gambar By bukalapak.com

12 Oleh-Oleh Khas Aceh Yang Menggoda Untuk Dibawa Pulang

Diposting pada
4.7/5 - (4 votes)

Dikenal sebagai Serambi Mekah Indonesia, Aceh ini memang menawarkan pesona tersendiri. Selain kental akan budaya islami, wilayah di ujung pulau Sumatera tersebut juga menyajikan aneka tempat wisata yang begitu luar biasa indah.

Sebagai salah satu daerah wisata yang tak mau kalah dengan Jakarta dan Medan, Banda Aceh juga memberikan banyak pilihan buah tangan buat para pelancong.

Bingung menentukan buah tangan apa yang cocok untuk dibawa pulang? Tenang, Sahabat JejakPiknik bisa memilih salah satu dari oleh-oleh khas Aceh pada artikel dibawah ini.

1. Kembang Loyang

Foto By tokopedia.com

Bagi masyarakat Sumatera Utara kembang loyang adalah salah satu jenis kudapan tradisional yang paling sering ditemui saat hari Raya Idul Fitri, dan Tahun baru.

Namun di Aceh, kembang loyang termasuk dalam jajaran oleh-oleh khas yang wajib dibawa pulang ketika berkunjung ke kota Serambi Mekah ini.

Kembang loyang terbuat dari tepung beras dan wijen, sehingga tak heran jika rasa cemilan ini begitu gurih. Diberi nama demikian, karena makanan ringan khas Aceh Tamiang tersebut memiliki bentuk menyerupai bunga.

Kembang loyang sendiri sangat mudah ditemui baik di pusat oleh-oleh yang tersebar di Aceh ataupun toko online. Sebungkusnya biasanya dibanderol dengan harga sangat terjangkau.

2. Kerupuk Teripang

Foto By mareen.co.id

Oleh-oleh khas Aceh Kedua yang juga tak kalah enak dari kembang loyang dan sangat cocok dijadikan buah tangan namanya yaitu kerupuk teripang mare’en.

Sesuai namanya, kerupuk tersebut terbuat dari teripang. Selain rasanya enak karena dibuat dengan bahan alami tanpa pengawet, snack khas Aceh Singkil ini juga kaya akan manfaat.

Untuk membelinya, silahkan datang ke Jln.Kulu No.35, Seutui, Baiturrahman, Banda Aceh. Soal harga tak perlu khawatir karena kerupuk ini dijual dengan sangat murah hanya 15 ribuan saja per bungkusnya.

3. Kue Karah

Foto By bandaacehtourism.com

Tak hanya kembang loyang, kue karah asli dari daerah Aceh bagian barat ini juga merupakan salah satu cemilan yang layak buat dijadikan oleh-oleh alternatif.

Kue karah bahannya terbuat dari adonan tepung beras serta gula. Selain karena rasanya cukup manis, kudapan tersebut banyak diburu karena bentuknya unik seperti jaring melingkar.

Bukan hanya itu saja, aroma karamelnya yang khas juga membuat kue karah banyak dilirik oleh para wisatawan.

Sebagai buah tangan yang cukup populer, hampir semua toko oleh-oleh di Aceh menawarkan kue ini kepada wisatawan dengan harga cukup murah hanya Rp.5.000/bungkus sementara per kilonya mulai ratusan ribu.

4. Kopi Gayo

Foto By tokopedia.com

Kopi Aceh adalah salah satu minuman paling terkenal di Indonesia. Tak heran jika banyak wisatawan kerap membawanya sebagai buah tangan.

Kopi asli Takengon ini terdiri atas dua jenis yakni ada robusta dan arabica. Dengan citarasa luar biasa nikmat membuat minuman khas Aceh tersebut memiliki banyak sekali penggemar.

Salah satu brand paling banyak digemari yaitu Ulee Karang yang berasal dari dataran tinggi Gayo. Berkunjung ke Aceh tanpa membawa kopi khas daerah tersebut katanya belum afdol.

Nah, jika Sahabat JejakPiknik tertarik menjadikannya sebagai buah tangan tak perlu khawatir soal harga karena kopi ini dibanderol dengan sangat bervariasi, mulai dari 49-79 ribuan saja di toko oleh-oleh, tergantung beratnya

5. Kupi Brownies Atjeh

Foto By twitter.com

Mendengar nama buah tangan tersebut mungkin masih sangat asing, tapi jangan salah kupi brownies atjeh juga menjadi salah satu oleh-oleh yang layak untuk dibawa pulang buat orang-orang tersayang.

Kupi brownies atjeh adalah salah satu nama toko bakery di Aceh yang menjual beraneka jenis kue enak berbahan dasar kopi torabika.

Toko kue di jln.TP.Nyak Makan No.55, Lampineng, Kuta Alam, Aceh mematok harga cukup murah hanya kisaran 42 ribuan saja untuk setiap varian rasanya.

