gambar by berita.baca.co.id

10 Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo Yang Recommended, Dari Kopi Hingga Kue Ala Bugis

Diposting pada
3.6/5 - (5 votes)

Berlibur ke provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu impian para traveler, tak hanya wisatawan domestik tapi juga sampai turis dari mancanegara.

NTT memang terkenal sebagai provinsi paling eksotis di Indonesia bagian timur dan salah satu kawasannya yang berhasil mencuri banyak perhatian para traveler dari berbagai belahan dunia adalah Labuan Bajo.

Selain menyuguhkan keindahan alam dan penampakan hewan purba serta ikan mantan, pulau istimewa ini juga menawarkan beraneka macam oleh-oleh yang cocok dibawa pulang sebagai kenang-kenangan atau buah tangan buat orang-orang tersayang.

Tak perlu bingung mencari buah tangan apa yang cocok untuk dibawa pulang dari pulau ini, karena  daftar oleh-oleh khas Labuan Bajo versi JejakPiknik berikut bisa jadi solusinya.

1. Kopi Manggarai

Foto By lintaskopi.com

Buah tangan pertama yang paling wajib dibawa sebagai oleh-oleh dari Labuan Bajo adalah kopi manggarai atau biasa disebut dengan kopi Flores.

Kopi manggarai bercitarasa mantap ini memang sudah dikenal sejak dulunya sebagai salah satu buah tangan yang paling andal untuk dibawa pulang oleh para penikmatnya.

Kopi ini juga mudah didapatkan di minimarket atau toko souvernir yang tersebar di Labuan Bajo.Soal harga sudah tentu bervariasi tergantung jenis dan bentuk olahannya. Biasanya sih mulai dari 10 ribuan per bungkusnya.

2. Rebok

Foto By lifestyle.okezone.com

Nah, selanjutnya ada rebok. Mendengar nama buah tangan satu ini Sahabat JejakPiknik tentu bertanya-tanya seperti apa sih wujudnya dan kenapa diberi nama demikian unik?

Rebok itu adalah sejenis camilan khas Manggarai yang terbuat dari campuran tepung beras dan kelapa parut. Bentuknya bisa dibilang mirip sagon, tapi masih ada sedikit perbedaan.

Bagi masyarakat Manggarai, rebo biasanya disajikan bersama buah alpukat ataupun roti susu. Soal rasa, tak perlu dipertanyakan lagi, gurih banget.

Disamping citarasanya yang begitu nikmat, rebok juga sangat mudah ditemukan di toko-toko souvenir di Labuan Bajo. Harga? Tenang saja, masih standart dan terjangkau kok.

3. Pernak-Pernik Mutiara

Foto By kilasdaerah.kompas.com

Tak hanya Maluku saja yang kaya akan mutiara, pulau istimewa di provinsi Nusa Tenggara Timur bernama Labuan Bajo ini juga tidak mau kalah.

Sebagai salah satu daerah yang kaya wisata bahari, cendramata Labuan Bajo tentu tak lepas dari hasil laut seperti mutiara.

Dengan memanfaatkan kekayaan laut ini, masyarakat NTT pun mengolah mutiara menjadi berbagai pernak-pernik menarik untuk dijadikan oleh-oleh mulai dari kalung, gelang hingga cincin unik.

Aneka pernak-pernik ini bisa Sahabat JejakPiknik dapatkan di pasar Souvenir yang ada di pulau Komodo, dengan harga tentu tergantung kualitasnya.

4. Ikan Cara dan Ikan Kering

Foto By bukalapak.com

Berhubung Labuan Bajo kaya akan hasil laut, jadi berburu berbagai ikan kering atau ikan Cara tentu menjadi agenda yang tak boleh dilewatkan.

Ikan cara ini bentuknya pipih dan ukurannya kecil, biasanya dijual per ikat atau per kilonya. Untuk penyajiannya umumnya dengan cara digoreng kemudian dicocol sambal terasi.

Salah satu spot paling pas dikunjungi untuk mendapatkan ikan tersebut yaitu TPI alias tempat pelelangan ikan di NTT. Selain banyak pilihan, disini harganya pun dibanderol sangat murah.

5. Kaos Chomabee

Foto By findgroundmates.com

Bukan hanya Bali atau Jogja saja yang punya Dagadu maupun Joger, tapi Pulau Labuan Bajo juga, namanya dikenal dengan kaos chomabee.

