/580 gram.

7. Sujeonggwa

Foto By @coreewa

Fruit Punch khas Korea yang cukup terkenal namanya adalah Sujeonggwa. Minuman tersebut terbuat dari beraneka macam rempah-rempah seperti kesemek kering, jahe, serta kayu manis.

Sujeonggwa biasanya dinikmati saat Korean Moon Festival atau di kala pesta barbeque. Bisa disajikan dalam keadaan hangat atau dingin dengan ditambah es batu.

Cara membuat minuman ini pun tergolong sangat mudah, semua bahan tinggal direbus selama 40 menit, kemudian disaring sebelum disajikan. Kamu bisa menambahkan gula agar rasanya lebih nikmat.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa datang ke The Second Best House in Seoul di daerah Samcheong dong Jongno Gu, Korea. Atau pesan di Gmarket dengan harga sekitar Rp.60.000 untuk 5 kilogram.

8. Sikhye

Foto By @poppiiro

Dibuat dari rendaman beras manis dengan campuran gandum, membuat minuman khas Korea satu ini terlihat tidak biasa. Namun begitu, rasanya sangat lembut dan sedikit agak manis.

Minuman yang dikenal dengan nama Sikhye ini paling pas untuk dinikmati usai berendam air panas atau melakukan sauna, karena berkhasiat menghilangkan rasa pegal-pegal.

Cara membuat Sikhye juga cukup mudah, hanya dengan memfermentasikan nasi dengan ragi saja. Selain nikmat disajikan dalam keadaan dingin, juga dipercaya dapat memperlancar sistem pencernaan.

Sikhye ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di Salt Doll di Nakwondong Jungrogu. Atau dapat juga dipesan secara online melalui Gmarket. Untuk harganya, kisaran 45 ribu aja per 1.8 liter.

9. Yulmu

Foto By @midmorning_of_mmr

Pelepas dahaga khas Korea satu ini sekilas tampak seperti sereal dengan citarasa gurih. Karena pada awalnya bentuknya berupa bubuk dan cukup dengan diseduh untuk cara penyajiannya.

Namun begitu, Yulmu termasuk jenis teh yang memiliki kadar protein jauh lebih tinggi dibanding kopi. Di Korea, minuman tersebut sudah dikemas dalam bentuk sachet dan bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko ataupun swalayan.

Kamu juga bisa membelinya di Minerva yang terletak di Seodaemu-gu 2F, Korea atau di Lottemart. Untuk harganya cukup bervariasi, tergantung tempat pembeliannya.

10. Nok Cha

Foto By @wooreetea

Korea juga punya minuman tradisional yang terbuat dari teh hijau dan kaya akan manfaat, namanya adalah Nok Cha. Selain berfungsi melawan bakteri kanker serta mengurangi lemak, juga berkhasiat untuk kesehatan kulit hinggar menurunkan kadar kolestrol.

Tak hanya menjadi bahan pembuatan minuman, Nok Cha juga menjadi komposisi untuk membuat kue serta es krim. Bahkan tak sedikit yang menjadikannya sebagai masker wajah.

Kuil Ssanggyesa, tempat budidaya teh hijau adalah spot yang bisa kamu kunjungi di Korea untuk mendapatkannya. Jika belum sempat kesana, dapat juga dipesan secara online di Tokopedia dengan harga yakni Rp.135.000

Nah, sudah tahu kan apa saja yang menjadi minuman khas Korea. Jadi kalau punya kesempatan berlibur kesana, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk mencicipinya ya!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.