6. Dendeng

Foto By travel.tempo.co

Walau mudah ditemui di beberapa daerah lain di Indonesia, namun dendeng khas kota Aceh ini juga layak buat dibawa pulang sebagai buah tangan, kenapa?

Karena, selain menggunakan daging sapi di kota Serambi Mekkah ini dendeng juga dibuat dari daging rusa yang kemudian diiris tipis-tipis dan selanjutnya diberi bumbu khusus.

Salah satu brand paling terkenal adalah Dendeng Gunung Seulawah dengan harga 200 ribuan untuk daging sapi sementara rusa Rp.300.000/kg. Sahabat JejakPiknik bisa membelinya di jln.Teungku Chik Ditiro atau di pasar Peunayong.

7. Ikan Asin

Foto By tokopedia.com

Menjejakkan kaki ke daerah Langsa, salah satu oleh-oleh andalan yang paling wajib untuk dibawa pulang dari wilayah tersebut namanya adalah ikan asin.

Buah tangan khas Langsa ini bahan dasarnya terbuat dari berbagai jenis ikan seperti kakap, tengar, talang, rambe dan lain sebagainya.

Ikan asin ini sangat aman untuk dikonsumsi karena diolah tanpa bahan pengawet. Tak hanya wisatawan saja yang gemar berburunya tetapi penganan tersebut juga telah diekspor ke beberapa negara tetangga.

Ikan langsa biasanya dibanderol mulai Rp.100.000/kg dan mudah ditemui di Pasar Lengkong atau di jln.Medan-Banda Aceh, Gampong Alur Dua, Langsa Baro.

8. Manisan Pala

Foto By lifestyle.okezone.com

Nah, bila Sahabat JejakPiknik kebetulan bertandang ke daerah Aceh Selatan, jangan lupa ya bawa pulang oleh-oleh kue pala.

Kue pala adalah sejenis kudapan yang biasanya dilumuri cairan gula pasir dan diberi warna-warna menarik agar tampilannya semakin cantik.

Kue ini banyak ditemukan di toko oleh-oleh di kawasan Tapaktuan dan biasanya dibanderol dengan harga sangat murah hanya berkisar Rp.10.000/pack.

9. Bakpia

Foto By pergipergiyuk.com

Siapa bilang kita harus ke Jogja untuk mendapatkan bakpia? Aceh juga punya loh kue satu ini, rasanya pun tak kalah enak. Sahabat JejakPiknik wajib mencobanya.

Bakpia khas kota Serambi Mekkah ini paling mudah ditemukan di kawasan pantai Kasih di Sabang dan toko oleh-oleh hingga Masjid Baiturrahman.

Untuk harganya tak perlu khawatir, karena sekotak kue tersebut dibanderol dengan cukup terjangkau hanya 13 ribuan saja dan bisa bertahan sampai satu minggu.

10. Batik

Foto By jnjbatik.com

Puas berburu aneka makanan unik dan enak, kini saatnya untuk membeli batik khas Aceh buat keluarga di rumah.

Batik kota Serambi Mekkah ini motifnya berbeda dengan yang ada di daerah lain karena di daerah tersebut, coraknya menggunakan bunga Jeumpa.

Kain warisan nenek moyang tersebut bisa didapatkan dengan mudah di beberapa tempat di Aceh, salah satunya ialah Zeans Batik di Jln.Teuku Umar. Untuk harganya cukup bervariasi, tergantung jenis serta kualitasnya.

11. Tas Bordir

Foto By tasaceh.com

Tas cantik dengan bordiran ini juga menjadi salah satu souvenir yang bagus untuk dijadikan buah tangan, terutama buat para kaum hawa.

Tak hanya mantap untuk menambah koleksi di lemari, tas bordir tersebut juga bisa dibilang sangat bermanfaat buat membawa barang-barang Sahabat JejakPiknik.

Untuk mendapatkannya, daerah Gampong Dayah Gaboh, Montasik adalah tempatnya. Soal harga, tas yang dihiasi dengan warna-warna cerah ini dijual hanya sekitar Rp.170.000 saja.

12. Kue Timpan

gambar By bukalapak.com

Nah, kue timphan ini juga termasuk dalam deretan oleh-oleh khas Aceh paling wajib untuk dibeli dan dibawa pulang buat keluarga di rumah.

Kue berbahan dasar ketan dan pisang ini rasanya sangat nikmat dan harganya pun terjangkau, itulan alasan kenapa Sahabat JejakPiknik harus mencobanya.

Untuk menemukannya, bisa datang ke warkop Solong Ulee Kareng di Banda Aceh. Disini, harga per biji kue timphan dibanderol hanya kisaran Rp.2.000 saja.

Nah, itu dia oleh-oleh khas Aceh. Sahabat JejakPiknik sudah memutuskan mau beli buah tangan yang mana untuk dibawa pulang?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.