Menikmati Pemandangan Sore Hari Kota Semarang di Taman Diponegoro

Diposting pada
5/5 - (1 vote)
Taman diponegoro semarang city central java hiburan sejarah alamat bukit
Foto by satulensa.com

Alamat: Jalan Sultan Agung, Lempongsari, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50231
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
No. Telp:
WhatsApp: 

Harga Tiket Masuk

HTM: Gratis
Parkir Motor: Rp. 2.000
Parkir Mobil: Rp. 3.000

Foto by ojekan.blogspot.com

Saat ini Ibukota Jawa Tengah, Semarang sudah semakin modern dan bertransformasi seperti Kota Metropolitan. Minimnya ruang terbuka hijau di Semarang membuat masyarakat Kota Lumpia ini kesulitan menemukan udara sejuk.

Ya, sudah menjadi rahasia umum memang kalau Semarang adalah salah satu kota yang cukup panas, apalagi kawasan Semarang Bawah. Saat musim kemarau tiba, suasana di Semarang bak seperti di gurun, gersang.

Memang saat ini Semarang semakin banyak dipenuhi oleh bangunan perkantoran, pusat perbelanjaan, cafe dan resto. Namun dibalik itu semua, buat para penduduk maupun wisatawan Semarang yang ingin menikmati udara sejuk di tengah kota bisa lho.

Salah satu fasilitas publik yang bisa kamu kunjungi adalah taman kota. Yap, taman kota saat ini menjadi harapan utama penduduk Kota Semarang untuk mendapatkan udara sejuk dan bebas polusi kendaraan.

Dari sekian banyak taman kota yang ada di Semarang, kami paling merekomendasikan untuk kamu mengunjungi Taman Diponegoro, mengapa? Selain dikelilingi oleh pepohonan hijau dan tanaman-tanaman cantik, Taman Diponegoro lokasinya berada di tengah kota.

Foto by semarangpanorama.blogspot.com

Banyak sekali masyarakat ataupun wisatawan yang menghabiskan waktu sore hingga malam mereka di Taman Diponegoro. Suasananya yang tenang, adem dan asri membuat taman ini pas untuk bersantai bersama orang-orang tersayang.

Buat kamu yang pengen bersantai di Taman Diponegoro ini maka tidak perlu mengeluarkan kocek karena setiap pengunjung bebas keluar masuk taman tanpa membayar tiket. Fasilitas publik yang dikelola oleh Pemkot Semarang ini memang dikhususkan untuk masyarakat, sehingga bisa dinikmati secara gratis.

Kamu hanya akan dikenai karcis parkir jika datang menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu, kamu juga siapkan sedikit kocek untuk jaga-jaga, siapa tau pengen beli camilan atau minuman sebagai teman nongkrong di taman.

Jalan Menuju Lokasi

Foto by tripadvisor.co.id

Taman Diponegoro adalah salah satu ruang terbuka hijau atau taman di Semarang yang lokasinya berada di Jalan Sultan Agung. Lokasinya cukup dekat dengan kawasan Simpang Lima Semarang yaitu sekitar 2,5 kilometer saja.

Kamu dapat berkendara sekitar 6 menit saja dari pusat Kota Semarang untuk bisa sampai di Taman Diponegoro. Kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum untuk bisa sampai di Taman Diponegoro.

Lokasinya yang cukup strategis membuat Taman Diponegoro ini mudah sekali ditemukan dan dijangkau. Sudah banyak transportasi publik yang bisa dimanfaatkan olehmu. Buat yang baru pertama kali naik transportasi umum di Semarang, kamu bisa akses Trafi atau MoovitApp.

Foto by tripadvisor.co.id

Gunanya agar kamu bisa mengetahui transportasi publik apa yang cocok ditunggangi menuju Taman Diponegoro. Untuk rute menuju lokasi Taman Diponegoro jika menggunakan kendaraan pribadi maka bisa melewati Jalan Semarang-Surakarta atau Jalan Semarang-Yogyakarta.