Kaos chomabee khas Labuan Bajo ini terbilang unik dan keren karena didesain menggunakan kata-kata, kiasan ataupun peribahasa khas Manggarai.

Satu potong kaos keren ini biasanya dibanderol mulai 90 ribuan. Bila ingin mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa membelinya di toko Chomabee di jln.Pantai Pede, Labuan Bajo.

6. Kain Songke

Foto By genpi.co

Nah, bagi Sahabat JejakPiknik yang mau bawa oleh-oleh buat mama di rumah, kain songke adalah pilihan buah tangan paling rekomendasi untuk dibeli.

Kain songke khas Tanah Manggarai ini didesain dengan menggunakan nilai-nilai adat dan cara pembuatannya pun cukup unik, jadi jangan heran jika harganya sedikit mahal. pada umumnya sih dibanderol mulai 700 ribuan hingga jutaan rupiah per lembarnya.

Untuk mendapatkannya tidak sulit, Sahabat JejakPiknik bisa membelinya di pusat oleh-oleh ataupun Toko Souvenir Exotic Komodo.

7. Roti Kompiang

Foto By Roti Kompiang

Selain rebok, Labuan Bako juga masih memiliki banyak lagi buah tangan dengan nama unik, salah satu contohnya roti kompiang.

Roti kompiang berbentuk oval yang bahannya terbuat dari tepung terigu dan taburan wijen ini teksturnya cenderung keras karena diolah dengan cara dipanggang menggunakan oven.

Untuk membeli kompiang tidaklah sulit karena bisa ditemui di berbagai pusat oleh-oleh atau pasar tradisional dan salah satunya yaitu Toko Roti&Kue Theresa di pertigaan Pede-Labuan Bajo. Harganya, pada umumnya dibanderol cukup murah hanya Rp.1.000/biji.

8. Banana Cake

Foto By travel.kompas.com

Untuk menemani roti kompiang, banana cake juga menjadi buah tangan pilihan yang cocok dibawa pulang dari Labuan Bajo buat dibagikan kepada tetangga.

Banana cake memang mudah ditemui dimanapun tapi khas Labuan Baji ini berbeda karena diracik dengan bahan sedikit berbeda sehingga citarasanya pun semakin istimewa.

Dan Banana cake ini hanya bisa didapatkan di La Bajo Flores Coffee di kawasan Bandara Komodo saja. Selain enak harganya pun murah meriah hanya 20 ribuan per kotaknya.

9. Bepalaya Ala Bugis

gambar by berita.baca.co.id

Makanan enak berikutnya yang juga cocok dibawa sebagai buah tangan adalah bepalaya atau nepalaya. Dilihat sekilas, bentuknya mirip dengan kue bugis.

Sama seperti kompiang, bepalaya yang juga terbuat dari tepung beras, ketan, gula merah serta wijen ini termasuk makanan tahan lama jadi cocok bila dijadikan alternatif buah tangan.

Kue bepalaya dapat dibeli di berbagai toko oleh-oleh, TPI ataupun pasar sayur Wae Kesambi. Harganya juga tidak mahal hanya 10 ribu untuk 8-10 biji kuenya.

10. Jintan

Foto By mydaypack.com

Buah tangan terakhir yang juga cukup mantap dijadikan oleh-oleh adalah jintan. Mendengar namanya, Sahabat JejakPiknik pasti berpikir tentang bumbu dapur kan?

Jintan disini bukan merujuk pada bumbu dapur ya, melainkan makanan ringan berupa roti kering dengan ukuran lebih kecil.

Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, jintan, mentega dan bahan dasarnya lainnya. Rasanya yang manis serta teksturnya pun renyah, dijamin akan membuat ketagihan.

Kue jintan ini paling mudah ditemui di kawasan pasar Wae Kesambi dan dibanderol hanya 10 ribuan per bungkusnya. Nah, murah kan?

Nah, itulah beberapa daftar oleh-oleh khas Labuan Bajo yang paling recommended untuk dibawa pulang. Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja buat para pemburu buah tangan!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “10 Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo Yang Recommended, Dari Kopi Hingga Kue Ala Bugis

  1. Saya baru tiba di Labuan Bajo. Saya ikut Berlibur.com
    Sangat menarik oleh2 yg ditawarkan. Saya suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.