Dari Simpang Lima kamu bisa ke arah Barat Daya menuju Jalan Ahmad Yani. Kemudian kamu bisa berbelok ke kiri menuju Jalan Pahlawan sejauh 750 meter. Kemudian kamu bisa lurus terus menuju Jalan Diponegoro sekitar 1,5  kilometer. Lokasi Taman Diponegoro berada di sebelah kanan jalan.  

Fasilitas

Foto by semarangpanorama.blogspot.com

Sebagai salah satu sarana publik tentu Taman Diponegoro ini dilengkapi juga oleh beberapa fasilitas penunjang diantaranya seperti bangku taman, lampu penerangan, jogging track dan beberapa spot yang biasa dijadikan sebagai latar belakang berfoto.

Buat kamu yang datang bersama si kecil disini juga telah disediakan fasilitas playground dengan wahana permainan beragam seperti ayunan, jungkat-jungkit dan besi rintangan. Selain itu, di sekitar taman juga banyak terdapat cafe, resto dan penginapan.

Lahan parkir yang dimiliki oleh taman ini juga lumayan luas, sehingga kamu tidak perlu kebingungan mencari tempat penitipan kendaraan. Tidak perlu dengan keamanan disini, karena area parkir kendaraan Taman Diponegoro dijaga oleh petugas parkir.

Sejarah Taman Diponegoro

Foto by pamboedifiles.blogspot.com

Sebelum mengunjungi Taman Diponegoro ada baiknya kamu mengenal sejarahnya terlebih dahulu. Taman Diponegoro pertama kali dibangun pada tahun 1906 yang mana tujuan pembangunan taman tersebut supaya Semarang tidak memiliki image kumuh.

Dulu Taman Diponegoro yang kerap disebut sebagai Raadsplein. Pada tahun 1916, seseorang pemuda bernama Thomas Karsten membangun sebuah kawasan yang disebut Candi Baru. Konsep dari kawasan tersebut ialah berupa Garden City.

Foto by travelingyuk.com

Pada tahun yang sama yaitu 1916 Raadsplein mulai dibangun juga bersamaan dengan kawasan Candi Baru tersebut. Pada waktu itu, Taman Diponegoro dibangun menghadap langsung ke arah Rumah Dinas Kasdam Diponegoro.

Sehingga Rumah Dinas yang ditempati oleh Walikota Semarang ini bisa melihat view Taman Diponegoro langsung dari kediamannya. Seiring berjalannya waktu, Taman Diponegoro kini memiliki wajah yang lebih hijau dari sebelum-sebelumnya. 

Gambaran Taman Diponegoro pada masa lampau bisa kamu lihat dari foto diatas lalu bandingkan dengan wajahnya yang sekarang, berbeda jauh bukan? Sekarang sudah semakin banyak pepohonan hijau yang tumbuh di area taman.

Keistimewaan Taman Diponegoro

Foto by semarangpanorama.blogspot.com

Meskipun jika dilihat sepintas Taman Diponegoro ini sama seperti taman-taman kota pada umumnya namun ternyata ada lho keistimewaan atau daya tarik yang dimiliki. Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh Taman Diponegoro ialah karena letaknya berada di Semarang Atas.

Kawasan Semarang Atas terkenal dengan suhu udaranya yang lebih adem dari Semarang Bawah. Tak heran jika banyak orang-orang yang ngadem di Taman Diponegoro saat sore hari. Bahkan saat malam hari pun, anak-anak muda banyak juga yang tongkrongan disini.

Foto by travelingyuk.com

Selain nongkrong, bersantai dan ngobrol Taman Diponegoro juga banyak dijadikan sebagai lokasi hunting foto oleh para photographer profesional, lho. Banyak sekali objek foto yang bisa dibidik disini.

Banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan disini diantaranya seperti berolahraga, belajar, bermain hingga ngumpul atau gathering bersama komunitas. Selain itu taman ini juga buka 24 jam, sehingga kamu bisa bebas berkunjung kapan saja.

Jadi itulah review singkat dari Taman Diponegoro Semarang. Buat kamu yang bosan nge-mall atau ngafe, pilihan nongkrong di taman kota bisa jadi keputusan tepat, lho. Tunggu apalagi? Buruan ajak keluarga, sahabat atau pasanganmu untuk nongki disini yuk!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.